Social Distancing, Tetap Bugar Dengan Olahraga Online
Connect with us

Hidup Sehat

Social Distancing, Tetap Bugar Dengan Olahraga Online

Published

on

Mengikuti kebijakan pembatasan sosial yang diserukan pemerintah, warga Indonesia kini memilih untuk berolahraga di rumah lewat kelas-kelas online. Kalau kamu suka enggak mengikuti kelas olahraga lewat online?

Pembatasan sosial di tengah perebakan virus corona alias COVID-19 yang diserukan oleh pemerintah di berbagai negara, termasuk Indonesia dan Amerika, berdampak pula kepada sektor olahraga dan kebugaran.

Banyak sasana olahraga dan tempat kebugaran yang sepi, atau bahkan tutup karena mengikuti kebijakan pemerintah.

Meski tutup, sebagian studio kebugaran seperti Sana Studio di Jakarta mulai bereksperimen dengan hadirkan kelas olahraga online berbayar.

Pusat kebugaran yang telah berdiri sejak delapan tahun lalu ini menawarkan tiga kelas online perharinya.

Yang bisa diikuti melalui tautan khusus dengan membayar 50 ribu rupiah persesinya.

Olahraga dipimpin oleh satu orang instruktur yang akan memandu olahraga melalui metode video call di aplikasi Zoom.

“Surprisingly energi tetap bisa didapat melalui komen-komen yang dishare sama yang ikut. Tapi pasti ada glitch, pemirsanya pasti kayak ‘gambarnya suka kok berhenti? Kok putus-putus?” ujar Laila Munaf salah satu pendiri Sana Studio

Laila memilih menutup sementara studionya lantaran khawatir terhadap angka kasus Covid-19 di Jakarta yang terus bertambah.

Terinspirasi dari metode kelas olahraga online yang sudah cukup marak di mancanegara, Laila dan timnya sepakat uji coba perdana metode tersebut di tengah anjuran gerakan #dirumahaja.

Meski dengan resiko koneksi yang tidak sempurna, namun kelas ini tetap diminati penggemar olahraga. Dari pantauan VOA Indonesia, kelas core training online Sana Studio Selasa pagi diikuti sekitar 20 peserta.

Meski kadang terkendala audio yang tidak selalu jelas, namun peserta kelas nampak antusias mengikuti instruksi dari instrukturnya. Interaksi pun tetap bisa dilakukan melalui kolom komentar.

Fitri, 29 tahun, seorang karyawan perusahaan e-commerce yang kini harus bekerja dari rumah menjadi salah satu yang berlangganan mengikuti kelas-kelas olahraga onlinesemacam ini.

Ia rela membayar 50 ribu rupiah untuk mengikuti kelas onlinemeski banyak tutorial kelas yang bisa ditemukan gratis secara offline di internet. Baginya interaksi online dari instruktur memberi motivasi tersendiri.

“Soalnya emang aku ikut kelas itu lebih senang karena bisa bareng-bareng. Kalau sendiri itu awkward aja gitu,” kata ibu muda satu anak ini.

Gaya hidup aktif perempuan metropolitan seperti Fitri mendorong menjamurnya bisnis pusat kebugaran di ibu kota. Kelas-kelas olahraga seperti Sana Studio yang mematok harga 100 ribu hingga 160 ribu persesinya, biasanya ramai dikunjungi ratusan peserta setiap harinya.

Tidak heran di tengah ramainya isu Covid-19 dan kerja dari rumah, dengan segala kekurangannya opsi online workout tetap memiliki segmen pasarnya tersendiri.


Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hidup Sehat

6 Buah Ini Dijuluki Superfood Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

Published

on

6 Buah Ini Dijuluki Superfood Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

GENCIL NEWS – Mengonsumsi makanan olahan, makanan tinggi gula dan lemak serta makanan tanpa kandungan serat dapat menyebabkan kulit kusam bersamaan dengan munculnya masalah kulit lainnya seperti kulit kering, jerawat, penuaan dini, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, sangat penting memilih makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kesehatan kulit gencilers, berikut kami terlah merangkum 7 makanan yang bernutrisi untuk kebutuhan kulit anda.

  • Green Tea

Menurut jurnal yang dipublikasikan pada tahun 2001 dan 2003, selain katekin, green tea juga mengandung antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari.

Green tea atau teh hijau dipercaya mampu membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan dan penuaan. Ini berkat kandungan senyawa kuat yang ditemukan dalam teh hijau yang disebut katekin. Senyawa kuat ini berfungsi untuk meningkatkan kesehatan kulit Anda.

Namun perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari green tea, hindari minum teh hijau dicampur dengan susu, karena bukti menunjukan bahwa susu dapat mengurangi efek antioksidan dari teh hijau.

  • Tomat

Tak kalah dengan superfood sebelumya, tomat juga merupakan salah satu makanan super yang dipercaya baik untuk menjaga kesehatan kulit,  diketahui bahwa tomat merupakan sumber vitamin C dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk likopen. Beta karoten, lutein, dan likopen telah terbukti melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, serta dapat membantu mencegah kerutan.

  • Pomegranate (Buah Delima)

Buah delima juga mengandung senyawa lainnya, termasuk tanin, ellagitannin, dan anthocyanin. Semua kandungan tersebut bekerja sama untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan membantu mengurangi timbulnya bintik-bintik penuaan dan kerutan.

  • Kiwi

Menurut penelitian yang dilakukan para peneliti di Universitas Leicester dan Institute for Molecular and Cellular Biology menemukan bahwa, kiwi mengandung antioksidan, termasuk vitamin C dan vitamin E, yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab berbagai masalah kulit, termasuk munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput.

  • Buah Beri

Buah beri, termasuk raspberry, blueberry, dan stroberi merupakan buah yang baik untuk kesehatan kulit. Beri mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari. Selain itu, buah beri juga dapat membantu mengurangi kemerahan bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, serta dapat merangsang produksi kolagen yang menjaga kulit Anda tetap halus dan kenyal.

  • Buah Alpukat

Sebagaimana diketahui, buah alpukat merupakan salah satu superfood yang diperkaya dengan lemak sehat. Berdasarkan jurnal yang dipublikasikan pada National Library of Medicine, lemak sehat yang terkandung di dalam alpukat bermanfaat bagi banyak fungsi dalam tubuh Anda, termasuk kesehatan kulit Anda.

Menurut sebuah studi di Jepang yang melibatkan lebih dari 700 wanita menemukan bahwa, asupan tinggi lemak total, khususnya jenis lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat, dikaitkan dengan kulit yang lebih kenyal. Selain mengandung lemak sehat, alpukat juga mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari penyebab munculnya keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Tak berhenti sampai disitu saja, alpukat juga mengandung vitamin E, yakni salah satu antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif.

Continue Reading

Hidup Sehat

Tambah Tinggi Badan Dengan Makanan Merangsang Hormon

Published

on

By

Tambah Tinggi Badan Dengan Makanan Merangsang Hormon

Gencil News – Tinggi badan seseorang adalah hal yang tidak dapat dimodifikasi. Genetika memang menentukan 80 persen tinggi badan seseorang. Jika kedua orang tuanya tinggi, kemungkinan besar anak tersebut juga tumbuh tinggi.

Anak-anak cenderung tumbuh cepat dan memiliki tingkat pertumbuhan yang sedikit meningkat antara 6-8 tahun. Sekitar 25 persen pertumbuhan tinggi terjadi selama masa pubertas.

Namun, sesuai penelitian, faktor lingkungan seperti nutrisi dan gaya hidup juga dapat memengaruhi tinggi badan seseorang selama masa pertumbuhan.

Oleh karena itu, perlu sekali untuk anak-anak mengonsumsi makanan yang tidak hanya merangsang produksi hormon pertumbuhan tetapi juga membantu pertumbuhan tulang.

1. Telur

Telur adalah sumber protein, riboflavin, biotin, dan zat besi yang luar biasa. Protein membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak malnutrisi yang diberi makan dengan diet protein tinggi selama suatu periode tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang diberi makan dengan protein standar.

Putih telur adalah sumber protein terkonsentrasi. Pastikan untuk memasukkan telur hampir setiap hari ke dalam makanan anak Anda. Makan telur dadar yang enak atau telur rebus untuk sarapan adalah cara yang bagus untuk memulai hari mereka dan memastikan mereka mendapatkan protein. Namun, periksa gejala alergi menggunakan aturan percobaan 3-7 hari.

2. Susu dan produk olahannya

Susu mengandung kalsium dan protein, yang membantu pertumbuhan tulang. Produk susu seperti keju, yogurt, dan keju kaya akan kalsium dan vitamin yang penting untuk mineralisasi tulang pada anak-anak. Ajak anak Anda minum susu setiap hari atau buatlah hidangan yang berisi kebaikan susu.

3. Ayam

Daging unggas merupakan sumber protein yang baik, bersama dengan vitamin B, terutama thiamin, Vitamin B6, dan asam pantotenat. Studi tentang pertumbuhan fisik anak usia dini yang tergabung dalam kelompok berpenghasilan rendah menunjukkan bahwa protein hewani yang berkualitas baik diperlukan untuk mempercepat tumbuh kembang. Anda dapat mencoba berbagai resep yang menyertakan ayam untuk meningkatkan asupan protein anak Anda.

4. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau tidak hanya memberi anak Anda kekuatan tetapi juga menyediakan kalsium dalam jumlah yang baik. Kalsium dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan brokoli, dapat menyeimbangkan resorpsi tulang (penguraian jaringan di tulang untuk melepaskan mineral) dan deposisi (pembentukan jaringan di tulang dengan pengendapan mineral), yang bervariasi sesuai dengan usia. Pada anak-anak dan remaja, pembentukan tulang lebih dari sekadar resorpsi, yang mendukung pertumbuhan tulang.

5. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Menambahkan wortel mentah ke dalam makanan membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien, yang memengaruhi resorpsi tulang dan membuatnya tetap sehat.

Continue Reading

Hidup Sehat

Waspada Osteoporosis Pada Usia Muda

Published

on

Usia Muda dan Osteoporosis

Gencil News- Waspada Osteoporosis Pada Usia Muda. Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang secara keseluruhan. Hal ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh mengatur kandungan mineral dalam tulang dan disertai rusaknya bagian dalam tulang.

Waspada Osteoporosis Pada Usia Muda. Tulang pun menjadi keropos dan rentan mengalami patah tulang atau bisa juga terjadi saat tulang kehilangan kepadatannya sehingga tulang mudah keropos dan rapuh. Masalah ini tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, terlebih jika Anda masih muda yang merupakan usia produktif untuk bekerja.

Waspada Osteoporosis Pada Usia Muda:

1. Amenorea

Kondisi ini terjadi pada wanita, di mana wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang lama. Amenorea menyebabkan kadar hormon estrogen wanita menurun sehingga menyebabkan osteoporosis.

Biasanya wanita yang mengalami amenorea adalah yang mempunyai tubuh kurus dan melakukan olahraga berlebihan, seperti atlet wanita pada cabang olahraga senam dan balet. Selain itu, wanita yang sangat membatasi asupan makannya juga berisiko mengalami amenorea.

2. Asupan kalsium rendah

Seperti yang telah anda ketahui, kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Mineral ini menyusun dan memperkuat tulang Anda. Sehingga, asupan kalsium yang rendah dapat membuat tulang mudah keropos dan rapuh.

Sayangnya, masih banyak orang yang kekurangan asupan kalsium karena pola makan yang buruk. Tidak suka konsumsi sayur dan ikan, serta tidak suka minum susu. Padahal, sayuran tertentu dan beberapa ikan juga merupakan sumber kalsium yang baik selain susu.

3. Penyakit yang berhubungan dengan hormon

banyak hormon dalam tubuh ternyata berpengaruh pada proses pembentukan dan penghancuran tulang. Sehingga, adanya gangguan pada hormon tertentu dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Beberapa kondisi yang berhubungan dengan hormon dapat memicu terjadinya osteoporosis adalah: Hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif), Hiperparatiroidisme (kelenjar paratiroid terlalu aktif), Gangguan pada kelenjar adrenal, seperti Cushing’s syndrome Menurunnya jumlah hormon seks (estrogen dan testosteron) dan gangguan pada kelenjar hipofisis (pituitari)

Continue Reading

Hidup Sehat

Berikut 5 Cara Menyimpan Daging Ayam Agar Tahan Lama

Published

on

Berikut 5 Cara Menyimpan Daging Ayam Agar Tahan Lama

Cara Menyimpan daging ayam yang dilakukan secara tidak benar menjadi salah satu penyebab timbulnya bakteri jahat yang menyebabkan daging ayam cepat menjadi busuk.

Daging ayam menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera.

Daging ayam juga menjadi salah satu daging yang digemari oleh semua orang, Jenis daging putih yang kaya akan kandungan nutrisi ini menjadi idola karena selain proses mengolahnya yang sangat mudah, daging ayam juga bisa dikreasikan menjadi olahan makanan yang sangat bervariasi.

Tentu hal ini menjadi salah satu masalah bagi kamu yang gemar menyimpan daging ayam sebagai stok bahan makanan. 

Agar daging ayam tidak cepat busuk dan terjaga kesegarannya, maka anda bisa melakukan 5 cara ini:

1. Jangan Dicuci Dahulu

Daging ayam yang baru dibeli tidak perlu dicuci terlebih dahulu. Anda bisa mencucinya ketika ingin mengolah daging ayam tersebut.

Namun, jika anda ingin mengolahnya di ke esokan hari maka andabisa memotong ayam terlebih dahulu sesuai dengan keinginanmu dan kemudian dilanjutkan dengan langsung memasukannya ke dalam freezer tanpa perlu dicuci.

2. Simpan dalam freezer

Cara utama yang bisa digunakan agar daging ayam tak cepat busuk ialah dengan meletakannya di bagian freezer kulkas. Dengan meletakkan di bagian ini, maka daging ayam akan bertahan bahkan hingga satu tahun lamanya. hal ini bisa terjadi karena suhu minus pada freezer mampu mencegah munculnya bakteri jahat yang membuat daging ayam menjadi cepat busuk.

3.    Memotong daging ayam

Memotong daging ayam sebelum disimpan membuat masa penyimpannya menjadi lebih pendek. Jika ayam utuh yang langsung dimasukkan ke dalam freezer mampu bertahan hingga satu tahun, maka ayam potong ini hanya mampu bertahan selama 9 bulan. 

Ayam yang dipotong mendapatkan banyak sentuhan ketika proses pemotongannya. Sentuhan ini yang diduga menjadi perantara antara bakteri ataupun kotoran yang menempel dan hinggap di daging ayam sehingga daging ayam menjadi lebih cepat membusuk.

4.    Gunakan wadah yang tepat

Sebelum memasukkan daging ayam ke dalam freezer, pastikan anda menggunakan wadah yang tepat. Pastikan wadah yang digunakan mampu menampung seluruh stok daging dan mampu menutup dengan rapat.

5.   Rak bawah kulkas

Selain meletakkan di freezer, anda juga bisa meletakkanya di bagian rak bawah kulkas, berbeda dengan meletakkan di freezer yang mampu bertahan selama 1 tahun, pada bagian rak ini, daging ayam hanya mampu bertahan selama dua hari saja.

Jangan lupa juga untuk memastikan suhu kulkasmu, ya. Pastikan suhu kulkas berada pada rentan 0-5 °C agar daging ayammu lebih segar dan tahan lama

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING