Gaya Hidup

Benarkah Memiliki Kebiasaan Bangun pagi dapat panjang umur

Benarkah Memiliki Kebiasaan Bangun pagi dapat panjang umur

Jika anda mengawali hari dengan bangun pagi tentu memiliki banyak manfaat. Selain badan lebih segar dan sehat, bangun pagi rupanya juga bisa untuk memperpanjang umur seseorang.

Benarkah dengan memiliki kebiasaan sehari hari seperti ini dapat membuat panjang umur seseorang.

Menariknya, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang rajin bangun pagi berpeluang lebih panjang umur daripada orang-orang yang sering kesiangan.

Tubuh manusia memiliki “jadwal operasional”nya masing-masing yang disebut dengan jam biologis atau ritme sirkadian.

Ritme sirkadian mengatur setiap aspek kehidupan kita dari dalam, terutama mengatur kapan waktunya tidur dan bangun tidur, aktivitas fisik, mental, perilaku, bahkan hingga kondisi cahaya lingkungan sekitar dalam siklus 24 jam.

Baca juga   Konser Untuk Indonesia Berklee College of Music

Ritme sirkadianlah yang menentukan apakah kita termasuk orang yang suka bangun pagi atau bangun siang.

Melansir dari Medical News Today, sebuah studi yang mengenai kesehatan yang terpublikasi dari Chronobiology International memberi penjelasan jika mereka yang rutin bangun pagi akan lebih panjang umur daripada yang selalu kesiangan.

Orang yang sukamengawali aktivitas memiliki jadwal tidur yang teratur. Tidur cukup punya segudang manfaat. Saat tidur, otak akan melepaskan hormon dan senyawa yang membantu proses metabolisme tubuh.

Mulai dari mengatur nafsu makan, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, memperbaiki mood, meningkatkan kebugaran, hingga meningkatkan energi dan fokus untuk beraktivitas keesokan harinya.

Semua fungsi metabolisme tubuh ini sudah terancang oleh ritme sirkadian, yang bekerja mengikuti perubahan suhu dan cuaca sekitar kita.

Baca juga   Demi Menyelamatkan Istri, Seorang Suami Tonjok Ikan Hiu

Ketika metabolisme tubuh bekerja dengan baik, maka tubuh mampu menjalankan berbagai fungsinya tanpa masalah.

Berdasarkan penelitian gabungan dari Harvard School of Public Health di Amerika dan University of Cambridge Inggris, obesitas dapat meningkatkan risiko kematian dini.

Bahkan, rajin beraktivitas seperti ini membuat kita merasa lebih bugar dan bersemangat sehingga jadi lebih produktif selama seharian.

Dalam jangka panjang, manfaat bangun pagi terhadap mood dan kesehatan mental ini dapat menurunkan risiko mengalami depresi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

TERPOPULER

To Top