Connect with us

Gaya Hidup

Anchorage, Tempat Hijrah Muslim Migran di AS

Published

on

Anchorage, Tempat Hijrah Muslim Migran di AS
Warga Kuwait Abu Yousif membeli sekaleng bir non-alkohol dari sebuah toko kelontong kecil di pusat kota Kuwait pada 20 April. (Foto: Reuters)

Anchorage, Tempat Hijrah Muslim Migran di AS – Komunitas muslim di Anchorage kian berkembang. Banyak migran muslim dari berbagai penjuru dunia  hijrah dan menemukan kedamaian di sana.  Apa tantangan hidup muslim di kota terbesar di Alaska?

Anchorage terletak di Alaska, Amerika Serikat, kira-kira berjarak 10 ribu kilometer dari Mekah, Arab Saudi. Namun, kota ini semakin menarik perhatian banyak muslim dari berbagai penjuru dunia.

Banyak migran muslim hijrah ke sana dan menemukan kedamaian di wilayah yang dulunya milik Rusia dan dibeli Amerika itu. Berbagai komunitas muslim terbentuk, dan kini di kota itu, warga muslim bisa menemukan toko kelontong barang-baranag kebutuhan sehari-hari yang halal, restoran halal dan bahkan masjid.

Jumlah warga muslim di Anchorage saat ini memang belum begitu besar. Jika pada tahun 2014, tercatat ada 3000 warga pemeluk Islam di kota itu, pada akhir tahun 2018 jumlahnya diperkirakan hampir mencapai 4000 orang.

Sam Obeidi, Wakil Direktur Pusat Komunitas Islam Anchorage, mengatakan. komunitas muslim di Anchorage, merupakan salah satu komunitas yang paling fleksibel di AS. Menurutnya, ini karena keberagaman etnis dalam komunitas itu.

Di banyak kota lain di AS, kebanyakan masjid terkait dengan satu kelompok etnis, namun tidak demikian halnya di Anchorage. Karena kecilnya komunitas muslim, kegiatan sholat Jumat, contohnya, diikuti warga dengan berbagai latar belakang etnis.

“Di sini ada orang-orang Arab, orang-orang Gambia, Pakistan, India, Myanmar

Albania, Somalia, Sudan, Mesir, Palestina, Irak, Bangladesh, Myanmar, Rusia, Malaysia, dan bahkan Indonesia,” kata Obeidi.

Islamic Community Center Anchorage Alaska -demikian masjid itu dinamakan- terletak di sebuah kawasan bisnis, dan bertetangga dengan gereja Presbiterian Korea, sejumlah bengkel mobil, dan restoran. Tidak heran, ketika berada di masjid itu, terdengar beragam bahasa. Kondisi ini sama persis seperti halnya sekolah-sekolah di Anchorage, di mana lebih dari 100 bahasa terdengar sehari-hari.

Menurut Obeidi, Anchorage menarik perhatian banyak muslim, terutama karena pertimbangan ekonomi. Ekonomi Alaska konon tidak terpengaruh resesi. Selain itu, karena program penempatan pengungsi yang digelar pemerintah. Lebih dari setengah populasi Anchorage adalah orang Eropa, sementara sisanya adalah Asia, Afrika, hispanik dan penduduk asli Alaska.

Zakia Chowdhury, warga Anchorage asal Bangladesh mengaku senang hidup sebagai muslim di sana.

“Apapun yang kami lakukan di sana, kami lakukan juga di sini. Kami makan sahur, kami juga berbuka puasa. Kami berpuasa seharian, dan kami melewatkan waktu bersama komunitas, seperti yang kami juga lakukan di kampung halaman. Satu-satunya yang tidak kami temukan di sini adalah suasan seperti di Bangladesh, di mana banyak muslim di lingkungan sekitar kami,” kata Chowdurry.

Sebuah mesjid di North Dakota (Foto: VOA)
Sebuah mesjid di North Dakota (Foto: VOA)

Obeidi tidak menyarankan warga muslim hijrah begitu saja ke Anchorage. Ia mengingatkan, biaya hidup di Anchorage luar biasa tinggi. Ia menyarankan, mereka yang ingin hijrah ke sana sebaiknya menemukan pekerjaan terlebih dahulu dan memiliki kerabat yang bisa membantu mereka menjalani hidup hingga mencapai kemapanan.

Menurut Obeidi. karena letaknya yang jauh, dan terbatasnya sarana transportasi, biaya hidup masyarakat Alaska, khususnya untuk bahan-bahan kebutuhan pokok, adalah yang tertinggi di Amerika. Dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Amerika telah berusaha menurunkan harga barang, khususnya di Anchorage dan Fairbanks.

Namun, yang menguntungkan, menurut Obeidi, Alaska adalah negara bagian dengan pajak individu paling ringan di Amerika. Alaska adalah satu dari 6 negara bagian tanpa pajak penjualan barang, dan satu dari 7 negara bagian yang tidak menarik pajak pendapatan perorangan.

Yang juga perlu dipertimbangkan adalah iklim di Alaska. Musim dingin di sana sangat panjang, serta panjang siang dan malam hari sangat berbeda dengan negara-negara bagain lain di AS. Walhasil, itu mempengaruhi kegiatan beribadah muslim, khususnya sewaktu bulan Ramadhan.

“Pada musim panas, lamanya siang hari di sini bisa mencapai 21 jam. Pada bulan Desember, siang hari bisa jadi tiga jam saja. Kami diberitahu para ulama untuk mengikuti zona standar.

Kami mengikuti waktu Mekkah, tempat paling suci bagi kami. Kami berpuasa mulai dari pukul 4 pagi hingga menjelang pukul 7 malam. Kami berbuka puasa, dan melalukan ibadah rutin. Kami sholat lima waktu, sama seperti yang dilakukan orang lain,” kata Ataur Chowdhury, seorang warga muslim.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kuliner

Resep Sayur Rice cooker Ide Praktis dan Hemat Waktu

Published

on

Gencil News– Resep Sayur Rice cooker Ide Praktis dan Hemat Waktu membuat membuat anda lupa untuk membeli makanan dari luar. Padahal, memasak itu tidaklah ribet dan butuh waktu lama.Tanpa perlu repot, kamu bisa memasak segala macam masakan dengan Rice Cooker.

salah satu menu lezat, sehat, dan bikin nagih yang bisa kamu masak dengan rice cooker adalah sayur. Mulai dari sayur bayam, asem, bobor, sop, dan sayur lain bisa praktis dengan rice cooker. Hasil jadi sayur dari rice cooker nggak kalah lezat dengan sayur pada umumnya.

Berikut 3 resep sayur yang bisa dimasak di rice cooker yang praktis dan hemat waktu

Sayur Sop

Bahan:
– 1 buah wortel besar (iris)
– 1 buah lobak (iris)
– 1 buah kentang besar (potong dadu)
– Buncis
– 2 batang seledri
– 2 batang bawang daun
– 2 siung bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 1/2 bungkus bumbu racik sayur sop
– 1/4 bungkus lada bubuk
– Air

Cara membuat:
1. Cuci dan potong semua bahan sayuran.

2. Didihkan air menggunakan rice cooker. Masukkan 1/2 bungkus bumbu racik sayur sop, 1/4 bungkus lada bubuk, wortel, lobak dan kentang. Masak selama 20-30 menit.

3. Ganti mode rice cooker ke warm. Masukkan buncis, bawang daun, bawang merah, dan bawang putih. Diamkan selama 5-7 menit.

4. Matikan rice cooker, masukkan seledri.

Sayur Asam

Bahan sayuran:

– 2 ikat kangkung
– 1 ikat kacang panjang
– 2 buah wortel sedang
– 1 buah jagung manis

Bahan bumbu:

– 3 siung bawang putih
– 1 jari lengkuas geprek
– 1 bungkus bumbu Racik sayur asem
– 1 sdm gula
– 1 sdt garam
– Sejumput penyedap rasa

Cara membuat:

1. Masukkan jagung, kacang panjang, lengkuas, bawang putih ke 500 ml air di rice cooker. Masak sampai mendidih.

2. Masukkan wortel, bumbu racik, gula, dan garam. Aduk rata.

3. Masukkan kangkung, aduk rata. Tuang air jika masih kurang.

4. Beri penyedap lalu aduk rata.

Sayur santan

Bahan:


– 5 helai kacang panjang
– 1/2 jagung manis
– 2 buah tahu putih kecil, potong
– 1/2 tempe potong kotak kecil
– Labu kuning, potong sesuai selera
– 1 buah cabai merah
– Udang rabuk

Bumbu:

– 2 siung bawang putih
– 3 siung bawang merah
– Santan kecil
– Gula
– Penyedap rasa
– Minyak makan

Cara membuat:

1. Potong dan cuci semua bahan kecuali tempe.

2. Panaskan minyak di rice cooker, goreng tempe dan tahu. Angkat dan tiriskan.

3. Panaskan lagi minyak, tumis bumbu sampai harum.

4. Tuang air secukupnya. Tunggu sampai mendidih, lalu masukkan jagung.

5. Masukkan kacang panjang, masak sampai layu.

6. Masukkan labu, penyedap rasa, dan gula.

7. Tuang santan, aduk rata.

8. Masukkan udang rabuk. Tutup rice cooker dan tunggu sampai matang.

9. Masukkan tempe dan tahu. Masak sebentar.

Continue Reading

Kuliner

Resep Pempek Palembang Yang Gurih Dengan Kuah Cuko

Published

on

Gencil News– Resep Pempek Palembang yang gurih dengan kuah cuko yang terkenal di nusantara membuat Makanan yang terbuat dari bahan dadar tepung kanji dan campuran ikan tenggiri ini mempunyai tekstur yang empuk sedikit kenyal serta bercita rasa gurih.

Biasanya makanan ini disajikan dengan kuah cuko yang terbuat dari campuran cuka, asam jawa, gula merah dan cabai. Dengan kuah ini, cita rasa sajian pempek semakin lengkap.

Makanan khas Dari Provinsi Sumatera Selatan yang disebut dengan Pempek ini sudah sangat populer di Indonesia. Dari bentuk serta isi yang bermacam-macam.  Mulai dari pempek kapal selam, pempek lenjer, pempek adaan, pempek kulit dan lain sebagainya.

Pempek Palembang Gurih Kuah Cuko

Bahan:

  • 500 gr ikan tenggiri giling
  • 1 butir putih telur
  • 250 ml air
  • 1 sdm garam
  • 1 sdt penyedap jamur
  • 350 gr tepung sagu
  • Air secukupnya untuk merebus
  • Telur secukupnya (untuk isian)

Cara Membuat Pempek Kapal Selam:

  1. Masukkan ikan ke dalam baskom, beri putih telur, air, garam dan penyedap jamur, aduk rata
  2. Masukkan tepung sagu, aduk rata kembali
  3. Ambil 150 gr adonan, beri isian 1 butir telur
  4. Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih, masak hingga mengapung.
  5. Angkat dan tiriskan dengan cuko pempek.

Bahan dan cara membuat sambal cuko : Haluskan bawang putih dan cabai rawit, campur dengan cuka dan garam. Diamkan hingga 30 menit.

Continue Reading

Gaya Hidup

Ini 5 Ide Dekor Ruangan Rumah Dengan Spot Warna Pastel

Published

on

Gencil News -Ini 5 ide dekor ruangan rumah anda dengan spot warna pastel. Atau warna kalem yang membuat nuansa berbeda di tiap titik rumah anda. Alasannya, warna-warna pastel punya tampilan yang menarik sehingga cocok diaplikasikan ke berbagai ruangan di rumah, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, hingga kamar tidur.

Ruangan yang bernuansa warna kalem atau warna pastel biasanya dihindari oleh kebanyakan orang dewasa. Hal ini karena, ruangan berwarna pink dinilai memberikan kesan kekanak kanakan. Padahal kenyataannya, warna pastel atau warna kalem bisa anda jadikan sebagai warna yang tepat untuk mendekorasi ruangan.

Dengan kreativitas dan inspirasi berikut, mungkin anda akan tertarik menerapkan warna pastel ke dalam ruangan di dalam rumah. 

  • Kombinasi Warna Pink dan Putih

Dua kombinasi warna ini bisa anda gunakan pada kamar mandi rumah Anda. Dengan keramik dinding yang melengkung dan unik berwarna pink dan putih bisa menciptakan nuansa kamar mandi menjadi semakin menyenangkan. Warna pink pada kamar mandi dapat memberikan efek menenangkan pada saraf dan membantu meredakan perasaan marah, agresif, dan malas.

  • Sudut Ruangan Cokelat dan Hijau Muda

Untuk gaya minimalis, kamu bisa menambahkan warna cokelat pada furnitur seperti lukisan atau pot bunga. Begitu pula dengan  bedcover  atau  pillowcase ditambah sentuhan warna hijau muda yang memberikan kesan dinamis serta aktif

  • Ruang Kerja Putih dan Biru Muda

Tidak ada salahnya untuk menggunakan kombinasi dua warna solid ini. Dekorasi ruangan kerja dengan warna kalem biru dan putih memberikan kesan tegas dan menyenangkan. Gaya ini cocok buat Anda yang ingin mendapatkan kesan premium.

Anda tidak perlu takut untuk menggunakan dua warna yang saling ‘bertabrakan’ selama bisa memadukannya dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan memberikan aksen emas pada beberapa furniture Anda, seperti kaki meja, patung dekorasi, hingga warna kaki lampu.

  • Ruang Tidur Kombinasi Baby Pink dan Beige

Ciptakan kamar tidur yang nyaman dengan kombinasi warna dasar baby pink dan beige. Coba hadirkan warna beige pada lantai maupun furnitur kayu seperti meja dan dipan. Tonjolkan nuansa putih dan beige dengan penggunaan bed cover berwarna senada serta barang-barang yang menjadi pajangan dan hiasan kamar lainnya.

  • Ruang Tamu Abu- abu Pastel

Buat Anda yang tidak terlalu berani atau percaya diri untuk menggunakan warna-warna berani seperti kuning atau hijau pastel, Anda bisa mencoba warna abu-abu pastel. Setidaknya, warna ini bisa jadi alternatif yang lebih menarik daripada warna netral lain, seperti krem atau putih.

warna abu-abu pastel akan memberikan ketenangan bagi orang-orang yang berada di dalam ruangan. Untuk mengombinasikannya, Anda bisa menggunakan furnitur seperti meja dan kursi dengan kombinasi warna putih dan cokelat untuk menghasilkan kesan yang lebih tenang.

Continue Reading

TRENDING