Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Sesak Nafas Dan Mengganggu Mental
Connect with us

Hidup Sehat

Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Sesak Nafas Dan Mengganggu Mental

Published

on

Terlalu Lama Duduk Bisa Sebabkan Sesak Nafas Dan Mengganggu Mental
ilustrasi

Gencil News – Anda terlalu banyak duduk? Baru-baru ini, pakar kesehatan menyarankan agar anda mengurangi perilaku sedenter atau diam berkepanjangan menjadi tidak lebih dari 60 menit. Tetapi Anda mungkin belum terbiasa dan malah terlalu banyak duduk?

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan setiap orang melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang 150-300 menit. Atau 75 hingga 150 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi per minggu, ditambah dua hari latihan kekuatan.

Jika Anda tidak memenuhi salah satu dari saran tersebut, kemungkinan Anda tidak bergerak cukup.


Ahli kesehatan jantung sekaligus founder SRSHeart Center for Women’s Prevention, Health and Wellness. And a Peloton Health & Wellness Advisory Council, Suzanne Steinbaum menyarankan Anda menghitung durasi waktu tidur. Untuk mengetahui apakah Anda kurang bergerak.

“Hitung jumlah jam Anda tidur, lalu kurangi dari 24 jam. Angka itu adalah jumlah jam dalam sehari Anda harus hidup, bergerak, aktif. Jika Anda menghabiskan lebih dari 50 persen waktu itu untuk duduk, berbaring, dan tidak bergerak. Penting untuk menemukan cara untuk mengubahnya,” kata dia.

Selain itu, ada beberapa tanda yang bisa Anda amati jika Anda tidak cukup bergerak. Yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik anda. Mengutip dari Real Simple, gangguan yang dapat terjadi seperti ;

Sering Sesak Nafas

“Jantung bekerja dengan aliran oksigen yang baik,” kata ahli jantung di Philadelphia, Sanul Corrielus.

Saat Anda duduk lebih di sofa, pernapasan menjadi pendek yang menghabiskan aliran suplai oksigen ke jantung. Dan berkontribusi pada penurunan kondisi jantung.

Gerakan minimal juga dapat membuat anda merasa terengah-engah serta mengalami palpitasi. Yang dapat memperburuk fungsi jantung jika tidak ditangani secara efektif.

Semakin seseorang diam, maka semakin besar dia berisiko mengalami kematian dan penyakit jantung.

Satu analisis data dari studi European Prospective Investigation into Cancer and Nutrition (EPIC) Norfolk menemukan. Setiap jam tambahan yang dihabiskan per hari untuk menonton televisi selama waktu senggang meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Belum lagi duduk setidaknya 10 jam sehari, dibandingkan dengan duduk kurang dari lima jam. Berhubungan dengan risiko serangan jantung yang lebih tinggi.

Seiring bertambahnya usia, Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari kondisi tidak aktif. Konon, untuk rekondisi jantung, Correlius menyarankan 8-10 minggu latihan yang konsisten.

Meskipun hanya berjalan kaki selama 10 menit setiap dua hari, kuncinya adalah memulai dan konsisten. Berusahalah untuk melakukan latihan intensitas sedang selama 30 menit lima hari seminggu

Menurunnya Kesehatan Mental

Penelitian menunjukkan, orang-orang yang lebih banyak duduk mengalami penurunan kesejahteraan psikologis dan kualitas hidup. Steinbaum, mencatat orang-orang ini juga cenderung lebih depresi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Hidup Sehat

Manfaat Dari Olahraga Jalan Kaki Setiap Hari

Published

on

Manfaat Dari Olahraga Jalan Kaki Setiap Hari

GENCIL NEWS – Penelitian yang dicatat dalam British Journal of Sport Medicine menunjukkan ada kecepatan berjalan yang disarankan agar manfaat kesehatan bisa dicapai secara maksimal.

Para peneliti dalam riset tersebut berusaha mencari tahu kegiatan jalan kaki seperti apa yang bisa memiliki efek yang sama dengan olahraga. Penelitian tersebut diikuti 76 orang peserta mulai dari usia 21 hingga 40 tahun. Tujuannya, untuk mengukur irama dan jumlah langkah per menit dari para peserta.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan irama atau kecepatan 100 langkah per menit dianggap setara dengan aktifitas fisik sedang. Kecepatan berjalan ini juga sama dengan ketika Anda berjalan sejauh 4 kilometer dalam 1 jam.

Setiap menit saat berjalan kaki, tubuh akan membakar 5-6 kalori. Ketika kamu terus berjalan kaki, tubuh akan mulai menggunakan karbohidrat dan lemak sebagai bahan bakar.

Selain kalori yang terbakar, suhu tubuh juga akan meningkat. Hormon seperti glukagon dan epinefrin juga akan diproduksi sehingga daya otot bertambah. Jika kamu meningkatkan kecepatanmu, maka tubuh bisa membakar 7 kalori setiap menitnya.

Berjalan kaki dengan intensitas tertentu pun bisa dianggap sebagai olahraga kardiovaskular yang membawa manfaat membantu menguatkan jantung dan membuat kerja jantung menjadi lebih efisien, membakar kalori, meningkatkan fungsi alat pernafasan, dan meningkatkan mood melalui pelepasan endorfin

Continue Reading

Hidup Sehat

Tingkatkan Imunitas Dalam Tubuh Dengan Tidur Berkualitas

Published

on

Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan Tidur Berkualitas

GENCIL NEWS – Tingkatkan Imunitas Dalam Tubuh Dengan Tidur Berkualitas. Penelitian menunjukkan bahwa rasa cemas dan gelisah dapat menyebabkan masalah tidur yang serius, seperti insomnia. Mengalami serangan kecemasan menyebabkan orang merasa lelah. Rasa kantuk sulit timbul karena kecemasan dan rasa khawatir.

Tingkatkan Imunitas Dalam Tubuh Dengan Tidur Berkualitas. Kurangnya kualitas tidur seseorang berdampak pada kesehatan pikiran dan tubuh, yang akhirnya akan menekan sistem kekebalan tubuh. Penurunan daya tahan tubuh ini yang menyebabkan manusia rentan terhadap penularan dan menyebabkan sakit.

Sementara itu, kaitannya tidur dengan sistem imunitas secara tidak langsung dijelaskan bahwa selama tahap tidur lelap, tubuh akan meregenerasi dan memperbaiki sel-sel tubuh, serta memperkuat sistem imun tubuh.

“Tidur yang cukup dengan kualitas yang baik bagi orang dewasa adalah 8 jam. Kualitas tidur yang baik akan terasa keesokan harinya saat seseorang bisa beraktivas dengan baik dan tidak merasa ngantuk di siang atau sore hari”

ditambahkan lagi “Perhatikan asupan yang masuk dalam tubuh kita, khususnya kadar nikotin, kafein dan alkohol yang dapat mengganggu kualitas tidur seseorang. Batasi juga tidur di waktu siang hari sehingga saat waktu tidur di malam hari kita merasa kantuk. Lalu, memaksa rasa kantuk atau tidur akan semakin menegangkan pikiran sehingga berakibat tidak bisa tidur, ada baiknya sebelum tidur, latihan menenangkan pikiran dengan membayangkan kegiatan favorit, misalnya melalui meditasi,” saran dr. Herman dari Health Practitioner  PT Avrist Assurance .

Riset 2012 dalam Journal of Physiology membuktikan tidur malam yang nyenyak dapat meningkatkan antibodi tubuh hingga dua kali lipat, sehingga memperkuat respons kekebalan alami Anda terhadap serangga penyerang pasca vaksinasi rutin. Sebaliknya, kurang tidur membuat respon antibodi pasca vaskinasi lebih rendah yang membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Terkait manfaatnya pada imunitas tubuh, tubuh akan mengeluarkan detoks seperti batuk di tengah malam saat tertidur, buang air besar dan buang air kecil lancar keesokan harinya, tidur jadi lebih pulas, badan tidak pegal-pegal ketika bangun tidur.

Continue Reading

Hidup Sehat

Manfaat Kesehatan Makan Ikan Dori

Published

on

Manfaat Kesehatan Makan Ikan Dori

Ikan Dori merupakan ikan yang banyak digunakan sebagai lauk atau bahkan makanan ringan. Ikan Dori ini tidak hanya enak, tapi juga kaya nutrisi yang sangat penting bagi tubuh manusia.

Ikan dori merupakan jenis ikan yang banyak dihidangkan sebagai lauk makanan maupun kudapan. Tidak hanya lezat, ikan ini ternyata juga menyimpan gizi berlimpah yang penting untuk tubuh.

Beberapa nutrisi penting adalah omega 3, zat besi, yodium, magnesium dan taurin. Selain itu, bahan bermanfaat lainnya adalah DHA, EPA, fluoride dan selenium.SALINAN

Berikut adalah khasiat dari mengkonsumsi ikan dori:

  1. Ikan Dori Mampu Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seperti yang sudah diketahui, banyak mengkonsumsi ikan memang sangat baik untuk kemampuan otak, karena ikan kaya akan zat besi dan omega 3 yang bisa membantu pertumbuhan sel-sel otak. Untuk itu, semakin rutin mengkonsumsi ikan dori, reproduksi sel pun semakin membaik yang pada akhirnya dapat meningkatkan kecerdasan otak, terutama pada anak.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dari Kandungan Baik Ikan Dori

Kandungan DHA dan EPA dalam ikan dori tidak hanya bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, tetapi juga baik bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Dengan begitu, ikan dori berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ikan dori dapat menyehatkan jantung karena mengandung berbagai macam kandungan vitamin, mineral, dan juga protein di dalamnya. Dengan rajin mengkonsumsi ikan dori, maka  kesehatan jantung pun akan terjaga, sehingga Hypermart Lovers bisa menikmati hidup dengan baik.

  1. Menguatkan Otot

Ikan dori adalah salah satu ikan yang memiliki banyak manfaat luar biasa, karena mengandung berbagai zat atau vitamin yang dapat berkontribusi pada kesehatan otot. Selain itu, vitamin yang dikandungnya juga bisa mengembalikan otot yang sobek akibat latihan keras.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain baik untuk meningkatkan kekuatan otot, khasiat ikan dori juga ampuh dalam menjaga kesehatan mata. Sebab, ikan ini memiliki kandungan vitamin A, mineral, dan protein, yang dapat menjaga kesehatan mata dari dalam.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Ikan dori mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh, salah satunya berfungsi untuk sistem pencernaan yang sehat. Jika sistem pencernaan lancar, maka kita bisa melakukan berbagai aktivitas dengan tubuh yang sehat.

  1. Meningkatkan Kecantikan Kulit

Mengkonsumsi ikan dori secara rutin dipercaya bisa membuat kulit menjadi halus, segar, dan lebih lembab, sehingga kulit tampak lebih awet muda. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 untuk merangsang sel dan hormon yang akan menjaga kulit dari radiasi maupun radikal bebas.

  1. Mengurangi Peradangan

Selain bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak, omega 3 yang terkandung dalam ikan dori juga berfungsi mengurangi produksi partikel inflamasi dalam tubuh yang berpotensi merusak kulit. Tentunya, khasiat ini dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan pada tubuh.

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING