Waspada Berita Hoax – Gencil News
Connect with us

Entertainment

Waspada Berita Hoax

Published

on

GENCIL.NEWS PONTIANAK – Sekretaris Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pontianak Reinardo Sinaga menerangkan membuat berita atau informasi hoaks sangat gampang.

Bahkan, ada aplikasi khusus yang bisa diakses mudah melalui peralatan teknologi baik desktop komputer maupun smartphone android.

“Buat hoaks itu gampang. Dua diantaranya bisa lewat aplikasi Inspect and Edit HTML Live dan alamat website www.react365.com. Tinggal ubah atau edit, screenshot atau capture, lalu sebarkan. Viralkan melalui medsos,” ungkapnya saat Pelatihan Jurnalistik Anti Hoaks yang diinisiasi Komunitas Peduli Informasi (KOPI) Kalbar di Belian Room, Hotel Kapuas Dharma 1, Jalan Imam Bonjol.

Edho sapaannya mengatakan karakter hoaks dapat dideteksi dengan mudah. Lazimnya, hoaks yang dilempar oleh oknum pelaku mengikuti tren atau informasi viral yang terjadi saat itu. Saat ini hoaks juga memainkan sisi psikologis manusia.

“Selain itu, berita-berita hoaks biasanya melihat informasi yang tengah hangat di media mainstream besar atau media populer,” terangnya.

Ia menjelaskan perbedaan antara misinformasi dan disinformasi. Misinformasi adalah informasi yang salah, namun orang yang membagikannya percaya itu benar.

“Misalnya, ketika ada pesan medsos tentang resep atau obat kesehatan yang diterima,” katanya.

Sedangkan, disinformasi adalah informasi yang salah dan orang yang membagikannya tahu itu salah. Disinformasi sifatnya disengaja.

“Ketika dapat informasi salah,namun orang itu tetap menyebarkannya. Ini disinformasi,” jelasnya.

Edo memaparkan ada tujuh tipe mis-disinformasi diantaranya satire atau parodi. Pada tipe ini seseorang melakukannya hanya untuk lucu-lucuan, tidak ada niat untuk menyakiti,tapi berpotensi membodohi.

Kemudian, tipe konten menyesatkan atau misleading. Konten sengaja dibuat untuk menyesatkan dengan membingkai sebuah isu atau menyerang individu. Isi berita dipelintir baik pada bagian-bagian tertentu, setengah atau seluruhnya.

“Ya, beritanya dipelintir. Ada juga tipe konten gak nyambung antara judul berita, foto, caption dan isi berita. Tipe lain adalah konten manipulatif, ketika dibungkus agama, apapun itu orang akan percaya,” katanya.

Lantas, ada tujuh alasan dibalik dis-informasi yakni jurnalisme yang lemah, untuk lucu-lucuan, sengaja memprovokasi, partisanship mencari duit (clickbait-iklan), gerakan politik dan propaganda.

Edho mengimbau para jurnalis menjadi garda terdepan mengantisipasi hoaks. Tidak dipungkiri perkembangan hoaks berbanding lurus dengan pesatnya teknologi dan informasi. Momentum Pilkada biasanya tidak luput dari sasaran pelaku hoaks.

“Kalau bukan jurnalis siapa lagi ? Mari hasilkan karya yang benar-benar real,” tandasnya.

Pelatihan jurnalistik diikuti oleh para jurnalis berbagai media cetak dan elektronik lokal yang tersebar di kabupaten dan kota se-Kalbar.

Selain memberikan teori tentang hoaks, para peserta juga diajarkan berbagai praktik terkait digitalisasi diantaranya cara mengecek keamanan password akun email, wikimapia, melacak lini masa akun dan berbagai materi lainnya.

Sebelumnya, Koordinator SEJUK Kalbar Dian Lestari juga telah menyampaikan materi tentang keberagaman. (dpw)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Film

4 Film tentang Bisnis dan Kisah Sukses Para Pengusaha

Published

on

5 Film tentang Bisnis dan Kisah Sukses Para Pengusaha

Film tentang bisnis bisa menjadi sumber motivasi sekaligus inspirasi yang sangat positif bagi anda yang ingin menjadi pengusaha sukses.

Selain itu, Inspirasi dan motivasi bisnis bisa datang dari mana saja, Salah satunya dari kisah para pengusaha sukses dan bilyuner.

Bicara mengenai pengusaha sukses, berikut tayangan dan 4 deretan film tentang bisnis dan kisah sukses para pengusaha yang menginspirasi.

Mungkin saja, setelah menonton deretan film berikut ini bisa menambahkan motivasi ide dalam bisnis. tentunya dalam hal yang positif.

1. Margin Call

Margin Call adalah sebuah film drama Amerika yang bercerita tentang usaha sebelum krisis ekonomi AS pada tahun 2008.

Film ini menunjukkan dengan gamblang aktor aktor di balik runtuhnya bisnis perumahan di Amerika Serikat pada saat itu.

Keserakahan dan kelicikan menjadi tema penting film Margin Call. Pesan film ini adalah memotivasi untuk menjadi pekerja yang jujur dan profesional.

2. Pirates of Silicon Valley (1999)

Pirate Of Silicon Valley bercerita tentang kebangkitan perusahaan teknologi Amerika Serikat. yang fokus pada kisah Steve Jobs dan Bill Gates.

Dua dari sedikit orang paling sukses di dunia. Di film ini kita akan melihat bagaimana mereka menciptakan dua perusahaan teknologi besar: Microsoft dan Apple.

Konflik, drama dan keahlian keduanya saat membangun perusahaan tergambar dengan jelas di film serial televisi ini. Dapatkan motivasi bisnis dengan menonton film ini.

3. The Founder (2016)

Film ini bercerita tentang hidup Richard dan Maurice McDonald, pendiri restoran fast food berjaringan terbesar seluruh dunia.

film tentang bisnis yang satu ini menggambarkan bagaimana ide yang sederhana bisa menjadi bisnis beromzet miliaran dolar hingga pelajaran mengenai cara bernegoisasi dalam berbisnis.

4. Pursuit of Happyness (2006)

Adalah kisah seorang salesman yang gagal. Meski bangkrut dan urusan perpisahan dengan istrinya, Chris tidak patah arang.

Dalam kondisi serba terbatas, ia justru belajar mengenai dunia pasar modal. Seperti dalam kehidupan tokoh aslinya dalam dunia nyata, roda nasib pun berputar.

Continue Reading

Film

Isi Keseruan Liburan dengan Menonton Beragam Film Menarik Untuk Anak

Published

on

Isi Keseruan Liburan dengan Menonton Beragam Film Menarik Untuk Anak

Gencil News- Sebentar lagi libur lebaran akan datang, banyak hal yang bisa anda luangkan bersama keluarga. Salah satunya menonton film.

Sebuah penelitian dari jurnal Family Relations menyebutkan, keluarga yang sering menghabiskan waktu bersama anak dan keluarga memiliki ikatan emosional yang baik.

Selain itu, Dengan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga anda bisa Melakukan hobi bersama.

Melihat pentingnya manfaat menghabiskan waktu bersama keluarga, Anda perlu merancang beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan dengan anak-anak.

Misalnya, agendakan menonton film bersama keluarga pada akhir pekan. Berikut Daftar 5 Film Menarik Dengan Tema Keluarga yang bisa anda tonton bersama.

Isi Keseruan Liburan dengan Menonton Beragam Film Menarik Untuk Anak

1. Lion King (live action)

Film Lion King (live action) juga menjadi box office di tahun 2019. Selain menyuguhkan pemandangan indah sepanjang animasi film, kisah hubungan keluarga dengan sangat menyentuh.

Film besutan Jon Favreau ini menceritakan tentang perjalanan seorang singa kecil bernama Simba yang lahir sebagai raja selanjutnya menggantikan Mufasa, ayahnya. Simba sangat mengidolakan ayahnya.

2. UP (2009)

Kisah ini berawal dari 2 orang sahabat Carl dan Ellie yang menjalin hubungan ikatan sedari anak-anak. Mereka merupakan orang yang menyukai petualangan. Setelah menikah, mereka mengumpulkan uang untuk bisa berpetualang bersama.

Walaupun akhirnya uang itu sering habis untuk keperluan lain. Usia pernikahan yang cukup lama ternyata tidak membuat mereka memiliki anak. Sepertinya ada sebuah penyakit yang menimpa Ellie.Film yang rilis pada 29 Mei 2009 merupakan Animasi Terbaik Oscar tahun 2010.

3. Coco (2017)

Film Animasi yang merupakan Animasi Terbaik Oscar tahun 2018 ini berada dalam arahan sutradara Lee Unkrich dan Adrian.

Dia selalu bermain musik dengan sembunyi-sembunyi dan meniru idolanya yang telah meninggal, Ernesto de la Cruz. Pernah suatu ketika dia ketahuan memainkan gitar dan keluarganya marah besar.

Miquel kabur menuju pemakaman Cruz dan mengambil gitar idolanya. Namun ternyata pencurian gitar itu membawanya ke dimensi lain dan berkemungkinan bertemu dengan arwah Cruz secara langsung.

4. Big Daddy (1999)

Salah satu film yang membuat nama Adam Sandler lekat dengan genre komedi keluarga, di sini ia berperan sebagai Sonny Koufax, seorang bujangan yang tinggal di New York City sebisa mungkin menghindari apapun bentuk tanggung jawab selayaknya orang dewasa pada umumnya.

Continue Reading

Film

Kuyang, Hantu Kalimantan Segera Tayang Di Bioskop Indonesia

Published

on

By

Horor, "Kuyang The Movie" Segera Tayang Di Bioskop Indonesia

Gencil News – Segera tayang di seluruh bioskop tanah air, film horor terbaru “Kuyang The Movie” dengan alur yang menegangkan. Film bergenre horor nasional sendiri mempunyai daya tarik yang luar biasa dan banyak yang menantikan.

Bagi anda penggemar film horor pasti tidak akan ingin melewatkan film yang satu ini berjudul “Kuyang The Movie”. Film yang diproduksi oleh kolaborasi 786 production dan Max Anderson ini akan tayang serentak di bioskop pada bulan Mei 2021.

Kuyang adalah arwah perempuan nokturnal berupa kepala manusia dengan isi tubuh menempel tanpa kulit dan anggota badan yang dapat terbang. Biasanya kuyang mencari darah bayi atau darah perempuan yang telah melahirkan. Masyarakat Kalimantan menyebut makhluk menyeramkan ini dengan nama Kuyang

Film ini dibintangi oleh artis kelahiran Kalimantan Barat yakni Zora Vidyanata dan juga Anne J Cotto. Artis nasional lainnya Arie Dwi Andika, dll juga ikut meramaikan film tersebut

Bukan hanya mengandalkan horor dan jump scare, Kuyang The Movie juga mendalami cerita dan drama antara kedua pasangan Arie dan Zora. Kedua pasangan ini baru saja pindah ke pedalaman Kalimantan, untuk memulai kehidupan baru. Namun berakir fatal ketika makhluk Kuyang menghantui kehidupan mereka.

Ketika syuting, banyak tantangan yang kami alami mulai dari cuaca yang kurang mendukung sampai gangguan lainnya ucap Arie. Zora pun yang berperan sebagai Reni mengatakan ketika syuting, ada satu hari yang mana ia tidak bisa bangun dari tempat tidurnya. Untuk beberapa saat seolah sedang mengalami rep rep-an dan melihat penampakan juga.

Bagi penikmat film, terutama bergenre horor, jangan sampai melewatkan film ini langsung di bioskop. Nuansa horor dan mencekam dapat anda rasakan dari film yang akan mulai tayang tanggal 20 Mei 2021 ini.

Continue Reading

Musik

Luapan Kegelisahan Okin di ‘Bersama Melangkah’

Published

on

Luapan Kegelisahan Okin di ‘Bersama Melangkah’

Gencil News – Niko Al Hakim atau yang lebih dikenal dengan nama OKIN merupakan musisi yang telah malang melintang di dunia musik Indonesia. Sudah banyak karya-karya terbaik yang dia hasilkan termasuk karya bersama bandnya L.Y.O.N.

Kini, Okin sepertinya telah siap untuk berkarier secara solo dengan merilis single terbarunya yang berjudul ‘Bersama Melangkah’. Single ‘Bersama Melangkah’ ini merupakan single kedua Okin yang dirilis sebagai proyek solonya.

Lagu ini bercerita tentang seorang ayah yang berusaha meyakinkan anaknya jika perpisahan orang tua bukanlah suatu hal yang harus ditangisi, bukan juga menjadi alasan hidup menjadi tersiksa seperti yang digambarkan dan dibicarakan banyak orang.

Okin memang berusaha menunjukkan cinta seorang ayah yang akan selalu ada untuk sang anak selama-lamanya.

Dengan genre pop alternative yang dihadirkan dalam single terbarunya ini, Okin mengatakan bahwa single ‘Bersama Melangkah’ digarap sebagai sebuah wadah alter egonya dalam bermusik. Diapun ingin suatu saat nanti, kedua anaknya dapat mendengarkan karya ini dan mendapatkan pesan yang ingin disampaikan oleh Okin lewat lagu ini.

“Lagu ini adalah hasil kegelisahan saya dengan omongan orang-orang yang mengatakan bahwa perpisahan sama saja dengan mengorbankan anak,” kisah Okin. “Namun, buat saya, bagaimana anak bisa terus bahagia kalau orang tuanya juga tidak bahagia? Bukankah lebih menyakitkan hidup dalam satu rumah tangga namun dengan suasana yang tidak menyenangkan?” ungkapnya.

Selain merefleksikan ke dalam kehidupannya sendiri, Okin juga mengaku telah menanyakan ke beberapa temannya yang ternyata masih mampu merasakan kebahagiaan walau orang tua mereka berpisah. Justru dengan perpisahan orang tua tersebut, kata teman Okin, mereka masih dapat merasakan kasih sayang orang tua mereka hingga mereka dewasa.

Inilah yang ingin sekali Okin sampaikan pada kedua anaknya yang kemudian dia tuangkan dalam sebuah lirik yang dibantu oleh Rudy, partner’nya di L.Y.O.N. yang turut menemukan formula yang cocok untuk Okinmenuangkan lirik tadi ke dalam sebuah lagu.

“Semoga karya ini bisa diapresiasi dengan baik oleh penikmat musik Indonesia. Yang terpenting adalah, saya ingin terus menuangkan kegelisahan yang ada di dalam hati saya ke dalam sebuah karya sekaligus meluapkan sisi alter egosaya, yang tidak bisa saya tuangkan ke dalam band saya,” harap Okin. “Jadi, kalau penikmat musik ingin mendengarkan suara hati yang ingin saya sampaikan selama ini, cobalah untuk mendengarkan lagu ini,” tambahnya.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING