Connect with us

Hidup Sehat

Face Shield atau Masker Untuk Mencegah Covid 19, Pilih Mana?

Published

on

Face Shield atau Masker Untuk Mencegah Covid 19, Pilih Mana
Face Shield atau Masker Untuk Mencegah Covid 19, Pilih Mana? - Rocky Gencil News

Keunggulan face shield menyebabkan orang-orang lebih menyukainya dibanding masker. Lebih mudah bernafas. Lebih mudah didesinfeksi dan bisa digunakan kembali ialah beberapa keunggulan yang bisa didapatkan ketika menggunakan face shield. 

Menurut dokter spesialis penyakit menular yang juga merupakan ketua kedokteran di New York Winthrop Hospital, Bruce Polsky.

 Face shield bagi masyarakat umum merupakan alat pelindung diri yang sifatnya menjadi tambahan atau pelengkap yang digunakan bersamaan dengan masker.

Untuk penggunan face shield tanpa masker sangat tidak direkomendasikan karena celah yang berada di sisi samping face shield sangat memungkinkan partikel kecil yang mungkin mengandung virus corona akan masuk dan menginfeksi tubuh. 

Berbeda dengan masker. Face shield juga tidak memiliki komponen penghalang yang mampu memblokir aerosol sekresi pernapasan dari penggunanya. Oleh karena itu, penggunaan face shield tanpa masker dinilai tidak efektif untuk mencegah virus corona.

Meskipun keduanya memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing, tetapi banyak masyarakat yang menganggap bahwa face shield bisa memberikan perlindungan yang lebih baik ketimbang masker.

Anggapan ini ada karena face shield dinilai lebih mampu melindungi bagian wajah, seperti mata, hidung, dan mulut secara maksimal dari droplet

Namun nyatanya face shield bukanlah alat pelindung diri utama yang direkomendasikan dalam mencegah virus corona. WHO ataupun pemerintah, sampai saat ini masih merekomendasikan masker sebagai alat pelindung diri yang utama.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hidup Sehat

Bisa Jadi Sarang Bakteri Berikut 5 Tips Membersihkan Mesin Cuci

Published

on

Bisa Jadi Sarang Bakteri Berikut 5 Tips Membersihkan Mesin Cuci

Salah satu barang di rumah yang kerap terlewat untuk dibersihkan adalah mesin cuci. Menjaga kebersihan mesin cuci bukan hanya berdampak pada kenyamanan saat penggunaan.

Tapi juga mencegah dari timbulnya bakteri berbahaya seperti E.Coli dan Salmonela yang dapat muncul jika perangkat tidak terjaga higenitasnya. 

Kepedulian pada kebersihan di tengah masyarakat masih sebatas pada menjaga higenitas diri. Padahal penting juga untuk kita menjaga kebersihan barang-barang yang ada di sekitar rumah. 

Selain itu, merawat mesin cuci dengan baik, juga berpengaruh pada daya tahan dan kinerja perangkat secara keseluruhan. Tentunya, kita ingin meminimalisir berbagai kerusakan yang mungkin terjadi, apalagi di tengah pembatasan sosial yang membuat kita perlu lebih berhati-hati agar mengurangi kontak dengan orang dari luar.

Karena penting diingat, jika mesin cuci yang digunakan dirawat dengan baik, pakaian yang dicuci pun pastinya akan lebih terjaga kebersihannya, mesin cuci sebaiknya dilakukan minimal 2x dalam sebulan setelah mesin cuci digunakan dengan kapasitas maksimum.

Berikut tips bagaimana cara merawat mesin cuci secara mandiri dirumah :

  • Bersihkan karet pada bagian pintu mesin cuci

Karet pada bagian pintu mesin cuci juga harus rutin dilap atau dikeringkan setelah pemakaian. Jika tidak dibersihkan, area ini sangat rentan muncul jamur dan menyebabkan bau tidak sedap. Selain itu bersihkan juga bagian luar mesin cuci. Bagian luar mesin cuci pun harus rajin dibersihkan agar tidak kotor dan berdebu. Perhatikan juga kain yang digunakan. Hindari penggunaan kain basah karena dapat membuat mesin cuci korslet.

  • Cuci tabung bagian dalam mesin cuci

Setelah mencuci berbagai jenis pakaian kotor, tak jarang virus dan bakteri justru tertinggal di tabung mesin cuci. Karenanya, kebersihan bagian tabung mesin cuci perlu diperhatikan dengan seksama. Umumnya mesin cuci memiliki fitur membersihkan tabung yang bisa Anda pilih. Jalankan fitur ini dalam keadaan mesin cuci kosong tanpa pakaian kotor. Tambahkan sabun khusus pencuci tabung mesin cuci yang ada di pasaran. Lakukan secara teratur. 

  • Bersihkan laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur

Sisa-sisa detergen kerap tertinggal di laci penyimpanan. Sedangkan bagian filter, acap kali tersumbat oleh serat kain yang menempel. Jika dibiarkan, bakteri dapat berkembang biak dan kinerja mesin cuci juga ikut terhambat. Untuk membersihkan bagian ini, lepaskan laci tempat penyimpanan detergen dan filter mesin cuci, kemudian sikat dengan menggunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan sisa detergen dan serat kain, lalu bilas dan keringkan.

  • Pastikan pembuangan air tidak tersumbat

Menjaga pembuangan air tidak tersumbat berarti membantu mesin cuci agar dapat bekerja secara optimal. Bagi pemilik hewan peliharaan, kadang bulu bulu hewan menempel pada pakaian dan tertinggal di tabung mesin cuci. Bulu hewan peliharaan dapat membuat saluran pembuangan mesin cuci tersumbat dan dapat menghambat kinerja mesin cuci.

  • Pastikan pembuangan air tidak tersumbat

Menjaga pembuangan air tidak tersumbat, berarti membantu mesin cuci agar dapat bekerja secara optimal. Bagi pemilik hewan peliharaan, kadang bulu bulu hewan menempel pada pakaian dan tertinggal di tabung mesin cuci. Bulu hewan peliharaan dapat membuat saluran pembuangan mesin cuci tersumbat dan dapat menghambat kinerja mesin cuci. Bersihkan bagian mesin cuci ini setidaknya tiga bulan sekali. 

Continue Reading

Hidup Sehat

Manfaat Beras Hitam Yang Dinobatkan Menjadi Biji Gandum Paling Sehat

Published

on

Manfaat Beras Hitam Yang Dinobatkan Menjadi Biji Gandum Paling Sehat

GENCIL NEWS – Anda  mungkin belum pernah mendengar soal beras hitam? Tidak mengherankan memang, karena penggunaan beras hitam dalam menu makan masih belum seluas kerabat beras lainnya.

Di zaman modern seperti sekarang ini beras hitam sudah bebas untuk digunakan oleh siapapun. Indonesia bahkan menjadi salah satu lokasi budidaya beras hitam terbesar di Asia Tenggara, selain Filipina.

Warna hitam sebenarnya juga berasal dari pigmen antosianin, seperti pada beras merah. Tetapi, karena intensitasnya yang sangat tinggi, warna butiran beras menjadi ungu kehitaman.

Tentu saja khasiat antioksidannya pun jauh lebih besar. Kandungan gizilain, seperti halnya pada beras merah dan cokelat, tentu juga diunggulkan

Beras hitam kini dinobatkan menjadi salah satu biji gandum yang paling sehat di dunia. Apa saja manfaat dari beras hitam yang memiliki tekstur lengket dan rasa gurih.

  • Tinggi protein

Semangkuk nasi hitam mengandung karbohidrat yang lebih rendah daripada beras merah, namun lebih tinggi kandungan serat dan proteinnya. Satu porsi beras hitam (100 gram) menyediakan 17% dari asupan protein harian Anda.

  • Tinggi kandungan antioksidan

Beras hitam tinggi akan kandungan antocyanin. Kandungan antocyanin dalam beras hitam merupakan yang tertinggi dibandingkan varietas beras lainnya.

Bahkan, menurut Zhimin Xu, profesor tekonologi pangan di Louisiana State University, satu sendok makan nasi hitam mengandung antioksidan, serat, dan vitamin E yang jauh lebih tinggi daripada blueberry dalam jumlah sama.

Sebagai perbandingan, blueberry menduduki peringkat nomor satu dari buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi dibandingkan dengan 40 jenis buah dan sayuran lainnya.

  • Melindungi jantung

Beras hitam terbukti berperan dalam mencegah tekanan darah tinggi dan menurunkan pembentukan plak aterosklerotik di pembuluh darah jantung Aterosklerosis penyakit kardiovaskular yang mempengaruhi banyak orang di seluruh dunia.

Makan nasi hitam dikatakan dapat memangkas angka kematian yang cukup tinggi dari penyakit tersebut. Beras ini juga meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol LDL dan kolesterol total.

  • Melancarkan pencernaan

Serat membantu meningkatkan aktivitas gerak usus dan membantu meringankan sembelit. Serat dalam dosis tinggi dapat membantu mencegah penyerapan zat beracun dan membilasnya keluar dari tubuh.

Juga perlu diingat bahwa studi telah menemukan diet tinggi makanan berserat dari varietas padi dan gandum terbukti melindungi terhadap gangguan pencernaan seperti irritable bowel syndrome (IBS).

  • Bebas gluten

Sama seperti varietas beras lainnya, beras hitam secara alami bebas gluten, protein yang ditemukan dalam semua produk yang mengandung gandum dan/atau barley.

Banyak orang yang menderita alergi gluten mungkin menemukan beras ini membantu dalam menghilangkan masalah pencernaan yang terkait dengan sensitivitas gluten.

Continue Reading

Hidup Sehat

5 Varian Teh Paling Terkenal di Dunia Yang Mana Kamu Suka?

Published

on

Teh adalah salah satu minuman yang sangat populer di Indonesia. Bahkan, hampir di semua rumah memiliki simpanan teh untuk dikonsumsi setiap hari.

Dapat dikatakan kalau aroma teh sudah mengisi sendiri kehidupan masyarakat Indonesia.

Teh juga memiliki beberapa varian yang bermanfaat untuk tubuh. Berbagai varian teh ini tersebar di seluruh penjuru dunia. Apa saja? Yuk, simak informasi berikut ini:

Teh Hitam

Rasa yang ditawarkan oleh teh hitam adalah pekat dan kuat. Manfaat teh hitam bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, teh hitam juga mengandung antioksidan yang menyehatkan organ jantung dan sistem pencernaan.

Teh hitam yang paling terkenal di dunia berasal dari wilayah India. Yaitu Nilgiri, Darjeeling dan Assam. Ada juga yang berasal dari China, Keemun, Lapsang Souchong dan Yunnan. Masing-masing teh hitam tersebut memiliki karakter tersendiri. Ada yang aromanya serupa bunga anggrek, dan ada juga yang manis seperti madu.

Teh Hijau

Teh hijau mempertahankan keaslian warnanya meskipun melalui beberapa tahap proses pasca petik. Produsen yang paling populer adalah China dan Jepang. Warna teh hijau asal China lebih kuning pucat dan menghadirkan rasa citrus. Sedangkan di Jepang, warna tehnya benar-benar hijau. Yang paling terkenal adalah Gyukuro dengan kandungan klorofil yang tinggi.

Bagi yang sedang menjalankan program diet, teh ini bagus dikonsumsi. Pasalnya mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu pembakaran lemak.

Teh Oolong

Kandungan kafein teh oolong lebih sedikit ketimbang jenis teh lain. Rasanya juga tidak terlalu kuat. Beberapa variannya memiliki rasa dan aroma buah atau bunga. Negara yang banyak emngembangkan varian teh ini adalah China dan Taiwan. Manfaatnya untuk kesehatan adalah menjaga kolesterol dan gula darah, mengobati alergi kulit, dan mencegah osteoporosis.

Teh Putih

Daerah yang banyak memproduksi teh putih adalah Taiwan, China, India, Nepal Timur, dan Thailand Utara. Warna putih teh ini berasal dari rambut tunas teh yang belum terbuka. Seduhannya akan berwarna kuning pucat. Aromanya juga segar seperti bambu, bahkan ada juga yang beraroma almond. Teh putih memiliki kandungan antioksidan paling banyak dan mampu memblokir mutasi DNA pemicu penyakit kanker.

Teh Pu-erh

Teh ini berasal dari kota Pu-erh di Provinsi Yunnan. Proses fermentasinya seperti pada pembuatan wine dan yoghurt. Sebuah studi menyebutkan bahwa teh pu-erh dapat menurunkan kadar kolesterol.

Jadi, varian teh mana yang selama ini menjadi favorit Anda, sampai harus selalu menyetok persediaannya di rumah?

Continue Reading

TRENDING