Siapkan 8 Macam Buah Ini Untuk Turunkan Kolesterol
Connect with us

Kesehatan

Siapkan 8 Macam Buah Ini Untuk Turunkan Kolesterol

Published

on

Siapkan 8 Macam Buah Ini Untuk Turunkan Kolesterol
Foto sumber dari Recipes dot net artikel healthy recipes for low cholesterol diet

Kolesterol merupakan salah satu penyakit tertinggi dunia yang banyak diderita akibat gaya atau pola hidup. cara mudah agar tetap menjaga kadar cholesterol dalam lifestyle anda selalu pertahankan konsumsi buah dengan rutin.

Penyakit yang satu ini dapat membuat peredaran darah menjadi tidak lancar dan risiko kamu terkena penyakit jantung dan stroke menjadi meningkat.

Agar kamu tercegah atau terobati dari penyakit ini, salah satu solusi cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga pola makan sehat dan memakan buah-buahan penurun kolesterol.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi beberapa buah penurun cholesterol paling ampuh ini!Selanjutnya Siapkan 8 Macam Buah Ini untuk mencegah dan melindungi metabolisme tubuh anda.

Wajib 8 Buah Penurun Cholesterol

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dapat menurunkan tingkat kolesterol pada tubuhmu.

Mengonsumsi pisang dapat melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan pada tubuh, sehingga kolesterol tidak akan menyumbat arteri dan pembuluh darah.

Agar pembuluh darah dan jantungmu terhindar dari cholesterol, kamu dapat memakan pisang setiap pagi secara rutin.

2. Stroberi

Stroberi adalah buah yang kaya akan kandungan polifenol.

Polifenol merupakan kandungan yang berfungsi untuk membantu dan mengatur sistem pembuluh darah.

Sebuah studi juga mengklaim bahwa memakan stroberi secara rutin dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko tubuh terkena penyakit jantung.

3. Tomat

Tomat memiliki kandungan potasium, vitamin A, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Selain itu, tomat juga mengandung antioksidan likopan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) secara signifikan dalam darah.

4. Apel

Sebuah penelitian telah membuktikan mengonsumsi buah apel secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Agar manfaat ini dapat kamu nikmati secara maksimal, kamu dapat memakan apel langsung dengan kulitnya karena pada kulit apel terkandung antioksidan felonik yang mampu melancarkan peredaran darah.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang mampu menyehatkan jantung.

Mengonsumsi alpukat secara rutin juga diklaim dapat membantu mengurangi risiko tubuh terkena penyakit jantung dan stroke.

Sebuah uji klinis juga menemukan bahwa alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

6. Anggur

Buah anggur kaya akan kandungan polifenol yang dapat mencegah dan mengurangi kerusakan sel.

Buah anggur juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

7. Lemon

Lemon mengandung beragam zat yang bermanfaat untuk tubuh, seperti pektin, bioflavonoid, asam sitrat, vitamin A, B1, B2, C, dan serat.

Nutrisi-nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, meredakan flu, sariawan, demam, dan juga mampu mengatasi radang tenggorokan.

8. Pir

Pir adalah salah satu buah kaya serat yang dapat kamu temukan dengan mudah di Indonesia.

Memakan satu buah pir berukuran sedang juga ternyata dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian tubuhmu.

Kandungan serat pada pir, yaitu pektin, merupakan obat penurun kolesterol alami karena dapat mengikat dan mengangkut kolesterol keluar dari tubuh.

Hal ini membuat tingkat kolesterol jahat pada tubuhmu menjadi berkurang.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

Ini 7 Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Published

on

Ini 7 Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Meski bau badan sering muncul saat tubuh mengeluarkan banyak keringat, penyebab masalah sesungguhnya adalah bakteri.

Bau keringat manusia pada dasarnya tidak berbau. Bau badan muncul ketika bakteri yang ada pada tubuh bertemu dengan keringat dan mengubah keringat menjadi asam.

Selain itu Bakteri yang sering menyebabkan bau badan adalah anaerobik. Bakteri ini dapat berkembang biak melalui keringat sebagai medianya.

Dengan demikian bau badan muncul sebagai hasil dari pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit.

Ada beberapa penyebab bau badan tidak sedap walau mungkin anda sudah rajin mandi dan pakai deodoran, Berikut ini 7 penyebab bau badan tidak sedap.

1. Infeksi

Kulit yang terinfeksi juga bisa menyebabkan bau badan. Bakteri yang terdapat di kulit yang terinfeksi bisa menghasilkan keringat berurea. Keringat inilah yang akhirnya menyebabkan bau tidak sedap muncul. Jadi, bila ada bagian kulitmu yang mengalami infeksi sebaiknya segera diatasi agar bakteri mikroorganisme tidak semakin berkembang.

2. Berat Badan Berlebih atau Obesitas

Orang denganobesitas biasanya cenderung memiliki bau badan. Hal ini karena orang gemuk memiliki banyak pori-pori yang tersembunyi dalam lipatan tubuhnya.

Area tersebut biasanya hangat, beruap, dan gelap, sehingga bakteri penyebab bisa berkembang dengan pesat di sana. Akibatnya, bau tidak sedap pun muncul.

3. Makanan yang Dikonsumsi

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi ternyata juga bisa memengaruhi aroma tubuhmu, lho. Nutrisi yang terkandung dalam makanan memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, beberapa makanan tertentu juga mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan bau badan.

Bawang merah, bawang putih, dan kari adalah penyebab bau badan yang paling populer karena rempah-rempah tersebut mengandung zat alisin. Brokoli, kubis, brussels dan sayuran lainnya yang termasuk dalam keluarga cruciferous, ternyata juga bisa membuat keringat yang dihasilkan tubuh berbau tidak sedap. Hal itu akibat kandungan sulfur dan sulfida yang terdapat di dalamnya.

4. Penyakit

Terkadang, munculnya keringat berlebih juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit tertentu, salah satunya seperti diabetes. Pengidap diabetes tingkat tinggi biasanya sudah kesulitan mengontrol kadar gula dalam darah. Jadi untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Maka proses ini akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak. Selain diabetes, penyakit lainnya seperti gagal ginjal, kadar gula darah rendah, liver, dan disfungsi metabolisme.

5. Konsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu memiliki efek samping, yaitu membuat tubuh menghasilkan keringat berlebih bila dikonsumsi. Obat-obatan penyebab, bau badan antara lain obat antipsikotik dan antidepresan. Mengonsumsi aspirin dan acetaminophen dalam dosis berlebihan juga bisa mengakibatkan produksi keringat berlebih.

6. Stress

Dalam sebuah penelitian, gangguan mental stres dan penyakit hiperhidrosis (kondisi medis yang membuat tubuh berkeringat berlebihan) terhubung. Banyak penderita hiperhidrosis yang juga mengalami stres, terutama saat rasa tak percaya diri muncul jika tubuh berkeringat lebih.

7. Kekurangan vitamin dan mineral

Di saat Anda tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, bau badan tak sedap bisa datang. Misalnya, kekurangan vitamin C dapat membuat air keringat Anda memiliki bau seperti busuk. Maka dari itu, mengonsumsi makanan sehat tidak hanya berdampak baik pada kesehatan, tapi juga aroma tubuh.

Continue Reading

Kesehatan

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Published

on

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Gencil News- Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Hipotensi adalah suatu kondisi di mana angka tekanan darah Anda berada di bawah angka normal.

Selain itu, tekanan darah rendah menandakan bahwa jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan darah sesuai dengan kebutuhannya. Terkadang, tekanan darah rendah juga tidak menimbulkan gejala apapun.

Umumnya, orang yang rutin berolahraga memiliki tekanan darah lebih rendah berbanding dengan orang yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Perhatikan jika tekanan darah terlalu rendah, Anda mungkin mengalami pusing kepala, bahkan hingga pingsan. Jika sudah pada tingkatan yang parah kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan.

Walaupun tekanan darah rendah termasuk salah satu kondisi yang umum terjadi. Tetap harus wasapada, sering kali orang yang mengalami kondisi ini tidak menyadarinya.

Kondisi ini bisa terjadi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Beberapa di antaranya adalah: Dehidrasi, infeksi, lansia, masalah kesehatan jantung, kehamilan dan kekurangan nutrisi.

Gaya hidup dan perawatan di rumah mungkin dapat menjadi cara Anda mengatasi tekanan darah rendah: jalani pola hidup yang sehat, makan cukup, istirahat tidur cukup jam, penuhi kebutuhan air putih setiap hari nya, latihan pola pernafasan saat bangun tidur.

Jika Anda mengalami hipotensi yang dan memiliki gejala, tindakan pertama yang perlu anda lakukan adalah duduk atau berbaring.

Posisikan kaki lebih tinggi dari jantung dan pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat. Jika gejala tidak juga mereda, maka perlu dilakukan penanganan oleh dokter.

Segera hubungi dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat jika mengalami gejala syok, seperti jantung berdebar, keringat dingin, hingga sesak napas.

Tekanan darah yang sangat rendah hingga menimbulkan syok perlu segera ditangani karena dapat membahayakan nyawa.

Continue Reading

Kesehatan

Mengenal 5 Manfaat Kesehatan Dari Bawang Bombai

Published

on

Mengenal 7 Manfaat Kesehatan Dari Bawang Bombai

Bawang bombai yang kerap kali terkenal pada umumnya untuk bumbu masakan rupanya memiliki banyak sekali manfaat kesehatan.

Bawang bombai ada dua jenis yang merah dan kuning, nama latin baang bombai ialah Alium cepa.

Alium cepa merah memiliki umbi dan kulitnya berwarna merah.

Sedangkan, umbi kuning berwarna kuning pucat dan kulitnya berwarna cokelat.

Selain itu juga karena kandungan gizinya, bawang bombai sendiri memiliki banyak sekali manfaat kesehatan;

1. Sebagai Sumber Makanan

Sumber makanan rendah gula dan hampir bebas lemak sehingga terbukti hanya memiliki kalori sebanyak 40 kcal/100 gram bahan. Penyumbang kalori pada umbi Liliaceae ini adalah karbohidrat.

bawang bombai hampir bebas lemak sehingga kalori dari lemak tidak berarti jumlahnya. Karbohidrat dalam tanaman ini terdiri atas monosakarida, polisakarida, dan serat.

Sementara, gula totalnya hanya sebesar 4,24 g/100 gram bahan. Dengan begitu, bawang bombai juga termasuk makanan rendah gula.

2. Memperkuat struktur gigi

Fakta lain ialah pada bawang bombai terdapat fluor. fluor berguna untuk menjaga keseimbangan reaksi enzimatis.

Fluor juga berguna untuk menjaga kerapatan sel penyusun gigi. Dalam hal ini, fluor akan memperkuat struktur gigi.

3. Menurunkan kadar kolesterol dan gula darah

Selain vitamin C, Allium cepa juga mengandung cukup banyak vitamin B3 dan vitamin B9 (asam folat). Di dalam tubuh, vitamin B3 memiliki beberapa fungsi.

Tak hanya itu namun juga baik untuk kesehatankardiovaskuler.

Secara khusus, bawang bombai dapat melindungi kerusakan pembuluh darah yang menyebabkan serangan jantung karena mengandung folat.

4. Mencegah infeksi

Kemampuan lainnya adalah sebagai insektisida, parasitisida, antibakteri, dan anticendawan.Alium Cepa dapat mencegah kemungkinan infeksi patogen yang menyerang tubuh saat kondisi lemah.

Sebagai gambaran, jika teriris pisau, kita dapat mengoleskan irisan Allium cepa di bagian tubuh yang terluka untuk mencegah infeksi yang berkelanjutan.

5. Meningkatkan kadar kolesterl baik (HDL)

Dalam penelitan yang dailakukan Dr. Gurewich di Harvard Medical School, terungkap bahwa dengan mengonsumsi bawang bombai secara rutin maka kadar HDL akan meningkat, meskipun jumlah kolesterol total tidak mengalami penurunan secara nyata. Tapi, kolesterol jahat (LDL) secara otomatis mengalami penurunan.



Continue Reading

TRENDING