Hindari Perkembangan Rayap Dengan 3 Tanaman Ampuh Ini Dirumah
Connect with us

Gaya Hidup

Hindari Perkembangan Rayap Dengan 3 Tanaman Ampuh Ini Dirumah

Published

on

Hindari Perkembangan Rayap Dengan 3 Tanaman Ampuh Ini Dirumah

Gencil News– Jika sering mengabaikan kelembapan berlebih dalam rumah maka harus berhati-hati karena itu bisa mendi pemicu penyebab rayap muncul.

Selain kelembapan, masih ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan munculnya hewan pemakan kayu tersebut.

Rayap atau anai-anai adalah serangga sosial anggota infraordoIsoptera, yang bersarang dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi.

Perkembangan rayap yang berlebih bisa menimbulkan kerugan material yang banyak, Faktor-faktor pemicu ini biasanya diawali dengan hal sepele

Lakukan beberapa hal sederhana untuk menghindari perkembangan munculnya rayap dalam rumah atau kedalam perabotan rumah yang terbuat dari kayu.

Namun, jika anai-anai sudah terlanjur datang, Anda bisa menggunakan berbagai bahan alami untuk mengusirnya.

Caranya, basahi kardus, kemudian letakkan di dekat sarang anai-anai, biasanya anai-anai akan menyukai bau kayu basah dan langsung mengerumuni jebakan yang ada.

Ketika rayap sudah berpindah tempat, Anda tinggal mengambil dan membuang kardus yang ada.

Hindari Perkembangan Rayap Dengan 3 Tanaman Ampuh

1. Mint

Tanaman mint untuk menakut-nakuti rayap. ketika rumah memiliki banyak perabotan kayu dan banyak buku, tanamlah mint pada halaman depan dan belakang rumah.

Tumbuhan Mint termasuk yang bisa menakuti rayap untuk datang menyerang. Bau khas dari mint termasuk ampuh daam mengusir hama pengganggu rumah.

2. Bunga matahari

Bunga matahari adalah salah satu jenis tanaman yang bisa mengundang berbagai predator yang rayap takuti.

Jika ditanam di halaman rumah, bunga matahari bisa mengundang laba-laba, kaki seribu, kepik, dan berbagai macam kumbang.

Selain bunga matahari, tanaman yang bisa menarik kumbang datang adalah geranium, bunga-bunga dari tanaman herbal, juga catnip.

3. Cabai merah

Tanaman cabai menebarkan efek panas dari capsaicin yang ada dalam cabai. Sensasi panas dari cabai ini sangat dihindari oleh rombongan rayap.

Jadi agar hunian kayu aman dari sergapan anai-anai, tanamlah cabai merah sebanyak-banyaknya pada halaman rumah.

Dengan menanam ketiga jenis tanaman di atas, Anda bisa mendapatkan memiliki manfaat ganda.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tips

6 Cara Mendekorasi Kamar Tidur Supaya Terlihat Instagramable

Published

on

6 Cara Membuat Kamar Terlihat Estetik dan Lebih Instagramable

Kamar tidur dapat mencerminkan kepribadian si pemiliknya. Kebersihan dan kerapian ruang istirahat dalam rumah menjadi hal utama.

Namun, mendekorasi kamar tidur memang membutuhkan waktu hingga biaya yang mahal. Hal ini pun sebenarnya bisa anda usahakan dengan berbagai hal yang mudah namun tetap estetik.

Lalu, bagaimana Cara Mendekorasi Kamar Tidur Supaya Terlihat Instagramable dan lebih estetik?

Pilih Warna Cat Estetik

Cara mendekorasi kamar tidur menjadi lebih menarik yang pertama adalah dengan pemilihan warna cat Sebab, hal ini merupakan langkah awal untuk menentukan warna untuk detail ornamen pendukung dalam kamar.

Usahakan untuk memilih cat dinding dengan warna yang cukup menarik dan terang. Warna putih kini menjadi idaman banyak orang sebagai warna dasar, sebab warna tersebut dianggap dapat memunculkan kesan kamar yang luas dan bersih.

Pasang Wallpaper Cantik

Selain pemilihan warna cat dinding, hal selanjutnya adalah ornamen dinding, tambahkan wallpaper cantik yang sesuai dengan selera dan warna cat dinding.

Pemasangan wallpaper ini dapat menimbulkan kesan mewah dan elegan bagi kamar tidur.

Selain itu, biasanya wallpaper juga dapat menimbulkan kesan hangat pada ruangan.

Pajangan Dinding

Selain wallpaper, letakkan pajangan dinding pada kamar tidur, Beberapa pajangan yang membuat kamar semakin cantik yakni berupa lukisan, foto, hingga hiasan dinding lainnya.

Poster artis masih menjadi sebagai media dekorasi kamar yang cukup murah meriah namun tetap dapat mencerminkan identitas si pemilik.

Namun, jangan memasang pajangan dinding dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini justru akan membuat kamar Anda terkesan sempit dan kurang rapi.

Letakkan Tanaman Hijau

Untuk semakin menghidupkan suasana ruang kamar tidur, tambahkan beberapa tanaman seperti pot mungil atau tanaman hijau seperti kaktus hias.

Pada kurun waktu tertentu, letakkan tanaman tersebut di luar ruangan agar tetap mendapatkan paparan sinar matahari.

Tambahkan Karpet

Cara mendekorasi kamar menjadi lebih menarik selanjutnya adalah dengan penambahan karpet. Anda dapat meletakkan karpet kecil pada bagian depan atau samping tempat tidur.

Hindari untuk memilih warna yang bertabrakan dengan warna dominan kamar tidur agar tidak memberikan kesan terlalu ramai dan tidak terkesan estetik

Pilih Sprei Cantik

Hal yang tak kalah pentingnya adalah warna dan corak sprei untuk tempat tidur. Pilih sprei yang memiliki motif dan warna cantik serta cocok untuk tempat tidur.

Sprei berwarna polos dengan selimut atau bedcover bermotif dapat dipilih untuk mendapatkan suasana yang nyaman dan menarik.

Continue Reading

Travel

10 Danau di Indonesia Yang Mempesona

Published

on

10 Danau di Indonesia Yang Mempesona
10 Danau di Indonesia Yang Mempesona - Foto : Glen Clarsten

Gencil News – Indonesia banyak memiliki keindahan alam yang mempesona. Pesona wisata di Indonesia terbentang dari Sabang – Merauke.  Potensi wisata alam Indonesia punya banyak pilihan. Indonesia merupakan negara dengan beragam bentang alam yang eksotis. Mulai dari gunung, danau, pantai, dan bawah laut, potensi wisata alam Indonesia tak pernah mengecewakan hati.

Berikut potensi wisata alam berupa danau, dirangkum Gencil.news dari Kemenparekraf

1. Danau Toba

Tak cuma menjadi danau terluas di Indonesia, Danau Toba juga merupakan salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil) dengan kedalaman mencapai 505 meter sehingga Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia.

2. Danau Towuti

Danau ini memiliki luas permukaan mencapai 561 km persegi yang menjadikannya danau terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba. Danau tektonik yang berusia jutaan tahun ini berada di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan dan merupakan bagian dari kawasan Taman Wisata Alam Danau Towuti. Danau ini merupakan salah satu dari 12 danau purba yang ada di dunia.

3. Danau Ranau

Jika melihat dari volume airnya, Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua yang ada di Indonesia. Berada di perbatasan antara provinsi Lampung dan Sumatera Selatan, Danau Ranau merupakan danau Vulkanik yang memiliki panjang 16 km, lebar 8 km, luas permukaan 125,9 km persegi, kedalaman maksimal 229 meter, dan volume air mencapai 21,95 km kubik. Di tengah danau ini terdapat Pulau Marisa yang menjadi salah satu destinasi wisata karena keberadaan tempat pemandian air panas alami.

4. Danau Singkarak

Berada di Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Sumatera Barat, Danau Singkarak menawarkan pemandangan memesona dan kerap dijadikan salah satu destinasi wisata wajib jika datang ke provinsi tersebut. Memiliki ukuran panjang 21 km, lebar 7 km, dengan luas permukaan 107,8 km persegi, Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Sebelum masa pandemi, lomba balap sepeda internasional Tour de Singkarak rutin diadakan setiap jelang akhir tahun.

5. Danau Matano

Sulawesi Selatan memiliki Danau Matano yang merupakan danau paling dalam di Indonesia bahkan di Asia Tenggara dan menempati urutan ke-11 di dunia dengan kedalaman 590 meter. Keindahan alam di kawasan danau ini menjadikannya salah satu destinasi wisata alam di Sulawesi Selatan.

6. Danau Poso

Di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Poso terdapat danau tektonik purba yakni Danau Poso. Danau ini memiliki panjang 32 km, lebar 16 km, dan luas permukaan 323 km persegi, dengan kedalaman mencapai 450 meter membuat Danau Poso menjadi danau terdalam ketiga di Indonesia. Meski berada di ketinggian 657 mdpl, gelombang air di danau ini hampir serupa dengan gelombang air laut. Danau ini memiliki unsur yang unik dengan pasirnya yang berwarna kuning keemasan.Suasana Danau Sentani, Jayapura. (Foto: Shutterstock/Setiono Joko Purwanto)Suasana Danau Sentani, Jayapura. (Foto: Shutterstock/Setiono Joko Purwanto)

7. Danau Sentani

Danau ini membentang dari Kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura. Dengan luas mencapai 9.360 hektar menjadikan Danau Sentani sebagai danau paling luas di Papua. Tak cuma terkenal akan keindahan alamnya, daya tarik wisata dari Danau Sentani adalah perhelatan Festival Danau Sentani yang diselenggarakan setiap bulan Juni. Festival ini menampilkan berbagai pertunjukkan adat yang diselenggarakan di sekitar danau sehingga kerap dimanfaatkan sebagai lokasi pariwisata yang seru.

8. Danau Sentarum

Danau Sentarum merupakan danau berjenis floodplain yang terletak di Kalimantan Barat. Meski kedalaman maksimumnya hanya mencapai 8 m, tapi danau ini memiliki luas sekitar 275 km persegi sehingga termasuk salah satu danau terbesar di Indonesia. Sebagai danau musiman, danau ini akan dipenuhi air selama 10 bulan di setiap tahunnya. Sedangkan di bulan-bulan berikutnya, danau ini akan surut dan membentuk kolam-kolam kecil.

9. Danau Paniai

Sebaiknya siapkan jaket tebal jika mau berkunjung ke destinasi wisata danau satu ini. Pasalnya Danau Paniai berada di ketinggian 1.742 mdpl yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Danau ini mempunyai luas permukaan 195 km persegi dengan kedalaman maksimal mencapai 50 meter.Suasana di Danau Maninjau, Sumatera Barat (Foto: Shutterstock/Zulfikri Sasma)Suasana di Danau Maninjau, Sumatera Barat (Foto: Shutterstock/Zulfikri Sasma)

10. Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan danau tektonik yang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Danau ini terletak di ketinggian 459 m, sehingga suhunya masih sejuk cenderung normal. Meski luasnya hanya mencapai 99,5 km persegi dengan kedalaman maksimal 165 m, salah satu danau terbesar di Indonesia ini terkenal dengan pemandangannya yang indah dan dikelilingi pegunungan. Untuk mencapai ke danau ini, siap-siap melewati Kelok 44 yang terkenal curam.

Nah, itulah 10 danau paling memesona di Indonesia yang tak hanya besar tetapi juga terkenal akan keindahan panoramanya. Destinasi wisata danau mana yang menjadi favorit Anda?

Sumber :

Continue Reading

Kuliner

Resep Masakan Khas Medan Ikan Mas Arsik

Published

on

Resep masakan khas medan ikan mas arsik

Gencil News- Resep masakan khas medan ikan mas arsik. Menu ikan selalu menjadi favorit dalam setiap acara. Baik itu ikan bakar, ikan goreng atau pun ikan yang di steam pengolahan nya. Ikan merupakan sumber protein hewani yang baik. Salah satu nya ialah  Ikan mas yang termasuk dalam kelompok ikan air tawar. Ikan mas juga banyak digemari karena bernilai gizi tinggi.

Resep masakan khas medan ikan mas arsik. Ikan mas sendiri dalam tatanan budaya suku batak sebagai wujud atau simbol berkat kehidupan. Dalam setiap adat batak ikan mas juga disertakan sebagai makanan yang dihadirkan mulai dari kelahiran, menikah, hingga kematian. Menu ikan mas dalam tatanan suku batak disebut ikan mas arsik. Sedangkan untuk filosofi dari ikan mas sendiri ialah hidup rukun bersama, seperti ikan mas yang berenang bersama-sama tanpa saling bertubrukan.

Makanan arsik biasa disajikan dengan bumbu kuning kunyit, dan bumbu khas batak seperti andaliman (rasa nya getir dan pedas) rias, asam gelugur dan buah kecombrang. Hidangan ikan mas arsik ini sangat nikmat jika ditambah dengan dengan kacang panjang, atau daun  singkong tumbuk.

Sedangkan Untuk makanan seperti arsik juga bisa diganti dengan ikan mujair atau nila untuk sehari-hari. Rasanya sendiri boleh dibilang asin, asam, dan pedas.

Resep masakan khas medan ikan mas arsik

Bahan utama:

  • 1 kg ikan mas 
  • 100 gram bawang  atau sesuaikan dengan banyaknya ikan
  • 1 sdm garam 
  • 200 gram kacang panjang, potong kecil-kecil
  • Air secukupnya untuk merebus 
  • Bahan bumbu halus:
  • 20 buah cabai rawit
  • 60 gram cabai merah 
  • 6 siung bawang putih 
  • 8 siung bawang merah 
  • 7 butir kemiri 
  • 3 ruas kunyit 
  • 3 ruas jahe 
  • 4 batang serai, diiris, lalu haluskan 
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 potong asam gelugur
  • 5 buah asam cikala atau patikala, bisa diganti dua buah jeruk nipis
  • 3-2 buah kecombrang dibelah atau rias.
  • 2 sdm andaliman, memarkan

Cara membuat:

  1. Bersihkan perut ikan dan buang insangnya. Sisik ikan tidak usah dibuang, lalu diamkan 10 menit dengan perasan jeruk nipis dan air garam supaya tidak amis.
  2. Masukkan 1/2 sdm bumbu yang sudah dihaluskan ke dalam perut ikan.
  3. Siapkan kuali di atas kompor. Susun serai, lengkuas, asam gelugur, asam cekala, andaliman, dan bunga kecombrang secara rapi.
  4. Letakkan ikan di atasnya. Masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan, lalu ratakan.
  5. Tuang air hingga ikan terendam secara keseluruhan.
  6. Siap dimasak.
  7. Tunggu sampai mendidih dan airnya berkurang, kemudian tambahkan kacang panjang dan bawang Batak supaya lebih sedap.
  8. Koreksi rasa dengan mencicip sedikit kuah.

Tips memasak ikan arsik

  • Pilih ikan yang masih segar dan masih hidup, sehingga ketika dimasak dagingnya enak dan empuk.
  • Jangan membolak-balikkan ikan ketika dimasak, supaya tidak hancur. 
  • Jangan lupa dengan bumbu khas Batak, yakni andaliman dan rias.
  • Sajikan ikan dengan taburan bumbu di atasnya biar lebih menarik.
Continue Reading

Milenial

Cek Cara Mendapatkan Photocard Ekslusif Untuk Army Indonesia

Published

on

By

Cek Cara Mendapatkan Photocard Ekslusif Untuk Army Indonesia

Gencil News- Bagi para Army bersiaplah mendapat kejutan dari Tokopedia yang akan memberikan Photocard Eksklusif Tokopedia x BTS pada 24 hingga 30 September 2021 nanti.

AVP of Fulfillment, Erwin Dwi Saputra menjelaskan bahwa Photocard Eksklusif ini akan dibagikan dengan waktu yang sudah ditentukan setiap pukul 15.00-16.00 WIB.

Ia mengungkapkan adanya program ini karena melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap Photocard Eksklusif Tokopedia x BTS 12th Anniversary Edition.

“Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat Indonesia selama program ini berlangsung. Penjual di Tokopedia yang mengikuti program ini pun berhasil mencatat kenaikan transaksi rata-rata 26 kali lipat. Jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya,” kata Erwin. Pada hari Kamis (23/9/2021).

Hal ini juga karena BTS dan Coldplay yang sudah rampung melakukan proses perekaman pada proyek terbaru mereka.

BTS dan Coldplay nantinya akan memberikan persembahan spesial lewat single My universe.

Nantinya, program Photocard Eksklusif ini akan berlangsung selama 1 jam akan mendapatkan Photocard Eksklusif bergambar BTS. Yang merupakan salah satu ambassador tokopedia

Untuk mendapatkannya, Erwin mengatakan bahwa pengguna harus mengklaim kupon flash Sale Photocard pada halaman kampanye setiap hari selama periode kampanye. Pada jam yang sudah ditentukan

Nantinya, pengguna harus berbelanja produk Flash Sale BTS minimal Rp50 ribu dengan logo Bebas Ongkir Ekstra. Pada aplikasi Tokopedia dan menggunakan Kupon Flash Photocard saat melakukan pembayaran

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING