Connect with us

Hidup Sehat

Waspada Keringat Berlebih

Published

on

Waspada Keringat Berlebih
Sport and running idea concept. Young man runner tying shoelaces.

Waspada Keringat Berlebih – Keringat adalah fenomena fisiologis normal yang mengatur suhu tubuh dan dilepaskan oleh ganglia simpatik, namun, keringat yang berlebihan dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam hidup dan, dalam kasus yang parah, dapat menyebabkan hilangnya nyawa dan gangguan emosi. Keringat berlebihan dari normal disebut hiperhidrosis.

Berkeringat sebagai respons terhadap rangsangan emosional adalah hal umum bagi kebanyakan orang dan biasanya bukan masalah, tetapi pada beberapa orang itu bisa cukup serius untuk mengganggu kehidupan social apalagi jika sampai berlebihan.

Berkeringat merupakan kondisi yang normal dan dapat dialami oleh siapa saja, terlebih jika suhu udara sedang panas, orang yang mengalami keringat berlebih meski sedang berada di ruangan dengan AC, sedang tidak banyak beraktivitas atau bahkan sedang berenang bisa jadi karena hiperhidrosis

Hiperhidrosis mengacu pada keringat berlebih yang terjadi melebihi jumlah yang diperlukan untuk mengendalikan suhu tubuh yang merupakan kondisi abnormal dengan banyak keringat. Ini disebabkan oleh keringat berlebih di kelenjar eksokrin, yang dikendalikan oleh saraf simpatik di luar sistem saraf otonom.

Hiperhidrosis dibagi menjadi hiperhidrosis primer atau primer dan hiperhidrosis sekunder atau sekunder, tergantung pada penyebabnya. Hiperhidrosis sekunder disebabkan oleh efek samping dalam pengobatan penyakit neurologis, hipertiroidisme, obesitas, penyakit endokrin, pascamenopause, kanker prostat dan hormon tumor ganas, dan dapat dikendalikan dengan mengobati penyakit penyebabnya.

Di sisi lain, hiperhidrosis primer terjadi tanpa sebab yang jelas dan biasanya menyebabkan keringat berlebih secara lokal di tangan, wajah atau daerah aksila. Selain itu, diketahui bahwa itu terutama dipengaruhi oleh stimulasi mental daripada faktor fisik seperti panas atau olahraga, dan diperkirakan diekspresikan oleh reaksi hipersensitivitas kelenjar keringat terhadap stimulasi saraf otonom.

Hiperhidrosis bukanlah penyakit, melainkan fenomena fisiologis yang berlebihan. Dan tujuan utama mengobati hiperhidrosis adalah untuk meringankan ketidaknyamanan kehidupan sosial untuk menjalani kehidupan yang lebih aktif dan aktif.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Hidup Sehat

5 Varian Teh Paling Terkenal di Dunia Yang Mana Kamu Suka?

Published

on

Teh adalah salah satu minuman yang sangat populer di Indonesia. Bahkan, hampir di semua rumah memiliki simpanan teh untuk dikonsumsi setiap hari.

Dapat dikatakan kalau aroma teh sudah mengisi sendiri kehidupan masyarakat Indonesia.

Teh juga memiliki beberapa varian yang bermanfaat untuk tubuh. Berbagai varian teh ini tersebar di seluruh penjuru dunia. Apa saja? Yuk, simak informasi berikut ini:

Teh Hitam

Rasa yang ditawarkan oleh teh hitam adalah pekat dan kuat. Manfaat teh hitam bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, teh hitam juga mengandung antioksidan yang menyehatkan organ jantung dan sistem pencernaan.

Teh hitam yang paling terkenal di dunia berasal dari wilayah India. Yaitu Nilgiri, Darjeeling dan Assam. Ada juga yang berasal dari China, Keemun, Lapsang Souchong dan Yunnan. Masing-masing teh hitam tersebut memiliki karakter tersendiri. Ada yang aromanya serupa bunga anggrek, dan ada juga yang manis seperti madu.

Teh Hijau

Teh hijau mempertahankan keaslian warnanya meskipun melalui beberapa tahap proses pasca petik. Produsen yang paling populer adalah China dan Jepang. Warna teh hijau asal China lebih kuning pucat dan menghadirkan rasa citrus. Sedangkan di Jepang, warna tehnya benar-benar hijau. Yang paling terkenal adalah Gyukuro dengan kandungan klorofil yang tinggi.

Bagi yang sedang menjalankan program diet, teh ini bagus dikonsumsi. Pasalnya mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu pembakaran lemak.

Teh Oolong

Kandungan kafein teh oolong lebih sedikit ketimbang jenis teh lain. Rasanya juga tidak terlalu kuat. Beberapa variannya memiliki rasa dan aroma buah atau bunga. Negara yang banyak emngembangkan varian teh ini adalah China dan Taiwan. Manfaatnya untuk kesehatan adalah menjaga kolesterol dan gula darah, mengobati alergi kulit, dan mencegah osteoporosis.

Teh Putih

Daerah yang banyak memproduksi teh putih adalah Taiwan, China, India, Nepal Timur, dan Thailand Utara. Warna putih teh ini berasal dari rambut tunas teh yang belum terbuka. Seduhannya akan berwarna kuning pucat. Aromanya juga segar seperti bambu, bahkan ada juga yang beraroma almond. Teh putih memiliki kandungan antioksidan paling banyak dan mampu memblokir mutasi DNA pemicu penyakit kanker.

Teh Pu-erh

Teh ini berasal dari kota Pu-erh di Provinsi Yunnan. Proses fermentasinya seperti pada pembuatan wine dan yoghurt. Sebuah studi menyebutkan bahwa teh pu-erh dapat menurunkan kadar kolesterol.

Jadi, varian teh mana yang selama ini menjadi favorit Anda, sampai harus selalu menyetok persediaannya di rumah?

Continue Reading

Gaya Hidup

3 Tips Diet Ini Mungkin Terdengar Aneh, Namun Ternyata Efektif Loh

Published

on

Bagi sebagian orang, memiliki tubuh yang gemuk nan berlemak adalah momok yang menakutkan. Tak heran banyak orang rela melakukan banyak cara agar terhindar dari kegemukan seperti dengan berolahraga dan juga diet.

Diet adalah cara yang paling umum dan banyak dilakukan. Dibandingkan dengan berolahraga, diet mampu memberikan hasil yang lebih efektif.

Umumnya, diet dilakukan dengan mengurangi makan. Hal ini dirasa sulit bagi sebagian orang karena nyatanya godaan makanan yang lezat terkadang membuat kita lupa akan diet kita.

Dibawah ini kita akan membahas tips diet yang terdengar aneh namun ternyata benar-benar memberikan hasil.

  1. Mencium Apel

Ya, mencium apel. Mencium yang dimaksud disini bukan mencium layaknya kita mencium orang tersayang kita ya. Melainkan mencium aroma apel dari buahnya langsung.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Research Foundation of Chicago, mencium apel dapat menstimulasi otak kita untuk mengurangi sinyal lapar untuk masuk ke otak kita.

Dengan demikian menahan rasa lapar saat diet bukan menjadi hal yang sulit lagi.

 

  1. Perbanyak Sarapan

Mungkin terdengar aneh. Ketika diet adalah mengurangi asupan makanan, ternyata memperbanyak porsi sarapan bisa membantu berhalannya diet. Namun hak ini memang nyata adanya.

Seperti dilansir dari thehealthsite.com, rasa kenyak yang didapat dari sarapan akan terasa lebih awet disbanding rasa kenyak di jam makan lain. Dengan demikian kita akan lebih mudah untuk menahan makan dan menurunkan berat badan.

 

  1. Gunakan Benda-benda Berwarna Biru

Tips yang satu ini terdengar aneh. Naumn nyatanya tiops yang satu ini telah terbukti secara ilmiah. Menurut penelitian yang dilakukan Washington University, dengan melihat warna biru, sinyal lapar yang seharusnya sampai ke otak akan berkurang. Dengan demikian pengendalian rasa lapar bisa mudah dilakukan.

Dengan begitu mulailah mengenakan barang-barang bewarna biru dan anda bisa mencoba dengan mengecat ruangan dengan warna biru.

Continue Reading

Hidup Sehat

Jangan Lupa Selalu Cuci Masker Kain Secara Rutin

Published

on

Jangan Lupa Selalu Cuci Masker Kain Secara Rutin

Ketika menggunakan masker, terutama dalam waktu lama masker bisa saja lembap karena keringat maupun uap panas dari napas. Masker yang lembap, ketat, kotor, dan debu yang ada pada masker bisa menjadi penyebab munculnya jamur pada masker.

Terlebih kalau masker tidak dicuci setelah digunakan seharian. jamur pada masker ini nantinya dapat menjadi penyebab infeksi jamur pada kulit wajah kita.

Meski memiliki kemampuan menyaring debu yang lebih rendah dari masker medis, menggunakan masker kain tetap lebih baik dibandingkan tidak menggunakan masker sama sekali.

karena menggunakan masker hampir setiap saat, maka mencuci masker tidak boleh dilupakan, tidak mencuci masker secara rutin bisa memicu pertumbuhan jamur pada masker

Kulit yang terkena infeksi jamur akan menyebabkan adanya ruam berwarna kemerahan, kekuningan, dan berminyak.

Pertama anda bisa sesekali membuka masker kalau ada kesempatan, misalnya saat berada di tempat yang sepi dan jauh dari kerumunan. hal ini akan membuat masker tidak terlalu lembap karena uap dari napas dan udara di luar yang panas.

Panduan WHO menyebutkan masker kain harus dicuci secara rutin dan digunakan dengan hati-hati, agar tidak terkontaminasi dari barang-barang lainnya. Jika ada bagian masker yang rusak atau bolong, lebih baik masker kain tidak digunakan kembali.

Cucilah masker sesuai dengan kemampuan atau toleransi bahan kain tersebut terhadap air panas. Jika memungkinkan, cucilah masker menggunakan air dengan suhu 60 derajat Celcius menggunakan sabun atau deterjen.

Selain itu, proses pengeringan usai mencuci masker juga harus kita perhatikan. Riset menunjukan durasi paparan sinar matahari yang diperlukan untuk mengurangi kontaminasi virus hingga 90 persen adalah lebih dari satu jam paparan matahari langsung.

Ketika cuaca sedang hujan atau mendung, kita bisa menggunakan mesin pengering dengan pengaturan suhu tertinggi untuk menetralkan virus.

Continue Reading

TRENDING