Peringati Hari Jadi Kota Pontianak Sejumlah Musisi Meriahkan Lewat Lagu
Connect with us

Musik

Peringati Hari Jadi Kota Pontianak Sejumlah Musisi Meriahkan Lewat Lagu

Published

on

Peringati Hari Jadi Kota Pontianak Sejumlah Musisi Meriahkan Lewat Lagu

Gencil News – Hari jadi Kota Pontianak dimeriahkan oleh semua kalangan warga Kota Pontianak. Meski pandemi sejumlah musisi peringati hari jadi Kota Pontianak melalui media visual.

4Kutub Group merupakan salah satu musisi yang yang ikut peringati hari jadi Kota Pontianak melalui lagu yang dilaunching tepat pada hari jadi Kota Pontianak ke 249. Dengan mengusung konsep khas Kota Pontianak.

Tito Prastio founder 4Kutub Group menjelaskan bahwa projek kali ini memang diperuntukkan memperingati hari jadi Kota Pontianak. Dengan menyampaikan ciri khas Kota Pontianak dengan segala keunikan Kota Pontianak.

“Lagu dan musik adalah salah satu media paling mudah membawa pesan-pesan lirik dan menjadi jembatan indormasi pendek akan kota kita. Yang bisa diletakkan dimanapun dan dibawa kemanapun,”Kata Tito saat diwawancarai

Tagline yang diusung adalah Demo 23 Oktober (debut merayakan 23 oktober) hari jadi kota pontianak. Pioner mengajak generasi muda untuk berkarya, mengajak atau ikut menjaga dan melestarikan budaya melalui bentu-bentuk media dan hasil karya lainnya.

Tak dapat dipungkiri lagu memang sebuah karya yang mudah dihafal sehingga sehingga sejumlah musisi lokal memilih untuk menuangkan karyanya dengan memperkenalkan dan menyambut orang-orang yang datang kepontianak dengan lagu.

“Saya ingin para musisi untuk tetap produktif dengan melestarikan budaya meskipun dimasa pandemi”ujanya

Ia juga berharap agar industri musik bisa jauh lebih produktif kreatif dimasa pandemi seperti sekarang. Masyarakat bisa percaya dengan konten-konten yang hasil karya musisi lokal dalam memperkenalkan budaya Kota Pontianak.

Terlebih dimasa pandemi industri musik yang tidak bisa menampilkan karyanya dalam menyambut hari jadi Kota Pontianak dapat memanfaatkan teknologi agar pesan dan kemeriahan hari jadi Kota Pontianak tetap dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Pontianak.

Tito juga berpesan dan mengajak anak muda Kota Pontianak untuk bangkit dari keterbatasan yaitu keterbatasan memperingati hari jadi Kota Pontianak secara langsung. Namun hal tersebut dapat di inisiasi melalui penampilan secara virtual.

Advertisement
2 Comments

2 Comments

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Musik

    Treasure Hiding Band Pop asal Jakarta Rilis “Menjauh”

    Published

    on

    Treasure Hiding Band Pop asal Jakarta Rilis "Menjauh"

    Gencil News – Band Pop asal Jakarta Treasure Hiding yang beranggotakan Panji Nobon (Gitar), Adelyna (Vokal), Andy Boy (Drum) dan Timothy Markus (Bass) meluncurkan single terbaru berjudul “MENJAUH” menuju akhir tahun 2020.

    Band yang terbentuk pada 2011 ini akhirnya kembali dengan single baru yang lebih segar.
    Sebelumnya, band ini pernah merilis sebuah mini album berjudul “Sang Cahaya” di tahun 2014.


    Seperti juga lagu-lagu di album sebelumnya, Treasure Hiding tetap konsisten memilih jalur Independen
    dalam memproduksi dan mendistribusikan karyanya. Namun ada hal yang berbeda dengan materi musik yang ditawarkan di lagu “MENJAUH” dari single-single sebelumnya.

    Kali ini Treasure Hiding mengekspresikan secara lebih dewasa dan terbuka perasaan-perasaan yang dihadapi di masa sulit ke dalam single terbarunya ini. Dan ini tentu menjadi relevan dengan kondisi pandemi yang tengah dihadapi sekarang.


    “Masa Pandemi yang menjauhkan semua orang ini, ternyata justru memberikan kami kesempatan untuk mendekat secara kreatif.


    Lagu “Menjauh” ini sendiri sebenarnya materi lama dan sudah ada sejak 6 tahun yang lalu.
    Namun, kondisi pandemi ini pada akhirnya yang justru “menghidupkan” kembali lagu ini

    dengan kesegaran baru,”ucap Nobon, gitaris Treasure Hiding.
    Diawali dengan suara keyboard, lalu disusul suara vokal yang lembut, lagu ini memiliki lirik yang
    emosional namun dibalut dengan musik yang rileks dan tempo yang menenangkan. Aransemen musik
    yang modern terdengar dari sound beat elektronik di pertengahan lagu dan diakhiri dengan sentuhan
    Dream Pop.


    “Lirik dari single “Menjauh” ini juga menjadi satu-satunya lagu Treasure Hiding yang diangkat dari kisah
    nyata dan pengalaman pribadi salah satu sahabat kami. Semoga kisah ini bisa sampai kepada penikmat
    musik kami,”tambah Adel, sang vokalis yang juga penulis lirik lagu.


    Hal berbeda lainnya, di tahun 2020 ini Treasure Hiding juga menggenapkan formasi anggotanya dari 3
    orang menjadi 4 personil.

    Posisi bass player kini diisi oleh Timothy Markus yang selama ini berstatus
    sebagai additional player. Dengan diluncurkannya single “MENJAUH” ini, semoga dapat mengobati rasa
    rindu untuk para TREASURERS (sebutan Fans Treasure Hiding) di masa pandemi ini.


    Single lagu menjauh sudah bisa dinikmati di seluruh platform digital mulai tanggal 20 November 2020.

    Continue Reading

    Musik

    Road Roots Hadirkan Sebuah Sajian Segar Groovy “Biar Sudah”

    Published

    on

    Road Roots Hadirkan Sebuah Sajian Segar Groovy " Biar Sudah

    Gencil News – Musik dengan multi-genre saat ini memang tengah diminati oleh para penikmat musik Indonesia. Banyak musisi yang kini meramu berbagai genre untuk mendapatkan warna musik ala mereka.

    Groovy band yang berdomisili di Batam  yang terdiri dari Bayu Bagus dan Faldo Reynaldo pada Vocal, Erio Hutomo pada Gitar, Alifardo pada Bass, Raja Rian pada Keys, Bagus pada Drum, dan additional player Yogi pada Saxophone.

     Road Roots menghadirkan lagu yang menggabungkan Pop, R&B, dan Jazz ke dalam lagu-lagunya. Band yang sempat mengikuti ajang festival band nasional dan menempati posisi pertama di regional Bali dan 4 besar di babak Final yang diadakan di Surabaya pada tahun 2018 silam ini kembali menyapa penikmat musik dengan single terbaru berjudul ‘Biar Sudah’.

    Terinspirasi dari cerita romansa jaman sekarang sekaligus cerita yang dialami personel dari Road Roots, lagu ini terbilang cukup adventurous.

    Ini karena perjalanan yang dilalui oleh lagu ini sangat berliku. Dimulai dari pembuatan demo di Batam, Road Roots memutuskan untuk mencari produser rekaman di Jakarta.

    Namun, rencana itu harus urung karena adanya pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia. Road Roots-pun tidak menyerah, akhirnya mereka memutuskan untuk memproduksi dan merilis sendiri single ini.

    Walau begitu, banyak pihak yang juga ikut membantu pembuatan lagu ini. Diantaranya, Bery Llamy sebagai Mixing dan Mastering, Netrilis Music sebagai Publisher, dan lagu ini juga direkam di 25 Creative House.

    Dirilis di akhir tahun 2020, Road Roots berharap lagu ini dapat diterima oleh penikmat musik Indonesia sekaligus dapat mewakili perasaan pendengarnya.

    Road Roots juga memiliki pesan spesifik yang mereka ingin tuangkan dalam lagu ini. Pesan itu adalah bahwa dalam cinta, walaupun kita kecewa karena adanya orang ketiga, kita harus tetap percaya bahwa suatu saat cinta akan membawa kita ke tempat dimana seharusnya kita berada.

    Kini, Road Roots memang sedang fokus untuk mempromosikan single terbarunya ‘Biar Sudah’ ini. Namun, mereka sudah mempersiapkan karya-karya terbaru mereka yang sudah siap dirilis di tahun 2021.

    Continue Reading

    Musik

    Ingat Dengan Single ‘Nyeselkan’, Young Lex Siapkan Part 2 “Nyeselkan”

    Published

    on

    Ingat Dengan Single ‘Nyeselkan’, Young Lex Siapkan Part 2 "Nyeselkan"
    2 tahun setelah merilis single ‘Nyeselkan’ tersebut, kini Younglex telah merilis single ‘Nyeselkan part 2’. Di lagu ini, Younglex mengajak musisi Indonesia bernama Italiani.

    Gencil News – Masih ingat dengan single ‘Nyeselkan’ yang rilis Younglex 2 tahun lalu? Lagu ini benar-benar telah akrab dengan baik oleh penikmat musik di Indonesia.

    2 tahun setelah merilis single ‘Nyeselkan’ tersebut, kini Younglex telah merilis single ‘Nyeselkan part 2’. Di lagu ini, Younglex mengajak musisi Indonesia bernama Italiani.

    Terbukti, lewat lebih dari 3 juta streaming di Spotify hingga lebih dari 67 juta views di Youtube, lagu ini telah menorehkan prestasinya sendiri.

    Dalam lagu ‘Nyeselkan part 2’ ini masih mempunyai kisah yang kurang lebih sama dengan ‘Nyeselkan’ yang rilis 2 tahun lalu.

     Younglex mengatakan bahwa membawakan lagu ini secara duet dengan maksud untuk menggambarkan bagaimana perbedaan sudut pandang dari Younglex maupun Italiani.

    Perbedaan sudut pandang inilah yang kemudian berusaha disampaikan Younglex melalui lirik-lirik yang lugas di lagu ‘Nyeselkan part 2’ ini.

    Dalam proses pembuatan lagu ‘Nyeselkan part 2’ ini, Younglex mengaku tidak merasakan beban yang terlalu berat.

    Dia bahkan mengatakan bahwa dalam menulis lagu ini. Seperti dia menulis lagu-lagu sebelumnya. Mengambil inspirasi dari cerita teman-temannya yang mengalami kisah nyata. Younglex berhasil menggambarkan dengan baik, perasaan seseorang yang terkhianati.

    Pemilihan Italiani sebagai rekanan duet bukan tanpa alasan. Menurut Younglex. Italiani memiliki suara yang cocok untuk mengisi lagu ini. Memang terbukti. Suara  Italiani mampu menambah kesan intim namun tetap dengan kata-kata lugas di lagu ini.

    Video Musik dari lagu ‘Nyeselkan part 2’ ini juga dihadirkan secara futuristic. Mengambil inspirasi dari anime futuristic dari Jepang. Younglex dan Italiani seakan berada pada sebuah kota fantasi dengan lampu warna-warni walau sekitarnya sedang gelap dan temaram.

    Younglex merasa, video musik ini cukup mewakili apa yang dia ingin tuangkan dalam lagu ini.

    Mereka berdua pun berharap, dengan adanya lagu ini akan membuat orang-orang di luar sana lebih bisa saling menghargai pasangan masing-masing saat sedang bersama.

     Italiani tidak akan menjadi musisi perempuan terakhir yang akan berduet Younglex berkolaborasi. Karena, Younglex mengungkapkan bahwa ia ingin merilis beberapa single yang merupakan hasil kolaborasinya bersama musisi perempuan.

    Continue Reading

    TRENDING