Connect with us

Musik

Gigi Band 90an Yang Masih NgeHits di Zaman Now

Published

on

Kali ini GencilNews mengajak Sobat Gencil untuk lebih dekat dengan Band Indonesia yang terkenal di era 90an, dan sampai sekarang masih tetap eksis, Gigi Band.

GENCILNEWS – Grup Band Gigi resmi dibentuk pada tanggal 22 Maret 1994. Pada awalnya Grup Band ini terdiri atas Armand Maulana sebagai vokalis, Thomas Ramdhan sebagai bassis, Dewa Budjana sebagai gitaris, Ronald Fristianto sebagai drummer , dan Baron Arafat sebagai gitaris.

Nama Gigi sendiri muncul setelah para personelnya tertawa lebar mengomentari nama “Orang Utan” yang nyaris dijadikan nama band ini.

Dengan latar belakang musik yang beda-beda, mereka menggabungkannya ke dalam satu musik yang menjadi ciri khas Gigi. Album perdana yang bertema “Angan” dilempar ke pasaran dengan dukungan dari Union Artist/Musica.

Pada waktu itu Gigi belum membentuk suatu manajemen artis untuk mengelola kegiatan mereka sehingga untuk mempromosikan album perdana itu, mereka merilis dua single yang sekaligus video klip, yaitu Kuingin dan Angan.

Tetapi kedua lagu andalan tersebut tidak banyak mendongkrak angka penjualan. Kurangnya promosi dan tidak adanya pengelolaan manajemen menjadi penyebab utama kegagalan album pertama group musik ini.

Akhirnya mereka membentuk Gigi Management supaya mereka menjadi lebih profesional. Album kedua “Dunia” terbilang sukses di pasaran. Dengan mengandalkan lagu unggulan pertama “Janji”, yang terjual sekitar 400.000 copy serta meraih penghargaan sebagai “Kelompok Musik Terbaik”.

Pada saat itu, manajeman Gigi terjadi keretakan dengan Baron. Video klip lagu andalan kedua “Nirwana” dibuat tanpa adanya Baron. Pada September 1995, Baron secara resmi keluar dari Group Band Gigi. Kemudian diikuti keluarnya Thomas dan Ronald yang bulan November 1996.

Akhirnya Grup Band Gigi hanya tinggal berdua saja namun tetap berusaha bertahan dan merekrut Opet Alatas (bassis) dan Budhy Haryono (drummer).

Formasi baru ini memberi warna baru pada Gigi. Pada tahun 1997 mereka mengeluarkan album keempat yang bertema 2×2 dengan menggandeng sejumlah musisi kondang, lokal dan dunia, Antara lain Billy Sheehan (Mr. Big) yang menyumbang permainan basnya yang dahsyat pada lagu mereka (Cry Baby), dan Indra Lesmana juga ikut menyumbang dalam lagu “Tractor”.

Lagu andalan “Kurindukan” ternyata kurang direspon masyarakat. Keadaan ini tertolong sama dengan adanya tur 100 kota yang menampilkan duet Indra Lesmana dan Gilang Ramadhan sebagai pembukanya.

Sementara itu Thomas yang baru saja keluar dari rehabilitasi kembali ke Jakarta untuk mulai bermain musik lagi. Thomas bahkan membuat kejutan dengan menjadi bintang tamu di konser GIGI “Satu Jam Bersama Gigi” dan konser Gigi di Bandung, dengan bermain bersama di lagu “Janji” dan “Angan”. Di konser itu Gigi serasa bernostalgia dengan Thomas, bahkan mereka membawakan satu lagu yang jarang dimainkan yaitu Hasrat.

Pada tanggal 22 Maret 1999 akhirnya Thomas masuk lagi ke Group musik Gigi menggantikan posisi Opet Alatas yang sudah keluar pada tahun yang sama. Tak lama setelah itu Gigi merilis album keenam yang berjudul “Baik” pada bulan April 1999. Lagu andalan pertamanya adalah “Hinakah”.

Prahara kembali terjadi di grup musik ini. Setelah menyelesaikan promo album Salam Kedelapan, drummer Budhy Haryono menyatakan pengunduran dirinya dari Gigi.

Berita tersebut sebenarnya sudah diisukan beberapa bulan sebelumnya. Alasan Budhy keluar dari grup musik ini dikarenakan adanya perbedaan dengan beberapa personel dari grup musik ini. Menurut Armand, Budhy keluar dikarenakan sudah jenuh dengan suasana grup musik ini.

Gigi ditawari untuk menjadi band Soundtrack di film Brownies. Namun karena hengkangnya Budhy Haryono dari Gigi, membuat para personel harus bekerja keras seiring makin cepatnya rilis film tersebut, sehingga Gigi harus cepat mencari drummer untuk melanjutkan kembali rekamannya.

Akhirnya Gigi bertemu dengan Gusti Hendy yang berperan sebagai additional drum untuk album tersebut, yang pada akhirnya diangkat sebagai personel tetap di Gigi untuk menggantikan Budhy Haryono.

Baru satu tahun berkarya GIGI sudah didera masalah perdana. Setelah album Dunia (1995) dirilis, Aria Baron memutuskan untuk hengkang dari GIGI untuk melanjutkan sekolah di Amerika, justru pada saat band tersebut mulai merasakan angin segar buah kerja keras mereka dalam meramu musik. Lagu “Janji” dalam album tersebut berhasil melejitkan GIGI ke atas panggung industri musik Indonesia sebagai grup yang diperhitungkan keberadaan dan musikalitasnya.

Dengan rasa sesal (tapi juga pengertian) Baron dilepas dari GIGI. Budjana kembali main tunggal di sektor petik dan rambas senar gitar. GIGI memutuskan untuk tidak mencari pengganti Baron karena secara bobot musikalitas masih sanggup menalangi peran yang ditinggalkannya.

Terbukti pada April 1996 saat GIGI merilis album ketiganya yang berjudul 3/4 masih banyak yang menyukainya. Derajat kelarisan album dengan lagu hit “ Oo..Oo..Oo“ ini setara dengan album kedua. Di tahun 1996, Thomas dicengkeram kecanduan putaw pada kadarnya yang terparah. Dia buntu, tumpul, limbung.

Terjerumusnya Thomas ke dalam jebakan madat terjadi justru saat GIGI telah menandatangani banyak sekali kontrak untuk tur. Thomas tidak dapat mengikuti padatnya kegiatan yang sudah ada dalam daftar jadwal GIGI. Opet, yang merupakan kru Thomas, dipilih sebagai pemain pengganti untuk setumpuk sisa panggung tur GIGI karena dia yang paling akrab mengenali ciri bass-nya Thomas.

Di awal tahun 1997 hanya tinggal dua orang saja yang masih berdiri di jajaran GIGI. Sepulangnya dari panggung di San Fransisco, AS, Ronald memutuskan untuk mengikuti jejak Thomas keluar dari GIGI. Keluarnya Ronald menyimpan sebuah misteri. Tidak banyak orang tahu mengapa Ronald sekonyong-konyong menetapkan hati untuk cabut dari band yang menikmati andilnya sejak pertama berdiri itu.

Ternyata terjadi sebuah perselisihan internal, yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan musik, antara Ronald dan personel GIGI lainnya. Ronald marah besar karena menanggap kawan-kawannya di GIGI mencampuri urusan pribadinya. Suasana kalut, panas, jenuh, jemu. Meski sudah dibujuk, Ronald sudah tak dapat ditahan lagi untuk tidak keluar dari GIGI. Burung kakak tua GIGI tinggal dua.

Armand dan Budjana sudah hampir patah arang dan lempar handuk ke arena tarung industri musik Indonesia. Keluarnya Thomas dan Ronald merupakan cobaan yang amat berat sehingga keduanya hampir saja memutuskan untuk membubarkan GIGI dan membentuk duo. Tapi lewat nalar dan nala yang jernih, mereka nekat untuk lanjut.

Dalam permainan bass, Opet sama sekali mampu menjadi pengganti yang baik bagi Thomas. Beberapa waktu menjadi kru-nya Thomas, bisa dibilang Opet jadi hafal luar kepala bassline-nya Thomas. Tapi bagaimana dengan pengganti Ronald di sektor gebuk drum? Nama Budhy Haryono kemudian melintas dalam benak Budjana dan Armand.

Keduanya telah mengenal Budhy sejak dia main di Jam Rock (cikal-bakal band Jamrud). Budhy sendiri pernah melamar untuk menjadi pemain tambahan untuk GIGI, tetapi untuk suatu alasan dia tidak diterima. Singkat kata, Budhy ditarik masuk ke dalam barisan band GIGI.

Dia dan Opet dianggap resmi berGIGI pada saat penggarapan album 2×2; keduanya muncul di sampul depan album tersebut. Album 2×2 ini, secara proses penciptaan, bisa dibilang sebagai album paling eksklusif yang pernah dikerjakan GIGI. Beberapa musisi dunia seperti Billy Sheehan, Harry Kim, Arturo Velasco, dan Eric Marienthal terlibat di dalamnya.

Mungkin karena merasa seperti jadi anak kecil di tengah para seniornya, Opet tidak betah berlama-lama di GIGI. Pada saat GIGI telah menandatangani kontrak tur 33 kota untuk promosi album Kilas Balik (1998) bersama Deteksi, Opet menyatakan keinginannya untuk keluar dari GIGI.

Dia menyanggupi tur 33 kota itu tetapi mensyaratkan bahwa begitu tur berakhir dia hengkang dan harus Thomas yang menggantikan posisinya. Ketika itu Thomas sudah lepas dari kecanduannya terhadap madat dan sedang menggarap proyek album Ideologi, Sikap, Otak bersama Ahmad Band. Proyek itu membuatnya kerap bertandang ke Jakarta dan bertemu dengan personel GIGI yang lain.

Di situlah Budjana dan Armand mengajak Thomas untuk kembali mengisi permainan bass untuk album terbaru GIGI, Baik (1999). Sehari setelah ajakan itu, GIGI kembali undur-diri dari keramaian dan mengudar gagasan musikal mereka untuk album baru di daerah Puncak. Dan Thomas pun ba(l)ik.

Trauma bongkar-pasang personel kembali menghantui GIGI. Kondisi kesehatan Budhy menurun drastis secara tiba-tiba ketika GIGI sedang mempersiapkan album terbaru mereka.

Proyek sisipan, pengerjaan album original sound track untuk film komedi romantis, Brownies, justru datang pada saat Armand, Budjana, dan Thomas menunggu kesehatan Budhy pulih.

GIGI kembali berongga. Tapi, atas saran Budhy sendiri dan persetujuan dari personel lainnya, Hendy diajak untuk mengisi rongga tersebut, sebagai pemain tambahan. Hendy ketika itu merupakan penabuh drum untuk kelompok musik Omelette, yang berkarya di bawah payung manajemen yang sama dengan GIGI (Pos Entertainment).

Kondisi Budhy tak kunjung membaik. Sebetulnya permainan drum Budhy sudah menunjukkan gelagat turun sejak proses rekaman album Salam Kedelapan. Campur-aduk perkara kejenuhan dan sikap bermusik yang sudah mirip seperti kerja di pabrik berpengaruh besar terhadap kebugaran tubuh Budhy.

Peran Hendy kemudian berlanjut ke album berikutnya, Raihlah Kemenangan, dan album-album berikutnya sampai sekarang. Album Raihlah Kemenangan ini menandai andil GIGI sebagai grup band pertama yang memprakarsai album pop dengan warna religi yang kemudian menjadi tren di Indonesia.

Hendy hadir sebagai suntikan semangat muda dan gagasan baru pada musik GIGI. Dengan cepat dia berhasil menyamakan frekuensi dengan Thomas sebagai penjaga ritme yang klop dan kompak. Kini Armand, Budjana, Thomas, dan Hendy adalah GIGI baru yang tetap mempertahankan kiprah dan andil kreasi mereka di blantika musik Indonesia.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Musik

Lagu Slow Rock 90an, Ada 5 Lagu Yang Bikin Kamu Kepingin Nyanyi

Published

on

By

Lagu Slow Rock 90an, Ada 5 Lagu Yang Bikin Kamu Kepingin Nyanyi

Gencil News – Tahun 90an banyak band rock mengeluarkan lagu-lagu tempo slow yang pada akhirnya banyak disukai banyak orang. Bahkan lagu slow rock 90an sampai sekarang masih terdengar enak untuk didengarkan.

Ada pendapat yang mengatakan, jika band rock ingin terkenal, maka bikinlah lagu ballad atau lagu slow rock. Dan terbukti, beberapa band rock menyelipkan 2-3 lagu slow rock. Dan akhirnya membuat mereka terkenal.

Beberapa band rock 90an mengeluarkan lagu slow rock dan lagu itu justru membuat mereka terkenal ke seluruh dunia.

Extreme band asal amerika besutan  Gary Cherone dan Nuno Bettencourt yang mencapai puncak popularitas dengan lagu more than words. Lagu ini terkenal seantero dunia, bahkan sampai sekarang ada yang meng-cover lagu ini kedalam beberapa versi.

Skid Row grup band asal New JerseyAmerika Serikat, yang beraliran “glam metal” ini terbentuk pada tahun 1986. Malah terkenal lewat lagu mereka 18 n life dan i remember you. Padahal Skid Row punya lagu yang bertempo cepat dan terkenal, namun publik mengenal Skid Row lebih mengenal band ini dengan kedua lagu tersebut.

Steelheart  yang dibentuk pada tahun 1989. Band ini berbasis di Norwalk, ConnecticutAmerika Serikat. Justru dikenal dengan lagu “She’s Gone”. Pendengar seakan melewati lagu mereka yang terkenal seperti Everybody Loves Eileen, Can’t Stop Me Lovin’ You.

Ada 5 Lagu Slow Rock Yang Bikin Kamu Kepingin Nyanyi

Def Leppard – When Love And Hate Collide

Adalah lagu ballad dari band asal Sheffield Inggris, Def Leppard. When Love And Hate Collide diambil dari album “Vault” tahun 1995. Album ini adalah kompilasi dari beberapa hits dari Def Leppard.

When Love And Hate Collide berhasil merajai tangga lagu di seluruh dunia. Band ini beranggotakan  Joe Elliott (lead vocals), Rick Savage (bass, backing vocals), Rick Allen (drums, backing vocals), Phil Collen (guitars, backing vocals), and Vivian Campbell (guitars, backing vocals).

Mr. Big – Just Take My Heart

Just Take My Heart terdapat pada album “lean into it” yang dilepas pada tahun 1991, namun single Just Take My Heart justru terkenal pada tahun 1992. Justru “to be with you” yang terdapat pada album yang sama duluan terkenal dan merajai charta lagu diseluruh dunia.

Saigon Kick – Love Is on the Way

Saigon Kick adalah kelompok musik rock dari Florida yang dibentuk pada 1988 oleh vokalis Matt Kramer, gitaris Jason Bieler, bassist Tom Defile, dan drummer Phil Varone.

Setelah album kedua mereka, The Lizard, Matt Kramer dan Tom Defile hengkang dan digantikan oleh Jason Bieler untuk Water. Hit terbesar mereka adalah “Love Is On The Way

Selain Love Is on the Way, lagu mereka yang terkenal adalah “i love you“. Bahkan band ini sempat konser dan membuat video klip “the one” di pulau dewata bali.

Firehouse – When I Look Into Your Eyes

When I Look Into Your Eyes” adalah single keenam yang dirilis oleh FireHouse yang terdapat pada album ke dua Fire House Hold Your Fire yang dirilis tahun 1992.

CJ Snare vokalis Fire House menceritakan tentang lagu ini – ” Lagu yang bercerita tentang cinta sejati. Buat mengingat pada siapa perasaan cinta yang kau beri. Dan kau boleh mengatakan cinta itu kekuatan yang menarik, misalnya di mana kau seperti bisa melihat sepasang mata yang bersinar di jiwamu. Memang intinya lagu itu bercerita tentang saat dia, siapapun dia itu, melihat tepat ke dalam matamu.” ujar Snare.

Bon Jovi – Bed Of Roses

“Bed of Roses” pertama kali muncul pada tahun 1992 di album Keep the Faith, kemudian dirilis sebagai single pada akhir Januari 1993.

Jon Bon Jovi menulis lagu itu di kamar hotel saat mabuk dan liriknya mencerminkan perasaannya saat itu. Lagu ini berisi riff gitar yang ditarik dan permainan piano lembut, bersama dengan vokal yang emosional dan tinggi oleh Jon Bon Jovi.

Lagu Slow Rock 90an yang mana favorit kamu?
Continue Reading

Musik

Konser Online K-pop BTS Disaksikan Lebih Dari 100 juta Fans

Published

on

Konser Online K-pop BTS Disaksikan Lebih Dari 100 juta Fans

Gencil News – Konser Online K-pop BTS disaksikan lebih dari 100 juta fans dari seluruh dunia. Konser Online K-pop BTS itu dibuat setelah sebelummnya BTS membatalkan rencana awal mereka untu mengadakan konser langsung untuk jumlah penonton yang terbatas.

“Kamu tidak di sini tapi aku merasakanmu di sini, seolah-olah aku bisa mendengar nyanyianmu, dan lain kali mari kita benar-benar berada di sini bersama,” kata V atau Kim Tae-hyung, kepada penggemar.

Sejak debutnya pada tahun 2013. BTS hadir dengan musik dan tarian yang menarik dan ceria, serta lirik dan kampanye sosial yang bertujuan untuk memberdayakan kaum muda.

