4 Karakter yang Harus Dipunya Seorang Pemimpin Sukses – Gencil News
Connect with us

Gaya Hidup

4 Karakter yang Harus Dipunya Seorang Pemimpin Sukses

Published

on

Berbicara tentang kepemimpinan, hal yang paling utama  adalah integritas dari seorang pemimpin. Sedikitnya ada tiga faktor dalam kepimpinan diantaranya, integritas, komunikasi efektif dan pengaruh.

GENCILNEWS – Jika ketiga faktor tersebut ada dalam diri seorang pemimpin maka dia merupakan pemimpin yang berkualitas dan sukses.

Namun, ada hal yang menarik lagi dari seorang pemimpin sukses yakni dia dapat mendorong bawahannya menjadi seorang yang sukses – tidak hanya dirinya yang sukses tapi bawahnnya pun bisa sukses. Inilah  kehebatan dari seorang pemimpin sukses.

Tidak dipungkiri lagi, gaya dan langkah seorang pemimpin akan selalu diikuti oleh para bawahan, hal tersebut dikarenakan mereka sudah respect terhadap pemimpin tersebut.  Setiap orang adalah pemimpin dan mereka akan terus belajar untuk menjadi pemimpin yang baik.

Pemimpin yang baik adalah mereka yang mempunyai nilai plus di mata pengikutnya serta nilai-nilai tersebut dapat diserap dengan mudah oleh mereka. Jika Anda seorang pemimpin, pastikan Anda mempunyai nilai sehingga bisa mengubah mereka lebih baik dan tentu sukses.

John Maxwell mengatakan jika kita fokus kepada orang lain maka dunia akan terbuka untuk kita. Jika diterjemahkan kalimat John Maxwell tersebut dengan arti ‘membantu mereka sehingga menjadi sukses’. Tidak hanya suskses namun mereka dapat mempunyai nilai sehingga bermafaat bagi dirinya dan orang di sekitarnya.

Beberapa hal Anda dapat dikatakan seorang pemimpin sukses, antara lain:

#1 Lihatlah bawahan sebagai sukses terbesar Anda
Seorang pemimpin akan selalu mensupport bawahannya untuk sukses dengan cara membantu mereka menjadi sukses. Anda bisa menanyakan kepada mereka apa mimpin terbesarnya, selanjutnya arahkan dan bantu mereka untuk mencapainya. Sejatinya jika mereka sukses maka hal tersebut merefleksikan Anda seorang pemimpin sukses.

#2 Apresiasi mereka
Setiap orang menginginkan sukses dan bernilai di mata orang lain. Apresiasi semua usaha yang telah mereka lakukan – memberikan pujian akan membuat mereka merasa diperhatikan dan termotivasi.

#3 Kenali mereka
Dengan mengenali mereka lebih detail akan menguntungkan bagi Anda dan tentu, mereka akan lebih respect kepada Anda. Kenali posisi dan job desk mereka, keluarganya dan yang paling penting Anda bisa mengetahui harapan dan mimpi mereka.

#4 Bekali mereka dengan pengetahuan
Ajak dan arahkan mereka untuk terus meng-upgrade ilmu dan keahliannya. Pelatihan untuk mereka juga terkadang penting dilakukan sehingga mereka lebih percaya diri. Serta berilah kesempatan kepada mereka untuk terus mengembangkan pengetahuannya.

Intinya, seorang pemimpin sukses itu adalah mereka yang dapat membantu dan mengakomodir harapan dan mimpi para pengikutnya – apalagi sampai mereka menjadi sukses. Jika hal tersebut bisa Anda lakukan maka Anda sudah termasuk pemimpin yang sukses. (bns)

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hidup Sehat

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Buah Yang Enak

Published

on

By

Cara Mengatasi Insomnia Dengan Buah Yang Enak
ilustrasi : Insomnia

Gencil News – Kurang tidur dapat mempengaruhi pikiran, tubuh, dan kesehatan anda secara keseluruhan. Tidur nyenyak penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental yang baik. Jika anda tidak bisa tidur sesekali karena kegembiraan atau jet lag, bukan insomnia.

Insomnia akut biasanya karena stres dan tekanan keluarga atau pekerjaan atau ketika seseorang mengalami trauma. Insomnia kronis biasanya juga karena beberapa hal, seperti obat-obatan, gangguan neurologis, gangguan tidur seperti sindrom kaki gelisah dan penyakit terkait pernapasan seperti sleep apnea.

Selain itu, masalah yang melibatkan nyeri kronis seperti artritis juga menjadi penyebab. Dan minuman atau makanan yang mengandung kafein, tembakau, alkohol, atau zat terkait yang berlebihan.

Insomnia adalah penyakit yang lebih serius dan dapat mendatangkan malapetaka dalam hidup anda. Daripada membeli obat tidur, cobalah pengobatan rumahan ini untuk menyembuhkan insomnia.

Buah Untuk Mengatasi Insomnia

1.  Kiwi

Makan dua buah kiwi segar satu jam sebelum tidur. Lakukan kebiasaan ini setiap malam. Anda akan mulai melihat hasilnya dalam beberapa minggu.

Kiwi kaya akan antioksidan yang mengurangi stres oksidatif di otak yang mungkin menyebabkan insomnia. Selain itu, buah kiwi mengandung serotonin yang membantu menenangkan pikiran.

2. Pisang

Anda bisa mengonsumsi pisang yang sudah matang secara langsung atau bisa juga dengan mengolahnya terlebih dahulu. Sediakan satu buah pisang, satu gelas air, Anda juga bisa menambahkan bubuk kayu manis jika mau.

Potong ujung pisang dan rebus dalam air selama kurang lebih 10 menit. Saring air ke dalam cangkir dan tambahkan sejumput bubuk kayu manis. Minum selagi hangat.

Pisang dan kulitnya kaya akan kalium, magnesium, triptofan, dan vitamin. Nutrisi penting ini mengatur fungsi otak dan tubuh. Mereka juga menghasilkan tingkat hormon yang optimal seperti melatonin dan serotonin, sehingga membuat otak rileks dan mendorong tidur.

Minumlah 1-2 sendok madu sebelum tidur. Meminum madu sebelum tidur memasok hati dengan cukup glikogen yang dapat anda gunakan sepanjang malam. Ketika kadar glikogen dalam tubuh turun, hormon stres (kortisol) diproduksi. Ini mengganggu tidur Anda dan menyebabkan insomnia.

Ini dapat dengan mudah dikendalikan dengan minum madu setiap malam. Selain itu, madu penuh dengan antioksidan yang mengurangi stres oksidatif di dalam tubuh.

4. Susu

Minumlah susu 10-15 menit sebelum tidur. Susu mengandung triptofan, yang merupakan agen penenang dan dapat membantu mendorong tidur

Continue Reading

Headline

Apa itu Pneumonia? Berikut Penjelasannya

Published

on

Apa itu Pneumonia Berikut Penjelasannya

Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)  Agus Dwi Susanto, melalui keterangan tertulis, mengatakan belum ada vaksin yang dapat mencegah pneumonia akibat coronavirus yang menyebar di China.

Sebab, kata dia, pneumonia yang terjadi di Wunan, China disebabkan oleh coronavirus jenis baru.

Ia menjelaskan pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, seperti bakteri, virus, parasit, jamur, dan kerusakan fisik paru.

Pneumonia dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia, namun lebih banyak pada balita dan lanjut usia

Pneumonia, berdasarkan sumber infeksi, dibagi menjadi tiga yaitu community acquired pneumonia (CAP) atau pneumonia komunitas, hospital acquired pneumonia (HAP) dan ventilator associated pneumonia (VAP).

Dari ketiganya, yang sering terjadi dan dapat bersifat serius, bahkan kematian, adalah pneumonia komunitas.

Angka kejadian pneumonia lebih sering terjadi di negara berkembang.

 Pneumonia menyerang sekitar 450 juta orang setiap tahunnya. Berdasarkan data RISKESDAS tahun 2018, prevalensi pneumonia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan yaitu sekitar dua persen. Sedangkan pada tahun 2013 adalah 1,8 persen.

Berdasarkan data Kemenkes 2014, jumlah penderita pneumonia di Indonesia pada tahun 2013 berkisar antara 23 persen-27 persen dan kematian akibat pneumonia sebesar 1,19 persen. Tahun 2010 di Indonesia pneumonia termasuk dalam 10 besar penyakit rawat inap di rumah sakit dengan crude fatality rate (CFR) atau angka kematian penyakit tertentu pada periode waktu tertentu dibagi jumlah kasus adalah 7,6 persen.

Menurut Profil Kesehatan Indonesia, pneumonia menyebabkan 15 persen kematian balita yaitu sekitar 922.000 balita pada tahun 2015.

Dari tahun 2015-2018 kasus pneumonia yang terkonfimasi pada anak-anak di bawah lima tahun meningkat sekitar 500.000 per tahun, tercatat mencapai 505.331 pasien dengan 425 pasien meninggal.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta memperkirakan 43.309 kasus pneumonia atau radang paru pada balita selama tahun 2019.

Continue Reading

Wisata

Hutan yang Sehat untuk Bumi yang Sehat

Published

on

Hutan yang Sehat untuk Bumi yang Sehat

Hutan-hutan memainkan peran penting dalam menyerap gas karbon dioksida yang mengakibatkan peningkatan suhu bumi. Tapi, kata Antonio Brunori, kepala otorita kehutanan yang berkelanjutan mengatakan:

“Kita kini berada dalam saat yang kritis karena dunia sains telah mendapat peringataan yang pada dasarnya mengatakan: “Hati-hati, ekosistem hutan tidak bisa lagi menyerap gas karbon dioksida seperti semula, karena telah mencapai titik jenuh,” ujar Brunori.

Hutan yang Sehat untuk Bumi yang Sehat
Hutan yang Sehat untuk Bumi yang Sehat

Hutan terkena stress karena suhu bumi yang terus meningkat, karena pohon-pohon menjadi lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Ini buruk dampaknya bagi iklim dan juga bagi industri perkayuan.

Para pengelola hutan perlu punya sistem peringatan dini, dan karena itu kini ada alat yang disebut Tree Talkers. Kata Brunori lagi:

“Tree Talker adalah semacam detektor atau serangkaian detektor yang mengubah tanda-tanda eko-fisiologi seperti pertumbuhan, penyerapan karbon dioksida, dan aliran air dari akar sampai ke daun, menjadi informasi ilmiah.”

Informasi itu bisa mengungkapkan apabila pohon yang bersangkutan sedang mengalami serangan hama atau jamur. Tree Talker mengirim informasi itu kepada pengelola hutan yang mungkin berada jauh dari hutan itu sendiri. Kata Riccardo Valentini, pembuat alat Tree Talker itu:

“Tree Talker bisa mengirim data lewat gelombang radio sampai jarak satu km. Kemudian data ini dikirim ke internet atau ke cloud storage. Tapi kalau alat itu berada di tengah hutan, sinyalnya bisa dikirim lewat gelombang telpon pintar.”

Data itu bisa digunakan untuk mengetahui kecepatan pertumbuhan pohon, supaya bisa disusun rencana penebangan yang berkelanjutan. Dan sekaligus memberi informasi bagaimana pengaruh peningkatan suhu bumi pada hutan-hutan.

Kira-kira 300 alat yang bernama Tree Talkers itu kini sedang diuji coba di Italia, China dan Russia. [ii]

Continue Reading

TRENDING