Connect with us

Gaya Hidup

Burung Kicau Bisa Bantu Atasi Gangguan Bicara Manusia

Published

on

 Para ilmuwan di Universitas Rockefeller New York menemukan bahwa otak burung kicau menggunakan proses serupa dengan manusia ketika belajar membunyikan suara.

Dan hasilnya, riset itu bisa membantu mengembangkan perawatan bagi orang-orang yang mengalami gangguan bicara.

Otak kecil dari burung pipit zebra mungkin bisa membantu para ilmuwan menjawab pertanyaan mengenai bagaimana manusia belajar membunyikan kata-kata untuk berbicara. Seperti halnya manusia, burung belajar berkicau dengan cara meniru.

Profesor Neurobiologi Universitas Rockefeller, Erich Jarvis, mengatakan, “Kami tidak hanya mampu mempelajari mekanisme pembelajaran vokal pada burung-burung kicau, tapi juga menerapkan temuan itu pada manusia. Alasannya adalah karena kami mendapati bahwa burung kicau dan manusia memiliki apa yang kami sebut sebagai jalur otak konvergen dalam gen-gen yang hanya ada dalam tubuh mereka, dan tidak ada dalam hewan lain seperti ayam.”

Para periset dari universitas Rockefeller di New York menggunakan metode mengisolasi sel-sel dari bagian jaringan dan sel mikroskopik untuk mencermati otak burung kicau. Gambar-gambar itu membantu mereka memahami bagaimana sinyal-sinyal dari otak burung mirip dengan proses yang digunakan manusia ketika belajar berbicara.

“Kami bisa menciptakan kondisi mirip Parkinson yang menyebabkan gagap pada burung kicau dan kemudian kami mencari tahu cara memperbaiki kondisi itu. Kemudian kami bisa berupaya menciptakan kondisi itu dalam otak mirip manusia dan mencari tahu apakah kami bisa memperbaiki sirkuitnya,” lanjut Jarvis.

“Kami juga berupaya mencari cara untuk merekayasa sirkuit otak dalam spesies, yang tidak punya kemampuan itu, untuk mempelajari apakah kita bisa mengondisikannya. Dan apabila berhasil, kami bisa berupaya menerapkannya pada manusia,” imbuhnya.

Jarvis mengatakan akan perlu waktu bertahun-tahun sebelum temuan itu bisa digunakan untuk merawat manusia yang mengalami kesulitan berbicara.

“Saya memiliki hipotesa dalam sepuluh tahun mengenai bagaimana merekayasa sirkuit otak dan memprediksi gen jenis apa yang khusus dalam otak manusia dan burung kicau. Kami perlu waktu lima sampai tujuh tahun untuk mengidentifikasi gen-gen itu, dan kini sepertinya akan perlu lima sampai tujuh tahun lagi untuk mencari tahu bagaimana cara memanipulasinya,” kata Jarvis.

Burung-burung kicau bisa membantu ilmuwan mempelajari asal gangguan bicara yang disebabkan autism, stroke dan penyakit Parkinson. [vm/al]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kuliner

Bedanya Nasi Kuning Kalimantan Barat dengan Nasi Kuning Daerah Lain

Published

on

GENCIL NEWS – Nasi kuning tentunya tak asing lagi bagi sebagian orang yang tinggal di berbagai wilayah Indonesia. Hal ini memang nasi kuning menjadi salah satu makanan khas masyarakat indonesia. Salah satu yang memiliki kuliner khas dengan nasi kuning yaitu Kalimantan Barat. Namun nasi kuning khas Kalimantan Barat ini berbeda dengan nasi kuning pada daerah lainnya.

Keunikan nasi kuning dari Kalimantan Barat yaitu cara penyajiannya, karena nasi kuning Kalbar disajikan dengan ayam dan yang membedakan adalah bumbu habang. Lauk yang dimasak dengan bumbu warna merah atau habang ini menambah keunikan tersendiri dari nasi kuning khas Kalbar, karena dapat memberikan warna tersendiri dari penyajiannya.

Habang atau dalam bahasa Banjar artinya merah, dan warna merah ini dihasilkan dari cabe merah khas Kalimantan Barat. Dan uniknya lagi, bumbu habang ini memiliki rasa yang manis dan asin, sedangkan untuk rasa pedasnya hampir tidak ada, hal ini karena cabe merah yang digunakan khas dari Kalbar yang berukuran besar seperti paprika.

Nasi kuning biasanya disajikan ketika ada perayaan atau syukuran. Dan pelengkap lauk pauk lainnya dari nasi kuning khas Kalbar lainnya yang tak kalah menarik yaitu ikan gabus, ayam, telur, bumbu habang dan lainnya yang tentunya dimasak dengan bumbu khas Kalimantan.

Meskipun nasi kuning biasanya disajikan ketika ada perayaan, namun anda tentunya bisa menemukan nasi kuning khas Kalbar di beberapa warung makan yang ada di Kalimantan Barat.

Continue Reading

Kuliner

Resep Masakan Es Pisang Ijo Manis Kreasi Rumahan

Published

on

Resep Es Pisang Ijo Manis Kreasi Rumahan

Gencil News- Resep Masakan Es Pisang Ijo Manis Kreasi Rumahan. Es pisang ijo manis kreasi rumahan. Menu kudapan manis ini merupakan makanan khas yang terkenal di makasar. Tak heran karena makanan ini memang menyegarkan dan masuk ke lidah siapapun. Sesuai namanya ada terdapat pisang yang menjadi komponen utama dalam kudapan ini. Selain terkenal karna warna kulit luarnya yang berwarna hijau. Cita rasanya yang unik, manis, gurih berpadu menjadi satu dan memberikan sensasi tersendiri.

Resep Masakan Es Pisang Ijo Manis Kreasi Rumahan.  Makna dari pisang hijau bukan merujuk pada warna kulit buah ini saat masih mentah akan tetapi dari kulit pembungkus nya yang hijau. Warna hijau pada es pisang ijo yang menjadi makanan populer dari Makassar ini juga mengandung filosofi tersendiri bagi masyarakat Bugis, Makassar. Warna hijau melambangkan kesakralan dan suci, selain itu mampu memberikan rasa sejuk dan tentram.

Resep Masakan Es Pisang Ijo Manis Kreasi Rumahan

Bahan Utama:

  • 2 sisir pisang raja (30 buah)

Bahan kulit:

  • 1 liter air
  • 20 lembar daun pandan
  •  100 gram gula pasir
  • 400 gram tepung beras
  • 400 gram tepung terigu
  •  1 liter santan kental
  • 10 tetes Pewarna makanan hijau

Bahan vla:

  •  1 liter santan kental
  • 100 gram tepung beras
  •  daun pandan ikat simpul
  •  1 sdt garam
  • 50 gram gula pasir

Bahan tambahan:

  • sirup pisang ambon/sirup warna merah
  • daun pisang untuk mengukus pisang ijonya
  •  es serut/es batu
  •  susu kental manis

Cara membuat:

1. Kukus pisang 10 menit. Tiriskan.

2. Buat adonan kulit, cuci bersih pandan lalu potong kecil-kecil dan beri air. Blender, lalu saring. Ambil 1 liter air saringan pandan, sisihkan. Campur tepung beras dan terigu lalu ayak supaya halus, aduk sampai tidak menggumpal.

3. Tambahkan gula, santan, serta pewarna makanan. Letakkan pada wadah tahan panas, kukus selama setengah jam. Angkat dan diamkan hingga uap panas hilang.

4. Siapkan plastik es ukuran besar, olesi minyak. Ambil adonan 2 sdm, ratakan dan pipihkan. Ambil pisang kukus, balutkan pisang dengan adonan hijau. Bentuk lalu letakkan pada daun pisang bersih. Olesi minyak agar tidak lengket. Gulung dan sematkan lidi. Kukus lagi selama 25 menit. Angkat dan dinginkan.

5. Cara membuat vla, campur semua bahan vla hingga lembut, lalu saring. Masukkan ke panci, masak dengan api kecil sampai jadi bubur sumsum.

6. Letakkan pisang ijo di piring, tambahkan vla, es batu dan susu kental manis.

 

Continue Reading

Kuliner

Resep kwetiau Goreng Sapi Pontianak

Published

on

Resep kwetiau Goreng Sapi Pontianak

GENCIL NEWS – Kwetiau sampai ke Indonesia dibawa oleh masyarakat Tiongkok yang sudah sejak lama datang ke Indonesia. Penganan ini berasal dari bahan pokok tepung beras.

Pada masyarakat etnis Hokkian yang banyak tinggal di Sumatera, dikenal istilah Kwetiau  Medan. Ciri khas kwetiau ini adalah menggunakan bakso ikan, lapchiong (sosis babi), dan telur bebek.

Berbeda dengan masyarakat etnis Tio Ciu yang banyak tinggal di Kalimantan yang menyajikan kwetiau dengan daging sapi.

Kwetiau pun menyesuaikan dengan kesukaan masyarakat Indonesia. Muncul juga penyajiannya yang berkuah atau disebut kwetiau siram, setelah sebelumnya banyak disajikan dengan cara digoreng.

Saat ini, kwetiau lebih banyak disajikan dengan campuran telur, daging ayam suir, sayuran, dan sosis ayam atau sapi.

Kwetiau Goreng Sapi Pontianak

Bahan Utama:
  1. 150 gram kwetiau basah
  2. 100 gram daging has sapi, iris tipis
  3. 1 sendok teh minyak wijen
  4. 1 sendok makan saus tiram
  5. sendok teh tepung sagu
  6. 3 siung bawang putih
  7. 2 butir telur, kocok lepas
  8. 50 gram taoge
  9. 5 batang kucai, potong-potong
  10. 100 gram bokcoi, potong-potong
  11. 5 sendok makan air
  12. Minyak goreng secukupnya
  13. kecap manis secukupnya
  14. Kecap asin secukupnya
  15. Merica secukupnya
  16. Garam secukupnya
  17. Gula secukupnya
Cara Membuat Kwetiau Goreng Sapi:
  • Siapkan wadah cukup besar utnuk menampung daging.
  • Bumbui daging sapi yang telah dipotong-potng dengan aneka bumbu yang telah anda persiapkan antara lain, sagu, minyak wijen, saus tiram, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan kecap manis, garam, merica, serta gula. Setelah dibumbui beiarkan sebentar hingga meresap.
  • Siapakan wajan dan minyak kemudian panaskan dengan api sedang saja. Tumis bawang putih di atas wajan hingga tercium aroma harum tumisan.
  • Setelah matang kemudian masukkan daging berbumbu ke dalam wajan lalu aduk hingga merata dan berubah warna. Setelah berubah warna dan cukup matang anda angkat dagingnya, lalu sisihka.
  • Panaskan kembali minyak goreng di atas wajan, lalu masukkan telur kocok yang telah ditambahkan garam dan merica, biarkan sebentar. Orak arik telur anda.
  • Setelah itu anda ambil kembali daging sapi yang telah anda olah dan masukan kembali dalam wajan, masukan daging bersama dengan kwetiau, tauge, kucai, bokcoi, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan kecap manis, garam, dan merica, kemudian aduk hingga merata.
  • Tambahkan 5 sendok makan air ke dalamya, lalu anda aduk rata sebentar saja.
  • Setelah dirasa cukup matang anda matikan api.
  • Siapkan terlebih dahulu piring saji, kemudian anda tuangkan perlahan kwetiau daging sapi anda perlahan ke atas piring dan tata sedemikian rupa.
  • Sajikan kwetiau anda selagi panas.
Continue Reading

TRENDING