5 Asupan Makanan ini membuat Kenyang Tahan Lama
Connect with us

Kesehatan

5 Asupan Makanan ini membuat Kenyang Tahan Lama

Published

on

Baik untuk Diet, 5 Makanan ini membuat Kenyang Tahan Lama

Pasalnya, asupan makanan akan kalori harian dan mingguan menentukan apakah berat badan seseorang bisa turun atau tidak. diet juga tidak bisa serta merta anda lakukan tanpa memperhatikan aturan asupan dalam tubuh.

Masalah, mengurangi asupan kalori secara tiba-tiba, apalagi dalam jumlah yang drastis dan pilihan makanan yang salah, bisa membuat seseorang merasa kelaparan.

Ada 5 makanan yang bisa membuat kenyang dan tahan lama untuk anda yang ingin memperhatikan asupan kalori perhari nya.

Melansir dari Kompas, Dokter spesialis gizi klinik dari Primaya Hospital Makassar, dr Andi Faradilah, Sp.GK, membagikan lima makanan yang kenyangnya bertahan lama dan cocok untuk orang yang sedang menjalani program diet.

1. Pisang kepok

Di antara berbagai jenis buah-buahan, pisang kepok memiliki nilai serat yang tinggi, yakni berkisar 5,7 gram per 100 gram takarannya.

“Dengan tinggi serat, maka bermanfaat menahan rasa lapar lebih lama,” ujar dr Faradilah.

2. Sayuran hijau

Dokter Faradilah berkata bahwa sayuran hijau, seperti daun singkong rebus dan bayam kukus, baik untuk memberikan rasa lapar yang lama karena mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi dibandingkan sayur lain.

3. Tempe gembus

Orang Indonesia sangat lekat dengan olahan kacang kedelai yang bernama tempe. Namun, sudah kenalkah Anda dengan tempe gembus?

Menurut dr Faradilah, tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu merupakan jenis kacang-kacangan yang tertinggi dalam komposisi seratnya yaitu 5,3 gram dalam 100 gram jenis makanan ini.

Seperti disebutkan di atas, makanan yang tinggi serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Buah naga

Selain pisang kepok, dr Faradilah juga merekomendasikan buah naga merah bagi orang yang sedang berdiet.

Pasalnya, jenis buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan antoksidan yang baik untuk tubuh.

5. Bawang bombai

Bawang bombai kerap digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan karena memberikan cita rasa yang nikmat.

Namun, dokter Faradilah menyarankan untuk mengonsumsi sayuran ini dalam keadaan mentah karena dengan demikian, bawang bombai dapat digunakan untuk menahan rasa lapar lebih lama berkat kandungan seratnya yang tinggi.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

4 Tips Supaya Tubuh Menjadi Rileks Saat Migrain Menyerang

Published

on

4 Tips Supaya Tubuh Menjadi Rileks Saat Migrain Menyerang

Gencil News– Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut, dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja. Migrain merupakan penyakit saraf, yang dapat menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara. Serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu dapat berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari.

Menurut Migrain Research Foundation. Sepanjang 10 tahun terakhir ini memperkirakan bahwa hampir  25 persen orang menderita migrain.

Dengan kisaran usia antara antara 16 hingga 50 tahun dan rasio jenis kelamin wanita lebih besar 50 persen.

Migrain menyerang dari berbagai faktor baik genetik maupun lingkungan. ada 4 cara relaksasi untuk mengobati dan mencegah migrain. Namun, beberapa orang lebih suka menggunakan obat sebagai alternatif lain melengkapi perawatan medis.

4 Tips Ketika Tubuh Rileks Saat Migrain Menyerang

Mengelola sensitivitas cahaya dengan meredupkan pencahayaan

Menurut National Headache Foundation, hampir 90 persen orang penderit migrain mengalami fotofobia (sensitivitas cahaya), cahaya dapat meningkatkan serangan migrain dalam hitungan detik.

Segera redupkan pencahayaan sekitar ketika mulai merasakan migrain. Hal ini dapat membantu menangkan sistem syaraf.

Ketika sedang berada di luar ruangan, cara yang dapat dilakukan untuk meredupkan pencahayaan adalah dengan menggunakan kacamata hitam dan topi, atau dapat juga menggunakan penutup mata.

Pakaian yang nyaman

Menyelimuti seluruh tubuh dalam ruangan gelap dan menggunakan bantal yang lembut dapat membantu meredakan migrain yang mendera. Tidak hanya itu, mengenakan pakaian yang nyaman juga dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan perasaan. Kuncinya adalah lebih peka terhadap kenyaman tubuh.

Suasana Tenang

Berikan suasana dan kondisi yang tenang selama periode migrain menyerang agar anda dan tubuh lebih relaksasi

Therapi Audio

Jika menyukai musik instrumen dengarkan dengan sayup sambil memejamkan mata hingga akhir nyeri menghilang pelan pelan. Namun jika juga tidak berkurang silahkan konsultasikan ke dokter mengenai gejala migrain yang masih berlanjut.

Continue Reading

Kesehatan

Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari

Published

on

Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari

Vitamin adalah zat untuk menunjang fungsi sel dan menjaga kesehatan sehari hari. selain itu, makanan alami pun bisa menjadi asupan vitamin dalam bentuk suplemen.

Johanna Dwyer, RD, peneliti senior pada National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements dalam jurnal kesehatan nya menyampaikan.

“Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tidak ada keuntungan bila ia mengonsumsi suplemen vitamin dari jumlah yang seharusnya, dan mereka tidak mengetahui kerugiannya,”

Apabila sehari-hari Anda menerapkan pola makan sehat bergizi lengkap seimbang serta bervariasi, sebetulnya Anda tak perlu khawatir mengalami kekurangan.

Bagi tubuh manusia memang asupan nutrisi sangat bermanfaat untuk merangsang, membantu, serta berperan dalam berbagai reaksi fisiologis.

Namun, sebaiknya perhatikan dosis dan petunjuk penggunaan suplemen vitamin sebelum Anda mengonsumsinya.

Karena, minum vitamin terlalu banyak atau mengonsumsinya tidak sesuai dosis dapat membahayakan kesehatan Anda.

Tubuh mempunyai sistem sendiri untuk mengatur berapa banyak zat gizi dari makanan atau suplemen yang akan tubuh ambil sesuai keperluannya.

Sebagian besar vitamin memiliki batas aman konsumsinya masing-masing. Sehingga, jika Anda mengonsumsinya masih dalam batas aman, ini tidak akan menyebabkan Anda mengalami masalah.

Misalnya, asam folat yang mempunyai batas aman sebesar 1000 mikrogram per hari untuk orang dewasa.

Namun, Jika anda mengonsumsinya lebih dari batas aman, ini akan menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan.

Walaupun zat ini larut air dan tersekresi oleh tubuh namun ketika Anda mengonsumsinya secara berlebihan masih tetap ada yang menetap dalam tubuh Anda.

Continue Reading

Kesehatan

Hati-Hati Tidur Setelah Sahur Dapat Menimbulkan Penyakit Ini

Published

on

By

Hati-Hati Tidur Setelah Sahur Dapat Menimbulkan Penyakit Ini
Bahaya tidur setelah sahur

Gencil News – Tidur bagi orang yang berpuasa memang terhitung ibadah. Akan tetapi tidur setelah sahur tidak disarankan dalam dunia kesehatan karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Secara umum, kita harus mengatur jeda waktu makan dengan waktu tidur. Waktunya sekitar tiga jam, dan kita perlu melakukannya agar tubuh memiliki jeda untuk mencerna makanan dengan baik dan masuk ke usus kecil.

Inilah alasan mengapa kita tidak boleh tidur setelah makan sahur:

  • Bisa menyebabkan sembelit

Kita harus mengatur menu makanan sahur dengan makanan kaya serat, protein, vitamin, dan cukup asupan air. Selain itu, kita juga perlu menahan diri untuk tidak langsung tidur setelah sahur.

Sebab, hal ini akan memicu penyakit yang berkaitan dengan gangguan pencernaan dan maag. Keadaan perut yang penuh karena kenyang, lalu membiarkan untuk tidur, menyebabkan perut akan penuh dengan gas yang akan membuat kita merasa tidak nyaman.

Ini akan membuat kita mengalami apa yang namanya sembelit, atau kesulitan dalam buang air besar.

  • Menyebabkan GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) juga dapat terjadi jika kamu tidur setelah sahur. Kondisi ini terjadi karena letak katup antara kerongkongan dan lambung yang tidak menutup.

Asam lambung bergerak menuju tenggorokan dan membuat kamu merasakan sensasi terbakar. Jika kondisi ini tidak segera anda obati, hal tersebut akan mengakibatkan efek merusak pada selaput lendir tenggorokan yang menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Continue Reading

Kesehatan

Vaksin AstraZeneca, Pfizer 87% Efektif setelah Dosis Pertama

Published

on

Vaksin AstraZeneca, Pfizer 87% Efektif setelah Dosis Pertama

Gencil News – VOA – Data nyata yang dirilis oleh Korea Selatan pada Rabu (5/5) menunjukkan bahwa dosis vaksin COVID-19 buatan AstraZeneca dan Pfizer memiliki efektivitas sebesar 86,6 persen dalam mencegah infeksi pada orang di atas 60 tahun.

Reuters melaporkan, data oleh Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KDCA) menunjukkan vaksin Pfizer, yang dikembangkan bersama oleh BioNTech, 89,7 persen efektif dalam mencegah infeksi setidaknya dua minggu setelah dosis pertama diberikan, sedangkan vaksin AstraZeneca memiliki keefektifan 86 persen.

Analisisnya didasarkan pada 3,5 juta orang di Korea Selatan yang berusia di atas 60 tahun selama lebih dari dua bulan, sejak 26 Februari, termasuk 521.133 orang yang menerima dosis pertama Pfizer atau AstraZeneca.

Seorang perawat mengikuti pelatihan vaksinasi COVID-19 di pusat vaksinasi COVID-19 di Seoul, Korea Selatan, 9 Februari 2021. (Foto: Reuters)
Seorang perawat mengikuti pelatihan vaksinasi COVID-19 di pusat vaksinasi COVID-19 di Seoul, Korea Selatan, 9 Februari 2021. (Foto: Reuters)

Kata KDCA, ada 1.237 kasus COVID-19 dalam data tersebut dan hanya 29 dari kelompok yang divaksinasi.

“Ini terbukti bahwa kedua vaksin memberikan perlindungan yang tinggi terhadap penyakit itu setelah dosis pertama. (Orang) harus mendapatkan vaksinasi penuh sesuai dengan jadwal yang disarankan, karena tingkat perlindungan akan meningkat setelah dosis kedua,” katanya.

Penemuan ini muncul saat Korea Selatan berupaya untuk menggenjot partisipasi dalam program imunisasinya setelah laporan tentang potensi masalah keamanan membuat beberapa orang enggan mendapatkan vaksinasi.

“Sekitar 95 persen orang yang meninggal akibat virus corona di negara kami adalah lansia berusia 60 atau lebih tua, dan vaksin akan secara tajam menurunkan risiko bagi orang-orang itu,” kata pejabat Kementerian Kesehatan, Yoon Tae-ho, dalam sebuah pengarahan pada Rabu (5/5).

Yoon mengatakan kemungkinan efek samping termasuk pembekuan darah “sangat rendah” dan sebagian besar dapat disembuhkan.

Sejauh ini, Korea Selatan telah memvaksinasi 6,7 persen dari populasi penduduknya yang berjumlah 52 juta jiwa. Namun, negara itu telah menetapkan tujuan yang ambisius untuk memvaksinasi 70persen penduduk pada September dan mencapai kekebalan kelompok pada November.

Mulai Rabu (5/5), warga Korea Selatan yang telah divaksinasi penuh dan menunjukkan tes COVID-19 negatif dan tidak ada gejala akan dibebaskan dari karantina wajib selama dua minggu setelah mereka kembali dari perjalanan ke luar negeri. Kebijakan itu untuk mendorong lebih banyak orang untuk divaksinasi.

KDCA melaporkan 676 kasus COVID-19 baru pada tengah malam pada Selasa, menjadikan total infeksi di negara itu menjadi 124.945, dengan 1.847 kematian.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING