6 Bandara di Indonesia Yang Mampu Di Darati Pesawat Berbadan Lebar
Connect with us

Gaya Hidup

6 Bandara di Indonesia Yang Mampu Di Darati Pesawat Berbadan Lebar

Published

on

Loading...

GENCILNEWS– Bagi anda yang menyukai berpergian, baik untuk perjalanan bisnis atau liburan. Menggunakan moda transportasi udara adalah pilihan yang masuk akal yaitu cepat sampai di tujuan. Menunggu jam keberangkatan pesawat, bagi sebagian orang akan membosankan. Tetapi tak jarang yang menikmati dengan menghabiskan waktu untuk berlama-lama di bandara.

Sebenarnya, apa yang membuat orang bosan dan tahan berlama-lama di bandar. Bagi yang bosan, mungkin akan bilang, ” Bosan lihat pesawat naik turun”, “Ah delay lagi delay lagi”, ” panas ya, belum lagi sumpek”.

Tetapi bagi yang tahan berlama-lama. Momentum Take off dan Landing adalah hal-hal yang menakjubkan. Apalagi saat menikmati hal tersebut. Fasilitas di bandara memadai, view atau pandangan yang nyaman, dan pelayanan dari petugas bandara yang ramah.

Bandara di Indonesia, sekarang telah banyak berbenah diri. Dari sisi arsitektur, fasilitas umum untuk penumpang, fasilitas untuk maskapai dan awak cabin dan petugas darat, mengalami perubahan yang signifikan. Ada yang berkonsep green dan berkonsep masa depan, seiiring dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang mengalami kenaikan.

Maskapai pun berbenah diri, dengan naik jumlah penumpang. Frekwensi penerbangan pun ditambah. Ada maskapai yang menambah waktu keberangkatan dengan menambah armada pesawatnya.

Bahkan ada yang mengganti pesawat yang tadinya berbadan kecil  seperti ATR 42 dengan kapasitas 40an penumpang, ATR 72 kapasitas 78 penumpang, Bombardier CRJ 1000 untuk 100 penumpang, Boing family tipe 800 NG/900ER/Max 10 yang dapat mengangkut penumpang lebih dari 150 orang,

Airbus Family  A318 (berkapasitas 107-132 penumpang), A319 (124-156 penumpang), dan A321 (185-220 penumpang) A320200 dengan kapasitas 180 tempat duduk,  diganti dengan berbadan lebar atau wide body seperti A330 200/300/340/350, atau bahkan tipe jumbo jet seperti A380 dan Boing 787 Dreamliners / 10.

Dengan tingkat penumpang yang tinggi, kenapa maskapai di Indonesia tidak menggunakan pesawat berbadan lebar atau jumbo jet? Jawabannya adalah Biaya Operasional dan pemeliharaan yang tidak murah, kesiapan fasilitas bandara yang belum merata diseluruh indonesia, landasan pacu yang sesuai dengan spesifikasi pesawat, dan beberapa faktor lainnya.

Sebenarnya ada atau tidak bandara di Indonesia yang mampu menampung pesawat yang berbadan lebar? jawabannya Ada. Di beberapa daerah di Indonesia, sudah memenuhi syarat pendaratan pesawat berbadan lebar. Tapi, masalahnya bukan hanya di panjangnya bandara, tetapi faktor kesiapan fasilitas juga menjadi syarat utama lainnya.

Nah, Chillers wajib mengetahui bandara apa saja yang mampu di darati oleh pesawat berbadan lebar, jika dilihat dari panjang landasan dan fasilitasnya, Berikut 6 Bandara di Indonesia yang mampu didarati pesawat berbadan lebar.

1. Bandara Hang Nadim, Batam

Bandara internasional Indonesia yang terletak di Batam ini mempunyai panjang landasan 4.025 meter. Panjang landasan ini bahkan mengalahkan bandara internasional negara lainnya seperti Changi di Singapura atau Narita di Jepang yang memiliki panjang landasan sepanjang 4.000 m.

Luas area parkir (apron) saat ini 110.541 meter persegi, dan rencananya akan ditambah menjadi 170.000 meter persegi. Kapasitas apron saat ini dapat menampung 7 buah Boeing B-747, 3 buah DC dan 3 buah Fokker 27.

Bandara ini terbukti cukup efektif dan awalnya dikembangkan sebagai alternatif untuk pendaratan darurat apabila terjadi penutupan bandara Changi, karena suatu bencana darurat atau peristiwa teror.

2. Bandara Udara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang. Provinsi Sumatera Utara (3750 m)

Bandara internasional Kuala namu yang terletak di kota deli serdang, sumatera utara ini tergolong bandara baru. bandara ini memiliki panjang runway 3750m atau 3,75km dan bisa menampung Pesawat Airbus A380 yang  merupakan pesawat terbesar di dunia. Pesawat ini mampu menampung sekitar 850 orang dan memiliki dua tingkat yang luas. Anda yang terbang pun dijanjikan kemewahan dan kenyamanan. Jika pesawat ini mendarat di Indonesia, maka Kuala Namu menjadi bandara pertama yang mampu menampung pesawat tersebut.

Sebuah maskapai penerbangan asing pun sempat mendaratkan pesawat A380-nya di Bandara Soekarno-Hatta, namun hanya sebatas mendarat. Sebab, infrastruktur yang ada di Bandara Soekarno Hatta tidak cukup mampu untuk menampung pesawat ini.

“Waktu mendarat di Cengkareng itu engine yang paling luar itu ada di luar runway, sehingga rumput-rumput itu naik ke atas. Di sana (Kuala Namu) sudah bisa  secara teknis,” ujar Wakil Mentri Perhubungan di tahun 2013.

Dengan dapat mendaratnya pesawat Airbus A380, diharapkan lebih banyak turis yang datang ke Indonesia, khususnya ke Medan. Mereka bisa bermain ke Danau Toba atau menikmati air terjun Sipiso-piso, hingga kemudian bisa menyeberang pulau hingga ke destinasi-destinasi lain.

3. Bandara Soekarno Hatta, Tangerang

Bandara internasional Soekarno Hatta sebagai pintu masuk ibukota negara Indonesia ini mempunyai panjang landasan pacu yakni 3.660 meter. Bandara ini mulai beroprasi pada 1985 menggantikan Bandara Kemayoran dan Halim Perdanakusuma.

Bandara yang dirancang oleh arsitek Perancis Paul Andreu memiliki luas 18 km persegi. Bandara Soekarno Hatta memiliki dua landasan paralel yang dipisahkan oleh dua taxiway sepanjang 2.400 meter.

Bandara yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten ini sampai saat ini masih merupakan bandara terbesar di Indonesia. Dari sisi panjang landasan sebetulnya Bandara Soekarno Hatta telah mampu menampung pesawat raksasa namun faktor taxy way yang belum memfasilitasi.

4. Bandar Udara Frans Kaisiepo, Papua

Bandar udara yang terletak di Kecamatan Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor ini memiliki panjang landasan yakni 3.571 meter. Landasan pacu ini merupakan peninggalan penjajah Belanda.

Bandara yang dibangun pada masa perang dunia ke dua ini, pernah menjadi pusat penerbangan pada masa penjajahan dan pembebasan Irian Barat.

Bandara dengan kode BIK ini berada di 46 kaki di atas permukaan laut. Angkasa Pura I saat ini menjadi pihak pengelola bandara tersebut.

5. Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar

Bandara internasional di provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki panjang landasan pacu yakni 3.100 meter. Bandara ini mengalami proses perluasan dan pengembangan yang dimulai tahun 2004.

Saat ini, Bandara Sultan Hasanuddin melayani 225 rute penerbangan. Ada 18 maskapai yang melayani penerbangan domestik, dan 2 maskapai yang melayani rute internasional.

Bandara yang sempat dinobatkan menjadi salah satu bandara dari tiga bandara terbaik di Indonesia ini, dari data Dewan Bandara Internasional menempati urutan keempat sebagai bandara tersibuk. Pada 2011 tercatat Bandara Sultan Hasanuddin telah melayani penumpang sebanyak 7,4 juta orang.

Tingginya frekuensi penumpang di bandara ini membuat otoritas bandara memperluas bandara dari 51.000 m? menjadi sekitar 7 hektar.

6.Bandara Ngurah Rai, Bali

Bandara internasional yang terletak di sebelah selatan Bali ini memiliki panjang landasan pacu yakni 3.000 meter. Setelah pengembangan maka landasan pacu akan semakin bertambah panjang.

Sebagai tujuan wisata yang telah mendunia, tentu Bali sangat padat dan ramai oleh wisatawan hampir setiap harinya, sehingga bandara Ngurah Rai menjadi salah satu bandara tersibuk.

Bandara ini setidaknya telah melayani sekitar 27 maskapai penerbangan yang terdiri dari 10 maskapai penerbangan dengan jalur domestik dan 17 lainnya maskapai penerbangan dengan jalur internasional.

Berdasarkan data Dewan Bandara Internasional, Bandara Ngurah Rai pada 2011 tercatat telah melayani 12,7 juta penumpang. Angka ini meningkat terus di mana pada 2009 jumlah penumpang sekitar 9,6 juta orang dan 2010 sebanyak 11,1 juta orang. (raw)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Milenial

Bripda Mustakim, Polisi Gemoy Jadi Sorotan Karena Wajahnya Mirip Artis

Published

on

By

Bripda Mustakim, Polisi Gemoy Jadi Sorotan Karena Wajahnya Mirip Artis
Bripda Mustakim
Loading...

Gencil News – Bripda Mustakim, Polisi berparas tampan berusia 26 tahun ini tengah hangat diperbincangkan dengan sebutan polisi Gemoy. Ketampanannya menjadi sorotan publik dan karena kemiripan wajahnya dengan artis Indonesia.

Polisi gemoy ini bernama lengkap Islam Mustakim ini mirip Ali Syakieb hingga Herjunot Ali. Pada tahun 2020, sosok polisi tampan asal Aceh ini pernah viral dan beberapa kali diundang dalam acara talkshow.

Pada tahun 2021, namanya kembali viral di media sosial dan menjadi sorotan publik. Memiliki paras yang tampan, tak heran jika Bripda Mustakim menyita perhatian publik, khususnya kaum hawa. Aktif di media sosial, Bripda Mustakim sudah memiliki 125 ribu pengikut di Instagram.

Sejak viral awal tahun 2020 lalu, Bripda Mustakim pernah mendapatkan tawaran untuk bermain sinetron. Walaupun kerap mendapatkan tawaran, namun polisi yang bertugas di Polda Aceh ini masih ingin fokus mengabdi untuk Polri.

Bahkan ia bangga lantaran ia viral, pasalnya ia dapat membawa Polri lebih bagus dan meningkatkan citra Polri.

Bripda Mustakim cukup sering unggah potret dirinya pada laman Instagram. Fotonya saat mengenakan seragam Polri sukses bikin warganet pangling. Selain tampan, Bripda Mustakim juga merupakan sosok yang ramah, ia selalu menyempatkan untuk membalas pesan penggemarnya di Instagram.

Continue Reading

Hidup Sehat

Buah Zaitun Yang Memiliki Keunikan Untuk Daya Tahan Tubuh

Published

on

Buah Zaitun Yang Memiliki Keunikan Untuk Daya Tahan Tubuh
Loading...

GENCIL NEWS – Buah zaitun merupakan buah yang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh untuk menjaga imunitas seperti zat besi, serat, dan vitamin E. Zat besi dan Vitamin E pada zaitun berguna agar sistem imun dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Minyak dari buah zaitun juga mengandung antioksidan tinggi, yang berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang dikategorikan sebagai lemak baik. Kandungan antioksidan tinggi itu pun dapat melindungi tubuh manusia dari kerusakan sel.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita. Mengungkapkan bahwa sel di dalam tubuh seseorang setiap harinya akan rusak akibat radikal bebas. Dengan kerusakan sel yang terjadi hal itu pun bisa menjadi pemicu perkembangan suatu penyakit di dalam tubuh.

“Kadar antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, kerusakan oksidatif, resisten insulin, dan perubahan epigenetic serta meningkatkan imunitas tubuh,” ungkapnya.

Tidak hanya sebagai antioksidan, minyak buah zaitun juga mengandung banyak zat-zat yang berguna untuk tubuh seperti omega 3, omega 6, omega 9, vitamin E, vitamin K, Phenolic, dan Zat besi. Buah ini pun sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua usia.

Omega kompleksnya dapat memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Mencegah terjadinya stroke dan membantu mengendalikan kadar kolesterol LDL serta meningkatkan kadar kolesterol HDL sehingga baik untuk jantung.

Mengonsumsi buah zaitun 100gram sehari dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena tingginya jumlah zat besi yang ada dalam buah zaitun. Buah zaitun juga dapat mengikat oksigen di dalam darah, sehingga membuat kamu menjadi lebih sehat.

Continue Reading

Tips

Cara Bikin SURAT KETERANGAN BEBAS NARKOBA di RS Bhayangkara

Published

on

By

Cara Bikin SURAT KETERANGAN BEBAS NARKOBA di RS Bhayangkara
Loading...

Gencil News – Bagi sebagian masyarakat mungkin masih binggung cara bikin Surat Keterangan Bebas Narkoba. Cara bikin Surat Keterangan Bebas Narkoba sebenarnya cukup mudah, anda tinggal datang saja ke Rumah Sakit Bhayangkara Pontianak.

Surat Keterangan Bebas Narkoba atau yang sering disingkat SKBN adalah surat keterangan yang menunjukkan seseorang terbebas dari zat-zat psikotropika, narkotik, dan zat adiktif lainnya.

Surat Keterangan Bebas Narkoba fungsinya tentu saja sebagai syarat untuk menjadi karyawan. Fungsi lainnya bisa kita lihat dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per/02/Men/1980,

Salah satu cara untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba adalah dengan melakukan tes laboratorium di rumah sakit.

Rumah Sakit Bhayangkara Pontianak menyediakan pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba, adapun persyaratannya :

Operasional Layanan
Senin – Jumat
Pukul 08.00 – 14.00WIB


• Item Pemeriksaan terdiri dari
1P Biaya Rp.60.000
2P Biaya Rp.170.000
3P Biaya Rp.220.000
disesuaikan dengan Keperluan.

• Syarat Cukup membawa Fotocopy KTP
• Prosedur pemeriksaan
– Serahkan fotocopy ktp di Kasir dan Lakukan Pembayaran.
– Bawa bukti pembayaran menuju ruang Laboratorium untuk kemudian diambil sample urine.
– Hasil pemeriksaan dari Lab dibawa keruang Administrasi Untuk mendapat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)

Continue Reading

Kuliner

Resep Oseng Bakso Telur Sambal Mercon Cocok Untuk Anak Kos

Published

on

Resep Oseng Bakso Telur Sambal Mercon Cocok Untuk Anak Kos
Loading...

Gencil News– Olahan oseng bakso memang makanan yang tidak membosankan bagi siapapun dan dengan tambahan menu apapun.

Oseng bakso telur sambal mercon adalah pilihan menu ringkas yang bisa menjadi makanan utama, apalagi bagi anak kos.

Selain itu, Menu dan bahan utamanya tidak banyak, sangat ringkas dan bisa diolah kapan saja sesuai keadaan.

Bagi anak kos yang memiliki peralatan dapur sangat terbatas olahan berikut bisa menjadi pertimbangan.

Makanan ini memang banyak peminatnya, Perpaduan bakso dengan cabai halus yang dimasak bikin sajian bakso jadi semakin pedas dan nikmat.

Tambahkan sensasi pedas dan campuran lainnya sesuai selera maka akan menjadi oseng bakso sambal mercon.

Resep Oseng Bakso Telur Sambal Mercon

Bahan:
– 12 buah bakso sapi, rebus dan potong-potong
– 2-3 butir telur, digoreng orek
– 3 lembar daun jeruk
– Cabai rawit diiris (sesuai selera)
– Garam, gula, kaldu jamur
– Air secukupnya

Bumbu halus:
– 6 buah bawang putih
– 4 buah bawang merah
– 10-12 buah cabai merah keriting

Cara membuat:
1. Pertama, Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan rawit dan daun jeruk. Aduk-aduk.
2. Kedua, Masukkan bakso, tumis kembali. Tuang air secukupnya.
3. Selanjutnya, Beri garam, gula dan kaldu jamur secukupnya, Aduk rata. Masak hingga sambal matang, koreksi rasa.
4. Terakhir tambahkan telur goreng orek, aduk-aduk sampai tercampur rata dengan sambal.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING