Lebih Baik Konsumsi Beras Merah Atau Beras Putih?
Connect with us

Kesehatan

Lebih Baik Konsumsi Beras Merah Atau Beras Putih?

Published

on

Lebih Baik Konsumsi Nasi Merah Atau Nasi Putih?

Lebih Baik Konsumsi Beras Merah Atau Beras Putih? Nasi selalu menjadi makanan utama dan sumber energi yang paling prioritas untuk kebanyakan masyarakat indonesia.

kalau belum makan nasi artinya ‘belum makan’ begitu menurut gurauan yang sering terdengar pada kalangan masyarakat indonesia.

Lebih Baik Konsumsi Beras Merah Atau Beras Putih? Apapun bentuk nya jika nasi putih, hitam atau merah dalam kadar berlebih tidak baik bagi kesehatan.

Ini karena nasi adalah sumber makanan berkarbohidrat dengan nilai indeks glikemik tinggi yang bisa cepat menaikkan gula darah dalam tubuh karena mengandung sedikit serat.

Menurut indriyani AKG FKM UI, Beras merah yang menghasilkan nasi merah merupakan jenis beras (Oryza sativa L.) dengan kandungan antosianin (zat warna merah) yang tinggi sehingga beras memiliki warna merah.

Beras merah memiliki rendah akan kadar glikemik (glycemic index/GI) dan memiliki kandungan nutrisi, serat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi.

Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah.

Indeks glikemik tinggi jika berada pada atas angka 70, jika berada pada kisaran 56-69 sedang, dan rendah jika berada pada level 55 kebawah.

Kandungan gizi yang melimpah pada beras merah karena proses pengolahan beras merah yang berbeda dari beras putih.

Proses penggilingan dapat menghilangkan bagian terluar beras yakni sekam dan kulit ari (aleuron), pada bagian ini kaya akan kandungan gizi.

Terutama magnesium dan serat yang berperan penting dalam menurunkan risiko Penyakit gula.

Berdasarkan jurnal International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006.

Mereka yang makan beras merah memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan.

Dan berbanding terbalik oarng yang lebih sering mengkonsumsi makanan dengan beras putih.

Anda dapat mengganti nasi dengan jenis karbohidrat lain, misalnya kentang, roti, bihun, ubi, dan berbagai makanan pokok lain.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

Cara Alami Mengobati Sariawan yang mengganggu

Published

on

Cara Alami Mengobati Sariawan yang mengganggu
Foto ilustrasi: Sariawan/Sumber Klikdokter

Sariawan adalah hal yang umum terjadi, bahkan oleh hampir semua orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan cukup mengganggu saat sedang makan dan berbicara.

Sariawan yang berbentuk seperti luka berwarna putih ini muncul karena adanya infeksi jamur Candida albicans.

Biasanya, orang yang terinfeksi jamur jenis ini sedang menurun kondisi kekebalan tubuhnya. Lidah tergigit sedikit saja bisa menjadi luka yang berujung sariawan.

Selain kondisi yang tidak fit, sariawan juga biasa timbul karena faktor alergi makanan, stres, siklus menstruasi, kurangnya kebersihan mulut, atau ketidakseimbangan hormon.

Nah, untuk meminimalisir resiko memilih obat yang tidak aman, berikut ini cara alami pada umumnya yang dapat kamu coba untuk menyembuhkan sariawan.

Pertama, berkumur dengan larutan air garam.

Garam dapat menarik cairan pada luka sariawan. Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sehingga cepat sembuh.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah sekitar satu sampai dua menit, tiga kali sehari. Atau, oleskan garam pada luka lalu bilas. Lakukan rutin hingga sariawan hilang.

Kedua, oleskan dengan minyak kelapa

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil memiliki kandungan utama asam laurat. Asam laurat dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh.

anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan, kemudian berkumur dengan air hangat. Segera bilas hingga bersih dengan cara berkumur atau menyikat gigi.

Ketiga, baluri atau oleskan menggunakan bawang putih

Bawang putih mentah mengandung senyawa alisin yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh.

lakukan dengan cara anda cuci bersih potong dan oleskan pada area luka.

Keempat, Berkumur dengan air kayu manis

Kayu manis efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Rebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Setelah air dingin, berkumurlah.

Jika ingin berkumur dengan obat kumur, pilih yang tidak mengandung alkohol. Selamat mencoba!

Continue Reading

Kesehatan

Rajin Konsumsi Air Putih Bisa Cegah Munculnya Dehidrasi

Published

on

Rajin Konsumsi Air Putih Bisa Cegah Munculnya Dehidrasi
Sumber Foto : Everyday Health

Dengan rajin konsumsi air putih setiap hari saat beraktivitas akan mencegah kemungkinan untuk munculnya dehidrasi pada tubuh.

Selanjutnya, dehidrasi karena aktivitas yang padat bisa mengganggu konsentrasi dan keseimbangan elektrolit harian anda.

Ketika seseorang tengah mengalami dehidrasi, terdapat dampaknya juga pada tubuh.

Salah satu nya ialah Sakit kepala yang merupakan salah satu dampak pada seseorang ketika mengalami dehidrasi.

Ketika sedang mengalami sakit kepala, sejumlah orang memilih untuk mengonsumsi obat sebagai solusi jangka pendek.

Sayangnya, hal ini bisa menimbulkan efek samping yang pada jangka panjang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Cara yang paling efektif dan disarankan untuk menghilangkan sakit kepala ini adalah mencari penyebabnya, apakah faktor dehidrasi adalah salah satu penyebab utama.

Hal lain seperti pencegahan juga merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Salah satu cara pencegahan adalah memastikan asupan air di dalam tubuh sudah tercukupi.

Ketika tengah dehidrasi, rasa sakit ini bisa terjadi pada seluruh bagian kepala, baik di depan maupun belakang.

Sebuah penelitian oleh Dr. Joseph Norman Blau di The National Hospital for Neurology and Neurosurgery, London mengungkap mengenai hubungan antara sakit kepala dan air putih ini.

Bahwa 1 dari 10 orang mengalami sakit kepala setelah kurang mengonsumsi air putih dalam jangka waktu tertentu.

Secara khusus, tidak ada istilah untuk sakit kepala yang terjadi karena dehidrasi. Namun terjadinya sakit kepala karena kurangnya cairan merupakan hal yang sangat mungkin terjadi.

Maka perhatikan asupan minumanmu setiap hari. Selain itu, jangan langsung minum dalam jumlah besar karena bisa membuat perut terasa penuh dan timbul rasa mual.

Rajin minum satu atau dua gelas air putih setiap tiga jam untuk menghindari dehidrasi.

Continue Reading

Kesehatan

Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari

Published

on

Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari

Vitamin adalah zat untuk menunjang fungsi sel dan menjaga kesehatan sehari hari. selain itu, makanan alami pun bisa menjadi asupan vitamin dalam bentuk suplemen.

Johanna Dwyer, RD, peneliti senior pada National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements dalam jurnal kesehatan nya menyampaikan.

“Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tidak ada keuntungan bila ia mengonsumsi suplemen vitamin dari jumlah yang seharusnya, dan mereka tidak mengetahui kerugiannya,”

Apabila sehari-hari Anda menerapkan pola makan sehat bergizi lengkap seimbang serta bervariasi, sebetulnya Anda tak perlu khawatir mengalami kekurangan.

Bagi tubuh manusia memang asupan nutrisi sangat bermanfaat untuk merangsang, membantu, serta berperan dalam berbagai reaksi fisiologis.

Namun, sebaiknya perhatikan dosis dan petunjuk penggunaan suplemen vitamin sebelum Anda mengonsumsinya.

Karena, minum vitamin terlalu banyak atau mengonsumsinya tidak sesuai dosis dapat membahayakan kesehatan Anda.

Tubuh mempunyai sistem sendiri untuk mengatur berapa banyak zat gizi dari makanan atau suplemen yang akan tubuh ambil sesuai keperluannya.

Sebagian besar vitamin memiliki batas aman konsumsinya masing-masing. Sehingga, jika Anda mengonsumsinya masih dalam batas aman, ini tidak akan menyebabkan Anda mengalami masalah.

Misalnya, asam folat yang mempunyai batas aman sebesar 1000 mikrogram per hari untuk orang dewasa.

Namun, Jika anda mengonsumsinya lebih dari batas aman, ini akan menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan.

Walaupun zat ini larut air dan tersekresi oleh tubuh namun ketika Anda mengonsumsinya secara berlebihan masih tetap ada yang menetap dalam tubuh Anda.

Continue Reading

TRENDING