Usia Muda dan Osteoporosis– Osteoporosis adalah penyakit tulang yang ditandai dengan menurunnya kepadatan tulang secara keseluruhan. Hal ini terjadi akibat ketidakmampuan tubuh mengatur kandungan mineral dalam tulang dan disertai rusaknya bagian dalam tulang.

Tulang pun menjadi keropos dan rentan mengalami patah tulang atau bisa juga terjadi saat tulang kehilangan kepadatannya sehingga tulang mudah keropos dan rapuh. Masalah ini tentu dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, terlebih jika Anda masih muda yang merupakan usia produktif untuk bekerja.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan Anda mengalami osteoporosis di usia muda, yaitu:

Amenorea, kondisi ini terjadi pada wanita, di mana wanita tidak mengalami menstruasi dalam waktu yang lama. Amenorea menyebabkan kadar hormon estrogen wanita menurun sehingga menyebabkan osteoporosis.

Baca juga   Berendam Air Hangat, Sauna Mungkin Aman untuk Ibu Hamil

Biasanya wanita yang mengalami amenorea adalah yang mempunyai tubuh kurus dan melakukan olahraga berlebihan, seperti atlet wanita pada cabang olahraga senam dan balet.

Selain itu, wanita yang sangat membatasi asupan makannya juga berisiko mengalami amenorea.

Asupan kalsium rendah, seperti yang telah anda ketahui, kalsium merupakan mineral penting yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang. Mineral ini menyusun dan memperkuat tulang Anda. Sehingga, asupan kalsium yang rendah dapat membuat tulang mudah keropos dan rapuh.

Sayangnya, masih banyak orang yang kekurangan asupan kalsium karena pola makan yang buruk. Tidak suka konsumsi sayur dan ikan, serta tidak suka minum susu. Padahal, sayuran tertentu dan beberapa ikan juga merupakan sumber kalsium yang baik selain susu.

Baca juga   WHO: Menyusui Harus Jadi Standar Perawatan Semua Bayi

Penyakit yang berhubungan dengan hormon, banyak hormon dalam tubuh ternyata berpengaruh pada proses pembentukan dan penghancuran tulang. Sehingga, adanya gangguan pada hormon tertentu dapat meningkatkan risiko osteoporosis.

Beberapa kondisi yang berhubungan dengan hormon dapat memicu terjadinya osteoporosis adalah: Hipertiroidisme (kelenjar tiroid terlalu aktif), Hiperparatiroidisme (kelenjar paratiroid terlalu aktif), Gangguan pada kelenjar adrenal, seperti Cushing’s syndrome Menurunnya jumlah hormon seks (estrogen dan testosteron) dan gangguan pada kelenjar hipofisis (pituitari)