Connect with us

Musik

Gitaris Perempuan, Hapus Stigma di Industri Musik

Published

on

Gitaris Perempuan, Hapus Stigma di Industri Musik

Gitaris Perempuan, Hapus Stigma di Industri Musik – Fabi Reyna tampil di panggung-panggung di seluruh dunia, mengelola festival musik dan menjadi pendiri serta pemimpin redaksi majalah “She Shreds” yang didedikasikan bagi gitaris dan basis perempuan.

“Tujuan saya selalu untuk memastikan bahwa kami melayani orang yang kurang terlayani.Sejarah menunjukkan ada begitu banyak gitaris perempuan yang tidak diketahui publik,” kata Reyna.

“Saya kira, sejujurnya, siapa yang menyampaian cerita-cerita ini, siapa yang menciptakan sejarah?Siapa yang menulis buku, siapa yang berada di posisi eksekutif untuk mengambil keputusan?Sebagian besar, lebih dari 90% adalah laki-laki kulit putih.Terutama di Amerika,” lanjutnya.

Di halaman-halaman majalah “She Shreds,” Reyna dan timnya berulangkali menulis bahwa perempuan sama baiknya dengan laki-laki, dan [can rock right alongside] laki-laki.Tetapi Reyna sendiri mengatakan ia membutuhkan waktu lama untuk memahami hal itu.

Reyna lahir di Meksiko dan dibesarkan di Texas, tetapi kini ia tinggal di Portland, Oregon. Ia mulai bermain gitar ketika masih anak-anak, tetapi sebagai musisi muda ia tidak pernah tampil.

“Saya dibesarkan di saat ketika anak laki-laki seumur saya –sepuluh atau sebelas tahun– mengatakan pada saya, ‘anak perempuan tidak main gitar.’ Dan hal itu normal karena guru-guru juga mengajarkan demikian,” kata Reyna.

Pada usia 18 tahun Reyna memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikan, dan justru melakukan tur musik keliling Amerika bersama kelompok band-nya.Setelah melangsungkan konser selama satu tahun, muncul gagasan untuk mempublikasikan majalah yang khusus didedikasikan bagi pemain gitar perempuan.Diperlukan tiga tahun lagi hingga edisi pertama majalah “She Shreds” dipasarkan.

Kini Reyna telah menerbitkan majalah itu selama tujuh tahun, tiga edisi dalam satu tahun.Tetapi Reyna mengatakan ia baru merasakan kepuasan yang luar biasa dengan bermain gitar.

“Saya kira ketika saya bermain gitar, sangat menggembirakan menemukan sesuatu yang baru dan sesuatu yang mirip saya dan hal ini mendorong saya. Tidak ada yang membuat saya lebih bangga ketika saya menantang diri saya sendiri sebagai gitaris, dan ketika saya mencapai sesuatu lewat gitar saya… yaitu menciptakan musik,” kata Reyna.

Reyna optimis pada masa depan perempuan dalam industri musik, dan juga gitar.

Ia yakin waktu sedang berubah dan perempuan akan meningkatkan kemampuan gitar mereka, serta kemampuan memamerkan bakat mereka sendiri.Karena tentunya para pemain gitar musik rock, tentu sangat suka jika ada pemain gitar perempuan.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Musik

Andre Taulany Rilis Single ‘Ayah’, Rindu Sosok Sang Ayah

Published

on

Rindu Sosok Sang Ayah, Andre Taulany Rilis Single 'Ayah'

Gencil News – 25 Tahun berkarya di dunia entertainment bukanlah waktu yang sebentar, banyak hal yang telah di dapatkan Andre Taulany.

Menjadi penyanyi, host, pemain film, bahkan menjadi MC pernah di lakukan olehnya. Hingga kini Andre Taulany di percaya untuk membawakan beberapa program dan mengembangkan karirnya di dunia digital lewat youtube Taulany TV.

MERINDUKAN SOSOK AYAH

Sempat menjadi Vokal dari grup band Stinky membuktikan bahwa Andre Taulany adalah seseorang yang cukup dikenal dalam dunia musik Indonesia, “Mungkinkah” menjadi single yang sangat hits pada masa itu.

Hingga kini lagu tersebut masih banyak didengarkan masnyarakat Indonesia. Kerinduan dalam bermusik membuat Andre Taulany ingin kembali melantunkan nada lewat lagu “Ayah” dari Almarhum Rinto Harahap.

 Andre Taulany merasa lagu ini sangat pantas dibawakan Kembali karena saat ini dia sangat merindukan sosok almarhum ayahnya yang sudah tiada sejak umurnya 15 tahun.

Makna dari lagu “Ayah” sendiri sangat dalam menurutnya, ditambah saat ini dia sudah menjadi sosok ayah dan seorang kepala keluarga.

POTRET KERINDUAN AYAH DALAM MUSIC VIDEO

Andre Taulany sudah mempersiapkan video klip untuk single “AYAH” ini. Video klip yang di sutradarai oleh Gading Martin menggambarkan bagaimana kedekatan hubungan antara anak dan seorang ayah.

Mengusung konsep foto polaroid yang berisi kedekatan seorang anak dan ayah dari beberapa teman-teman artis membuat video klip ini bernuansa sedih, ditambah tulisan-tulisan yang menunjukkan bagaimana Andre Taulany sangat merindukan kehadiran sosok ayah Ketika dirinya sudah berada dititik ini.

Continue Reading

Musik

Swerte Luncurkan Single Debut ‘Esso’ Bersama Freek dan Saykoji

Published

on

Swerte Luncurkan Single Debut ‘Esso’ Bersama Freek dan Saykoji

Gencil News – Swerte musisi keturunan Indonesia – Swiss yang kini berkarier di Dubai ini akhirnya kembali ke skena musik hiphop dengan single debutnya berjudul ‘Esso’.

Bukan nama baru, Swerte merupakan rapper yang sempat membentuk grup bernama The Southsiderz di Indonesia yang juga sempat menjadi opening act untuk show Dewi Sandra diakhir tahun 90’an.

Sepanjang kariernya, Swerte telah merilis 3 Mixtape dengan judul “The Mini Mixtape Series” sekaligus project bernama “Raconteur” yang membuatnya kembali ke Indonesia untuk tampil di beberapa show.

Swerte terkenal sebagai rapper yang cerdas memainkan kata-kata. Selain menjadi rapper, diapun mengelola The Recipe di Dubai sekaligus mengurus kegiatan grup tersebut bersama label tempatnya bernaung.

Setelah menghabiskan 10 tahun waktunya sebagai member dari The Recipe yang juga sempat menjadi opening act dari beberapa artis internasional seperti Snoop Dogg, Rick Ross, Dave East, Koffee, dan masih banyak lagi. kini Swerte siap kembali menggebrak dunia musik dengan single debutnya ‘Esso’.

Tidak sendiri, Swerte juga mengajak Freek, Drill Artist dari Arab sekaligus musisi rap asal Indonesia, Saykoji.

Diproduseri Mjeezy, lagu ini tidak hanya dibawakan dalam 1 bahasa saja. 3 bahasa berbeda ditampilkan dalam ‘Esso’, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Arab yang walaupun berbeda-beda tetap dapat menjadikan lagu ‘Esso’ ini satu kesatuan yang luar biasa.

‘Esso’ sendiri bercerita tentang perasaan masing-masing artis serta hal-hal yang mereka alami selama lockdown dan beberapa kejadian yang sudah terjadi selama tahun 2020.

Protes, kekecewaan, juga rasa syukur tertuang lengkap di dalam lagu ini. Ditambah kemampuan Swerte untuk memainkan vocal dengan autotune sekaligus membawakan lirik secara cepat lengkap dengan anthemic drill beat yang kuat membuat ‘Esso’ adalah lagu yang tepat untuk menjadi single debut Swerte.

Continue Reading

Musik

Lirik dan Chord Gitar Bongkar Iwan fals – Swami

Published

on

By

Lirik dan Chord Gitar Bongkar Iwan fals

GENCIL NEWS – Lagu Bongkar termasuk dalam 150 Lagu Indonesia Terbaik versi Majalah Rolling Stones edisi #56 terbitan Desember 2009.

Lagu “Bongkar” menduduki posisi 1 dan lagu “Bento” menduduki posisi 10 dalam list tersebut. Dan berkat kedua lagu tersebut pula membuat album ini sukses dan meledak di pasaran dengan angka penjualan yang fantastis di zamannya.

Lagu ini terdapat pada album Swami yang dirilis pada tahun 1989. SWAMI sendiri terdiri dari :

Intro: Em

Em
Kalau cinta sudah di buang
C                 Em
Jangan harap keadilan akan datang
Em
Kesedihan hanya tontonan
C                       Em
Bagi mereka yang di perbudak jabatan

 (*)
C                    Em
O, o, ya o … ya o … ya bongkar
C                    Em
O, o, ya o … ya o … ya bongkar

Em
Sabar, sabar, sabar dan tunggu
C                       Em
Itu jawaban yang harus kami terima
Em
Ternyata kita harus ke jalan
C                    Em
Robohkan setan yang berdiri mengangkang

Kembali ke : (*)

Reff I :

G
Penindasan serta kesewenang-wenangan
Am         C                       Em
Banyak lagi teramat banyak untuk disebutkan
G
Hoi hentikan, hentikan jangan di teruskan
Am       C                              Em
Kami muak dengan ketidakpastian dan keserakahan

C                    Em
O, o, ya o … ya o … ya bongkar
C                    Em
O, o, ya o … ya o … ya bongkar

Reff II :

G
Di jalanan kami sandarkan cita-cita
Am           C                       Em
Sebab dirumah tiada lagi yang bisa dipercaya
G
Orang tua pandanglah kami sebagai manusia
Am           C                   Em
Kami bertanya tolong kau jawab dengan cinta

lnt : Em

Kembali ke: (*), Reff I, Reff II

Continue Reading

TRENDING