Tambah Tinggi Badan Dengan Makanan Merangsang Hormon
Connect with us

Hidup Sehat

Tambah Tinggi Badan Dengan Makanan Merangsang Hormon

Published

on

Tambah Tinggi Badan Dengan Makanan Merangsang Hormon

Gencil News – Tinggi badan seseorang adalah hal yang tidak dapat dimodifikasi. Genetika memang menentukan 80 persen tinggi badan seseorang. Jika kedua orang tuanya tinggi, kemungkinan besar anak tersebut juga tumbuh tinggi.

Anak-anak cenderung tumbuh cepat dan memiliki tingkat pertumbuhan yang sedikit meningkat antara 6-8 tahun. Sekitar 25 persen pertumbuhan tinggi terjadi selama masa pubertas.

Namun, sesuai penelitian, faktor lingkungan seperti nutrisi dan gaya hidup juga dapat memengaruhi tinggi badan seseorang selama masa pertumbuhan.

Oleh karena itu, perlu sekali untuk anak-anak mengonsumsi makanan yang tidak hanya merangsang produksi hormon pertumbuhan tetapi juga membantu pertumbuhan tulang.

1. Telur

Telur adalah sumber protein, riboflavin, biotin, dan zat besi yang luar biasa. Protein membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan sel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak malnutrisi yang diberi makan dengan diet protein tinggi selama suatu periode tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang diberi makan dengan protein standar.

Putih telur adalah sumber protein terkonsentrasi. Pastikan untuk memasukkan telur hampir setiap hari ke dalam makanan anak Anda. Makan telur dadar yang enak atau telur rebus untuk sarapan adalah cara yang bagus untuk memulai hari mereka dan memastikan mereka mendapatkan protein. Namun, periksa gejala alergi menggunakan aturan percobaan 3-7 hari.

2. Susu dan produk olahannya

Susu mengandung kalsium dan protein, yang membantu pertumbuhan tulang. Produk susu seperti keju, yogurt, dan keju kaya akan kalsium dan vitamin yang penting untuk mineralisasi tulang pada anak-anak. Ajak anak Anda minum susu setiap hari atau buatlah hidangan yang berisi kebaikan susu.

3. Ayam

Daging unggas merupakan sumber protein yang baik, bersama dengan vitamin B, terutama thiamin, Vitamin B6, dan asam pantotenat. Studi tentang pertumbuhan fisik anak usia dini yang tergabung dalam kelompok berpenghasilan rendah menunjukkan bahwa protein hewani yang berkualitas baik diperlukan untuk mempercepat tumbuh kembang. Anda dapat mencoba berbagai resep yang menyertakan ayam untuk meningkatkan asupan protein anak Anda.

4. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau tidak hanya memberi anak Anda kekuatan tetapi juga menyediakan kalsium dalam jumlah yang baik. Kalsium dalam sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan brokoli, dapat menyeimbangkan resorpsi tulang (penguraian jaringan di tulang untuk melepaskan mineral) dan deposisi (pembentukan jaringan di tulang dengan pengendapan mineral), yang bervariasi sesuai dengan usia. Pada anak-anak dan remaja, pembentukan tulang lebih dari sekadar resorpsi, yang mendukung pertumbuhan tulang.

5. Wortel

Wortel kaya akan beta-karoten, yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Menambahkan wortel mentah ke dalam makanan membantu tubuh menyerap kalsium dengan lebih efisien, yang memengaruhi resorpsi tulang dan membuatnya tetap sehat.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hidup Sehat

Manfaat Kesehatan Makan Ikan Dori

Published

on

Manfaat Kesehatan Makan Ikan Dori

Ikan Dori merupakan ikan yang banyak digunakan sebagai lauk atau bahkan makanan ringan. Ikan Dori ini tidak hanya enak, tapi juga kaya nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Ikan dori merupakan jenis ikan yang banyak dihidangkan sebagai lauk makanan maupun kudapan. Tidak hanya lezat, ikan ini ternyata juga menyimpan gizi berlimpah yang penting untuk tubuh.

Beberapa nutrisi penting adalah omega 3, zat besi, yodium, magnesium dan taurin. Selain itu, bahan bermanfaat lainnya adalah DHA, EPA, fluoride dan selenium.SALINAN

Berikut adalah khasiat dari mengkonsumsi ikan dori:

  1. Ikan Dori Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seperti yang sudah diketahui, banyak mengkonsumsi ikan memang sangat baik untuk kemampuan otak, karena ikan kaya akan zat besi dan omega 3 yang bisa membantu pertumbuhan sel-sel otak. Untuk itu, semakin rutin mengkonsumsi ikan dori, reproduksi sel pun semakin membaik yang pada akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan otak, terutama pada anak.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dari Kandungan Baik Ikan Dori

Kandungan DHA dan EPA dalam ikan dori tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, tetapi juga baik bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Dengan begitu, ikan dori berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan dori dapat menyehatkan jantung karena mengandung berbagai macam kandungan vitamin, mineral, dan juga protein di dalamnya. Dengan rajin mengkonsumsi ikan dori, maka  kesehatan jantung pun akan terjaga, sehingga Hypermart Lovers bisa menikmati hidup dengan baik.

  1. Menguatkan Otot

Ikan dori adalah salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat luar biasa, karena mengandung berbagai zat atau vitamin yang dapat berkontribusi pada kesehatan otot. Selain itu, vitamin yang dikandungnya juga bisa mengembalikan otot yang sobek akibat latihan keras.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain baik untuk meningkatkan kekuatan otot, khasiat ikan dori juga ampuh dalam menjaga kesehatan mata. Sebab, ikan ini memiliki kandungan vitamin A, mineral, dan protein, yang dapat menjaga kesehatan mata dari dalam.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Ikan dori mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya berfungsi untuk sistem pencernaan yang sehat. Jika sistem pencernaan lancar, maka kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan tubuh yang sehat.

  1. Meningkatkan Kecantikan Kulit

Mengkonsumsi ikan dori secara rutin dipercaya bisa membuat kulit menjadi halus, segar, dan lebih lembab, sehingga kulit tampak lebih awet muda. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 untuk merangsang sel dan hormon yang akan menjaga kulit dari radiasi maupun radikal bebas.

  1. Mengurangi Peradangan

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, omega 3 yang terkandung dalam ikan dori juga berfungsi mengurangi produksi partikel inflamasi dalam tubuh yang berpotensi merusak kulit. Tentunya, khasiat ini dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Continue Reading

Hidup Sehat

Swedia Hadapi Defisit Sperma Selama Pandemi COVID-19

Published

on

Swedia Hadapi Defisit Sperma Selama Pandemi COVID-19
Ilustrasi foto Cryos, bank sperma terbesar di dunia, diambil pada 15 Desember 2016, di Aarhus. Swedia menghadapi kekurangan sperma akut yang digunakan untuk membantu program kehamilan selama pandemi. (Foto: AFP/Henning Bagger)

Gencil News – Swedia menghadapi kekurangan sperma akut yang digunakan untuk membantu program kehamilan karena pandemi virus corona membuat calon donor enggan mendatangi rumah sakit.

Defisit sperma tersebut menghentikan program inseminasi di sebagian besar sistem perawatan kesehatan dan memperpanjang waktu tunggu hingga bertahun-tahun di negara itu.

“Kami kehabisan sperma. Kami tidak pernah memiliki donor yang begitu sedikit seperti tahun lalu,” kata Ann Thurin Kjellberg, kepala unit reproduksi di Rumah Sakit Universitas Gothenburg.

Dokter yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa kekurangan pasokan sperma itu mengakibatkan waktu tunggu untuk melaksanakan program kehamilan melonjak, dari sekitar enam bulan menjadi sekitar 30 bulan pada tahun lalu. Dan kini mungkin akan lebih lama.

“Sangat stres karena kami tidak bisa mendapatkan waktu atau tanggal yang jelas untuk perawatan,” kata Elin Bergsten, seorang guru matematika berusia 28 tahun dari Swedia selatan.

Dua tahun lalu, Bergsten dan suaminya mengetahui bahwa dia tidak dapat memproduksi sperma sehingga pasangan tersebut segera mengajukan permohonan program kehamilan. Dia akan menjalani siklus kedua inseminasi sebelum perawatannya ditunda tanpa batas waktu karena kekurangan pasokan.

“Ini adalah fenomena nasional,” kata Thurin Kjellberg. “Kami kehabisan (sperma) di Gothenburg dan Malmo, pasokan (sperma) akan segera habis di Stockholm,” tambahnya, menyebut tiga wilayah terpadat di negara itu.

Selain penyedia layanan kesehatan publik, ada juga klinik swasta di Swedia yang mampu mengatasi kekurangan dengan membeli sperma dari luar negeri.

Namun, program hamil dengan bantuan seringkali menghabiskan biaya hingga sebesar 100 ribu krona Swedia atau sekitar Rp170,9 juta, sehingga tidak terjangkau bagi banyak orang. Layanan kesehatan nasional Swedia menggratiskan program kehamilan dengan bantuan.

Menurut Masyarakat Eropa untuk Reproduksi dan Embriologi Manusia, negara-negara Nordik dan Belgia memiliki tingkat konsepsi dengan bantuan tertinggi di dunia, dalam hal ketersediaan siklus per juta populasi.

Berdasarkan hukum Swedia, sampel sperma hanya dapat digunakan oleh maksimal enam perempuan. Sebagian besar sperma yang disumbangkan di Swedia telah mencapai kapasitas legal ini, yang berarti bahwa di banyak wilayah, kehamilan dengan bantuan hanya tersedia untuk perempuan yang pernah menggunakan sampel sperma tertentu sebelumnya.

Margareta Kitlinski, yang menjalankan unit reproduksi di Rumah Sakit Universitas Skane, klinik terbesar di Swedia, mengatakan dibutuhkan sekitar delapan bulan untuk memproses donor karena melibatkan banyak tes . Selain itu banyak sampel yang gagal untuk didonasikan karena terkait masalah pembekuan.

“Jika ada 50 orang yang menghubungi Anda, paling banyak hanya setengah dari mereka yang bisa menjadi donor,” kata Kitlinski.

Beberapa wilayah Swedia telah menggunakan media sosial untuk mendorong calon pendonor pria, tetapi dengan hasil yang berbeda-beda. Sementara itu, kekurangannya masih ada. 

Continue Reading

Hidup Sehat

Tips Bugar Puasa Ala Ketua ESport Pontianak, Andi Dhirgam Charnova

Published

on

Tips Bugar Puasa Ala Ketua ESport Pontianak, Andi Dhirgam Charnova

Gencil News – Berpuasa bukan sebuah penghalang untuk menjalankan kegiatan. Dengan puasa tidak serta merta membuat manusia menjadi malas untuk mejalani aktivitas sehari-hari.

Ketua E-Sport Pontianak Andi Dhirgam Charnova yang disibukan dengan berbagai aktivitas, ternyata memiliki tips bugar ala dirinya.

Dhirgam mengatakan, untuk tetap bugar dalam puasa. Ia memiliki dua tips ampuh, supaya tetap bugar.

“Satu yang penting itu adalah manajemen waktu. Artinya, kita tahu kapan harus tidur. Kedua, pola makan pada saat sahur dan buka puasa” kata Dhirgam

Menurut Dhirgam kedua hal ini adalah kunci bagi dirinya supaya tetap bugar.

“Kalau untuk saya, itu mantap bang” Kata Andi kepada Jurnalis Gencil News.

“Selama bulan puasa, saya upayakan untuk bisa tidur sebelum jam sepuluh malam. Maunya sih lebih awal. Tapi ada beberapa kerjaan dan pertemuan yang masih harus dilakukan. Alhamdulillah, teman-teman dan pekerjaan masih bisa diatasi. Jadi jam 10 malam sudah bisa tidur.” katanya

“Jam 3, saya sudah bangun. Setelah beres semuanya. Kami sekeluarga duduk dimeja makan. Nah, ini adalah moment terbaik menurut saya. Saya bisa berdiskusi dengan ayah saya. Banyak hal yang kami bicarakan. Dari bisnis sampai motivasi.” jelasnya.

“Pada saat makan sahur, saya memilih nasi dan lauk yang tidak terlalu banyak, malah sepertinya sedikit sekali, malah kalau dilihat banyaknya sama seperti makanan bayi” ujar Dhirgam sambil tertawa.

“Yang penting, nilai gizinya tercukupi”

Kemudian, Andi Dhirgam Charnova juga menceritakan, setelah menjalankan sholat subuh. Ia memyempatkan diri untuk olahraga kecil.

“Ya, sama seperti pemanasan, bang. Biar terasa bergerak’ jelasnya.

Setelah sholat subuh. Dhirgam tidak memilih untuk tidur. Malahan ia langsung berkutat kembali dengan pekerjaannya.

“Kalau pagi, periksa email dan chating, nanti setelah jam 7 pagi, saya mulai ke kantor. Dan itu kami lanjutkan dengan diskusi soal pekerjaan. Nah, siangnya setelah dzuhur, jujur saya agak ngantuk. Saya upayakan tidur sejenak, paling itu 30 menit. Setelah itu kembali lanjut bekerja” Dhirgam menjelaskan.

“Waktu berbuka, saya minum air hangat. Biar lambung tidak kaget. Setelah itu biasanya kurma. Dilanjutkan sholat maghrib, kemudian kue-kue tradisional Pontianak, seperti dadar gulung, bingka berendam. Setelah tarawih, biasa baru nasi sedikit, separuh sendok nasi, ikan dan sayur. Daging sesekali saja” katanya

Tidak terasa percakapan kami dengan Ketua Esport Pontianak, sudah lebih dari 1 jam. Saat gencilnews mewawancarai Dhirgam, terlihat berapa kali ia mempersilahkan kami untuk makan dan menuangkan kopi ke cangkir kami, seakan cangkir itu tak boleh kosong.

“Bang, puas-puasin makannya sama ngopinya, besok siang tak boleh lagi. hahahhhaha” ujarnya sambil tertawa.

“Jangan diikuti bang, saya bercanda jak. Tapi intinya begini, puasa mengajarkan kita banyak hal dan manfaat. Tak boleh tuh berlebih-lebihan pada saat saat sahur dan berbuka. Puasa adalah sebuah kesempatan emas dari ALLAH SWT. Ini saatnya kita dapat memperbaiki diri, untuk meningkatkan kualitas hidup. Bulan penuh pengampunan”

“Selamat menjalankan ibadah puasa kepada seluruh masyarakat. Semoga puasa kita diterima ALLAH SWT. Jangan lupa, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Salam sehat untuk kita semua” pungkas Andi Dhirgam Charnova

Continue Reading

Hidup Sehat

Minum Kopi Di Pagi Hari Dapat Mengurangi Rasa Sedih

Published

on

By

Minum Kopi Di Pagi Hari Dapat Mengurangi Rasa Sedih
manfaat minum kopi

Gencil News – Kopi menjadi andalan untuk menghilangkan kantuk dan menemani aktivitas, pada malam hari. Sejumlah orang juga meyakini kopi bisa mengembalikan energi setelah penat seharian beraktivitas.

Namun, ada pula sebagian orang yang minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas. Sehingga memberikan efek semangat.

Menurut sebuah studi dalam jurnal Consciousness and Cognition, minum kopi di pagi hari dapat membatu Anda fokus, terampil memecahkan masalah, namun tidak berpengaruh terhadap kreativitas.

Darya Zabelina yang merupakan asisten professor psikologi di University of Arkansas dan tim telah mempelajari efek kafein pada 80 orang

Dalam studinya, relawan itu diberi pil 200 miligram (mg) atau setara satu cangkir kopi kental atau plasebo.

Berdasarkan hasil studi itu, hasilnya ternyata kafein dapat meningkatkan pemikiran konvergen atau yang berhubungan dengan pemecahan masalah.

Tetapi tidak ada penemuan dampak yang nyata terhadap pemikiran divergen yaitu berhubungan dengan kreativitas.

Kafein secara siginifikan dapat mempengaruhi memori kerja. Namun, akan berdampak pada suasana hati.

Yang bagi mereka yang meminumnya, lebih memiliki sedikit rasa sedih.

“200 mg kafein meningkatkan pemecahan masalah secara siginifikan, tetapi tida berpengaruh pada pemikiran kreaif,” ucap Zabelina

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING