Mengapa Bayi dan Orang Dewasa Cegukan? Ini Jawabannya

Gencil News – Sebuah studi menemukan bahwa cegukan sangat penting untuk perkembangan otak pada bayi dan dapat membantu mereka belajar bagaimana mengatur pernapasan mereka,

Selain itu, temuan menunjukkan cegukan pada orang dewasa bisa menjadi refleks yang tersisa dari bayi.

Ahli saraf di University College London (UCL) menemukan bahwa proses yang tidak disengaja dan sering kali mengganggu – yang disebabkan oleh kontraksi spontan dan spontan otot diafragma – memicu aktivitas listrik di otak yang dapat mendukung perkembangan.

Peneliti Kimberley Whitehead yang merupakan penulis utama studi tersebut, mengatakan: “Alasan mengapa kita cegukan tidak sepenuhnya jelas, tetapi mungkin ada alasan perkembangan, mengingat bahwa janin dan bayi yang baru lahir cegukan begitu sering.”

Bayi prematur sangat rentan terhadap cegukan dan menghabiskan sekitar 15 menit cegukan sehari.

Baca juga   Beredar Hoaks! Pesan Arahan Dari Kapolri Hingga Gubernur Sulteng

Cegukan juga bisa dideteksi di dalam rahim begitu sembilan minggu setelah hamil.

Studi yang dipublikasikan dalam Clinical Neurophysiology ini didasarkan pada hasil pemindaian otak pada 13 bayi prematur dan full term mulai dari usia kehamilan 30 hingga 42 minggu – periode waktu antara konsepsi dan kelahiran.

Cegukan dipantau dengan sensor pada tubuh bayi, sementara aktivitas otak direkam dengan elektroda yang menempel di kulit kepala.

Studi ini menemukan bahwa kontraksi otot diafragma dari cegukan berhubungan dengan respons yang jelas di korteks otak dalam bentuk tiga gelombang otak.

Para peneliti percaya bahwa gelombang otak ketiga dapat menghubungkan suara “cegukan” cegukan dengan perasaan kontraksi otot dalam diafragma.

Dr Lorenzo Fabrizi, seorang peneliti senior di UCL dan penulis senior studi tersebut, mengatakan: “Aktivitas yang dihasilkan dari cegukan mungkin membantu otak bayi untuk belajar bagaimana memonitor otot-otot pernapasan sehingga akhirnya bernapas dapat dikendalikan secara sukarela dengan menggerakkan diafragma atas dan ke bawah.

Baca juga   Avengers Endgame Penutup Proyek Ambisius 22 Film Marvel

“Ketika kita dilahirkan, sirkuit yang memproses sensasi tubuh tidak sepenuhnya berkembang, sehingga pembentukan jaringan semacam itu merupakan tonggak perkembangan penting bagi bayi baru lahir.”

Sementara penyebab cegukan pada orang dewasa tetap menjadi misteri, hal-hal tertentu seperti stres, kegembiraan atau makan dapat memicu kontraksi otot.

Whitehead mengatakan: “Temuan kami telah mendorong kami untuk bertanya-tanya apakah cegukan pada orang dewasa, yang tampaknya terutama merupakan gangguan, mungkin sebenarnya oleh refleks peninggalan, yang tersisa dari masa bayi ketika memiliki fungsi penting.”

Penulis : Gencil News
Editor : Gencil News
Sumber : journal health