Grasstrack Cahmapionship, Ajang Promosi Wisatawan di Perbatasan

 

GENCILNEWS – SAMBAS-Rasa mencintai negeri khusus bagi masyarakat di kawasan Perbatasan Indonesia-Malaysia dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya adalah dengan menggelar “Super Grasstrack Championship 2018” yang diusung bareng IMI, TRC dan SARC di Lapangan Grasstrack Sijang Accord di Kecamatan Galing, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Ribuan penonton dari berbagai daerah yang antusias dengan acara ini tampak berjejal ingin menyaksikan pertarungan yang diikuti oleh 128 peserta itu.

Ketua Penyelenggara, Erwan mengatakan ajang ini sangat menarik bagi warga yang berada di perbatasan Indonesia-Malaysia. Terutama karena jarak lokasi acara hanya 37 km dari gerbang Pos Lintas Negara (PLBN) Terpadu Aruk.

“Grasstrack sudah menjadi olahraga yang merakyat di Sambas,” ungkapnya kepada wartawan, belum lama ini.

Erwan mengakui sejauh ini ia adalah orang yang paling sering menggelar hajatan serupa setiap tahunnya.

“Melalui event ini bisa sebagai salah satu wadah kami menggalang dan menyalurkan pemuda perbatasan kepada hal positif,” ujar Erwan.

Baca juga   Sejuk Gelar Workshop ‘Keberagaman di Tengah Tahun Politik’

Kedepannya, ditegaskan Erwan, ia bersama panitia akan melaksanakan acara serupa namun bersifat rally adventure dengan peserta dari seluruh Kalimantan dan Malaysia.

“Pentas budaya tarian tiga etnis, lomba fotography dan berbagai macam hadiah dengan peserta yang jauh lebih banyak lagi,” urainya.

Ia kembali menjelaskan di Tahun ini ada 10 seri yang akan digelar yaitu Kejurnas dan Kejurda.

“Saat ini yang kami gelar adalah Kejurclub,” tegasnya.

#movie #terminator #gencilnews #info

A post shared by gencilnews (@gencilnews) on

Anggota DPRD Kalbar sekaligus Penasehat dan Pelindung Koordinator Wilayah IMI Kabupaten Sambas, M Subhan Nur mengaku dengan menggelar acara ini, diharapkan agar generasi muda terhindar dari narkoba.

“Tak kalah pentingnya adalah kita selalu membuat event di perbatasan sebagai wujud cinta terhadap tanah air. NKRI adalah harga mati,” tekad H Subhan Nur.

Ketua Bagian Hukum Pengprov IMI Kalbar, Romi Kadir menambahkan jika acara Grasstrack ini digelar dikawasan perbatasan salah satunya juga untuk menarik wisatawan asing agar sering menyambangi Kabupaten Sambas sebagai salah satu destinasi wisata dalam bidang olahraga.

Baca juga   Pj Gubernur Kalbar Lantik Dewan Hakim MTQ Ke 27

“Selain menjadi hiburan masyarakat perbatasan juga salah satu daya tarik wisatawan asing untuk datang kesini,” jelasnya.

Terkait sering diadakannya even serupa, Romi mengharapkan ada perhatian pemerintah terkait pembangunan jalan serta fasilitas penginapan bagi wisatawan yang ingin melihat grasstrack tersebut.

“Kita harap ada penginapan yang memadai, saya yakin even akan sampai di tingkat nasional, dan bisa menggelar Kejurnas,” jelasnya optimis.

Sebanyak 128 crosser ikut dalam ajang Super Grasstrack. Dari 12 kelas yang dilombakan, muncul bibit unggul yang siap diorbitkan. 4 unit sepeda motor yang disiapkan buat Juara Umum menjadi penyemangat tracker tampil. (dpw)

 

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.