Hutan Mangrove Kalbar Sita Perhatian Mahasiswa Belanda – Gencil News
Connect with us

Gaya Hidup

Hutan Mangrove Kalbar Sita Perhatian Mahasiswa Belanda

Published

on

GENCIL.NEWS PONTIANAK-Hutan mangrove di Bentang Pesisir Padang Tikar (BPPT) Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat diakui lebih bagus jika dibanding dengan hutan mangrove yang ada di negara Myanmar.

Pegiat lingkungan berkewarganegaraan Belanda, Bowie Meijer, tertarik dengan kombinasi ekologi, ekonomi dan sosial berbasis masyarakat kawasan hutan tersebut.

Peneliti mangrove Sahabat Masyarakat Pantai (Sampan) Kalimantan, Bakti mengatakan adalah Bowie Meijer, merupakan pegiat lingkungan asal negara Belanda yang sangat tertarik dengan hutan mangrove.

“Selain pegiat lingkungan, Bowie merupakan mahasiswa di Universitas Utrech. Kedatangan dia ke sini guna studi tentang pengelolaan proteksi dan produksi dilahan gambut dan mangrove di wilayah Bentang Pesisir Padang Tikar, Kubu Raya,” ungkapnya kepada Gencilnews Sabtu (10/2/2018).

Baca juga   Protokol Baru Tingkatkan Peluang Bertahan Hidup dalam Kasus Henti Jantung

Menurutnya Bowie sangat konsen dengan hal yang berbau lingkungan yang juga telah mendatangi berbagai negara untuk melakukan studi tentang lingkungan.

Saat tinjuannya ke BPPT, diakuinya Bowie banyak belajar utamanya tentang kombinasi ekologi, ekonomi dan sosial berbasis masyarakat kawasan hutan. “

Ia kagum dengan apa yang sudah dilakukan masyarakat BPPT,” katanya.

Saat diskusi dengan masyarakat, LPHD dan Kepala Desa Sungai Besar, terkait penjelasan penanganan kebakaran hutan dengan membentuk “Satgas Padamkan” sebagai upaya pencegahan dini kebakaran lahan membuat warga Belanda itu takjub. Selain itu tanggapan soal penanaman nanas, aloevera dan asam paya di lahan gambut bekas kebakaran benar-benar menyita perhatian Bowie.

Bouwie juga terkesan saat melihat Hutan Mangrove Batu Ampar dan Tanjung Harapan yang Masih terjaga. Menurutnya dia pernah ke mangrove Myanmar namun tidak sebagus di bentang pesisir yang memiliki tegakan hutan yang masih masuk dalam kategori virgin forest dan juga pengembangan ekonomi di kawasan mangrove seperti pengembangan madu kelulut, madu mangrove dan sylvofishery kepiting bakau tanpa merusak hutan.

Baca juga   Wisatawan Bali Tetap Ramai, Tak Terpengaruh Isu Corona

“Bowie sangat tertarik belajar di Sampan karena Sampan sudah melakukan hal yang kongkrit dalam praktik pengelolaan dengan menyeimbangkan antara proteksi dan ekonomi dikawasan hutan mangrove dan gambut,” paparnya.

Ia menambahkan skema Hutan desa menjadi angin segar karena dengan keluarnya legalitas hutan desa yang dibantu oleh Sampan menjadi tonggak baru bagi masyrakat di Kawasan Hutan yang memiliki hak dalam mengelolaan hutan di desa mereka sendiri

 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Milenial

Prediksi Bidang Karier Yang Memiliki Peluang Besar Masa Mendatang

Published

on

By

Prediksi Bidang Karier Yang Memiliki Peluang Besar Masa Mendatang

Gencil News – Selagi pandemi global masih membatasi aktivitas warga dunia, banyak orang putus asa dengan masa depan mereka. Namun pakar memprediksi bahwa setelah masa yang suram, industri kerja akan diwarnai dengan tumbuhnya lapangan kerja.

Dikatakan jika ada beberapa bidang yang berkembang sehingga bisa jadi referensi kamu memilih jurusan kuliah atau memperluas ilmu dan pengalaman. Apa saja?

1. Bidang Kesehatan

Pandemi Corona mengubah banyak hal tentu termasuk industri kerja. Banyak orang kehilangan pekerjaan tapi ada pula posisi-posisi yang semakin dibutuhkan. Salah satunya dalam bidang kesehatan. Kebutuhan untuk tenaga medis semakin meningkat selagi kesehatan menjadi hal yang sangat anda perhatikan belakangan.

Melansir dari Forbes, sebanyak 500 ribu perawat berlisensi akan dibutuhkan di 2027. Tak hanya bekerja di rumah sakit, pada masa depan perawat juga semakin dibutuhkan di tempat-tempat publik bahkan untuk traveling. Selain banyak dicari, perawat juga menjanjikan penghasilan yang tidak sedikit. Berdasarkan data statistik, profesi ini termasuk yang sedikit berutang.

Baca juga   Arab Saudi Tangguhkan Umrah untuk Sementara Waktu

2. Informasi Teknologi

Bukan rahasia lagi informasi teknologi menjadi bidang yang akan semakin diminati di 2022. Tapi trennya mengalami perkembangan. Jika karena WFH menjadi sebuah budaya baru, namun juga membutuhkan fasilitas untuk memudahkannya. Karena itu, kebutuhan untuk software dan aplikasi untuk kerja remote meningkat.

Jika banyak perusahaan mencari orang untuk belajar coding online, pekerjaan terkait coding pun direkomendasikan. Bukan hanya untuk fresh graduate tapi juga kamu yang berniat untuk pindah jalur karier. Pengembangan software sendiri diprediksi akan meningkat 22% karena itu patut dipertimbangkan.

3. Supply Chain Management

Supply Chain Management atau manajemen rantai pasok bisa diartikan sebagai mekanis yang menghubungkan semua pihak yang bersangkutan. Tujuannya adalah untuk memenangkan persaingan pasar dengan menyediakan produk atau jas terbaik. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh pandemi Corona di mana banyak orang melakukan ‘panic buying’.

Baca juga   Pegawai Swasta dan PMI Mau Mudik Lebaran, Cek Dulu Persyaratannya

Untuk bekerja di bidang ini umumnya kamu bisa memilih profesi seperti agen pembelian, analis logistik, atau manajer distribusi. Biasanya mereka memulai dengan kuliah S1 yang berhubungan dengan matematika, statistik, atau prinsip teknik.

4. Manajemen Keuangan

Mencari kerja di industri keuangan memang banyak saingan tapi bidang tersebut tidak pernah surut dan selalu butuh pekerja. Diperkirakan jika manajemen finansial sendiri akan tumbuh sebanyak 15% dalam 10 tahun mendatang. Salah satu posisi yang selalu dicari adalah manajer keuangan yang dibutuhkan untuk menganalisa pengeluaran dan pemasukan perusahaan selagi mencari cara cari keuntungan.

5. Aktuaria dan Statistik

Bidang kerja klasik yang juga semakin diminati ke depannya adalah perpajakan dan statistik. Dikatakan jika keduanya diprediksi tumbuh sekitar 20% dan menghasilkan pendapatan cukup potensial. Ilmu aktuaria dan statistik umumnya dibutuhkan di perusahaan perpajakan untuk memiliki klien potensial hingga mengevaluasi risiko. Selain lulusan universitas dari jurusan-jurusan tersebut, kamu juga bisa mempelajarinya dari serangkaian tes atau sertifikasi.

Continue Reading

Travel

Tawangmangu Destinasi Herbal Tourism Indonesia

Published

on

Tawangmangu Destinasi Herbal Tourism Indonesia
Tawangmangu Destinasi Herbal Tourism Indonesia - sumber dan 📸Kemenparekraf

Gencil News – Guna membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mendorong pengembangan wisata kesehatan, yaitu wellness tourism dan herbal tourism di Indonesia.

Wisata kesehatan sendiri adalah kegiatan wisata yang mengedepankan peningkatan kesehatan, kebugaran fisik, sekaligus pemulihan kesehatan spiritual dan mental wisatawan.

Mengembangkan wisata kesehatan di Indonesia tentu menjadi langkah yang tepat karena memiliki pasar yang besar.

Mengingat setiap tahunnya masyarakat Indonesia menghabiskan sekitar 11 miliar dolar AS untuk berwisata kesehatan di luar negeri.

Dalam hal herbal tourism contohnya. Indonesia memiliki potensi yang besar dalam mengembangkan konsep herbal tourism.

Mengingat, Indonesia dikenal memiliki sekitar 7.000 tanaman herbal dan rempah yang kerap digunakan untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan penyembuhan.

Misalnya, tradisi mengolah tanaman herbal menjadi ramuan jamu yang berkhasiat untuk kebugaran dan pengobatan yang ada dari zaman dahulu hingga sekarang.

Kemudian, olahan herbal yang juga kerap digunakan dalam perawatan tubuh dan kecantikan.

Tawangmangu Sebagai Destinasi Herbal Tourism

Sebenarnya, saat ini sudah ada beberapa destinasi wisata yang difokuskan sebagai wellness tourism dan herbal tourism, seperti Bali, Yogyakarta, dan Tawangmangu di Solo.

Baca juga   Bus Wonderful Indonesia Ramaikan Jalan di Kuwait City

Hal ini disebabkan karena ketiga destinasi wisata tersebut memiliki ciri khasnya masing-masing, sehingga sangat potensial dalam mengembangkan wisata kesehatan.

Dipilihnya Tawangmangu sebagai destinasi herbal tourism juga bukan tanpa alasan. Pasalnya, di Tawangmangu sudah terdapat pusat kesehatan herbal milik Kementerian Kesehatan, yang berpotensi mendorong perkembangan herbal tourism di Indonesia.

Terlebih lagi, pengobatan tradisional menggunakan bahan-bahan herbal di Tawangmangu telah teruji secara ilmiah.

Sebab, di Tawangmangu memiliki program saintifikasi jamu, dan setiap herbal diuji keamanan, mutu, serta khasiatnya sampai layak untuk dikonsumsi.

Sehingga, sangat memungkinkan jika nantinya jamu, sebagai salah satu minuman tradisional khas Indonesia, dapat menjadi daya tarik wisata kesehatan di Tawangmangu.

Ditambah lagi, Tawangmangu memiliki banyak produksi minuman berbahan herbal yang sangat berpotensi sebagai destinasi herbal tourism di Indonesia.Ilustrasi pembuatan jamu atau ramuan herbal khas Indonesia. (Foto: Shutterstock/Odua Images)

Ilustrasi pembuatan jamu atau ramuan herbal khas Indonesia. (Foto: Shutterstock/Odua Images)

Olahan Jamu Asli Tawangmangu

Setidaknya, ada sekitar 800 jenis tanaman herbal yang dibudidayakan di Tawangmangu. Seluruh koleksi tanaman obat di Tawangmangu berkhasiat untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai penyakit.

Contohnya tanaman obat sambiloto yang dapat mencegah diabetes, pace yang mengandung antioksidan tinggi, tempuyung untuk melancarkan air seni, dan daun handeuleum untuk mengatasi wasir.

Baca juga   Jimut, Kue Tradisional dari Masyarakat Dayak Mualang

Obat herbal lainnya seperti kunyit yang bisa mengobati maag, seledri untuk mengatasi hipertensi, hingga daun jambu biji untuk mengatasi diare telah diuji klinis di Tawangmangu.

Selain mengenal jamu-jamuan, Tawangmangu juga mengembangkan potensi aroma terapi, meditasi, makanan sehat, hingga jelajah alam.

Menariknya lagi, wisatawan juga akan diberikan informasi tentang sejarah jamu dan tradisi herbal Jawa sebagai satu paket wisata.Bahkan, wisatawan yang berkunjung ke Tawangmangu juga bisa mengunjungi Rumah Riset Jamu Hortus Medicus – B2P2TOOT.

Rumah Riset Jamu merupakan klinik saintifikasi, laboratorium, griya jamu, museum, ruang sinema, perpustakaan, serta rumah kaca adaptasi dan pelestarian tanaman obat.

Sehingga, dengan adanya pengembangan herbal tourism di Tawangmangu, diharapkan dapat menjadi perpaduan antara pengobatan, nilai ekonomis, wisata, hingga edukasi yang dapat mengenalkan ramuan herbal asli Indonesia ke kancah internasional.

Destinasi Wisata Menarik di Tawangmangu

Selain wisata jamu, ada berbagai destinasi wisata menarik di Tawangmangu yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Air Terjun Grojogan Sewu.

Sangat menawan, pasalnya aliran air di Air Terjun Grojogan Sewu selalu deras, bahkan di musim kemarau.

Baca juga   Wisatawan Bali Tetap Ramai, Tak Terpengaruh Isu Corona

Uniknya, untuk mencapai air terjun setinggi 80 meter ini kita harus melewati 1.250 anak tangga.

Namun jangan khawatir, karena pemandangan hutan hijau yang asri dan udara sejuk membuat kita lupa akan lelah melewati ribuan anak tangga.

Selain air terjun, Tawangmangu juga punya Bukit Mongkrang. Berada di selatan Gunung Lawu, Bukit Mongkrang sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melupakan penat sambil menikmati hamparan ilalang yang indah sambil ditemani udara yang sejuk.

Destinasi wisata di Tawangmangu yang tak kalah menarik adalah Rumah Atsiri Indonesia. Tempat wisata yang berlokasi di Jalan Watusambang, Plumbon, Tawangmangu ini sebenarnya merupakan hasil restorasi dari pabrik Citronella Indonesia Bulgaria.

Berbeda dengan kedua tempat wisata sebelumnya, Rumah Atsiri Indonesia dipenuhi dengan berbagai jenis bunga yang cantik warna-warni.

Selain menikmati bunga, wisatawan dapat mengunjungi museum essential oil untuk mengenali sejarah minyak atsiri.

Jangan langsung pulang, karena kita juga bisa menikmati berbagai makanan khas dari minyak atsiri, belanja oleh-oleh di toko aromatik, hingga melihat langsung berbagai jenis tanaman penghasil minyak atsiri.

SUMBER

Continue Reading

Kesehatan

Mengenal Bipolar yang Menjadi Masalah Kesehatan Mental

Published

on

Mengenal Bipolar yang Menjadi Masalah Kesehatan Mental

Gencil News– Bipolar adalah kondisi gangguan kesehatan mental yang bisa menyebabkan perubahan suasana hati yang ekstrem dalam satu waktu.

Keadaan ini biasanya meliputi perasaan sangat bahagia (mania atau juga hipomania) menjadi sangat sedih daam waktu yang bersamaan juga.

Selanjutnya, masalah kesehatan mental yang terjadi pada penderita gangguan bipolar biasanya terjadi dalam siklus yang secara tiba-tiba.

Sehingga bisa membuat kehilangan minat bgi penderita dalam sebagian besar aktivitasnya. 

Perubahan suasana hati ini dapat memengaruhi tidur, aktivitas, perilaku, dan kemampuan untuk dapat berpikir jernih.

Perubahan suasana hati dapat terjadi jarang atau beberapa kali dalam setahun. Seringkali di antara perubahan keduanya, penderita bipolar tetap mengalami kondisi suasana hati yang normal.

Baca juga   Bus Wonderful Indonesia Ramaikan Jalan di Kuwait City

Dalam kebanyakan kasus, gangguan bipolar diobati dengan obat-obatan dan konseling psikologis (psikoterapi).

Tanda-tanda Bipolar

Bicara Cepat

Penderita akan berbicara dengan cepat meluapkan isi pikirannya secara tiba-tiba dengan episode yang berlanjut.

Depresi

Depresi merupakan gejala yang paling umum terjadi pada penderita bipolar. Saat masa gembira penderita telah berakhir, biasanya dirinya akan mudah merasa depresi hingga stres kronis bahkan tidak mampu melakukan kegiatannya.

Baca juga   Jokowi Targetkan Rehabilitasi 600 Ribu Hektare Hutan Mangrove Hingga 2024

Mudah Tersinggung

Lebih mudah merasa tersinggung pada beberapa hal yang sebenarnya tak memiliki hubungan dengannya. Biasanya penderita akan mudah marah.

Impulsif

Tanda-tanda selanjutnya adalah perilaku impulsif atau sembrono. Penderita dapat melakukan berbagai hal yang tidak konsisten dengan apa yang biasanya dilakukan seperti menghabiskan uang secara berlebihan dan sebagainya.

Irasional

Tanda-tanda bipolar berikutnya adalah muncul pikiran dan tindakan irasional. Biasanya, gejala ini terjadi pada saat masa gembira.

Hypomania

Tanda-tanda ini merupakan yang sering terjadi pada penderita bipolar. Hypomania merupakan sebuah kondisi penderita yang memiliki energi luar biasa. Ia akan lebih mudah untuk tertawa dan merasa gembira

Cara mengatasi terapi bipolar sampai saat ini ialah dengan cara melakukan konseling secara terkontrol dengan psikiater dan juga melakukan perawatan therapi obat.

Continue Reading

Travel

Bingung Mencari Tes Swab Dan Antigen Murah, Lion Grup Solusinya

Published

on

By

Bingung Mencari Tes Swab Dan Antigen Murah, Lion Grup Solusinya

Gencil News- Kini Lion Air Group kembali menurunkan harga tes swab-nya. Kini harga tes PCR mulai dari Rp285 ribu. Serta untuk antigen sendiri menjadi Rp35 ribu.

Dilansir dari rilis resminya untuk harga tes PCR yang Lion Air Grup berikan bervariasi tergantung lokasinya.

Berikut lokasi serta waktu penerapan penyesuaian PCR dan Antigen dari Lion Air Group :

Baca juga   Bawa Powerbank di Pesawat, Sekarang Ada Aturannya

1. PCR Rp 285.000

– Efektif Senin (23/8)
– Tarif ini khusus di mitra jejaring fasilitas kesehatan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi)
– Keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang (CGK) dan Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) serta bandar udara lain

2. PCR Rp 380.000

– Efektif Senin (23/8)
– Tarif ini khusus di mitra jejaring fasilitas kesehatan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) dan jejaring Mitra Medika di Sumatera Utara
– Keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang (KNO) dan bandar udara lain

3. PCR Rp 335.000

– Efektif Jumat (20/08)
– Tarif ini khusus pengambilan sampel di Kantor Lion Air Group – Jendela Indoensia Manado kerjasama fasilitas kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Provinsi Sulawesi Utara
– Keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi (MDC) dan bandar udara lain

Baca juga   Wisatawan Bali Tetap Ramai, Tak Terpengaruh Isu Corona

4. Antigen Rp 35.000

– Efektif Jumat (20/8)
– Secara nasional di mitra kerjasama fasilitas kesehatan
– Keberangkatan dari bandar udara sesuai (mengikuti) persyaratan perjalanan udara yang berlaku.

Syarat mendapatkan Tes PCR dan Antigen dari Lion Air Group :

  1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air)
  2. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket)
  3. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan antigen atau PCR, maka pembelian voucher dapat dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code)
  4. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan
  5. Proses pengambilan sampel PCR harap dilakukan 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku
  6. Apabila hasil uji dinyatakan positif Covid-19, maka calon penumpang Lion Air Group mengajukan proses perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa dikenakan biaya.
Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING