Connect with us

Gaya Hidup

Di Korsel, Lebih Enak Pelihara Binatang Ketimbang Punya Anak

Published

on

Setiap kali kembali dari perjalanan bisnis, Kang Sung-il selalu membeli oleh-oleh mainan untuk Sancho, anjing jenis Pomeranian peliharaannya.
Setiap kali kembali dari perjalanan bisnis, Kang Sung-il selalu membeli oleh-oleh mainan untuk Sancho, anjing jenis Pomeranian peliharaannya.
Setiap kali kembali dari perjalanan bisnis, Kang Sung-il selalu membeli oleh-oleh mainan untuk Sancho, anjing jenis Pomeranian peliharaannya.

Setiap kali kembali dari perjalanan bisnis, Kang Sung-il selalu membeli oleh-oleh mainan untuk Sancho, anjing jenis Pomeranian peliharaannya.

Pada liburan Tahun Baru Imlek tahun ini, Sancho punya baju baru seharga $50 atau sekitar Rp 770.200. Sung-il membelikan baju itu untuk dikenakan Sancho saat mengunjungi ‘nenek’, Ibu Kang Sung-il.

Menurut Kang dan istrinya, biaya untuk membesarkan anak-anak terlalu mahal dan terlalu banyak tekanan. Jadi, Kang dan istrinya lebih memilih untuk membanjiri Sancho dengan kasih sayang dan hadiah. ​

Mereka tidak sendirian. Industri hewan peliharaan Korea Selatan sedang naik daun. Berkembangnya industri hewan peliharaan dipicu oleh faktor-faktor yang sama, yang membuat angka kelahiran negara itu hanya 1,05 kelahiran per perempuan, terendah di dunia. Tingginya biaya pendidikan dan perumahan serta hari kerja yang sangat panjang juga menjadi salah satu faktornya.

“Tekanan sosial di Korea Selatan menuntut para orang tua untuk menyediakan kebutuhan anak selama beberapa dekade dari sekolah swasta hingga bimbingan belajar kelas seni,” kata Kang yang bekerja sebagai manajer di rumah pemakaman hewan pemeliharaan.

Ia berkata sulit untuk membayangkan bisa membayar semua itu, tetapi merasa senang untuk menghabiskan sekitar 100.000 won atau sekitar Rp 1,25 juta per bulan untuk Sancho.

Selain mahalnya biaya pendidikan, data dari Bank KB Kookmin menunjukkan rata-rata orang Korea Selatan harus menganggarkan uang setara sekitar 12,8 tahun pendapatan untuk membeli rumah kelas menengah, dibandingkan dengan 8,8 tahun pada 2014.

Tekanan berikutnya adalah, orang Korea Selatan menduduki posisi ketiga dengan waktu kerja terbanyak di antara negara-negara yang tergabung dalam Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD-Organisation for Economic Co-operation and Development), hanya tertinggal dari Meksiko dan Costa Rica.

“Populasi hewan peliharaan meningkat seiring dengan pilihan orang-orang untuk tidak memiliki bayi atau bahkan menikah,” kata Kim Soo-kyung, manajer Samjong KPMG Economic Research Institute (ERI).

Data pemerintah menunjukkan, keluarga yang memiliki hewan peliharaan melonjak hingga 28 persen pada 2018, dibandingkan dengan 18 persen di 2012.

Hal ini telah memacu industri perawatan hewan peliharaan untuk menawarkan berbagai hal mulai dari diet hewan peliharaan hingga pemotretan berharga fantastis. Perusahaan rintisan yang berhubungan dengan hewan peliharaan juga kini menjadi populer di kalangan usaha kapitalis.

Menurut Korea Rural Economic Institute (KREI) , industri terkait hewan peliharaan di Korea Selatan bernilai 2,7 triliun won atau sekitar Rp 34 triliun pada tahun lalu dan bisa lebih dari dua kali lipat pada 2027.

Menangguk Untung Hewan Peliharaan

Salah satu perusahaan yang mencari keuntungan dari berkembangnya industri itu adalah Pet Pick, yang memproduksi makanan khusus untuk lebih dari 10.000 hewan. Pet Pick merupakan satu dari empat perusahaan rintisan hewan peliharaan yang menerima investasi dari GS Home Shooping, pengecer online yang merupakan bagian dari perusahaan konglomerat GS Holdings Corp.

“Kami hanya menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, seperti salmon dan buah cranberry sehingga produk kami dua kali lebih mahal dari makanan hewan kering biasa,” kata pendiri Pet Pick, Park Eun-byul.

“Banyak dari pelanggan kami adalah anak muda, yang merawat hewan peliharan mereka layaknya anak sendiri dan bersedia untuk membayar lebih,” kata Park.

Perushaan pendanaan terkemuka, Korea Investment Partners (KIP), berinvestasi pada dua perusahaan rintisan hewan peliharaan pada 2018. Dua perusahaan itu adalah Bacon, yang membuat mainan bertema liburan seperti Natal dan Halloween, dan Pet Friends yang bisa mengirimkan produk-produk hewan peliharaan dalam waktu satu jam.

KIP juga berencana untuk berinvestasi dalam piknik yang menjual makanan hewan peliharaan buatan tangan akhir tahun ini.

Perusahaan-perusahaan lain yang sudah mapan juga turut berinvestasi. Meritz Fire & Marine Insurance berhasil menggaet lebih dari 6.000 pelanggan dalam waktu tiga bulan setelah meluncurkan produk asuransi hewan pada Oktober lalu, dibandingkan dengan hanya sekitar 100 per tahun untuk program asuransi sebelumnya.

Penjualan produk hewan peliharaan di CJ ENM TV dan toko online naik tiga kali lipat tahun lalu, dari penjualan pemurni air berbentuk kaktus untuk kucing seharga lebih $100 dari Rp 1,4 juta.

“Itu dua kali lebih mahal daripada pemurni air biasa tapi kami menjual beberapa lusin setiap harinya,” kata Lee Da-woon yang membeli produk itu untuk dijual kembali secara online.

Layanan pemakaman hewan peliharaan juga semakin populer dan tempat Kang Sung-il sekarang memiliki lebih dari 10 layanan sehari, dibandingkan dengan 3-5 layanan saja saat dibuka dua tahun lalu.

Di Namyangju, tepat di luar Seoul, Lee Jae-hwan berjalan-jalan setiap harinya sambil membawa guci dengan abu dari anjingnya, Kkotgae. Hal itu merupakan rutinitas mereka yang dilanjutkannya, meski Kkotgae sudah tiada.

“Saya selalu mengenalkan Kkotgae sebagai satu-satunya putra saya, yang paling saya cintai di dunia,” kata Lee, 51 tahun, tersedu. Saat wawancara di kediamannya, tampak meja upacara dengan foto Kkotgae, beberapa makanan dan dupa pembakaran.

“Dia tidak pernah melihat laut. Saya berharap dapat mengunjunginya bersama.” [er/ft]

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kuliner

Resep Masakan Gulai Kambing Praktis Dan Mudah

Published

on

Resep Gulai Kambing Sederhana, Yuk Dicoba

GENCIL NEWS – Resep Masakan Gulai Kambing Praktis Dan Mudah. Siapa yang tidak mengenal makanan berkuah yang nikmat seperti gulai, Indonesia memiliki beragam makanan khas yang lekat dengan kebiasaan bersantap masyarakat Tanah Air; sebut saja nasi, sambal, kerupuk hingga minuman seperti teh atau kopi. Selain itu, makanan di negara kepulauan ini juga tak bisa lepas dengan sajian gulai nya.

Resep Masakan Gulai Kambing Praktis Dan Mudah. Gulai merupakan sajian berkuah santan khas Sumatera Barat. Gulai dapat dibuat dengan bahan utama berupa daging ayam, kambing, ikan dan beberapa jenis sayuran. Racikan bumbu tiap jenis gulai berbeda.

Resep bumbu gulai dibuat dengan campuran berbagai jenis rempah. Ada rempah segar seperti kunyit, jahe, serai, bawang merah, cabai merah dan bawang putih. Ada juga rempah kering seperti ketumbar, jintan, kayu manis, kapulaga, peka dan lainnya. Bumbu tersebut dihaluskan dan dimasak bersama santan. Berikut resep menarik gulai kambing sederhana yang bisa anda coba dirumah

Resep Masakan Gulai Kambing Praktis Dan Mudah

Bahan:

  • 500 gram daging kambing
  • 500 ml santan
  • 500 ml air
  • minyak sayur
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar dau kunyit, sobek-sobek
  • 1 batang serai, memarkan
  • 20 lembar daun kari
  • 2 buah asam kandis
  • 3 cm batang kayu manis
  • 3 buah kapulaga putih
  • 1 buah pekak
  • 5 butir cengkeh
  • 1 sdt merica butiran
  • 2 sdt garam
  • Bumbu halus:
  • 10 cabai merah keriting
  • 2 cabai merah besar
  • 5 siung bawang putih
  • 7 butir bawang merah
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • 2 butir kemiri sangria

Cara membuat:

1. Haluskan semua bahan bumbu halus.
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, tambahkan daun jeruk, daun kunyit, daun salam, serai, pekak, kayu manis, cengkeh. Aduk bumbu hingga beraroma harum.
3. Masukkan daging kambing dan aduk hingga kaku dan berubah warna.
4. Tambahkan air. Aduk rata dan masukkan daun kari dan asam kandis. Masak hingga mendidih dan daging hampir empuk.
5. Tuangkan santan sambil terus diaduk agar santan tidak pecah.
6. Masak denga api kecil hingga santan mengeluarkan minyak dan daging matang.
7. Angkat, sajikan hangat dengan taburan bawang goreng.

Penting untuk dipahami saat mengolah gulai kambing:

  • Untuk gulai kambing bisa dipakai daging paha dan iga kambing yang lebih gurih dengan sedikit lemak.
  • Jika memakai jeroan kambing, sebaiknya rebus dahulu jeroan kambing terpisah dari dagingnya hingga setengah matang. Setelah itu baru rebus bersama daging, bumbu dan santannya.
  •  Agar gulai tidak terlalu asam, setelah gulai matang angkat asam kandisnya.
Continue Reading

Wisata

Yuk Jelajahi Perjalanan Nan Romantis di Turki

Published

on

Emre melamar pacarnya, Mine Nur, di gerbong kereta “Eastern Express yang diterangi nyala lilin. Lamaran romantis itu berlangsung dalam perjalanan kereta yang menempuh jarak ribuan kilometer menyusuri bagian timur Turki, yang menurut Emre adalah awal sempurna untuk perjalanan kehidupan mereka.

GENCILNEWS –  “Kami senang jalan-jalan. Jadi, ini cocok untuk kami. Perjalanan ini semacam demo pendek dari kehidupan kami bersama untuk sepanjang masa,” kata Emre, yang memutuskan melamar Mine setelah berpacaran selama dua tahun.Mine Nur menerima lamaran Emre.

Hingga beberapa tahun lalu, memilih naik kereta selama 24 jam untuk menempuh perjalanan sejauh 1.365 kilometer (850 mil) daripada naik pesawat yang hanya membutuhkan waktu satu jam, dianggap tidak masuk akal. Meski harga kereta sangat murah, yaitu hanya 45 lira ($11).

Sinan Usta, mahasiswa berusia 24 tahun, menghias kamar tidurnya dengan lilin-lilin dan lampu-lampu pada saat Eastern Express melintas Provinsi Kayseri dari Ankara menuju Kars, Turki, 9 April 2018.

Namun keadaan berubah ketika sekelompok turis muda Turki memutuskan untuk tidak mengindahkan kecepatan dalam bepergian dan memilih untuk memesan tiket kereta dengan gerbong tempat tidur atau “sleeper.” Tentunya, mereka juga tidak lupa membagikan pengalaman di media sosial.

Sejak saat itu, kereta menjadi tempat untuk bersenang-senang, berpetualang, bersosialisasi dan mendapatkan pengalaman baru.

“Tentu saja tren ini menarik perhatian kami di Instagram. Beberapa unggahan mendorong kami untuk melakukan perjalanan ini,” kata Nurcan Guner, yang naik kereta itu bersama seorang teman baiknya. Guner mengenakan piyama dan kaus kaki seragam yang dipilih khusus untuk perjalanan kereta itu.

Permintaan Tinggi

Kereta Eastern Express berangkat dari Ibu Kota Ankara setiap hari menuju Kars, dekat perbatasan Armenia. Dalam perjalanannya, Eastern Express melewati provinsi-provinsi seperti Kayseri, Sivas, Erzincan dan Erzurum. Kereta akan tiba di Kars setelah menempuh perjalanan 24 jam dan 30 menit.

Busra Korkmaz (kiri), 20 tahun, Ozlem Ozderya (kanan), 20 tahun dan Berfin Abadan (kanan atas), 21 tahun, berbincang dalam perjalanan kereta Eastern Express melewati Provinsi Kayseri dalam rute dari Ankara ke Kars, Turki, 9 April 2018.

Selama perjalanan para penumpang kereta bisa menikmati pemandangan ladang-ladang pertanian, bukit-bukit dan hutan-hutan. Kereta juga melewati sungai-sungai yang meluap karena salju yang mencair di tengah matahari musim semi, serta melewati terowongan-terowongan panjang dan gelap menembus pegunungan.

Dengan pengalaman seperti ini, tak heran bila tiket cepat habis terjual hanya dalam sehari setelah reservasi dibuka, meski jumlah gerbong sudah ditambah dari 5 menjadi 11.

Selama 2017 saja, jumlah penumpang Eastern Express naik sebanyak 40 persen dari tahun 2016, menjadi 300 ribu orang.

Kereta Eastern Express dilengkapi dengan gerbong tempat duduk dan gerbong tempat tidur, toilet, kulkas mini dan meja.

Burcu Yilmaz, seorang teknisi medis berusia 37 tahun, memutuskan untuk naik kereta Eastern Express setelah melihat foto-foto di media sosial. Yilmaz sempat kesulitan mendapatkan tiket, tapi akhirnya bisa berangkat bersama ketiga temannya.

“Pengalaman paling mengesankan,” kata dia. “Perjalanan ini kesempatan berharga untuk bertemu orang-orang baru, untuk mengadakan pesta di gerbong-gerbong. Anda tidak bisa melakukan hal-hal ini bila melakukan perjalanan dengan cara lainnya.” [ft/au]

Continue Reading

Tips

Hindari 6 Hal Yang Bisa Merusak Kesehatan Rambut

Published

on

Hindari 6 Hal Yang Bisa Merusak Kesehatan Rambut

GENCIL NEWS – Hindari beberapa hal yang bisa merusak kesehatan rambut anda, untuk menjaga kesehatan rambut sesungguhnya lebih dari sekadar menggunakan sampo dan kondisioner belaka.

Perawatan rambut perlu dilakukan secara keseluruhan. Sangat penting untuk membersihkan rambut atau melakukan berbagai treatment demi menjaga kesehatannya.

Supaya terhindar dari akar yang rapuh dan rambut yang bercabang, menjaga kesehatan rambut juga termasuk gaya hidup yang tepat.

Salah satu waktu yang sebenarnya sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut namun kerap dikesampingkan adalah pada malam hari.

  • Jangan Mengikat Rambut ketika Tidur

Ikatan rambut terutama yang tak diubah mulai sebelumnya hingga saat tidur bisa berdampak buruk. Hal ini terutama ketika ikatan rambut tersebut sangat kencang. Apalagi jika mengikat rambut saat tidur menggunakan karet. Ini bisa menyebabkan munculnya masalah pada rambut seperti rontok dan berbau.

  • Menggunakan Hairspray saat Tidur

Ketika kamu menggunakan banyak hairspray, rambut bisa menjadi kering. Jika hal ini tidak dibersihkanmaka bisa muncul dampak buruk pada rambut seperti rambut kaku dan mudah rontok karena efek dari spray yang berisi bahan campuran kimiawi untuk rambut.

  • Tidur dengan Rambut Basah

Ketika sedang basah, rambut berada dalam kondisi paling lemah. Oleh karena itu hindari tidur ketika rambut basah karena bisa menyebabkannya menjadi rusak dan bercabang. Gesekan dengan kain pada saat anda tidur ketika rambut basah bisa membuat kutikula menjadi kasar sehingga rambut menjadi kering dan keriting,

  • Coba-coba produk

 Pendasaran dengan beberapa produk akan membuat kita tergiur untuk mengaplikasi kan nya kepada rambut, namun ingat terutama produk luar negeri seperti shampo untuk rambut pirang. Perhatikan kembali kebutuhan untuk rambut anda. Apakah produk kecantikan tersebut tidak dirancang sesuai dengan iklim dan warna alami rambut kita.

  • Malas menggunting ujung rambut

Ujung rambut cenderung bercabang, dan membuat rambut hitam kita menjadi kusam dan menjadi merah. Usahakan untuk pergi ke salon langganan anda 3 hingga 6 bulan sekali untuk menggunting ujung rambut.

  • Terlalu Sering Terpapar Panas

Terlalu sering terkena panas  seperti hair dryer, alat pelurus rambut, pengeriting rambut, bahkan sinar matahari bisa membuat rambut anda mudah kusam dan kering, usahakan gunakan pelembab sebelum berpergian dan gunakan serum setelah anda mencuci rambut.

Continue Reading

TRENDING