Ihh Serem, Pameran Makanan Menjijikan di Swedia

Bangkai tikus di dalam anggur China memang terlihat menjijikan, dan keju mengandung belatung bisa membuat orang memalingkan wajah.

Namun tidak ada yang lebih mengerikan dari hiu Islandia yang difermentasi. Bahkan mungkin rasanya paling menjijikan. Setidaknya, begitu kata para ahli.

“Rasanya seperti mengunyah kasur yang sudah dibasahi air seni,” kata Samuel West, kurator dari Disgusting Food Museum atau Museum Makanan menjijikan, seperti dilaporkan Reuters.

Pameran Makanan
Pameran Makanan Menjijikan di Swedia

“Ini adalah sejenis ikan hiu Islandia busuk yang difermentasi,” katanya. “Anthony Bourdan, mendiang pembawa acara TV, menyebutnya salah satu hal yang menjijikan yang pernah ia makan, dan saya setuju dengannya.”

Dari kepala kelinci pedas dan sup kelelawar buah, yang sekarang dipajang di Malmo, Swedia, Disgusting Food Museum bertujuan untuk menantang persepsi rasa dan membantu pengunjung memikirkan mengapa sebuah makanan bisa sangat tidak disukai oleh satu budaya, bisa menjadi makanan kegemaran untuk orang lain.

Baca juga   Tulisan Tangan Eisntein Tentang Tuhan Dilelang Seharga 1,5 Juta Dolar AS

Beberapa pengunjung juga tampak kesulitan ketika melihat-lihat koleksi museum itu.

Belalang, tengkorak hewan yang dimasak dan bagian tubuh lainnya, termasuk bola mata, dipajang di panci-panci atau di papan-papan.

Makanan khas Eropa yang dipamerkan mulai dari hiu Islandia yang diawetkan yang dinamakan Hakarl, hingga keju Sardinia Casu Marzu yang dipenuhi dengan larva serangga. Terdapat juga haggis Skotlandia yang terbuat dari jeroan domba dan ikan haring Sursstromming berbau busuk yang difermentasi di Swedia.

Sementara menu Asia ada Durian dengan bau khas menyengat dan dan tahu bau. Sup kelelawar buah yang berasal dari kepulauan Pasifik di Palau. Hidangan Amerika Latin yang dipamerkan antara lain, sup babat Menudo Meksiko serta marmut Peru yang dikenal sebagai Cuy.

Baca juga   Tiket Pesawat dan Hotel diprediksi Naik ditahun 2019

Dari Amerika Utara, makanan yang dipamerkan antara lain makanan penutup seperti salad Jell-O dan minuman root beer.

Seorang pengunjung dari Australia, Nichole Courtney, mengatakan dia terkejut karena menemukan Vegemite, isian roti tangkup yang mengandung ekstrak ragi. Vegemite juga dikenal karena menimbulkan reaksi beragam dari yang pernah mencobanya. [vp/ft]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.