Mat Solar “Bajaj Bajuri” Yang Pernah Nge-Hits di Tahun 2000an

Masih ingat dengan sitkom Bajaj bajuri yang pernah nge-Hits ditahun 2002?.

Bajaj Bajuri adalah serial sinetron komedi situasi Indonesia terkemuka. Sinetron ini ditayangkan di Trans TV sejak awal 2002 hingga 2007, kemudian ditayangkan ulang di antv pada tahun 2008 dan SCTV pada tahun 2010. Sinetron ini dibintangi antara lain oleh Mat Solar (Bajuri), Rieke Diah Pitaloka (Oneng), Fanny Fadillah (Ucup) dan Nani Widjaja (Emak).

Hingga saat ini Bajaj Bajuri merupakan Sinetron, Sinetron Komedi, Live-Action Sinema, FTV, dan Sinetron Ramadan yang paling lama tayang, jika ditotalkan sudah berjumlah 1065 episode, sudah termasuk dengan Bajaj Baru Bajuri dan edisi Salon Oneng

Nasrullah yang lebih dikenal sebagai Mat Solar, 55 tahun) adalah seorang pemeran dan pelawak Indonesia. Nama Mat Solar melejit setelah berperan dalam sitkom Bajaj Bajuri

Nama Mat Solar didapatkan oleh anak kelima dari sembilan bersaudara dari pasangan H Muh Ali Sidik (alm) dan Hj Rosani ini ketika memerankan tokoh Mat Solar, pemeran utama dalam Teater Mama yang kerap mengisi acara di TVRI pada tahun 1978-1982.

Baca juga   Penyiar TV Transgender Pertama di Pakistan Berharap Ubah Persepsi

Dari teater komedi Betawi tersebut Nasrullah mengawali kariernya sejak duduk di bangku kelas II SMP. Awalnya pada tahun 1976 Teater Mama hanya menjadi ajang berkumpulnya remaja yang akan manggung jika diundang acara tujuh belasan di kampung atau di sekolah-sekolah.

 Nama Mat Solar kembali terangkat, seiring melejitnya sinetron Bajaj Bajuri. Ide sinetron tersebut muncul dari Hardi, Syarifuddin Jaluski, dan Nasrullah yang sepakat membuat sinetron yang mengangkat tentang bajaj.

Sebelum menjadi Bajaj Bajuri, judul sinteron tersebut adalah Bajaj Bang Mamat. Bajuri adalah nama tokoh yang diperankan Nasrullah dalam film pertamanya Mendung Tak Selamanya Kelabu (1982).

Nasrullah yang pernah kuliah di Jurusan Sosiologi, FISIP UI selama 10 semester ini menikah dengan Ida Nurlela dan dikaruniai tiga orang anak, Idham Aulia, Mikhail Ali Sidqi, dan Haidar Rasyad.

Mat Solar ternyata terkena serangan stroke belum lama ini. Hal tersebut membuatnya harus kerap bergantung pada bantuan kursi roda untuk beraktivitas.


courtesy : KOMPAS.com/DIAN REINIS KUMAMPUNG Artis komedi Mat Solar saat ditemui di kediamannya di kawasan Bambu Apus, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018).

“Sakitnya itu kena serangan pertama di 2015. Kemudian, dua bulan lalu kena serangan lagi. Pakai kursi roda baru dua bulan saja,” ujar Idham Aulia, putra sulung Mat Solar.

Baca juga   iPhone XR, XS, XS Max: Tiga iPhone baru Apple mulai dari $ 749, $ 999, $ 1.099

Idham kemudian juga membeberkan bahwa penyakit yang menyerang sang ayah berawal dari diabetes yang telah lebih dulu diidap bintang sinetron ‘Tukang Bubur Naik Haji The Series’ tersebut.

Sebelum jatuh sakit, artis komedi Nasrullah (55) atau yang karib disapa Mat Solar, sudah pensiun dari dunia entertainment yang membesarkan namanya.

“Sudah enggak mau lagi. Semenjak sinetron Tukang Bubur Naik Haji sudah enggak mau jadi artis,” ucap sang istri Ida Nurlaila saat ditemui di kediamannya di kawasan Bambu Apus, Tangerang Selatan, Selasa (18/9/2018).

Mat Solar juga berpesan pada Ida, agar tak lagi menerima tawaran bermain sinetron.

“Sudah pesan ke saya. Bapak sudah pesan kalau ada yang tawarin sinetron atau apa, bilang aja enggak,” kata Ida.

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.