Komisi Penyiaran Jabar Batasi Pemutaran 17 Lagu di Radio

Komisi Penyiaran Jabar Batasi Pemutaran 17 Lagu di Radio
Komisi Penyiaran Jabar Batasi Pemutaran 17 Lagu di Radio

Komisi Penyiaran Jabar Batasi Pemutaran 17 Lagu di Radio – Komisi penyiaran di Indonesia telah melarang lebih dari selusin lagu berbahasa Inggris yang menurut pihak berwenang mengandung konten dewasa dan ofensif.

Komisi Penyiaran Provinsi Jawa Barat mengidentifikasi 85 lagu kategori “dewasa”, yang nantinya hanya dapat ditayangkan antara pukul 22.00 dan pukul 03.00.

Termasuk di dalamnya lagu “Shape of You” yang dibawakan Ed Sheeran, “That’s What I Like” oleh Bruno Mars dan “Love Me Harder” oleh Ariana Grande.

Dalam beberapa tahun terakhir, makin banyak pemberlakuan aturan untuk membatasi konten atau perilaku yang dianggap mengandung unsur pornografi. Pembatasan tersebut kadang melalui peraturan daerah berdasarkan syariah.

“Program siaran dilarang untuk menayangkan lagu dan atau video klip yang menampilkan atau mengandung kata-kata tak senonoh, seks dan narkoba,” kata anggota komisi penyiaran, Neneng Athiatul Faiziyah, pada Selasa (26/2).

Baca juga   "We" - Single Baru Segar Endah N Rhesa

Dia mengatakan tindakan itu menanggapi keluhan dari masyarakat dan keberatan serupa yang ditujukan atas ribuan lagu.

Faiziyah mengatakan komisi siaran juga menyusun daftar lagu-lagu berbahasa Indonesia yang dianggap “dewasa”.

Keputusan itu diambil dalam rapat Pleno KPID Jabar pada 11 Februari 2019 dan disahkan menjadi surat edaran pada 18 Februari tahun ini. 

Ketua KPID Jawa Barat, Dedeh Fardiah mengatakan, lagu-lagu tersebut dibatasi penyiarannya dari pukul 22.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB dini hari. 

“Jadi lagu dengan lirik yang menjurus pada tema kehidupan dewasa itu hanya dapat disiarkan atau ditayangkan di lembaga penyiaran di Jawa Barat, dalam klasifikasi waktu dewasa, yakni dari jam 10 malam sampai jam tiga pagi,” kata Dedeh Fardiah, seperti dikutip Antara.

Menurut Dedeh, jumlah lagu yang dibatasi juga berpeluang bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah pelaporan dan pengajuan dari pihak luar.

Ke-17 lagu berbahasa Inggris yang dibatasi penayangannya itu dilampirkan pada surat edaran 480/215/IS/KPID-JABAR/II/2019 tersebut.

Baca juga   Super Junior Ucapkan Terima Kasih ke Elf di Hari jadi ke-13,

Menurut Dedeh, pembatasan lagu tersebut dikeluarkan usai mendengar hasil rapat dengar pendapat ahli, ahli bahasa, dan sebagainya. Langkah selanjutnya adalah melakukan rapat pleno anggota komisi untuk memutuskan surat edaran itu.

Dari hasil rapat itu, Dedeh mengatakan, ada 86 lagu yang merupakan hasil pemantauan dan audiensi. Namun, hanya 17 lagu yang dinilai vulgar menayangkan muatan seks.

“Sehingga kami anggap itu bisa disiarkan hanya di jam dewasa,” kata Fardiah.

Menurut Dedeh, pembatasan penyiaran 17 lagu Barat itu berdasarkan perilaku standar pada pedoman siaran yang dilarang menyajikan lagu dan video klip lagu dengan judul atau lirik bermuatan seks, cabul, atau mengesankan aktivitas seks, di luar jam dewasa.

“Harus digarisbawahi bahwa ini berlaku untuk radio dan televisi di Jawa Barat. Kalau melanggar, bisa sesuai mekanisme,” katanya.

Berikut 17 lagu barat yang dibatasi penayangannya oleh KPID Jawa Barat:

1. Dusk Till Dawn (Zayn Malik)
2. Sangria Wine (Camila Cabello ft Pharrell W)
3. Mr Brightside (The Killers)
4. Let Me (Zayn Malik)
5. Love Me Harder (Ariana Grande)
6. Plot Twist (Marc E Bassy)
7. Shape of You (Ed Sheeran)
8. Overdose (Chris Brown ft Agnez Mo)
9. Makes Me Wonder (Maroon 5)
10. That’s What I Like (Bruno Mars)
11. Fuck it I Don’t Want You Back (Eamon)
12.Bad Things (Camila Cabello ft Machine)
13. Versace On The Floor (Bruno Mars)
14. Midsummer Madness (88rising)
15. Wild Thoughts (DJ Khaled ft Rihanna)
16. Till it Hurts (Yellow Claw)
17. Your Song (Rita Ora).


Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : Gencil News