Nasi Goreng Siti Fatimah, IIN, Atau Abu. Mana Pilihanmu?

Nasi goreng merupakan makanan salah satu menu paling digemari masyarakat Indonesia. Makanan yang juga disukai mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama inipun sangat mudah untuk kita temukan di hampir seluruh pelosok negri dengan aneka macam resepnya.

Nasi goreng merupakan makanan yang cukup sederhana untuk dibuat. Bahan-bahannya yang sangat mudah ditemukan membuat siapa saja dapat dengan mudah untuk membuat nasi goreng.

Nasi goreng yang memang mudah dibuat siapa saja. Namun, hal ini tak membuat pedagang nasi goreng sepi pembeli.

Cita rasa nasi goreng versi pedagang selalu memiliki cita rasa tersendiri. Cita rasa yang tak mampu digantikan oleh rasa nasi goreng rumahan tersebut membuat nasi goreng pedagang tak pernah tergantikan.

Di Pontianak sendiri, nasi goreng cukup diminati masyarakat. Beberapa nama tempat nasi goreng yang terkenal dengan kelezatannya pun bermunculan. Sebut saja Nasi Goreng IIN, Siti Fatimah, dan juga Nasi Goreng Abu.

Sekarang, kita akan sedikit membahas tentang ketiga tempat nasi goreng populer di Pontianak tersebut.

 

  1. Nasi Goreng Siti Fatimah

    Sumber Foto : https://god-must-be-crazy.blogspot.com/2013/06/kuliner-di-pontianak.html

Rumah makan yang satu ini patut disebut dengan nasi goreng legendaris. Bagaimana tidak, rumah makan yang memiliki nasi goreng sebagai menu andalannya ini telah buka sejak tahun 80an.

Nama Siti Fatimah sendiri pastinya telah akrab ditelinga masyarakat Pontianak khususnya para pecinta nasi goreng.

Dimulai dari berjualan lewat gerobak, rumah makan yang menjadi salah satu lokasi syuting film Aruna dan Lidahnya ini telah berdiri kokoh di jl. H. Rais A. Rachman tepatnya di Gg. Gn. Sahari. Nasi goreng ini juga memiliki cabang dengan nama sama di Jl. Podomoro

Rumah makan ini mulai buka pada pukul 10 pagi dan tutup sekitar jam 12 malam. Nasi goreng ini memiliki cita rasa yang unik berupa rasa sedikit hangus namun nikmat. Makanan ini tampil berminyak dengan warna kemerahan. Untuk yang tidak suka pedas,kita juga bisa memesan untuk tidak ditambahkan cabe.

makanan yang satu ini disajikan dengan tambahan potongan ayam yang memiliki cita rasa khas dan tambahan sambal yang membuat lidah bergoyang.

 

  1. Nasi Goreng IIN

    sumber foto : https://god-must-be-crazy.blogspot.com/2013/06/kuliner-di-pontianak.html

Tempat makan yang satu ini memang cukup terkenal kelezatannya. Berlokasi strategis yaitu di persimpangan Jalan Johar dan Jl. Karimata tersebut membuat tempat makan yang banyak dikunjungi anak muda ini cukup mudah untuk ditemukan.

Nasi Goreng ini sangat cocok untuk pecinta pedas. namun jika kalian yang tidak tahan dengan makanan pedas tak perlu khawatir. Karena rasa pedas tersebut bukan berasal dari nasi gorengnya melainkan dari sambal yang menjadi pelengkap nasi goreng tersebut.

Dengan topping berupa potongan ayam yang khas ini membuat nasi goreng yang tampil berminyak ini tak pernah sepi pembeli.

Kita juga bisa memesan telur ataupun hati dan ampela ayam sebagai lauk tambahan.

Tempat makan ini sendiri sudah memiliki cabang yang berlokasi di Jl. Pancasila.

 

  1. Nasi Goreng Abu

    courtesy

Diantara kedua nasi goreng diatas, nasi goreng yang satu ini lebih mudah untuk ditemukan. Alasannya tak lain karena cabangnya yang banyak menyebar di daerah-daerah Pontianak seperti alan Sungai Raya Dalam, Jalan Imam Bonjol, Jalan Adi Sucipto, hingga Jalan Tanjung Raya 2.

Rumah makan ini buka dari pukul setengah 4 sore hingga tengah malam ataupun hingga dagangannya habis terjual.

Tak jauh berbeda dari kedua nasi goreng sebelumnya, nasi goreng ini lebih nikmat dengan ditambahkan sambal yang telah disediakan. Tak lupa potongan ayam juga turut menjadi toppingnya.

Ketiga nasi goreng tersebut sebenarnya banyak memiliki kesamaan mulai dari cita rasa hingga penyajiannya yang khas yaitu menggunakan sambal tambahan dan suiran ayam. Kendati demikian, ketiganya tetap memiliki penggemarnya sendiri khususnya dikalangan anak muda.

Ketiganya memang mungkin memiliki cita rasa yang mirip. Namun, cita rasa tesebut tidak akan bisa kita jumpai di kota-kota lain. Tak heran banyak vlogger maupun penulis kuliner yang penasaran dengan cita rasa nasi goreng ini. (amr)

Penulis yang menyukai musik hingar bingar , jazz dan classic, gemar traveling, mencintai hidup, menghargai perbedaan, gak suka ribet, dan menyukai green tea.

Baca juga   Saigon Wakili Kalbar Lomba ke Nasional