Connect with us

Gaya Hidup

Gangguan Kesehatan Langka, Tak Bisa Kenali Wajah Sendiri

Published

on

Kalau kita bertemu Dacia Reid di jalan, kita mungkin tidak menduga bahwa ia menderita kerusakan otak ketika anak-anak.

Tetapi kita mungkin menyadari ada sesuatu yang tidak beres pada Dacia Reid ketika bertemu untuk kedua kalinya dan ia sama sekali tidak mengenali kita. Pakar ilmu syaraf kognitif di Dartmouth College, Brad Duchaine, mengatakan, “Bagian otak yang bisa mengenali wajah terdapat pada belahan otak sebelah kanan.”

Meskipun pada umumnya sudah pulih dari kerusakan otak yang dideritanya ketika masih anak-anak, Reid kini menderita proso-pagnosia atau “face blindness.”

Dengan dukungan Yayasan Sains Nasional, psikolog Brad Duchaine dan rekan-rekannya di Dartmouth College mempelajari bagaimana orang mengenali dan memproses wajah.

“Minat utama saya adalah memahami cara kerja otak yang normal, dan kami menggunakan otak yang telah mengalami kerusakan untuk membuat kesimpulan tentang cara kerja otak itu,” jelasnya.

Meskipun prosopagnosia pertama kali diketahui 150 tahun lalu, penyakit ini masih langka dan belum sepenuhnya dipahami dengan baik. Duchaine telah mengumpulkan 20 orang yang memiliki gangguan ini untuk menciptakan sebuah database atau arsip, dengan hasil dari serangkaian tes.

Mereka juga menguji aspek-aspek persepsi dan ingatan atas obyek-obyek lain.

“Bayangkan kami menemukan seseorang yang menderita kerusakan otak dan mereka tidak dapat mengenali wajahorang, tetapi masih dapat mengenali mobil di tempat parkir, pemandangan, lokasi dan hal-hal seperti itu. Ini menunjukkan bahwa pengenalan wajah diproses oleh mekanisme yang berbeda di dalam otak,” ujarnya.

Para peneliti ini melihat struktur otak menggunakan MRI dan menguji aktivitas otak dengan menggunakan MRI ketika pasien melihat wajah atau pemandangan. Salah seorang peneliti lain di Dartmouth College, Marie-Luise Kieseler mengatakan, “Ada bagian-bagian otak yang hilang atau rusak, dan kami dapat melihatnya dari pemindaian MRI. Jadi jika bagian-bagian itu tidak ada, otak tidak dapat memproses informasi apapun. Jadi kami dapat membuat kesimpulan tentang bagian apa yang hilang itu.”

“Kami berharap dengan mengembangkan dan memahami cara pemrosesan wajah itu, akan memberi kita model untuk memahami cara kerja bagian-bagian otak lainnya,” tambah Duchaine.

Duchaine mengatakan penelitian dasar tentang “face blindness” ini tidak akan secara langsung mendorong perawatan apapun, tetapi Reid tetap ingin berpartisipasi.

Dengan bantuan Reid, para peneliti dapat memahami dengan lebih baik bagaimana kita mengenali dunia dan orang-orang di sekitar kita. [em/ii]

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kuliner

Hidangan Terkenal Manis Dari Turki Si-kunafe

Published

on

Hidangan terkenal manis dari turki si-kunafe

Resep tradisional untuk künefe diyakini berasal dari kota Hatay, meskipun banyak kota di wilayah tersebut mengklaim untuk menciptakannya.

Kota-kota penting di tenggara seperti Mersin, Adana, Gaziantep, Kilis, Şanlıurfa, Diyarbakır, dan Mardin semuanya memiliki variasi makanan penutup mereka sendiri.

Ini juga populer di bagian lain dunia Arab, seperti Levant, Mesir, Kaukasus, dan Yunani.

Berasal dari bagian tenggara Turki yang berbatasan dengan laut Mediterania, künefe mewakili masakan regional Turki dengan sangat baik.

Bahkan, kebab Turki terbaik juga datang dari daerah negara ini. Bukan kebetulan bahwa künefe hanya ditemukan di restoran yang menjual kebab.

Juga dikenal sebagai kanafeh, di Palestina banyak yang mengklaim dengan mengatakan makanan ini bahwa  sebenarnya berasal dari Nabulus, karena penggunaan keju air garam putih yang disebut Nabulsi.

Orang Turki sendiri menyebut bahan ini dengan sebutan Taze Kadayi. Cara membuatnya pun semudah menyantapnya. bisa dimasak di kompor atau di panggang didalam oven.

Keju mozarella yang lumer begitu sampai di mulut penyantapnya menjadi sempurna dengan disusulnya rasa manis dari gula yang biasanya disiram diatas kue ini setelah matang.

Ada juga yang membuat kue ini dengan menaburi kacang-kacangan yang sudah dihaluskan terlebih dahulu diatasnya. Namun, tanpa kehadiran kacang inipun si kunafa ini sudah sangat menggugah selera. Apalagi jika dihidangkan dalam keadaan fresh from the oven.

Künefe sendiri adalah hidangan penutup diisi keju renyah yang dibuat dengan kadayıf (kah-dah-YUF ‘), yang merupakan makanan penutup gandum tradisional dengan isian pistachio.

Künefe disajikan panas dari oven sehingga keju lunak dan berserat. Jika anda ingin mencoba ber ekspresi membuat dan melakukan olahan kunefe silahkan dicoba dirumah untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Continue Reading

Gaya Hidup

Tips Kecantikan Sederhana Untuk Setiap Wanita

Published

on

Kecantikan Sederhana

Tips Kecantikan Sederhana Untuk Setiap Wanita-Setiap orang menyukai keindahan, khususnya para wanita. menjaga penampilan dan kebersihan serta kesehatan pada tubuh adalah hal yang utama. Kini banyak sekali produk yang bisa digunakan untuk mempercantik diri.

Berikut beberapa tips kecantikan yang akan membuat anda lebih bersinar dan kulit anda lebih terjaga juga sehat dengan cara cara dan produk sederhana

1) Gunakan teh hijau untuk kecantikan

Pernahkah anda meminum atau mengkonsumsi the hijau? Selain menjadi minuman detoks yang ajaib, teh hijau juga bisa menjadi keajaiban bagi kulit anda. Kantong teh hijau membantu mengurangi pembengkakan dan pengerasan kulit. Ketika ditempatkan di atas mata tertutup, kantong teh yang didinginkan dapat bertindak luar biasa dalam menghilangkan lingkaran hitam di area mata

2) Minyak almond manis untuk menghilangkan lipstik

Saat anda bekerja anda akan menggunakan lipstick dan lipstick Lipstik yang tahan lama adalah kebahagiaan untuk hari yang panjang, setelah seharian menggunakan lipstick tahan lama maka untuk menghilangkannya bisa dengan mengoleskan sedikit minyak almond manis ke atas bola kapas dan mengoleskannya ke bibir Anda. Super murah jika dibandingkan dengan penghapus make up yang mahal.

3) Gunakan produk bebas alkohol

Saat membeli pembersih makeup, perhatikan kadar pembersihnya terutama ketika Anda memiliki kulit berminyak atau kering pastikan Anda menggunakan produk yang bebas alcohol, karena jika tinggi alcohol akan cenderung mengiritasi kulit atau menyumbat pori-pori Anda.

4) Pijat rambut kelapa sebelum dicuci

Rambut adalah salah satu bagian tubuh wanita yang paling menarik, perawatan rambut Anda menjadi sangat penting. Gunakan dan pijat rambut anda dengan minyak kelapa sepuluh menit sebelum keramas ini bisa membuat rambut anda lebih berkilau

belakang telinga Anda dan biarkan selama 24 jam untuk memeriksa apakah kulit Anda alergi terhadap produk itu. Bagaimanapun, pencegahan lebih baik daripada mengobati.

5) Jaga kelembababan kulit anda dengan air putih

Memiliki kulit yang sempurna adalah cita-cita setiap wanita, Untuk menghidrasi tubuh Anda dari dalam ke luar sangat diperlukan. Jangan lupa minum air putih sesuai kebutuhan atau setidaknya delapan gelas air putih setiap hari nya untuk menjaga kelembaban pada kulit anda.

Continue Reading

Tips

Studytubers Trend Unik Menghasilkan Uang dari Youtube

Published

on

Studytubers

Studytubers Trend Unik Menghasilkan Uang dari Youtube-Remaja di Inggris memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan uang dengan cara yang unik, yaitu membuat video tentang mereka sendiri saat belajar. Tidak saja menghasilkan pendapatan, mereka kini dianggap sebagai selebritas media sosial.

Jade Bowler, Ruby Granger, Jack Edwards dan Eve Cornwell termasuk remaja yang sukses sebagai seorang studytubers. Aksi mereka saat belajar disaksikan jutaan kali lewat YouTube oleh pengikutnya.

Lewat video tersebut, mereka membagikan tips tentang mengerjakan PR dan produktivitas belajar bagi sesama remaja yang mengalami situasi yang sama.

Seperti halnya seorang pesohor, masing-masing mereka juga memiliki seorang manajer.

Jade Bowler, yang menggunakan nama “Unjaded Jade” dalam YouTube, memiliki 360 ribu pengikut. Ia membuat video Study With Me yang memperlihatkan dia belajar selama dua jam penuh. Sejak tahun 2017, Bowler telah membuat ratusan video yang memberikan tips proses belajar.

Sedangkan Ruby Granger membuat video yang memperlihatkan ia sedang belajar matematika, mengerjakan tugas kimia, memperbaiki tugas Bahasa Inggris dan mengerjakan karangan Filsafat, semuanya sebelum sarapan.

You Tube. (Foto: Reuters)
You Tube. (Foto: Reuters)

Izzy Siddall, 16 tahun, mengatakan, menonton Studytube membantunya dalam melewati masa ujian dan tidak merasa sendirian.

“Saya baru saja menyelesaikan GCSE saya. Jadi menonton video revisi ini sangat membantu saya dan mengurangi rasa kesendirian saya,” kata Izzy.

Sementara Emily Hilson, 19 tahun, mengatakan, ia seolah-olah seperti mengenal mereka dan ingin tahu apakah mereka dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

“Anda merasa seperti mengenal mereka. Anda ingin mengikuti mereka dan melihat apakah mereka mencapai tujuan mereka,” kata Emilu.

Menurut sebuah studi baru yang dilakukan National Citizen Service atau NCS, 29 persen remaja mengakui studytubers memberi dukungan sosial bagi murid-murid yang merasa kesepian.

Sedangkan bagi sebagian orang tua, mereka merasa kuatir bahwa remaja mereka menghabiskan banyak waktu menonton YouTube dibandingkan tayangan TV. Video-video itu mungkin digunakan sebagai alasan untuk tidak belajar 

Continue Reading

Kumpulan Resep Masakan Enak

TRENDING