Maksimalkan Potensi Pariwisata Kalimantan Barat

Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Yohanes A Dopong berharap pemerintah daerah (Pemda) kabupaten/kota berkontribusi secara maksimal dalam pengembangan dunia pariwisata di Provinsi Kalimantan Barat.

Pasalnya, pengembangan dunia pariwisata tidak hanya bisa bergantung dari pemerintah provinsi (pemprov) saja. Namun, sinergitas jadi penekanan khusus dalam memajukan dunia pariwisata.

“Hal itu dapat dilakukan dengan perencanaan yang bagus dalam pemasaran dan promosi kepariwisataan yang ada di Kalbar,” Katanya Dopong.

Ia mengatakan sisi pariwisata menjadi paling menarik untuk dikelola secara terpadu dan optimal. Pariwisata dapat menghaslilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) masing-masing kabupaten/kota.

“Ketika pariwisata berkembang, maka perekonomian Usaha Kecil Menengah (UKM) juga akan terdorong berkembang secara otomatis,” ujarnya.

Baca juga   Petinju Kalbar Ukir Prestasi Internasional

Berkembangnya pariwisata Kalbar, lanjut dia, jadi peluang kerja terbuka untuk masyarakat Kalbar. Di satu sisi, pariwisata akan membangun daerah. Di sisi lainnya, prasarana seperti infrastruktur juga akan terbangun.

“Pariwisata punya tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan keberadaan Perda dari Rencana Induk Pengambangan Pariwisata Kalbar,” ucapnya. (all)

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.