Gaya Hidup

7 Cara Berkualitas Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

7 Cara Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh & Imunitas Agar Tetap Terjaga

Gencil News-7 Cara Berkualitas Menjaga Sistem Imunitas Tubuh. Dilansir Medical News Today, terganggunya atau lemahnya sistem kekebalan tubuh disebabkan oleh faktor keturunan dan lingkungan.

Beberapa di antaranya termasuk penyakit HIV, beberapa jenis kanker, hepatitis viral, dan beberapa perawatan medis. Orang-orang dengan sistem imunitas yang lemah lebih berisiko mengalami infeksi berulang dan gejala berat.

7 Cara Berkualitas Menjaga Sistem Imunitas Tubuh. Sistem kekebalan tubuh atau imunitas yang baik diperlukan untuk mencegah infeksi yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau mikroorganisme lain penyebab penyakit. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti ini, anda pasti sangat membutuhkannya.

Namun patut disayangkan karena tidak semua orang memiliki sistem imunitas yang baik, sehingga membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit.

Agar imunitas tubuh dapat bekerja dengan optimal sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit, penting untuk menerapkan  beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh:

7 Cara Menjaga Sistem Imunitas Agar Tetap Terjaga

Foto Files: Sciencemag

7 Cara Berkualitas Menjaga Sistem Imunitas Tubuh
  • Menjaga kebersihan sebaik mungkin
Baca juga   SIMPEDA Tabungan Simpanan Pembangunan Daerah dari Bank Kalbar

Menurut keterangan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), setiap orang harus mencuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, berkontak dengan orang yang sakit, dan setelah menyentuh hewan.

Sudah terbukti bahwa mencuci tangan dengan benar dapat mengurangi risiko penularan diare sebanyak 85 persen pada orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Selain itu, kebersihan tempat tinggal juga harus selalu dalam keadaan bersih. Mengutip dari laman Living Well Spending Less, menjaga kebersihan rumah, khususnya kamar mandi, sangat penting. Hal ini dikarenakan area kamar mandi rentan terhadap pertumbuhan kuman.

  • Jaga jarak dengan orang lain

Dilansir Medical News Today, virus dan penyakit dapat menular melalui kontak langsung melalui udara ketika orang yang sakit tersebut bicara, bersin, atau batuk. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari bersentuhan langsung, seperti bersalaman atau berpelukan.

Baca juga   Burung Kicau Bisa Bantu Atasi Gangguan Bicara Manusia

Kalau terpaksa harus bersentuhan, pakai masker dan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelahnya.

  • Jaga Keseimbangan Pola Tidur 8 jam

Dilansir National Sleep Foundation, seperti halnya stres, kurang tidur bisa berdampak buruk terhadap sistem kekebalan tubuh. Waktu tidur yang kurang membuat produksi sel darah putih terganggu, yang mana ini berdampak buruk pada sistem imun tubuh. Oleh sebab itu, kamu yang punya gangguan imun harus mengatur pola tidur sebaik mungkin.

  • Perbanyak makan sayur dan buah

Untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut, cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

  • Hindari stres
Baca juga   Taukah Setiap Hari Umur Kita Berkurang, Mengapa Kita Tidak Sedih

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Anda perlu mengelola stress dengan baik untuk menghindari penurunan fungsi kekebalan tubuh.

  • Rutin berolahraga

Disarankan untuk rutin berolahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah.

  • Suplemen untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain menerapkan pola hidup sehat, sebagian orang memilih untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top