Gaya Hidup

Kenali Jam Produktivitas Otak Bekerja Maksimal

Kenali Jam Produktivitas Otak Bekerja Maksimal

Gencil News- Kenali produktivitas otak bekerja maksimal pada jam tertentu. Otak adalah salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Organ ini tersusun dari sejumlah jaringan pendukung dan miliaran sel saraf yang saling terhubung.

Otak dilindungi oleh lapisan pembungkus yang disebut selaput otak (meninges) dan tulang tengkorak, serta terhubung ke saraf tulang belakang.

Otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat (SSP). Sistem saraf inilah yang kemudian bekerja sama dengan sistem saraf tepi untuk memberi kemampuan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas, seperti berjalan, berbicara, bernapas, hingga makan dan minum.

Kenali Jam Produktivitas Otak Bekerja Maksimal. Sama halnya dengan kondisi tubuh, dalam 24 jam kondisi otak juga dapat berubah dan memiliki ritme kerja. Hal ini baik untuk diketahui agar kamu dapat memaksimalkan pekerjaanmu sehari-hari.

Maka sebaiknya kenali produktivitas otak sehari-hari. Otak manusia memiliki jaringan dan tingkat kesadaran yang beragam. Jaringan tersebut bisa diaktifkan secara bergantian di luar kendali anda. Jadi kapan waktu terbaik untuk bekerja sama dengan otak kita?Kenali produktivitas otak bekerja maksimal pada jam tertentu

Baca juga   Dukung Hari Bumi dengan Merawat Tanaman Hias Bonsai
Kenali Jam Produktivitas Otak Bekerja Maksimal

Jam 7 – 9 pagi

Waktu ini menjadi saat yang tepat untuk membangun mood anda. coba dimulai dengan mendengarkan lagu kesukaan anda atau membaca beberapa pesan singkat yang menyenangkan di smartphone ini tentu nya akan berguna untuk penyemangat sebelum memulai hari.

Jam 7 – 11 pagi

Pada waktu ini, otak memproduksi hormon kortisol yang berfungsi untuk memfokuskan pikiran. Sehingga waktu ini menjadi waktu yang baik untuk belajar, mengerjakan tugas, dan segala hal lain yang membutuhkan konsentrasi.

Jam 11 pagi – 2 siang

Pada jam ini, disarankan untuk mulai mengerjakan pekerjaan yang sulit, karena pada waktu ini, hormon melatonin atau hormon tidur telah menurun, dan kondisi tubuh pun menjadi lebih siap untuk berhadapan dengan hal yang lebih sulit.

Baca juga   5 brand lokal yang punya koleksi Waist bag keren

Jam 2 – 3 siang

Setelah makan siang, asupan oksigen ke otak memang sedikit berkurang, dan menyebabkan kita menjadi cepat mengantuk. ketika masuk dan di fase jam ini tidak ada salahnya utuk mengistirahatkan diri sebentar dengan tidur siang yang efektif untuk membantu mengembalikan fungsi maksimal otak dengan tidur selama 15-30 menit.

Jam 3 – 6 sore

Semakin sore, sebenarnya otak kita semakin lemah untuk diajak bekerja sama. Pada fase ini otak masih bisa terus mengerjakan tugas-tugas, meskipun otak tidak setajam waktu sebelumnya.

Jam 6 sore – 8 malam

Masuk fase sore hari otak anda sudah masuk dalam masa ‘pemeliharaan’ yang berarti produksi hormon melatonin atau hormon tidur berada di level yang rendah.

Baca juga   Jadwal Kapal Dharma Kartika 7 Pontianak Semarang PP dan Harga Tiketnya

Pada jam ini, tidak ada salahnya untuk melakukan quality time dengan keluarga, teman, ataupun diri sendiri setelah melakukan banyak tugas seharian. pilihlah kegiatan ringan seperti makan malam, menonton televisi atau pun membaca beberapa artikel.

Jam 8 – 10 malam

Ketika memasuki fase ini kemungkinan badan sudah lelah sehingga aktivitas otak pun sudah lelah. pada jam ini otak butuh waktu untuk bersantai, bukan kembali bekerja. Hal ini perlu dilakukan agar kinerja otakmu kembali optimal keesokan harinya.

Jam 10 malam ke atas

Waktu ini menjadi waktu yang tepat untuk berhenti beraktifitas dan lekas tidur. Usahakan tidur dengan cahaya yang redup agar otak menjadi lebih rileks, dan tidur cukup selama 7 – 8 jam agar energi dan produktivitas otak kembali optimal.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

TERPOPULER

To Top