6 Bandara di Indonesia Yang Mampu Di Darati Pesawat Berbadan Lebar
Connect with us

Gaya Hidup

6 Bandara di Indonesia Yang Mampu Di Darati Pesawat Berbadan Lebar

Published

on

GENCILNEWS– Bagi anda yang menyukai berpergian, baik untuk perjalanan bisnis atau liburan. Menggunakan moda transportasi udara adalah pilihan yang masuk akal yaitu cepat sampai di tujuan. Menunggu jam keberangkatan pesawat, bagi sebagian orang akan membosankan. Tetapi tak jarang yang menikmati dengan menghabiskan waktu untuk berlama-lama di bandara.

Sebenarnya, apa yang membuat orang bosan dan tahan berlama-lama di bandar. Bagi yang bosan, mungkin akan bilang, ” Bosan lihat pesawat naik turun”, “Ah delay lagi delay lagi”, ” panas ya, belum lagi sumpek”.

Tetapi bagi yang tahan berlama-lama. Momentum Take off dan Landing adalah hal-hal yang menakjubkan. Apalagi saat menikmati hal tersebut. Fasilitas di bandara memadai, view atau pandangan yang nyaman, dan pelayanan dari petugas bandara yang ramah.

Bandara di Indonesia, sekarang telah banyak berbenah diri. Dari sisi arsitektur, fasilitas umum untuk penumpang, fasilitas untuk maskapai dan awak cabin dan petugas darat, mengalami perubahan yang signifikan. Ada yang berkonsep green dan berkonsep masa depan, seiiring dengan pertumbuhan jumlah penumpang yang mengalami kenaikan.

Maskapai pun berbenah diri, dengan naik jumlah penumpang. Frekwensi penerbangan pun ditambah. Ada maskapai yang menambah waktu keberangkatan dengan menambah armada pesawatnya.

Bahkan ada yang mengganti pesawat yang tadinya berbadan kecil  seperti ATR 42 dengan kapasitas 40an penumpang, ATR 72 kapasitas 78 penumpang, Bombardier CRJ 1000 untuk 100 penumpang, Boing family tipe 800 NG/900ER/Max 10 yang dapat mengangkut penumpang lebih dari 150 orang,

Airbus Family  A318 (berkapasitas 107-132 penumpang), A319 (124-156 penumpang), dan A321 (185-220 penumpang) A320200 dengan kapasitas 180 tempat duduk,  diganti dengan berbadan lebar atau wide body seperti A330 200/300/340/350, atau bahkan tipe jumbo jet seperti A380 dan Boing 787 Dreamliners / 10.

Dengan tingkat penumpang yang tinggi, kenapa maskapai di Indonesia tidak menggunakan pesawat berbadan lebar atau jumbo jet? Jawabannya adalah Biaya Operasional dan pemeliharaan yang tidak murah, kesiapan fasilitas bandara yang belum merata diseluruh indonesia, landasan pacu yang sesuai dengan spesifikasi pesawat, dan beberapa faktor lainnya.

Sebenarnya ada atau tidak bandara di Indonesia yang mampu menampung pesawat yang berbadan lebar? jawabannya Ada. Di beberapa daerah di Indonesia, sudah memenuhi syarat pendaratan pesawat berbadan lebar. Tapi, masalahnya bukan hanya di panjangnya bandara, tetapi faktor kesiapan fasilitas juga menjadi syarat utama lainnya.

Nah, Chillers wajib mengetahui bandara apa saja yang mampu di darati oleh pesawat berbadan lebar, jika dilihat dari panjang landasan dan fasilitasnya, Berikut 6 Bandara di Indonesia yang mampu didarati pesawat berbadan lebar.

1. Bandara Hang Nadim, Batam

Bandara internasional Indonesia yang terletak di Batam ini mempunyai panjang landasan 4.025 meter. Panjang landasan ini bahkan mengalahkan bandara internasional negara lainnya seperti Changi di Singapura atau Narita di Jepang yang memiliki panjang landasan sepanjang 4.000 m.

Luas area parkir (apron) saat ini 110.541 meter persegi, dan rencananya akan ditambah menjadi 170.000 meter persegi. Kapasitas apron saat ini dapat menampung 7 buah Boeing B-747, 3 buah DC dan 3 buah Fokker 27.

Bandara ini terbukti cukup efektif dan awalnya dikembangkan sebagai alternatif untuk pendaratan darurat apabila terjadi penutupan bandara Changi, karena suatu bencana darurat atau peristiwa teror.

2. Bandara Udara Internasional Kuala Namu, Kabupaten Deli Serdang. Provinsi Sumatera Utara (3750 m)

Bandara internasional Kuala namu yang terletak di kota deli serdang, sumatera utara ini tergolong bandara baru. bandara ini memiliki panjang runway 3750m atau 3,75km dan bisa menampung Pesawat Airbus A380 yang  merupakan pesawat terbesar di dunia. Pesawat ini mampu menampung sekitar 850 orang dan memiliki dua tingkat yang luas. Anda yang terbang pun dijanjikan kemewahan dan kenyamanan. Jika pesawat ini mendarat di Indonesia, maka Kuala Namu menjadi bandara pertama yang mampu menampung pesawat tersebut.

Sebuah maskapai penerbangan asing pun sempat mendaratkan pesawat A380-nya di Bandara Soekarno-Hatta, namun hanya sebatas mendarat. Sebab, infrastruktur yang ada di Bandara Soekarno Hatta tidak cukup mampu untuk menampung pesawat ini.

“Waktu mendarat di Cengkareng itu engine yang paling luar itu ada di luar runway, sehingga rumput-rumput itu naik ke atas. Di sana (Kuala Namu) sudah bisa  secara teknis,” ujar Wakil Mentri Perhubungan di tahun 2013.

Dengan dapat mendaratnya pesawat Airbus A380, diharapkan lebih banyak turis yang datang ke Indonesia, khususnya ke Medan. Mereka bisa bermain ke Danau Toba atau menikmati air terjun Sipiso-piso, hingga kemudian bisa menyeberang pulau hingga ke destinasi-destinasi lain.

3. Bandara Soekarno Hatta, Tangerang

Bandara internasional Soekarno Hatta sebagai pintu masuk ibukota negara Indonesia ini mempunyai panjang landasan pacu yakni 3.660 meter. Bandara ini mulai beroprasi pada 1985 menggantikan Bandara Kemayoran dan Halim Perdanakusuma.

Bandara yang dirancang oleh arsitek Perancis Paul Andreu memiliki luas 18 km persegi. Bandara Soekarno Hatta memiliki dua landasan paralel yang dipisahkan oleh dua taxiway sepanjang 2.400 meter.

Bandara yang terletak di Kabupaten Tangerang, Banten ini sampai saat ini masih merupakan bandara terbesar di Indonesia. Dari sisi panjang landasan sebetulnya Bandara Soekarno Hatta telah mampu menampung pesawat raksasa namun faktor taxy way yang belum memfasilitasi.

4. Bandar Udara Frans Kaisiepo, Papua

Bandar udara yang terletak di Kecamatan Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor ini memiliki panjang landasan yakni 3.571 meter. Landasan pacu ini merupakan peninggalan penjajah Belanda.

Bandara yang dibangun pada masa perang dunia ke dua ini, pernah menjadi pusat penerbangan pada masa penjajahan dan pembebasan Irian Barat.

Bandara dengan kode BIK ini berada di 46 kaki di atas permukaan laut. Angkasa Pura I saat ini menjadi pihak pengelola bandara tersebut.

5. Bandar Udara Sultan Hasanuddin, Makassar

Bandara internasional di provinsi Sulawesi Selatan ini memiliki panjang landasan pacu yakni 3.100 meter. Bandara ini mengalami proses perluasan dan pengembangan yang dimulai tahun 2004.

Saat ini, Bandara Sultan Hasanuddin melayani 225 rute penerbangan. Ada 18 maskapai yang melayani penerbangan domestik, dan 2 maskapai yang melayani rute internasional.

Bandara yang sempat dinobatkan menjadi salah satu bandara dari tiga bandara terbaik di Indonesia ini, dari data Dewan Bandara Internasional menempati urutan keempat sebagai bandara tersibuk. Pada 2011 tercatat Bandara Sultan Hasanuddin telah melayani penumpang sebanyak 7,4 juta orang.

Tingginya frekuensi penumpang di bandara ini membuat otoritas bandara memperluas bandara dari 51.000 m? menjadi sekitar 7 hektar.

6.Bandara Ngurah Rai, Bali

Bandara internasional yang terletak di sebelah selatan Bali ini memiliki panjang landasan pacu yakni 3.000 meter. Setelah pengembangan maka landasan pacu akan semakin bertambah panjang.

Sebagai tujuan wisata yang telah mendunia, tentu Bali sangat padat dan ramai oleh wisatawan hampir setiap harinya, sehingga bandara Ngurah Rai menjadi salah satu bandara tersibuk.

Bandara ini setidaknya telah melayani sekitar 27 maskapai penerbangan yang terdiri dari 10 maskapai penerbangan dengan jalur domestik dan 17 lainnya maskapai penerbangan dengan jalur internasional.

Berdasarkan data Dewan Bandara Internasional, Bandara Ngurah Rai pada 2011 tercatat telah melayani 12,7 juta penumpang. Angka ini meningkat terus di mana pada 2009 jumlah penumpang sekitar 9,6 juta orang dan 2010 sebanyak 11,1 juta orang. (raw)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Budaya

Songket Sambas Simbol Tingginya Peradaban Sebuah Budaya

Published

on

Songket Sambas Simbol Tingginya Peradaban Sebuah Budaya
Songket Sambas Simbol Tingginya Peradaban Sebuah Budaya (Foto : hasil tangkap layar dari kanal youtube/ disporapar sambas)

Gencil News- Kain tenun atau songket bagi setiap daerah memiliki makna tersendiri, Salah satunya Songket dari Sambas, Kalimantan Barat.

Songket Sambas merupakan simbol tingginya sebuah perdaban budaya yang masih terjaga. Karena ada filosofi yang terselip pada setiap motif dan coraknya.

Selain itu, Kain tenin ini adalah peninggalan dari kerajaan Sambas dan kain antik yang masyarakat setempat miliki.

Berawal saat memasuki tahun 1960-an saat kerajinan tenun Songket Sambas mengalami banyak sekali perkembangan. 

Tingginya peradaban sebuah budaya ketika songket sambas sebagai pelengkap dalam ritual adat. salah satunya menjadi bagian dari tradisi.

Kain tenun atau Songket sambas masuk dalam tatanan ragam kain pada upacara perkawinan sebagai bentuk seserahan atau hantaran.

Motif yang paling banyak peminatnya ialah motif bunga emas dan pucuk rebung yang mengandung makna semakin tinggi nilainya, semakin terpandang juga pemakainya.

(Foto: Hasil Tangkap Layar Kanal Youtube Disparpora Sambas)

Selanjutnya, Dari semua jenin kain tenun, Tenun Sambas memiliki ciri khas tertentu.

Pertama, Begaya melalu yang melambangkan adanya benang emas dalam tenunannya.

Kedua, Pinggiran kain tenun yang berbeda dari kain tenun lainnya yaitu bewarna outih dan tidak terkena tenunan.

Ketiga, Memiliki dua unsur motif yang berbeda pada kainnya seperti unsur budaya kalimantan barat.

Terakhir, Selalu ada Motif pucuk rebung yang mirip dengan tunas bambu muda berbentuk segetiga memanjang dan lancip.

Meski kain tenun songket Sambas memiliki nilai sejarah, ekonomi, dan budaya yang tinggi, ternyata perkembangan tenun ini cukup mengkhawatirkan .

(Foto: Hasil Tangkap Layar Kanal Youtube Disparpora Sambas)

Kini, Jumlah pengrajin yang semakin sedikit, bahan baku berupa benang mas yang sulit didapat dan relatif mahal serta pendistribusi yang kurang memadai.

Continue Reading

Tips

Begini Caranya Membuat SKCK Online, Berikut Panduannya

Published

on

Begini Caranya Membuat SKCK Online, Berikut Panduannya

Gencil News – Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa disingkat dengan SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri. SKCK melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan.

Masa berlaku SKCK hingga 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang.

Tata cara permohonan untuk memperoleh SKCK dapat dilakukan dengan cara mendaftar secara langsung di loket pelayanan SKCK di setiap kantor polisi. Untuk membuat anda dapatmembawa dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi formulir yang telah disiapkan oleh petugas.

Atau mendaftar dengan cara mengunggah dokumen yang dipersyaratkan serta mengisi form yang tersedia sesuai urutan.

Syarat & Ketentuan

WARGA NEGARA INDONESIA (WNI)

Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli.

Fotokopi Paspor.

Fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Fotokopi Akte Lahir / Kenal Lahir / Ijazah.

Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.

Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

WARGA NEGARA ASING (WNA)

Surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang mempekerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab pada WNA.

Fotokopi KTP dan Surat Nikah apabila sponsor dari Suami/Istri Warga Negara Indonesia (WNI).

Fotokopi Paspor.

Fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP).

Fotokopi IMTA dari KEMENAKER RI

Fotokopi Surat Tanda Melapor (STM) dari Kepolisian.

Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang berwarna kuning, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

Untuk keterangan lebih lanjut, anda bisa mengklik tautan ini SKCK Online

Continue Reading

Kuliner

Resep Minuman Sehat Rendah Gula Untuk Berbuka Puasa

Published

on

Resep Minuman Sehat Rendah Gula Untuk Berbuka Puasa

Gencil News- Tetap menjaga asupan minuman dan makanan sehat selama menjalani ibadah puasa adalah hal yang paling utama.

Selanjutnya, kebutuhan mineral dan asupan nutrisi yang rendah gula juga patut menjadi pilihan terbaik agar tidak terjadi peningkatan insulin.

Selain itu, kita juga harus cermat dalam memilah minuman sehat yang rendah gula agar metabolisme dalam tubuh tetap optimal.

Tak perlu jauh-jauh, kita bisa memanfaatkan bahan seperti rempah atau buah yang memiliki kandungan anti-inflamasi melawan radikal bebas.

Tidak hanya untuk pemulihan, rempah-rempah ini juga akan membantu menyehatkan badan setiap harinya dan rendah gula.

Berikut pilihan menu resep minuman sehat rendah gula untuk berbuka puasa.

 Wedang Jahe, Meningkatkan daya tahan tubuh

  • Geprek jahe dan batang serai. Kemudian iris-iris kunyit.
  • Rebus air hingga mendidih, masukkan jahe, serai, dan kunyit. biarkan selama 10 menit.
  • Matikan api, masukkan madu dan aduk.
  • Tuangkan ke dalam cangkir, minum selagi hangat.

Jus Alpukat, Sumber lemak sehat

  • Siapkan 1 buah Alpukat
  • Potong/kerok alpukat dan tambahkan sukrolasa setengah sendok makan
  • Masukan daam blender dan berikan air kurang lebih 250cc

Teh Lemon Madu, Minuman sehat menyegarkan

  •  Siapkan gelas berisi air hangat. Masukkan teh hijau.
  • Tuangkan perasan lemon dan madu, aduk hingga tercampur rata.
  • Minum selagi hangat.

Sukralosa merupakan pemanis yang tergolong aman, rendah kalori, mudah diproduksi, dan harganya terjangkau.

Sama seperti stevia, sukralosa juga bisa digunakan sebagai pemanis minuman maupun untuk memasak.

Continue Reading

Hidup Sehat

7 Daftar Makanan Berkalori Rendah Baik Untuk Tubuh

Published

on

7 Daftar Makanan Berkalori Rendah Baik Untuk Tubuh

GENCIL NEWS – Menuding makanan berkalori sebagai biang kerok kenaikan berat badan tentu tidak bijak. Pada kenyataannya, banyak makan namun malas olahraga adalah penyebab berat badan naik tidak terkontrol.

Makanan berkalori rendah untuk kesehatan tubuh bisa membantu proses metabolisme dan daya tahan tubuh anda tanpa khawatir akan kekurangan vitamin. sebaiknya pilih makanan rendah kalori namun kaya nutrisi dan dapat membuat perut kenyang lebih lama.

Kalori adalah sumber energi bagi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Kalori tidak dihasilkan oleh tubuh, melainkan tubuh mendapatkannya dari makanan. Kalori yang masuk saat mengonsumsi makanan lantas diubah oleh tubuh menjadi energi yang akan digunakan untuk melakukan aktivitas.

Bagi anda yang sedang fokus mempertahankan asupan makanan berkalori rendah berikut ini 7 dafar makanan berkalori rendah untuk kesehatan tubuh.

  1. Kubis
    Dalam 100 gram kubis hanya terdapat 25 kalori. Selain itu, makanan berkalori rendah ini juga mengandung vitamin A, C, K, folat, serat, kalsium, kalium dan antioksidan yang berperan dalam memerangi kanker. Kubis juga mengandung zat glukosinolat yang berguna membersihkan racun di sistem pencernaan
  2. Jamur
    Enak dan memiliki banyak varian merupakan kelebihan dari makanan berkalori rendah ini. Hanya terdapat 15 kalori dalam secangkir jamur. Hampir semua jenis jamur mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu, jamur juga kaya akan kalium, vitamin B, D, protein, serat, kalium, selenium, kalsium, dan tembaga.
  3. Bayam
    Dalam 100 gram bayam hanya terkandung 23 kalori. Makanan berkalori rendah ini juga kaya akan zat besi, folat, magnesium, vitamin A, C, dan K. Selain itu, bayam juga mengandung lutein yang berguna melindungi mata dari penyakit degenerasi makula yaitu penyakit mata terkait pertambahan usia.
  4. Brokoli
    Makanan berkalori rendah lainnya yang bagus untuk diet adalah brokoli Seratus gram brokoli hanya mengandung sekitar 30 kalori. Selain itu, brokoli kaya akan antioksidan yang diduga berpotensi mencegah penyakit kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus. Selain baik untuk diet, sayuran yang satu ini juga baik untuk membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.
  5. Asparagus
    Asparagus yang memiliki kandungan antioksidan tinggi ini pun dipercaya baik untuk mencegah kanker. Sebelum dimasak, kupas dulu kulitnya. Anda bisa mengonsumsi sayuran sehat ini dengan cara merebus, mengukus atau mengolahnya menjadi sup. Dalam 100 gram asparagus (sekitar 1 porsi piring makan), hanya terdapat sekitar 25 kalori. Selain itu, sayuran ini juga kaya akan vitamin A, C, E, K, dan B6, Folat, serat, protein, kalium, zat besi, dan tembaga.
  • Kentang

Kandungan karbohidrat yang tinggi kerap membuat sebagian orang—terutama mereka yang sedang menurunkan berat badan—menghindari makanan yang satu ini. Padahal, kentang mengandung pati resisten (resistant starch) yang mengandung kalori 50 persen lebih rendah dari jenis pati lainnya.

Penelitian juga telah membuktikan efektivitas kentang dalam memberikan rasa kenyang yang lebih lama tersebut. Dengan catatan, kentang yang dikonsumsi adalah kentang rebus alih-alih kentang goreng yang telah terkontaminasi oleh minyak.

  • Kacang-Kacangan

Hampir semua jenis kacang termasuk ke dalam daftar makanan rendah kalori namun kaya akan protein dan serat yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan. Namun, pastikan Anda mengonsumsi kacang yang bukan merupakan kacang goreng atau kacang yang telah ditambahi gula.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING