Connect with us

Gaya Hidup

Sungkui Kuliner Khas Sanggau yang Wajib Dicoba

Published

on

GENCIL NEWS -SANGGAU – Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memiliki makanan khas yang nikmat dan lezat, yaitu sungkui. Di Sanggau, sungkui merupakan makanan favorit untuk jamuan acara-acara pesta atau pada saat hari-hari besar seperti Idul Adha dan Idul Fitri.

Dikalangan Keraton Surya Negara Sanggau, sungkui merupakan menu yang wajib ada, dan dipastikan setiap tamu yang singgah ke Keraton akan disajikan makanan yang lezat ini. Menurut  Pangeran Drs. Gusti Arman Ratu Surya Negara, mengatakan sungkui bukan hanya makanan tradisional biasa, karena sungkui adalah menu andalan untuk tamu kehormatan bagi kerajaan.

Menu sungkui berbentuk sederhana yaitu tipis dan lonjong memanjang, namun meskipun begitu sungkui memiliki aroma yang khas, sehingga membuat sungkui banyak disukai dari berbagai kalangan, baik kalangan biasa-biasa saja maupun pengusaha dan pejabat ketika ada perayaan hari besar.

Cara memasak sungkui pun sangat sederhana, yaitu setelah dibungkus ke dalam daun keririt, kemudian diikat menjadi 10 bungkus dengan daun yang sama. Setelah itu direbus sekitar 4 jam dan agar matang merata maka setiap 2 jam sekali dibolak-balik.

Cara menyajikan sungkui kuliner khas Sanggau yaitu dengan dihidangkan bersama sambal nanas, opor ayam, rendang sapi, gulai, dan yang wajib ada adalah serondeng. Dan  akan lebih sempurna lagi jika dihidangkan dengan lemang dan pencuci mulut sirkaya (terbuat dari gula, telur dan santam dengan cara di steam).

Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat memang tempatnya untuk mencari kuliner dengan rasa yang nikmat dan lezat. Jika anda datang kesini pastikan anda mencicipi sungkui, kuliner Khas Sanggau.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hidup Sehat

Jangan Lupa Selalu Cuci Masker Kain Secara Rutin

Published

on

Jangan Lupa Selalu Cuci Masker Kain Secara Rutin

Ketika menggunakan masker, terutama dalam waktu lama masker bisa saja lembap karena keringat maupun uap panas dari napas. Masker yang lembap, ketat, kotor, dan debu yang ada pada masker bisa menjadi penyebab munculnya jamur pada masker.

Terlebih kalau masker tidak dicuci setelah digunakan seharian. jamur pada masker ini nantinya dapat menjadi penyebab infeksi jamur pada kulit wajah kita.

Meski memiliki kemampuan menyaring debu yang lebih rendah dari masker medis, menggunakan masker kain tetap lebih baik dibandingkan tidak menggunakan masker sama sekali.

karena menggunakan masker hampir setiap saat, maka mencuci masker tidak boleh dilupakan, tidak mencuci masker secara rutin bisa memicu pertumbuhan jamur pada masker

Kulit yang terkena infeksi jamur akan menyebabkan adanya ruam berwarna kemerahan, kekuningan, dan berminyak.

Pertama anda bisa sesekali membuka masker kalau ada kesempatan, misalnya saat berada di tempat yang sepi dan jauh dari kerumunan. hal ini akan membuat masker tidak terlalu lembap karena uap dari napas dan udara di luar yang panas.

Panduan WHO menyebutkan masker kain harus dicuci secara rutin dan digunakan dengan hati-hati, agar tidak terkontaminasi dari barang-barang lainnya. Jika ada bagian masker yang rusak atau bolong, lebih baik masker kain tidak digunakan kembali.

Cucilah masker sesuai dengan kemampuan atau toleransi bahan kain tersebut terhadap air panas. Jika memungkinkan, cucilah masker menggunakan air dengan suhu 60 derajat Celcius menggunakan sabun atau deterjen.

Selain itu, proses pengeringan usai mencuci masker juga harus kita perhatikan. Riset menunjukan durasi paparan sinar matahari yang diperlukan untuk mengurangi kontaminasi virus hingga 90 persen adalah lebih dari satu jam paparan matahari langsung.

Ketika cuaca sedang hujan atau mendung, kita bisa menggunakan mesin pengering dengan pengaturan suhu tertinggi untuk menetralkan virus.

Continue Reading

Hidup Sehat

Berikut 5 Cara Menyimpan Daging Ayam Agar Tahan Lama

Published

on

Berikut 5 Cara Menyimpan Daging Ayam Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan daging ayam yang dilakukan secara tidak benar menjadi salah satu penyebab timbulnya bakteri jahat yang menyebabkan daging ayam cepat menjadi busuk.

Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera.

Daging ayam juga menjadi salah satu daging yang digemari oleh semua orang, Jenis daging putih yang kaya akan kandungan nutrisi ini menjadi idola karena selain proses mengolahnya yang sangat mudah, daging ayam juga bisa dikreasikan menjadi olahan makanan yang sangat bervariasi.

Tentu hal ini menjadi salah satu masalah bagi kamu yang gemar menyimpan daging ayam sebagai stok bahan makanan. 

Agar daging ayam tidak cepat busuk dan terjaga kesegarannya, maka anda bisa melakukan 5 cara ini:

1. Jangan Dicuci Dahulu

Daging ayam yang baru dibeli tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Anda bisa mencucinya ketika ingin mengolah daging ayam tersebut.

Namun, jika anda ingin mengolahnya di ke esokan hari maka andabisa memotong ayam terlebih dahulu sesuai dengan keinginanmu dan kemudian dilanjutkan dengan langsung memasukannya ke dalam freezer tanpa perlu dicuci.

2. Simpan dalam freezer

Cara utama yang bisa digunakan agar daging ayam tak cepat busuk ialah dengan meletakannya di bagian freezer kulkas. Dengan meletakkan di bagian ini, maka daging ayam akan bertahan bahkan hingga satu tahun lamanya. hal ini bisa terjadi karena suhu minus pada freezer mampu mencegah munculnya bakteri jahat yang membuat daging ayam menjadi cepat busuk.

3.    Memotong daging ayam

Memotong daging ayam sebelum disimpan membuat masa penyimpannya menjadi lebih pendek. Jika ayam utuh yang langsung dimasukkan ke dalam freezer mampu bertahan hingga satu tahun, maka ayam potong ini hanya mampu bertahan selama 9 bulan. 

Ayam yang dipotong mendapatkan banyak sentuhan ketika proses pemotongannya. Sentuhan ini yang diduga menjadi perantara antara bakteri ataupun kotoran yang menempel dan hinggap di daging ayam sehingga daging ayam menjadi lebih cepat membusuk.

4.    Gunakan wadah yang tepat

Sebelum memasukkan daging ayam ke dalam freezer, pastikan anda menggunakan wadah yang tepat. Pastikan wadah yang digunakan mampu menampung seluruh stok daging dan mampu menutup dengan rapat.

5.   Rak bawah kulkas

Selain meletakkan di freezer, anda juga bisa meletakkanya di bagian rak bawah kulkas, berbeda dengan meletakkan di freezer yang mampu bertahan selama 1 tahun, pada bagian rak ini, daging ayam hanya mampu bertahan selama dua hari saja.

Jangan lupa juga untuk memastikan suhu kulkasmu, ya. Pastikan suhu kulkas berada pada rentan 0-5 °C agar daging ayammu lebih segar dan tahan lama

Continue Reading

Hidup Sehat

Stimulasi Musik Klasik Untuk Tingkatkan Daya Ingat Pada Otak

Published

on

Stimulasi Musik Klasik Untuk Tingkatkan Daya Ingat Pada Otak

GENCIL NEWS -Musik klasik memang bukan sembarang musik. Musik-musik seperti milik Mozart, Copin, dan Schubert itu mungkin sangat membosankan bagi sebagian orang yang lebih suka lagu pop ataupun rock.

Para peneliti menemukan bahwa musik mengaktifkan otak, menyebabkan seluruh wilayah berkomunikasi. Dengan mendengarkan soundtrack pribadi, jaringan visual, jaringan arti-penting, jaringan eksekutif dan pasangan jaringan cerebellar dan corticocerebellar semuanya menunjukkan konektivitas fungsional yang secara signifikan lebih tinggi.

“Ini adalah bukti objektif dari pencitraan otak yang menunjukkan musik pribadi berarti adalah rute alternatif untuk berkomunikasi dengan pasien yang memiliki penyakit Alzheimer,” kata Norman Foster, MD, Direktur Pusat Perawatan Alzheimer di U of U Health 

Menurut Reader’s Digest, musik klasik dapat membantu jantung kita untuk bekerja lebih tenang, dan memulihkan stres pada tubuh kita. selain itu, dapat membantu juga kamu untuk mengurangi rasa gelisah. Karena mendengarkan musik klasik dapat menurunkan kadar darah di tubuh.

Tak hanya akan menjadi lebih tenang, kemampuan otakmu pun akan meningkat. Sebuah studi tahun 2001 mengatakan seseorang yang mendengarkan Mozart selama 10 menit, mengalami peningkatan nilai IQ mereka. Hal tersebut disebabkan bahwa ada peningkatan pemahaman kognitif.

Selain meningkatnya pemahaman, dapat juga mempertajam memori otak. Sebuah studi dari Learning and Individual Differences melakukan penelitian terhadap sebuah dua grup siswa dalam kelas. Salah satunya didengarkan musik klasik.

Hasil studi menunjukkan bahwa grup yang mendengar musik klasik mendapatkan nilai lebih tinggi. Jadi, hasil tersebut membuktikan bahwa belajar dengan mendengarkan musik klasik membantu menajamkan ingatan.

Musik klasik pun dapat membuat manusia untuk lebih produktif lagi. meningkatkan akurasi, produktivitas, dan kepuasan bekerja. Jadi sambil bekerja, bisa mendengarkan musik klasik akan meningkatkan produktivitas anda.

Continue Reading

TRENDING