Tanaman Indah Pengusir Nyamuk Untuk Rumah Anda
Connect with us

Hidup Sehat

Tanaman Indah Pengusir Nyamuk Untuk Rumah Anda

Published

on

Loading...

Tidak hanya berguna untuk menambah estetika rumah, tanaman juga memiliki guna lainnya. Ada yang berguna sebagai bahan memasak, ada juga sebagai tanaman obat dan pengusir serangga.

 Dengan menggunakan tanaman tertentu, kamu bisa melawan nyamuk bahkan mengusirnya dari rumah.

Ada beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu pakai dan tanam di pekarangan atau di dalam rumah. Tanaman-tanaman ini sudah sejak lama dipercaya khasiatnya dalam mengusir nyamuk.

  1. Lavender dikenal juga sebagai tanaman antiseptik dan antijamur. Selain itu, tanaman pengusir nyamuk ini mengandung linalool dan lynalyl asetat. Kedua zat ini mampu mengusir keberadaan nyamuk. lavender sering digunakan sebagai bahan dasar lotion anti nyamuk. Selain baunya yang nggak disukai nyamuk, kamu juga bisa menggosok langsung tanaman pengusir nyamuk ini di kulit kamu.
  2. Geranium Salah satu tanaman gantung terbaik, Geranium, juga dikenal dengan nama tapak dara. Jenis tanaman pengusir nyamuk ini memiliki tinggi 20-60 cm dan mampu bertahan selama tiga sampai lima tahun. Geranium bisa dikembangbiakkan dengan cara stek tanaman batang. Kamu hanya perlu memotong batangnya, lalu menanamnya di tanah. Tanaman pengusir nyamuk ini mengandum zat geraniol dan sitroneol yang mudah terbawa angin. Bau ini juga tidak disukai nyamuk sehingga bunga hias gantung ini menjadi salah satu tanaman pengusir nyamuk.
  3. Serai Wangi tanaman pengusir nyamuk ini terkenal sebagai bahan memasak dan bahan minuman. Serai wangi pun juga bisa mengusir nyamuk. Serai wangi bisa tumbuh di segala iklim dan jenis tanah. Tanaman pengusir nyamuk yang berbentuk seperti rumput liar ini memiliki zat geraniol yang bisa mengusir nyamuk dan sitronnellol yang bisa membunuhnya. Nggak heran, serai wangi sering menjadi bahan dasar lotion nyamuk dan aroma terapi.
  4. Selasih Selain bijinya yang dimanfaatkan untuk minuman, bagian daun selasih juga memiliki manfaat tersendiri, yaitu untuk mengusir nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk daun selasih ini mengandung senyawa eugenol, linaloo, dan geraniol yang mengeluarkan aroma menyengat bagi nyamuk. Tanaman pengusir nyamuk ini bisa kamu tanam di dalam ruangan sehingga nyamuk yang ada di dalam rumahmu akan pergi dengan sendirinya. Cobalah letakkan di dekat jendela, pintu rumah, atau di ruang tamu yang sekaligus menjadi penghias ruangan.
  5. Zodia merupakan tumbuhan asli Indonesia asal Papua. Di dalamnya terdapat zat evodia dan rutaecarpine yang jika disuling menghasilkan minyak dengan kandungan linalool sebesar 46% dan apinene 13,26%. Zat-zat tersebutlah yang ampuh untuk menghalau nyamuk. Tanaman ini juga mengeluarkan aroma yang dibenci nyamuk. Agar semakin efektif, letakkanlah tumbuhan di area yang mudah terkena angin. Namun, jangan menempatkan Zodia di ruangan dengan sirkulasi udara yang buruk karena aromanya dapat membuat orang merasa pusing.

Setiap tanaman memiliki keistimewaan masing-masing. Nah, mana yang cocok dengan rumah Anda?! Silahkan anda pilih dengan cermat

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hidup Sehat

Buah Zaitun Yang Memiliki Keunikan Untuk Daya Tahan Tubuh

Published

on

Buah Zaitun Yang Memiliki Keunikan Untuk Daya Tahan Tubuh
Loading...

GENCIL NEWS – Buah zaitun merupakan buah yang mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh untuk menjaga imunitas seperti zat besi, serat, dan vitamin E. Zat besi dan Vitamin E pada zaitun berguna agar sistem imun dalam tubuh dapat berjalan dengan baik.

Minyak dari buah zaitun juga mengandung antioksidan tinggi, yang berasal dari lemak tak jenuh tunggal yang dikategorikan sebagai lemak baik. Kandungan antioksidan tinggi itu pun dapat melindungi tubuh manusia dari kerusakan sel.

Medical Marketing Manager Kalbe Nutritionals dr Adeline Devita. Mengungkapkan bahwa sel di dalam tubuh seseorang setiap harinya akan rusak akibat radikal bebas. Dengan kerusakan sel yang terjadi hal itu pun bisa menjadi pemicu perkembangan suatu penyakit di dalam tubuh.

“Kadar antioksidan dalam minyak zaitun dapat membantu melindungi tubuh dari peradangan, kerusakan oksidatif, resisten insulin, dan perubahan epigenetic serta meningkatkan imunitas tubuh,” ungkapnya.

Tidak hanya sebagai antioksidan, minyak buah zaitun juga mengandung banyak zat-zat yang berguna untuk tubuh seperti omega 3, omega 6, omega 9, vitamin E, vitamin K, Phenolic, dan Zat besi. Buah ini pun sangat baik untuk dikonsumsi oleh semua usia.

Omega kompleksnya dapat memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Mencegah terjadinya stroke dan membantu mengendalikan kadar kolesterol LDL serta meningkatkan kadar kolesterol HDL sehingga baik untuk jantung.

Mengonsumsi buah zaitun 100gram sehari dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena tingginya jumlah zat besi yang ada dalam buah zaitun. Buah zaitun juga dapat mengikat oksigen di dalam darah, sehingga membuat kamu menjadi lebih sehat.

Continue Reading

Hidup Sehat

Manfaat Beras Hitam Yang Dinobatkan Menjadi Biji Gandum Paling Sehat

Published

on

Manfaat Beras Hitam Yang Dinobatkan Menjadi Biji Gandum Paling Sehat
Loading...

GENCIL NEWS – Anda  mungkin belum pernah mendengar soal beras hitam? Tidak mengherankan memang, karena penggunaan beras hitam dalam menu makan masih belum seluas kerabat beras lainnya.

Di zaman modern seperti sekarang ini beras hitam sudah bebas untuk digunakan oleh siapapun. Indonesia bahkan menjadi salah satu lokasi budidaya beras hitam terbesar di Asia Tenggara, selain Filipina.

Warna hitam sebenarnya juga berasal dari pigmen antosianin, seperti pada beras merah. Tetapi, karena intensitasnya yang sangat tinggi, warna butiran beras menjadi ungu kehitaman.

Tentu saja khasiat antioksidannya pun jauh lebih besar. Kandungan gizilain, seperti halnya pada beras merah dan cokelat, tentu juga diunggulkan

Beras hitam kini dinobatkan menjadi salah satu biji gandum yang paling sehat di dunia. Apa saja manfaat dari beras hitam yang memiliki tekstur lengket dan rasa gurih.

  • Tinggi protein

Semangkuk nasi hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan proteinnya. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

  • Tinggi kandungan antioksidan

Beras hitam tinggi akan kandungan antocyanin. Kandungan antocyanin dalam beras hitam merupakan yang tertinggi dibandingkan varietas beras lainnya.

Bahkan, menurut Zhimin Xu, profesor tekonologi pangan di Louisiana State University, satu sendok makan nasi hitam mengandung antioksidan, serat, dan vitamin E yang jauh lebih tinggi daripada blueberry dalam jumlah sama.

Sebagai perbandingan, blueberry menduduki peringkat nomor satu dari buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi dibandingkan dengan 40 jenis buah dan sayuran lainnya.

  • Melindungi jantung

Beras hitam terbukti berperan dalam mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung Aterosklerosis penyakit kardiovaskular yang mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia.

Makan nasi hitam dikatakan dapat memangkas angka kematian yang cukup tinggi dari penyakit tersebut. Beras ini juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total.

  • Melancarkan pencernaan

Serat membantu meningkatkan aktivitas gerak usus dan membantu meringankan sembelit. Serat dalam dosis tinggi dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh.

Juga perlu diingat bahwa studi telah menemukan diet tinggi makanan berserat dari varietas padi dan gandum terbukti melindungi terhadap gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS).

  • Bebas gluten

Sama seperti varietas beras lainnya, beras hitam secara alami bebas gluten, protein yang ditemukan dalam semua produk yang mengandung gandum dan/atau barley.

Banyak orang yang menderita alergi gluten mungkin menemukan beras ini membantu dalam menghilangkan masalah pencernaan yang terkait dengan sensitivitas gluten.

Continue Reading

Hidup Sehat

Komunitas Barter Tanaman Menjamur di Masa Pandemi

Published

on

By

Komunitas Barter Tanaman Menjamur di Masa Pandemi
Loading...

Gencil News – VOA – Jakarta – Seiring meningkatnya popularitas bercocok tanam sebagai hobi baru selama pandemi, komunitas-komunitas barter tanaman tumbuh menjamur di dalam dan luar negeri.

Ratusan tagar menyangkut barter tanaman bermunculan di media-media sosial dan menghasilkan ribuan posting.

Barter tanaman untuk menambah koleksi pribadi adalah sesuatu yang diimpikan Aris Setiawan ketika ia membentuk Grup Facebook Barter Tanaman Hias dengan hanya beberapa teman media sosialnya sekitar setahun lalu. Namun, ia tidak mengira bila grup itu semakin berkembang dan bahkan meluas ke beberapa kota.

“Alasannya pertama karena pandemi ini membuat orang mengalihkan kegiatannya di rumah. Kemudian muncullah grup-grup barter karena sudah banyak grup jual beli. Karena kita bisa saja memiliki jenis tanaman yang sama dalam jumlah berlebih, tidak tidak punya jenis lain, jadi kita barter,” jelasnya.

Grup barter tanaman hias yang diprakarsai Aris adalah satu dari puluhan atau bahkan ratusan grup serupa di media sosial. Setiap harinya, ada saja tagar yang muncul dengan mencantumkan kata barter tanaman dan menghadirkan ratusan posting.

Menurut Aris, tidak semua anggota grupnya adalah pecinta tanaman hias dalam arti yang sesungguhnya. Tak sedikit dari mereka, katanya,adalah “pemain baru” atau artinya mengoleksi tanaman hias sebagai hobi baru selama pandemi. Termotivasi olehingin menambah koleksi, sementara kondisi keuangan terjepit karena pandemi, akhirnya mereka ramai-ramai menggagaskan kegiatan bertukar tanaman.

Pemilik sekitar 50 jenis tanaman hias ini mengaku, grup barter tanaman yang diprakarsainya, yang dulunya bertujuan sekadar untuk menambah koleksi para anggotanya,kini memiliki ambisi besar.

“Kita paling tidak ingin menghijaukan bumi. Mimpi besarnya seperti itu. Kedua, di alam ini, ada tanaman yang dilindungi atau tanaman langka. Kalau kita punya, kita ingin menjaganya agar tetap ada di alam ini. Ketiga, sebagai sarana untuk mengalihkan stres. Setelah lima hari kerja, pada weekend kita bisa merelaksasi diri dengan mengurus dan menikmati tanaman hias,” jelasnya.

Pria yang pernah bekerja sebagai jurnalis di Grup Kompas ini mengatakan, grup barter tanaman yang dikelolanya terbilang sangat aktif. Lalu lintas komunikasi para anggotanya berlangsung setiap hari.Hanya saja ia menyayangkan bahwa grup ini sudah mulai disusupi oleh mereka yang berniat jahat.

Tak sedikit anggotanya yang tertipu oleh transaksi palsu yang melibatkan ongkos pengiriman. Walhasil, ia kini menyarankan agar para anggotanya hanya bertukar tanaman dengan mereka yang tinggal dalam satu kota.

Bagi Elly Listiyowati Oemar, barter tanaman bukanlah hal baru. Lulusan Fakultas Pertanian IPB ini sudah melakukannya jauh sebelum pandemi COVID-19 merebak. Namun, mantan wartawan majalah pertanian terkemua Trubus ini, mengakui bahwa kegiatan barter tanaman memang meningkat sejak berbagai kegiatan pembatasan terkait penanggulangan pandemi ketat diberlakukan. Ia sendiri saat ini memiliki sebuah grup barter tanaman di aplikasi WhatsApp dengan anggota belasan orang.

Menurut Elly, ratusan tanaman hias yang menjadi koleksinya, sangat membantunya mengurangi stres.Karena begitu cintanya pada tanaman, Elly tak sungkan mengaku sering berkomunikasi dengan tanaman-tanamannya.

“Berbicara dengan tanaman buat saya itu merelaksasi pikiran, membuat hati tenang. Dan percaya atau tidak, itu membuat tanaman tumbuh lebih baik,” lanjutnya.

Pengurus Agrianita atau organisasi perempuan Institut Pertanian Bogor ini, menduga kegiatan barter tanaman ini sebetulnya dipicu oleh melonjaknya harga tanaman hias. Ia mengatakan, banyak pesohor yang menekuni hobi mengoleksi tanaman hias. Hobi baru mereka ini mendorong para penjual tanaman hias mendongkrak harga secara gila-gilaan.Karena harganya menjulang, kini banyak orang berpikir dua atau bahkan tiga kali untuk membelinya, dan memilih barter tanaman sebagai solusinya.

Elly mencontohkan harga aglonema (sri rejeki) dan janda Bolong yang dulunya hanya kurang dari Rp100 ribu kini bisa diperdagangkan hingga jutaan rupiah.Elly sendiri sendiri mengaku memiliki beberapa aglonema dengan berbagai bentuk daun dan variasi warna.

Sebagai pemerhati lingkungan dan pecinta tanaman hias, Elly menilai barter tanaman sebagai kegiatan komunitas yang bermanfaat. Selain untuk menjalin silaturahim dan menambah koleksi, katanya,kegiatan ini yang satuini memberi manfaat bagi lingkungan,seperti meningkatkan kegairahan untuk bercocok tanam, menumbuhkan perasaan cinta pada lingkungan, dan pada akhinya meningkatkan suplaioksigen untuk bumi. Sejumlah tanaman diketahui menghasilkan oksigen dan menyerap karbon sehingga dapat menyegarkan udara.

Meski demikian, Elly mengingatkan bahwa kegiatan mengoleksitanaman hias bukan hanya sekadar untuk bersenang-senang, atau ditekuni ketika sedang menjadi tren dan dilupakan ketika tidak lagi populer. Ia mengingatkan, merawat tanaman hias tidak hanya sekedar menyiram dan memberi pupuk, tapi juga membersihkan hamanya dan memperhatikan media pertumbuhannya.

“Bukan hanya sekedar tanah dari halaman diambil dan dimasukan ke pot. Kita harus memberinya pupuk kandang. Kalau tanamannyatidak suka media yang becek,kita harus mencampur tanannya dengan pasir atau sekam. Jadi media tanamnya yang harus kita perhatikan,” imbuhnya.

Di Amerika sendiri kegiatan barter tanaman antara sesama pecinta tanaman sudah lama berlangsung. Di Washington DC, contohnya, Washington Gardener Magazine mengorganisasikan acara barter tanaman pada setiap bulan September, dan dipublikasikan secara luas melalui Facebook. Pada tahun ini, kegiatan yang disebut “Annual DC Swap Plant” ini bahkan memasuki kali ke-14 penyelenggaraannya.

Pada kegiatan yang dilangsungkan di sebuah taman yang disebut National Arboretum, para pesertanya dibatasi. Mereka juga diwajibkan untuk membawa tanamna yang akan dipertukarkan dengan sesama pecinta tanama. Kegiatan ini berlangsung selama satu jam, termasuk bersosialisi, bertukar infrmasi mengenai tanaman, dan menikmati hidangan ringan. Proses barter tanamannya itu sendiri berlangsung luar biasa cepat, yakni hanya beberapa menit.

DC Plant Swap 9 September 2020 @fonarboretum (Facebook events by Washington Gardener Magazine)
DC Plant Swap 9 September 2020 @fonarboretum (Facebook events by Washington Gardener Magazine)

Cynthia Langan bersama suaminya mengaku senang dengan kegiatan ini. Pada acara barter tanaman September tahun lalu, ia mengaku seperti mendapat hadiah yang diimpikannya.

“Setiap tahun kami datang ke taman ini, tapi baru kali ini kamimengikuti kegiatan barter tanaman.Saya belum pernah punya Monstera, di acara barter tanaman saya mendapatkannya. Ini adalahtanaman hias yang selama ini saya kagumi dari kejauhan. Saya senang mendapatkannya,” jelasnya.

Perempuan berusia 42 tahun ini mengaku, kegiatannya mengoleksi tanaman hias merupakan hobi baru yang ditekuni sejak pandemi merebak. Berbagai pembatasan terkait protokol kesehatan mendorongnya untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, dan tentu saja, halaman rumahnya.

Persyaratan mengikuti kegiatan barter tanaman gampang-gampang sulit. Panitia mengharuskan peserta mendaftarkan diri terlebih dahulu, Para peserta biasanya disarankan untuk tidak membawa tanaman yang mudah ditemukan, karena biasanya tidak diminati, dan memiliki pengetahuan yang memadai mengenai apa dan bagaimana tanaman yang siap dipertukarkankannya.

Tanaman-tanaman itu harus diberi label yang menunjukkan nama tanaman itu (termasuk nama ilmiah), kebutuhan sinar matahari, kebutuhan air warna bunga (jika saat itu belum berbunga) dan catatan perawatan penting lainnya.

Tidak ada transaksi keuangan berlangsung dalam kegiatan ini karena pada intinya ditujukan sekadar untuk bertukar tanaman. 

Continue Reading

Hidup Sehat

Tidak Sarapan Bisa Sebabkan Masalah Jantung Dan Diabetes

Published

on

By

Tidak Sarapan Bisa Sebabkan Masalah Jantung Dan Diabetes
Loading...

Gencil News – Sarapan sangat penting dan wajib untuk dilakukan. Dengan sarapan, kita mendapatkan energi untuk beraktivitas. Tapi, masih banyak orang yang melewatkan sarapan.

Adakah dampak buruk dari melewatkan sarapan? Ya, jawabannya ada. Berikut ini beberapa dampak buruk karena melewatkan sarapan, merangkum dari Stylecraze:

1. Buruk untuk jantung

Menurut sebuah penelitian JAMA: The Journal of American Medical Association. Pria yang melewatkan sarapan pagi memiliki sekitar 27 persen lebih banyak kemungkinan mengalami serangan jantung jika dari pada dengan mereka yang sarapan.

Leah Cahill, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan bahwa tingkat risikonya tidak begitu mengkhawatirkan. Tetapi dia juga mendukung fakta bahwa menikmati sarapan yang sehat sebenarnya dapat mengurangi risiko serangan jantung.

Orang yang menghindari sarapan juga memiliki peningkatan kerentanan terhadap hipertensi yang pada gilirannya menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Di sisi lain, ini menempatkan mereka pada peningkatan risiko terkena kondisi kesehatan jantung kronis, termasuk stroke.

2. Risiko lebih tinggi terhadap Diabetes Tipe-2

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Harvard melakukan penelitian yang bertujuan untuk menemukan korelasi antara kebiasaan makan dan kesehatan. 46.289 wanita berpartisipasi dalam penelitian yang dilakukan selama sekitar enam tahun. Hasil penelitiannya luar biasa.

Hasilnya, wanita yang memiliki kebiasaan menghindari sarapan berisiko lebih tinggi terkena diabetes tipe-2.

Lebih buruk lagi, wanita pekerja yang melewatkan makan pagi. Memiliki kemungkinan 54 persen lebih besar terkena diabetes tipe 2.

3. Melewatkan sarapan bisa menambah berat badan

Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan dan memiliki kebiasaan melewatkan sarapan, pikirkan baik-baik sekarang. Menurut penelitian tersebut tentang dampak negatif dari tidak sarapan pagi, orang yang melewatkan makan pagi memiliki peluang lebih tinggi untuk menambah berat badan, cukup bertentangan dengan tujuan pelangsingan Anda. 

Melewatkan sarapan akan menambah keinginan akan makanan manis dan berlemak. Ditambah lagi, karena rasa lapar Anda akan sangat kuat, Anda akhirnya akan memakan apa pun yang Anda temui sepanjang hari.

Semakin tinggi tingkat rasa lapar Anda, semakin banyak jumlah makanan yang masuk. Dan, ini terkadang melebihi asupan kalori harian yang anda rekomendasikan.

Kebiasaan melewatkan sarapan secara terus-menerus pada akhirnya akan menyebabkan penambahan berat badan, bukan penurunan berat badan.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING