Connect with us

Gaya Hidup

Benarkah Minum Kopi Bisa Menjadi Sehat

Published

on

Kopi sudah menjadi minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Minuman wajib yang harus diminum setiap hari – rasanya jika tidak minum kopi sehari saja, ada hal yang belum lengkap. Tidak heran, pencinta kopi tidak terhitung banyaknya dan jenis kopi pun kian beragam.

Namun, apakah kopi baik untuk kesehatan? Terlebih bagi Anda yang setiap hari bisa menghabiskan lebih dari tiga gelas. Jika diminum sesuai aturan dan tidak melebihi batas, kopi bisa saja bermanfaat bagi kesehatan.

Ada beberapa jenis kopi yang baik untuk kesehatan – baiknya jenis kopi inilah yang kita minum. Jenis kopi tersebut adalah robusta dan arabika karena mempunyai antioksidan serta nutrisi penting lainya yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi jenis arabika maupun robusta tubuhnya tidak mudah diserang penyakit serius dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kopi.

Nah, biar lebih tahu lagi tentang manfaat minum kopi, berikut beberapa manfaatnya sebagai berikut:

#1: Kopi dapat meningkatkan kecerdasan

Kandungan yang terdapat di kopi adalah stimulan yang bernama kafein, sehingga ketika kita meminumnya akan mempengaruhi cara kerja otak dan dapat menghilangkan rasa lelah karena efek ‘rangsangan’nya tersebut. Efek tersebut dapat meningkatkan suasa hati, kesadaran dan fungsi otak.

#2: Membantu membakar lemak

Kafein yang terdapat dalam kopi terbukti membantu membakar lemak. Sekitar 3-11% kafein dapat meningkatkan proses metabolisme, di samping itu dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada penderita obesitas dan sekitar 29% bermanfaat pada orang yang tidak obesitas.

#3: Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Kita ketahui, diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang sangat besar, ada sekitar 300 juta penderita di seluruh dunia. Penelitian mengungkapkan 7% kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit jenis tersebut.

#4: Mencegah Anda dari penyakit Alzheimer 

Penyakit Alzheimer umumnya menyerang orangtua dengan umur lebih dari 65 tahun. Penyakit ini disebabkan karena adanya penurunan kemampuan saraf dan sampai saat ini belum ada obatnya yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Nah, dengan meminum kopi, hal ini dapat mencegah terkenanya penyakit Alzheimer. Penelitian membuktikan, resiko peminum kopi untuk terkena Alzheimer sekitar 65% lebih rendah dibanding dengan orang yang tidak  meminum kopi.

#5: Mengurangi resiko terkena kanker

Kita tahu bahwa kanker merupakan penyebab utama kematian di dunia – banyak orang meninggal disebabkan kanker. Nah, kopi sangat berkhasiat untuk mengurangi terkenanya dua jenis kanker, diantaranya kanker liver, 45% dan usus besar, 15%.

Sudah tahu ya, manfaat kopi untuk kesehatan. Di samping manfaat di atas ada beberapa manfaat juga seperti dapat mengurangi resiko terkena stroke, dapat membuat Anda berumur panjang, mengurangi resiko terkena encok, melindungi liver (hati), dan mengobati depresi.

Tentu masih banyak lagi manfaatnya, minumlah kopi sedikitnya 1-2 cangkir dalam sehari dan pilihlah jenis kopi yang mempunyai zat alami seperti robusta dan arabika. Selamat meminum kopi dan jagalah selalu kesehatan Anda.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Gaya Hidup

Menikmati Pemandangan Lalu Lintas Pesawat di Gravelly Point

Published

on

 

GENCIL.NEWS  Butuh istirahat dan relaksasi setelah berjalan dan berendam di D.C.? Pergilah ke Gravelly Point, terletak  di antara Sungai Potomac dan George Washington Parkway.

Meskipun menyediakan pemandangan cakrawala dan jalan setapak D.C yang indah, daya tarik utamanya adalah pemandangan dan suara booming pesawat terbang yang berangkat atau mendarat di landasan pacu Reagan National Airport.

Taman Gravelly Point adalah salah satu bagian George Washington Memorial Park. Para pengunjung, terutama penggemar dirgantara, bisa piknik sambil menikmati lalu lintas pesawat dari taman ini karena terletak tidak jauh dari Bandara Nasional Ronald Reagan di Arlington, Virginia.

Gravelly Point Park adalah sebuah bukit besar yang berumput  yang berada tepat di utara Bandara Nasional Reagan. Penduduk setempat berduyun-duyun ke sini untuk melihat  pandangan jarak dekat pesawat lepas landas dan mendarat sambil menikmati jalur sepeda, bangku piknik, dan pemandangan langit-langit DC yang paling menakjubkan.

 

Continue Reading

HEADLINE

Suplemen Minyak Ikan Dapat Tingkatkan Kesuburan Pria

Published

on

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Gencil News – Sebuah studi dari Denmark menunjukkan pria yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi, mungkin dapat meningkatkan kesuburannya.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal JAMA Network Open, setelah meneliti data dari hampir 1.700 pria muda, para peneliti yakin bahwa konsumsi suplemen minyak ikan terkaitdengan jumlah sperma yang lebih tinggi, testis yang lebih besar dan peningkatan kadar hormon yang berkontribusi pada kesuburan pria.

Tina Kold Jensen, profesor dari di Rigshospitalet dan University of Southern Denmark yang juga salah satu penulis stuid itu, mengatakan pria mendapatkan manfaat asam lemak omega-3 dengan menambahkannya dalam diet mereka. Namun, imbuh Jensen, konsumsi asam lemak omega-3 paling besar dampaknya untuk para pria yang memiliki kualitas sperma yang buruk.

Hal ini terjadi karena jenis asam lemak ini penting untuk kesuburan, kata Jensen dalam email.

“Komposisi membran sel sperma dengan kandungan asam lemak kaya sangat penting untuk fungsi sperma yang tepat,” jelas Jensen. “Membran sel sperma memainkan peran penting dalam peristiwa pembuahan utama. Omega-3 dalam membran sperma meningkat saat sperma matang dan tidak dapat disintesis. . . pada manusia dan perlu berasal dari diet. “

Untuk meneliti kemungkinan minyak ikan dan nutrisi lain dapat memengaruhi kesuburan pria, Jensen dan rekan-rekannya melibatkan para pria yang sedang sedang menjalani ujian fisik sebagai bagian dari prosedur wajib militer Denmark. Hal tersebut dilakukan antara 1 Januari 2012 dan 31 Desember 2017.

Mereka diundang untuk berpartisipasi dalam studi fungsi testis dan mereka yang mendaftar diberi jadwal pemeriksaan dan disediakan kompensasi sebesar 500 Denmark krone (AS$ 74,23).

Dalam proses tersebut, para pria mengisi kuesioner, menjalani pemeriksaan fisik, mengirim sampel air mani dan diambil darahnya. Mereka ditanya tentang diet, vitamin atau suplemen makanan, masalah gaya hidup dan kesehatan, dan khususnya tentang masalah kesehatan testis, seperti hernia inguinalis, dan tentang penyakit menular seksual.

Para pria juga ditanyai tentang konsumsi alkohol, penggunaan tembakau dan ganja, dan apakah ibu mereka merokok selama kehamilan.

Ketika Jensen dan rekan-rekannya menganalisis data mereka, ditemukan fakta pria yang mengonsumsi suplemen minyak ikan kurang dari 60 hari dalam tiga bulan terakhir memiliki volume semen 0,38 mL lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Pria yang mengonsumsi minyak ikan pada 60 hari atau lebih selama periode itu memiliki volume semen 0,64 mL lebih tinggi dibanding pria yang tidak menggunakan suplemen.

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)
Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Demikian pula, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Ukuran testis pada pria yang mengonsumsi minyak ikan kurang dari 60 hari adalah 0,8 mL lebih besar dan di antara mereka yang mengkonsumsinya selama 60 hari atau lebih, itu adalah 1,5 mL lebih besar.

Pria yang mengonsumsi minyak ikan juga memiliki jumlah sel-sel sperma yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Selain itu, mereka memiliki persentase sperma yang lebih tinggi yang berenang lurus ke depan, dibandingkan dengan sperma yang berenang dalam lingkaran, misalnya. Dan itu memiliki bentuk yang lebih sehat secara keseluruhan.

Studi baru ini menarik karena melihat laki-laki dari populasi umum yang muda dan sehat, kata Albert Salas-Huetos, seorang peneliti di unit urologi, andrologi dan IVF di Universitas Utah di Salt Lake City. 

Continue Reading

Gaya Hidup

Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan

Published

on

Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan
Tips Menarik  Merencanakan Liburan Yang Berkesan
Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan

Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan -Bepergian adalah hal yang sangat menyenangkan, membuka mata dan pikiran anda tentang dunia yang belum sempat anda kunjungi dan tempat-tempat hebat lainnya. kita bisa mencoba menjelajahi hal-hal dan tempat tempat menarik sesekali waktu Ini juga merupakan cara untuk belajar lebih banyak tentang dunia.

Dengan bepergian, anda tidak hanya melihat keindahan dunia tetapi juga belajar tentang sejarah berbagai tempat. anda bahkan dapat mencoba belajar beberapa bahasa. Ini memberi banyak pengetahuan dan mengajarkan banyak hal tentang dunia tempat kita hidup.

yang lebih penting lagi dengan travelling bisa memberi Anda waktu untuk diri sendiri. Kita dapat menggunakan waktu luang tersebut sebagai tehnik relaksasi  untuk bersantai dengan memberi waktu berpikir, belajar, menghargai kenangan yang tak terlupakan dan mengeksplorasi nya.

Apa saja langkah sederhana untuk kita perlukan saat ingin berpergian sendiri, simak tips berikut ini:

  1. Cek harga tiket dan destinasi liburan

Hal ini sangat penting, karena bagian dari liburan adalah mengetahui kemana, dan apa yang akan anda lakukan di tempat tersebut. Lihat beberapa aplikasi dan telusuri berapa harga yang diperlukan untuk akomodasi perjalanan, biaya menginap dan destinasi wisata yang akan anda kunjungi. Setelah itu apakah tempat tersebut layak untuk anda nanti nya dalam meluangkan waktu liburan.

  • Lihat tujuan wisata atau liburan anda

Ketika anda berencana untuk pergi ke suatu tempat, kota atau pun Negara maka persiapan untuk membuat daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi sangat penting untuk dilakukan di awal. Supaya tidak ada kesempatan yang sia sia, detail harga masuk tempat wisata, apa menu utama di tempat tersebut dan harga akomodasi di tempat anda berlibur.

  • Membuat daftar bawaan anda

Dalam hal ini kita perlu mengetahui barang-barang apa saja yang akan kita bawa dan butuhkan selama berlibur. Kegiatan ini dapat meminimalisir kemungkinan melupakan barang penting yang harus dibawa selama liburan. Bukan hanya itu, daftar packing akan membuat kegiatan packing lebih mudah dan terorganisir.

  • Cari tahu peraturan bagasi pesawat/ kereta/ bus

Anjuran untuk mencari tahu aturan berat bawaan ini juga dapat berlaku untuk sarana transportasi lain seperti kapal, kereta, bis dan lainnya begitu juga dengan pesawat. Setiap maskapai penerbangan dannegara tujuan berbeda-beda peraturan peraturan bagasinya. Akan lebih baik jika Travelers pemula seperti anda mencari tahu terlebih dahulu peraturan bagasi pesawat. Sebagai contoh, pesawat tujuan ke Amerika Serikat hanya megijinkan bagasi gratis maksimal seberat 20kg, sementara utuk tujuan ke HongKong bisa mencapai 30kg.

  • Bawa obat-obat an yang diperlukan

Tidak ada yang ingin tidak sehat saat sedang berlibur, namun kelelahan akibat perjalanan jauh hingga perbedaan cuaca yang signifikan bisa jadi membawa pengaruh buruk bagi kesehatan maka dari itu  untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya membawa persediaan obat-obatan standar dan vitamin saat berpergian untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap prima untuk menikmati saat berlibur.

  • Siapkan rencana cadangan

Rencana cadangan pada saat bepergian merupakan suatu hal yang sebaiknya anda pikirkan sebelumnya. Terkadang hal-hal yang anda rencanakan bisa berjalan tidak sesuai dengan rencana awal misalnya penerbangan anda ditunda atau dibatalkan, bagasi yang hilang, atau pun penundaan lainnya.

  • Lakukan online checking

Teknologi modern saat ini sangat memberi kemudahan bagi orang-orang. Saat ini anda dapat melakukan online check in sebelum berangkat; bahkan anda dapat memilih kursi yang dapat dilakukan 24 jam sebelumnya atau bahkan lebih. Mencetak tiket dan boarding pass sebelumnya dapat menghemat waktu anda dan anda tidak perlu buru-buru untuk datang ke bandara untuk mendapatkan kursi yang anda inginkan.

Continue Reading

TRENDING