Kopi sudah menjadi minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Minuman wajib yang harus diminum setiap hari – rasanya jika tidak minum kopi sehari saja, ada hal yang belum lengkap. Tidak heran, pencinta kopi tidak terhitung banyaknya dan jenis kopi pun kian beragam.

Namun, apakah kopi baik untuk kesehatan? Terlebih bagi Anda yang setiap hari bisa menghabiskan lebih dari tiga gelas. Jika diminum sesuai aturan dan tidak melebihi batas, kopi bisa saja bermanfaat bagi kesehatan.

Ada beberapa jenis kopi yang baik untuk kesehatan – baiknya jenis kopi inilah yang kita minum. Jenis kopi tersebut adalah robusta dan arabika karena mempunyai antioksidan serta nutrisi penting lainya yang bisa meningkatkan kesehatan tubuh.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi jenis arabika maupun robusta tubuhnya tidak mudah diserang penyakit serius dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi kopi.

Nah, biar lebih tahu lagi tentang manfaat minum kopi, berikut beberapa manfaatnya sebagai berikut:

Baca juga   Tahun 2017, Tahun Menjanjikan Bagi Upaya Pengobatan AIDS

#1: Kopi dapat meningkatkan kecerdasan

Kandungan yang terdapat di kopi adalah stimulan yang bernama kafein, sehingga ketika kita meminumnya akan mempengaruhi cara kerja otak dan dapat menghilangkan rasa lelah karena efek ‘rangsangan’nya tersebut. Efek tersebut dapat meningkatkan suasa hati, kesadaran dan fungsi otak.

#2: Membantu membakar lemak

Kafein yang terdapat dalam kopi terbukti membantu membakar lemak. Sekitar 3-11% kafein dapat meningkatkan proses metabolisme, di samping itu dapat meningkatkan pembakaran lemak sebesar 10% pada penderita obesitas dan sekitar 29% bermanfaat pada orang yang tidak obesitas.

#3: Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Kita ketahui, diabetes tipe 2 merupakan masalah kesehatan yang sangat besar, ada sekitar 300 juta penderita di seluruh dunia. Penelitian mengungkapkan 7% kopi dapat menurunkan resiko terkena penyakit jenis tersebut.

#4: Mencegah Anda dari penyakit Alzheimer 

Penyakit Alzheimer umumnya menyerang orangtua dengan umur lebih dari 65 tahun. Penyakit ini disebabkan karena adanya penurunan kemampuan saraf dan sampai saat ini belum ada obatnya yang bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Baca juga   Lakukan Hal Ini! Cara Aman Saat Anda Berada di ATM

Nah, dengan meminum kopi, hal ini dapat mencegah terkenanya penyakit Alzheimer. Penelitian membuktikan, resiko peminum kopi untuk terkena Alzheimer sekitar 65% lebih rendah dibanding dengan orang yang tidak  meminum kopi.

#5: Mengurangi resiko terkena kanker

Kita tahu bahwa kanker merupakan penyebab utama kematian di dunia – banyak orang meninggal disebabkan kanker. Nah, kopi sangat berkhasiat untuk mengurangi terkenanya dua jenis kanker, diantaranya kanker liver, 45% dan usus besar, 15%.

Sudah tahu ya, manfaat kopi untuk kesehatan. Di samping manfaat di atas ada beberapa manfaat juga seperti dapat mengurangi resiko terkena stroke, dapat membuat Anda berumur panjang, mengurangi resiko terkena encok, melindungi liver (hati), dan mengobati depresi.

Tentu masih banyak lagi manfaatnya, minumlah kopi sedikitnya 1-2 cangkir dalam sehari dan pilihlah jenis kopi yang mempunyai zat alami seperti robusta dan arabika. Selamat meminum kopi dan jagalah selalu kesehatan Anda.