Mengharumkan Indonesia, Paduan suara ITB meraih 8 penghargaan di Italia

Gencil news – Paduan suara ­mahasiswa (PSM) Institut Teknologi Bandung (ITB) Jawa Barat menjadi perwakilan Indonesia di ajang kompetisi paduan suara tingkat Internasional yaitu “The 57th Seghizzi Internasional Choral Singing Competition 2018” , kompetisi yang di selenggarakan pada tanggal 20-22 Juli ini bertempat di Gorizia Italia.

Foto : instagram @psmitb

Dilansir dari GNFI, Dalam kompetisi Seghizzi 2018 ini di ikuti 9 Paduan  suara dari 7 negara yaitu dari Italia, Filipina, Indonesia, Ukraina, Spanyol dan Romania. Dan nantinya akan memprebutkan kategori-kategori yang dilombakan

Untuk mengikuti Lomba ini, PSM ITB melakukan persiapan sejak Agustus , selain untuk meraih juara  PSM ITB pun memiliki misi untuk mengenalkan budaya bangsa, baik itu lagu maupun pakaian  Traditional, dan dalam ajang ini PSM ITB lagu-lagu dari Sumatera, Bali, Jawa, Nusa Tenggara dan Papua. Pakaian untuk perempuan menggunakan pakaian adat dari banyuwangi, jawa timur. Sementara laki-laki pakai pakaian adat dari Bali.

Foto : instagram @psmitb

Melalui Persiapan yang matang, dan  latihan yang lama, PSM ITB, berhasil meraih 8 Penghargaan di ajang tersebut yaitu GRAND PRIX 1st runner-u, 1st runner-up kategori 1d, 1st runner-up seluruh kategori 1 (a-d), 1st prize kategori 2a, 1st prize seluruh kategori 2 (a-c),  Penghargaan khusus “poetry in music” untuk penyampaian terbaik makna puisi dalam lagu,  Penampilan favorit audiens kategori 2a, dan Kostum terbaik.

[PSM-ITB CULTURAL TOUR 2018 GOES TO 57TH CONCORSO INTERNAZIONALE DI CANTO CORALE "SEGHIZZI"] . Rangkaian kompetisi "Seghizzi" 2018 diikuti oleh 9 paduan suara dari 7 negara, yaitu 1. The Blossomed Voice (Italia) 2. Gruppo Vocale Noveccento (Italia) 3. Tonal Choir (Iran) 4. Imusicapella (Filipina) 5. PSM-ITB (Indonesia) 6. PSM Undip (Indonesia) 7. Polachoir (Ukraina) 8. Coro de Cámara "Oretania" (Spanyol) 9. Aletheia Choir (Romania) PSM-ITB mengikuti 2 dari 7 kategori yang dilombakan; 1d (Polyphonic – historical period 1911-present) dan 2a (Folk and Traditional Music). Baik kategori 1d dan 2a diikuti oleh 7 paduan suara. PSM-ITB berhasil melalui babak semifinal dan final, serta melanjutkan penampilan di babak Grand Prix, yang diikuti 6 paduan suara terbaik. Pada kompetisi ini, PSM-ITB kembali mengharumkan nama Indonesia dengan menorehkan beberapa prestasi: 1. GRAND PRIX 1st runner-up 2. 1st runner-up kategori 1d 3. 1st runner-up seluruh kategori 1 (a-d) 4. 1st prize kategori 2a 5. 1st prize seluruh kategori 2 (a-c) 6. Penghargaan khusus "poetry in music" untuk penyampaian terbaik makna puisi dalam lagu 7. Penampilan favorit audiens kategori 2a 8. Kostum terbaik Dari 8 prestasi tersebut, PSM-ITB mendapat 7 gold-range medal serta 1 silver-range medal. Terima kasih atas segala dukungan, doa, dan restu kepada PSM-ITB dalam ITB Cultural Tour 2018 selama kompetisi ini sehingga dapat mengharumkan nama Indonesia melalui budayanya. . "…Tenagaku bahkan pun jiwaku, kepadamu rela kuberi" 🇮🇩 . #ITBCulturalTour2018 #SuarakanBudayaKita #IndonesiaMendunia #PSMITBuntukIndonesia

A post shared by Paduan Suara Mahasiswa ITB (@psmitb) on

Dengan kesuksesan PSM ITB di ajang Seghizzi tentunya mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, dan bukan hanya itu selain meraih penghargaan PSM ITB pun berhasil memperkenal budaya-budaya Indonesia di Luar negeri.(tk)

Baca juga   “Terbitlah Terang” Album Perdana Wai Rejected Menyuarakan Isu Hoax

 

Penulis : Suka Musik, Suka Film dan Suka Menulis