Band ini mendapatkan gelar dari Guinness World Records untuk konser online berbayar pertama yang mampu menarik penonton hampir 757.000 dari 107 negara.

Bit Hit Entertainment belum merilis berapa banyak orang yang menonton acara terbaru tersebut, meskipun telah mengumpulkan sekitar 114 juta “klik sorakan” dalam hitungan waktu nyata.

Saat BTS tampil, dinding latar layar kecil menunjukkan ribuan penggemar bergabung dari seluruh dunia. Banyak yang melambai-lambaikan tongkat cahaya yang dikenal sebagai “dynamite“. Ruang obrolan dibuka untuk memungkinkan penggemar mengirim komentar secara bersamaan.

Di Seoul, sekelompok kecil berkumpul di sebuah kafe bertema BTS yang dikelola penggemar untuk menonton konser bersama, meskipun mengenakan masker dan menjaga jarak satu sama lain.

Continue Reading

Musik

Lirik Lagu Ice Cream –Blackpink dan Selena Gomez

Published

on

Lirik Lagu Ice Cream –Blackpink And Selena Gomez

Gencil News- Lirik Lagu Ice Cream –Blackpink dan Selena Gomez. Diketahui pada awal agustus lalu ditandai dengan kabar Heboh para penggemar blackpink saat YG Entertainment mengumumkan tanggal rilis lagu comeback kedua yang dikabarkan akan menggandeng Selena Gomez.

Blackpink sudah melempar single terbaru dengan menggaet penyanyi Hollywood Selena Gomez hadir lewat lagu Ice Cream. Musik video berdurasi tiga menit tersebut sudah di lihat sekitar 327 juta views selama beberapa bulan setelah di unggah.

Selain memainkan nuansa warna-warni layak nya es krim yang memiliki banyak rasa. Nada yang ceria dan sedikit up beat menjadi nuansa yang tepat untuk Ice Cream.

Lirik Lagu Ice Cream – Blackpink dan Selena Gomez

Come a little closer cause you looking thirsty
Imma make it better sip it like a Slurpee

Snow cone chilly
Get it free like Willy
In the jeans like Billie
You be poppin’ like a wheelie

Even in the sun you know I keep it icy
You could take a lick but it’s too cold to bite me

Brrr brrr frozen
You’re the one been chosen
Play the part like Moses
Keep it fresh like roses

Look so good yeah look so sweet
Looking good enough to eat

Coldest with this kiss so he call me ice cream
Catch me in the fridge right where the ice be

Look so good yeah look so sweet
Baby you deserve a treat

Diamonds on my wrist so he call me ice cream
You can double dip cause I know you like me

Ice cream chillin’ chillin’
Ice cream chillin’
Ice cream chillin’ chillin’
Ice cream chillin’

I know that my heart could be so cold
But I’m sweet for you come put me in a cone

You’re the only touch yeah they get me melting
He’s my favorite flavor always gonna pick him

You’re the cherry piece just stay on top of me so
I can’t see nobody else for me no

Get it flip it scoop it
Do it like that ah yeah ah yeah
Like it love it lick it
Do it like lalala oh yeah

Look so good yeah look so sweet
Looking good enough to eat

Coldest with this kiss so he call me ice cream
Catch me in the fridge right where the ice be

Look so good yeah look so sweet
Baby you deserve a treat

Diamonds on my wrist so he call me ice cream
You can double dip cause I know you like me

Ice cream chillin’ chillin’
Ice cream chillin’
Ice cream chillin’ chillin’
Ice cream chillin’
Ice cream chillin’ chillin’
Ice cream chillin’
Ice cream chillin’ chillin’
Ice cream

Chillin’ like a villain yeah ra ra ra
michin michindeushan sogdo in my La Fera
neomu ppalleo neoneun ppikkeus wonhandamyeon geunyang jileum
Millis Billis maeil beol-eum han-yeoleum sonmog-e eol-eum

Keep it movin’ like my lease up
Think you fly boy where ya visa
Mona Lisa kinda Lisa
Needs an ice cream man that treats her

Keep it movin’ like my lease up
Think you fly boy where ya visa
Mona Lisa kinda Lisa
Needs an ice cream man that treats her

Na na na na na
na na na na na na na
Ice on my wrist yeah I like it like this
Get the bag with the cream
If you know what I mean

Ice cream
Ice cream
Ice cream chillin’

Na na na na na
na na na na na na na
Ice on my wrist yeah I like it like this
And I’m nice with the cream
If you know what I mean

Ice cream
Ice cream
Ice cream

Continue Reading

TRENDING