Bisakah Pusat Kebugaran Bertahan dengan Kelas Online Saja?
Connect with us

Hidup Sehat

Bisakah Pusat Kebugaran Bertahan dengan Kelas Online Saja?

Published

on

Gencil News – VOA – Sejak Maret banyak warga AS memborong peralatan kebugaran untuk berolahraga di rumah.

Tapi dengan pelonggaran PSBB banyak yang kembali ke tempat fitness, meski sebagian tetap berolahraga online.

Bila kasus COVID kembali meningkat, maka pusat kebugaran kembali terancam tutup di berbagai kota.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hidup Sehat

Sakit Perut Dan Mual Dapat Anda Atasi Dengan Bahan Berikut

Published

on

By

Sakit Perut Dan Mual Dapat Anda Atasi Dengan Bahan Berikut
Ilustrasi : Atasi Sakit Perut dan Mual

Gencil News – Apapun alasannya, sakit perut tetap menyebalkan. Untuk melawan sakit perut itu, ada beberapa makanan yang harus selalu anda sediakan di rumah.

Melansir dari Byrdie, ahli gizi bersertifikat dari The Weight Loss Therapist, Dana James, dan ahli gastroenterologi Dr. Niket Sonpal memberikan beberapa rekomendasi makanan, di antaranya: 

1. Jahe

Jahe telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok selama lebih dari 2000 tahun. Ramuan ini dapat membantu merangsang kontraksi perut yang dapat meredakan gejala gas dan kembung.

Selain itu juga dapat membantu meredakan mual dan sakit perut dengan mengatur sinyal sistem saraf terkait. Jahe efektif untuk mengatasi mual/muntah.

2. Kunyit

Kunyit tidak hanya baik untuk kulit, tetapi juga dapat membantu menenangkan sakit perut. Rempah ini bertindak sebagai anti-inflamasi yang kuat yang dapat membantu menenangkan lapisan perut Anda.

3. Susu Emas (Golden Milk)

Susu emas, salah satu pilihan unggulan James lainnya, menggabungkan dua bahan penenang perut seperti jahe dan kunyit menjadi satu bentuk yang lezat. Minuman tersebut dapat bermanfaat bagi sakit perut dengan mengatasi peradangan dan perut yang mengandung gas.

4. Pisang

Pisang, terutama pisang hijau, memiliki kandungan serat yang tinggi, khususnya yang terkenal dengan sebutan pati resisten. Jenis pati ini tidak dapat dicerna, sehingga bergerak ke usus besar dan memberi sinyal pada usus untuk menyerap lebih banyak air. Ini menghasilkan efek anti diare.

Jika Anda mengalami masalah perut, salah satu pilihannya adalah makan yogurt tanpa rasa. Yogurt polos mengandung kultur bakteri hidup dan aktif, yang dapat membantu mengatasi sembelit dan diare. Yogurt tanpa rasa adalah yang terbaik karena gula dan pemanis buatan dalam yogurt terkadang dapat menyebabkan gas dan gejala gangguan pencernaan lainnya.

Itulah 5 makanan yang bisa Anda sediakan di rumah untuk mengantisipasi sakit perut

Continue Reading

Hidup Sehat

Bisa Jadi Sarang Bakteri Berikut 5 Tips Membersihkan Mesin Cuci

Published

on

Bisa Jadi Sarang Bakteri Berikut 5 Tips Membersihkan Mesin Cuci

Salah satu barang di rumah yang kerap terlewat untuk dibersihkan adalah mesin cuci. Menjaga kebersihan mesin cuci bukan hanya berdampak pada kenyamanan saat penggunaan.

Tapi juga mencegah dari timbulnya bakteri berbahaya seperti E.Coli dan Salmonela yang dapat muncul jika perangkat tidak terjaga higenitasnya.

Kepedulian pada kebersihan di tengah masyarakat masih sebatas pada menjaga higenitas diri. Padahal penting juga untuk kita menjaga kebersihan barang-barang yang ada di sekitar rumah. 

Selain itu, merawat mesin cuci dengan baik, juga berpengaruh pada daya tahan dan kinerja perangkat secara keseluruhan. Tentunya, kita ingin meminimalisir berbagai kerusakan yang mungkin terjadi, apalagi di tengah pembatasan sosial yang membuat kita perlu lebih berhati-hati agar mengurangi kontak dengan orang dari luar.

Karena penting diingat, jika mesin cuci yang digunakan dirawat dengan baik, pakaian yang dicuci pun pastinya akan lebih terjaga kebersihannya, mesin cuci sebaiknya dilakukan minimal 2x dalam sebulan setelah mesin cuci digunakan dengan kapasitas maksimum.

Berikut tips bagaimana cara merawat mesin cuci secara mandiri dirumah :

  • Bersihkan karet pada bagian pintu mesin cuci

Karet pada bagian pintu mesin cuci juga harus rutin dilap atau dikeringkan setelah pemakaian. Jika tidak dibersihkan, area ini sangat rentan muncul jamur dan menyebabkan bau tidak sedap. Selain itu bersihkan juga bagian luar mesin cuci. Bagian luar mesin cuci pun harus rajin dibersihkan agar tidak kotor dan berdebu. Perhatikan juga kain yang digunakan. Hindari penggunaan kain basah karena dapat membuat mesin cuci korslet.

  • Cuci tabung bagian dalam mesin cuci

Setelah mencuci berbagai jenis pakaian kotor, tak jarang virus dan bakteri justru tertinggal di tabung mesin cuci. Karenanya, kebersihan bagian tabung mesin cuci perlu diperhatikan dengan seksama. Umumnya mesin cuci memiliki fitur membersihkan tabung yang bisa Anda pilih. Jalankan fitur ini dalam keadaan mesin cuci kosong tanpa pakaian kotor. Tambahkan sabun khusus pencuci tabung mesin cuci yang ada di pasaran. Lakukan secara teratur. 

  • Bersihkan laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur

Sisa-sisa detergen kerap tertinggal di laci penyimpanan. Sedangkan bagian filter, acap kali tersumbat oleh serat kain yang menempel. Jika dibiarkan, bakteri dapat berkembang biak dan kinerja mesin cuci juga ikut terhambat. Untuk membersihkan bagian ini, lepaskan laci tempat penyimpanan detergen dan filter mesin cuci, kemudian sikat dengan menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa detergen dan serat kain, lalu bilas dan keringkan.

  • Pastikan pembuangan air tidak tersumbat

Menjaga pembuangan air tidak tersumbat berarti membantu mesin cuci agar dapat bekerja secara optimal. Bagi pemilik hewan peliharaan, kadang bulu bulu hewan menempel pada pakaian dan tertinggal di tabung mesin cuci. Bulu hewan peliharaan dapat membuat saluran pembuangan mesin cuci tersumbat dan dapat menghambat kinerja mesin cuci.

  • Pastikan pembuangan air tidak tersumbat

Menjaga pembuangan air tidak tersumbat, berarti membantu mesin cuci agar dapat bekerja secara optimal. Bagi pemilik hewan peliharaan, kadang bulu bulu hewan menempel pada pakaian dan tertinggal di tabung mesin cuci. Bulu hewan peliharaan dapat membuat saluran pembuangan mesin cuci tersumbat dan dapat menghambat kinerja mesin cuci. Bersihkan bagian mesin cuci ini setidaknya tiga bulan sekali. 

Continue Reading

Headline

Tanaman Indah Pengusir Nyamuk Untuk Rumah Anda

Published

on

Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya. Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga.

 Dengan menggunakan tanaman tertentu, kamu bisa melawan nyamuk bahkan mengusirnya dari rumah.

Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk.

  1. Lavender dikenal juga sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini mengandung linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini mampu mengusir keberadaan nyamuk. lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Selain baunya yang nggak disukai nyamuk, kamu juga bisa menggosok langsung tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu.
  2. Geranium Salah satu tanaman gantung terbaik, Geranium, juga dikenal dengan nama tapak dara. Jenis tanaman pengusir nyamuk ini memiliki tinggi 20-60 cm dan mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara stek tanaman batang. Kamu hanya perlu memotong batangnya, lalu menanamnya di tanah. Tanaman pengusir nyamuk ini mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Bau ini juga tidak disukai nyamuk sehingga bunga hias gantung ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.
  3. Serai Wangi tanaman pengusir nyamuk ini terkenal sebagai bahan memasak dan bahan minuman. Serai wangi pun juga bisa mengusir nyamuk. Serai wangi bisa tumbuh di segala iklim dan jenis tanah. Tanaman pengusir nyamuk yang berbentuk seperti rumput liar ini memiliki zat geraniol yang bisa mengusir nyamuk dan sitronnellol yang bisa membunuhnya. Nggak heran, serai wangi sering menjadi bahan dasar lotion nyamuk dan aroma terapi.
  4. Selasih Selain bijinya yang dimanfaatkan untuk minuman, bagian daun selasih juga memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk daun selasih ini mengandung senyawa eugenol, linaloo, dan geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa kamu tanam di dalam ruangan sehingga nyamuk yang ada di dalam rumahmu akan pergi dengan sendirinya. Cobalah letakkan di dekat jendela, pintu rumah, atau di ruang tamu yang sekaligus menjadi penghias ruangan.
  5. Zodia merupakan tumbuhan asli Indonesia asal Papua. Di dalamnya terdapat zat evodia dan rutaecarpine yang jika disuling menghasilkan minyak dengan kandungan linalool sebesar 46% dan apinene 13,26%. Zat-zat tersebutlah yang ampuh untuk menghalau nyamuk. Tanaman ini juga mengeluarkan aroma yang dibenci nyamuk. Agar semakin efektif, letakkanlah tumbuhan di area yang mudah terkena angin. Namun, jangan menempatkan Zodia di ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk karena aromanya dapat membuat orang merasa pusing.

Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda?! Silahkan anda pilih dengan cermat

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING