Sport and running idea concept. Young man runner tying shoelaces.

Waspada Keringat Berlebih – Keringat adalah fenomena fisiologis normal yang mengatur suhu tubuh dan dilepaskan oleh ganglia simpatik, namun, keringat yang berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam hidup dan, dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan hilangnya nyawa dan gangguan emosi. Keringat berlebihan dari normal disebut hiperhidrosis.

Berkeringat sebagai respons terhadap rangsangan emosional adalah hal umum bagi kebanyakan orang dan biasanya bukan masalah, tetapi pada beberapa orang itu bisa cukup serius untuk mengganggu kehidupan social apalagi jika sampai berlebihan.

Berkeringat merupakan kondisi yang normal dan dapat dialami oleh siapa saja, terlebih jika suhu udara sedang panas, orang yang mengalami keringat berlebih meski sedang berada di ruangan dengan AC, sedang tidak banyak beraktivitas atau bahkan sedang berenang bisa jadi karena hiperhidrosis

Baca juga   Mana Diet yang Benar? Rendah Karbohidrat atau Rendah Lemak?

Hiperhidrosis mengacu pada keringat berlebih yang terjadi melebihi jumlah yang diperlukan untuk mengendalikan suhu tubuh yang merupakan kondisi abnormal dengan banyak keringat. Ini disebabkan oleh keringat berlebih di kelenjar eksokrin, yang dikendalikan oleh saraf simpatik di luar sistem saraf otonom.

Hiperhidrosis dibagi menjadi hiperhidrosis primer atau primer dan hiperhidrosis sekunder atau sekunder, tergantung pada penyebabnya. Hiperhidrosis sekunder disebabkan oleh efek samping dalam pengobatan penyakit neurologis, hipertiroidisme, obesitas, penyakit endokrin, pascamenopause, kanker prostat dan hormon tumor ganas, dan dapat dikendalikan dengan mengobati penyakit penyebabnya.

Di sisi lain, hiperhidrosis primer terjadi tanpa sebab yang jelas dan biasanya menyebabkan keringat berlebih secara lokal di tangan, wajah atau daerah aksila. Selain itu, diketahui bahwa itu terutama dipengaruhi oleh stimulasi mental daripada faktor fisik seperti panas atau olahraga, dan diperkirakan diekspresikan oleh reaksi hipersensitivitas kelenjar keringat terhadap stimulasi saraf otonom.

Baca juga   5 Varian Teh Paling Terkenal di Dunia Yang Mana Kamu Suka?

Hiperhidrosis bukanlah penyakit, melainkan fenomena fisiologis yang berlebihan. Dan tujuan utama mengobati hiperhidrosis adalah untuk meringankan ketidaknyamanan kehidupan sosial untuk menjalani kehidupan yang lebih aktif dan aktif.