Connect with us

Gaya Hidup

Janda Bolong Tanaman Hias Ratusan Juta Yang Meroket

Published

on

Janda Bolong Tanaman Hias Puluhan Juta Yang Meroket

Gencil News- Janda Bolong Tanaman Hias Puluhan Juta Yang Meroket. Nama Latin Tanaman Monstera atau yang kerap disebut Janda Bolong ini merupakan spesies tanaman merambat tropis atau semak asli dari Amerika Tengah. Monstera variegata merupakan salah satu tanaman hias yang sangat populer diperbincangkan akhir-akhir ini. Harga tanaman hias monstera variegata bisa mencapai ratusan juta.

Monstera adalah tanaman tropis dari keluarga Araceae, keluarga Aroid. Tanaman tersebut termasuk dalam satu dari sedikit Aroid yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Terutama Monstera deliciosa, meskipun mereka jarang berbunga atau menghasilkan buah yang dapat dimakan.

Monstera diketahui secara resmi oleh dunia botani sejak awal abad ke-20, meskipun sebenarnya tanaman ini telah dikenal lebih lama oleh masyarakat Amerika Tengah. Monstera terkenal dengan adanya lubang daun alami yang dijuluki Swiss Cheese Plant.

Kendati mulai ramai dikenal sejak beberapa tahun lalu, harga janda bolong melesat baru beberapa bulan terakhir. Salah satu kemungkinan peningkatan harga tersebut adalah tingginya permintaan dan minimnya persediaan.

Harga tanaman yang disebut mencapai ratusan juta Rupiah tersebut bukan tidak mungkin menarik minat banyak orang untuk turut berbisnis tanaman ini. Tentu saja, bagi yang berminat, tidak ada salahnya untuk membeli atau menjual tanaman hias ini.

Selain dijual dengan harga mencapai ratusan juta rupiah, janda bolong ternyata juga laku dijual per lembar daunnya. Satu lembar daun janda bolong harganya bisa mencapai Rp15 juta. Selain janda bolong, ada jenis tanaman hias Monstera lainnya yang juga laris manis dijual per helai daunnya.

Salah satu e-commerce menjual tanaman monstera atau janda bolong jenis adansonii yang dijual mencapai Rp 25 juta untuk satu pot tanaman. Harga janda bolong ini meroket lantaran permintaan yang begitu banyak namun tidak diimbangi dengan jumlah budidaya tanaman tersebut. 

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kuliner

Resep Praktis Membuat Sambal Bawang Kemasan Ala Rumahan

Published

on

Resep Praktis Membuat Sambal Bawang Kemasan Ala Rumahan

Gencil News– Resep praktis membuat sambal bawang kemasan ala rumahan. Jika Bicara mengenai sambal, kali ini kita akan mencoba resep super praktis sambal bawang yang pedas dan gurih. di indonesia dengan beragam menu makanan yang sangat bervariasi maka makanan pendamping seperti sambal sangat menambah selera makan.

Sambal merupakan masakan pendamping yang bisa menambah rasa nikmat pada setiap masakan. Resep Praktis Membuat Sambal Bawang Kemasan Ala Rumahan bisa menjadi alternatif.

Makan sambal dengan tempe, tahu atau daging goreng bumbu ketumbar dan nasi hangat, ini rasanya sudah jadi menu andalan yang menggugah selera siapa saja.

Salah satu sambal yang populer dikalangan masyarat Indonesia adalah sambal bawang. Ternyata sambal ini adalah perpaduan cabai dengan bawang hingga menjadi kombinasi yang pas di lidah orang-orang Indonesia.

Resep Praktis Membuat Sambal Bawang Kemasan Ala Rumahan

Bahan-Bahan :

  • Bawang merah 10 siung
  • Bawang Putih 5 siung
  • Cabe merah besar ¼ ons
  • Cabe kecil pedes 1/2 kg
  • Kaldu jamur
  • Garam secukupnya
  • Air asem Jawa 50ml (opsional)
  • Jeruk purut peras sedikit (opsional biar segar dan harum)


Cara Membuat:

  1. Goreng cabe dan bawang lalu tiriskan
  2. Setelah ditiriskan, ulek cabe dan bawang bersamaan
  3. Lalu tumis hasil ulekan cabe dan bawang pd minyak yg panas
  4. Aduk merata lalu tambahkan garam dan kaldu jamur
  5. Tambahkan air asem Jawa kurang lebih 50ml
  6. Tambahkan dengan separuh jeruk purut
  7. Aduk tunggu sampe matang  dan dinginkan hingga dingin
  8. Masukkan ke dalam botol kemasan
  9. Bisa juga ditambahkan udang rebon, cumi atau pete sesuai selera.

Continue Reading

Kesehatan

Kenali 6 Gejala Utama Kelebihan Gula Pada Tubuh

Published

on

Kenali 4 Gejala Utama Kelebihan Gula Pada Tubuh

Gencil News- Kenali 6 Gejala Utama Kelebihan Gula Pada Tubuh. Jika anda Pernah mengalami hal seperti merasa selalu haus atau tubuh terasa lemas meski sudah mengonsumsi makanan, kemungkinan hal ini menandai kalau gula darah dalam tubuhmu sedang meningkat.

Diketahui bahwa kelebihan gula pada tubuh bisa menyebabkan berbagai macam penyakit yang timbul dikemudian hari. Salah satu nya ialah diabetes.

Diabetes sendiri merupakan penyakit di mana tubuh tidak mampu membuat cukup insulin atau tidak dapat menggunakan jumlah normal insulin dengan benar.

Sedangkan insulin adalah hormon yang mengatur jumlah gula dalam darah, dimana tingkat gula darah yang tinggi dapat menyebabkan masalah di banyak bagian tubuh.

Jangan anggap remeh kondisi ini, sebab gula darah yang meroket berkaitan dengan diabetes. Bahkan, bisa mengakibatkan kerusakan saraf, pembuluh darah, dan bisa mengancam nyawa.

Normalnya kadar gula darah apabila dirinya memiliki kadar gula darah puasa lebih dari 126 miligram per desiliter (mg/dl) atau kadar gula darah sewaktu lebih dari 200 mg/dl. Kadar gula darah yang meroket ini sering dialami pengidap diabetes. Penyebabnya bisa karena lupa atau tidak mengonsumsi obat penurun glukosa atau menyuntikkan insulin.

Kenali 6 Gejala Utama Kelebihan Gula Pada Tubuh. Dilansir dari Alodokter, Berikut adalah beberapa tanda kelebihan gula yang perlu Anda waspadai:

1. Mulut terasa kering

Salah satu tanda kelebihan gula yang paling umum adalah mulut terasa kering. Hal ini biasanya disebabkan oleh terganggunya produksi air liur oleh kelenjar ludah. Mulut kering akan meningkatkan risiko munculnya infeksi jamur dan bakteri pada mulut.

2. Sering merasa haus dan buang air kecil (BAK)

Waspadai rasa haus yang sering muncul meski telah banyak minum. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi tanda kelebihan gula.

Penumpukan gula dalam darah akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring dan membuangnya, sehingga BAK jadi lebih sering dan cairan yang keluar lewat urine juga jadi lebih banyak. Hilangnya banyak cairan lewat urine inilah yang menimbulkan rasa haus.

3. Cepat merasa lelah

Gula merupakan sumber energi yang utama untuk tubuh. Namun, jumlah yang berlebihan tanpa diikuti pengolahan yang tepat, misalnya karena terganggunya fungsi insulin atau karena tidak cukupnya jumlah insulin, akan membuat energi tersebut tidak dapat digunakan oleh tubuh. Akibatnya, tubuh akan lemas dan cepat lelah.

4. Selalu merasa lapar

Tanda kelebihan gula selanjutnya adalah selalu merasa lapar. Pada diabetes, meski penderitanya sudah makan banyak, gula yang diserap dari makanan tidak dapat masuk ke dalam sel, sehingga sel-sel tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup. Hal ini akan membuat tubuh terus merasa lapar dan nafsu makan meningkat.

5. Penglihatan kabur

Saat kadar gula darah meningkat, salah satu bagian tubuh yang langsung terkena dampaknya adalah mata. Ini karena kadar gula darah yang tinggi menyebabkan lensa mata membengkak, sehingga mengganggu kemampuan mata untuk melihat.

6. Mengalami perubahan warna kulit

Meningkatnya kadar gula darah juga bisa menyebabkan perubahan warna kulit di daerah-daerah lipatan tubuh, misalnya di leher atau buku-buku jari.

Pada dasarnya, peningkatan kadar gula darah erat kaitannya dengan pola makan, gaya hidup, dan jumlah serta kemampuan insulin. Mengonsumsi makanan secara berlebih, tidak memerhatikan kebutuhan kalori, dan jarang berolahraga merupakan faktor-faktor yang bisa menyebabkan naiknya kadar gula darah secara drastis.

Jika Anda mengalami tanda kelebihan gula yang dipaparkan di atas, sebaiknya segeralah periksakan diri ke dokter untuk memastikannya. Dan bila Anda menderita diabetes atau prediabetes, lakukanlah pemeriksaan rutin ke dokter agar kadar gula darah tetap terkontrol

Continue Reading

Tips

Rambut Bermasalah Karna Ketombe bisa diatasi dengan Lidah Buaya

Published

on

Rambut Bermasalah Karna Ketombe bisa diatasi dengan Lidah Buaya

Gencil News- Rambut Bermasalah Karna Ketombe bisa diatasi dengan Lidah Buaya. Ketombe atau dandruff adalah serpihan kulit kepala berwarna putih atau keabu-abuan. Serpihan ini mudah terlihat di kepala dan berjatuhan ke bahu. Meski ketombe tidak menular dan sangat jarang menjadi penyakit serius, memiliki ketombe di kepala dapat menurunkan rasa percaya diri.

Ketombe disebabkan oleh pertumbuhan dan kerontokan sel kulit kepala yang terlalu cepat. Diduga hal itu disebabkan oleh gangguan pada kelenjar penghasil minyak di kulit kepala, yang membuatnya terlalu banyak memproduksi minyak kulit.

Cara mengatasi ketombe ialah dengan menggunakan sampo antiketombe setidaknya 3 kali dalam seminggu. Atau coba gunakan obat ketombe yang dijual bebas atau sesuai resep dokter. Batasi konsumsi makanan tinggi gula, pedas, atau mengandung banyak garam. Batasi penggunaan produk perawatan rambut, seperti gel dan hairspray dan Kelola stres dengan baik.

Rambut Bermasalah Karna Ketombe bisa diatasi dengan Lidah Buaya. Sebuah studi pada 1998 menemukan, lidah buaya membantu menyembuhkan peradangan kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe. Asam lemak yang ditemukan dalam tanaman sukulen itu memiliki sifat anti-inflamasi.

Vitamin A, C, dan E di dalamnya juga berkontribusi besar dalam pergantian sel dan mendorong pertumbuhan sel yang sehat. Penggunaannya pada rambut akan membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Cara penggunaannya pun mudah.

Anda bisa memotong dan mengupas lidah buaya lalu mengoleskan dagingnya pada kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Untuk manfaat yang optimal, Anda bisa mengulangi proses ini dua kali seminggu.

Cara membuat masker lidah buaya untuk rambut juga sangat mudah, caranya:

  1. Potong dua atau tiga daun lidah buaya yang besar-besar.
  2. Kemudian kupas kulitnya hingga mendapatkan daging buahnya.
  3. Tanpa perlu tambahan air, haluskan lidah buaya dengan bantuan blender.
  4. Saring lidah buaya yang telah halus dan tempatkan dalam wadah.
  5. Setelah keramas, oleskan lidah buaya secara menyeluruh dan rata dari akar ke ujung rambut.
  6. Pijat sesekali rambut anda
  7. Setelah itu, diamkan selama sekitar satu jam.
  8. Bilas rambut hingga bersih.

Apabila kulit menjadi gatal dan kemerahan setelah Anda mengoleskan masker lidah buaya, segera cuci sampai bersih. Bila perlu, konsultasikan ke dokter kulit agar dapat diberikan penanganan yang sesuai.

Continue Reading

TRENDING