Connect with us

Kesehatan

Hati hati Jika Sering Bertukar Alat Kosmetik Dengan Orang Lain

Published

on

Hati hati Jika Sering Bertukar Alat Kosmetik Dengan Orang Lain

GENCIL NEWS – Sering bertukar  alat kosemtik atau make up seperti lipstik atau bedak dengan orang lain dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit kulit bahkan herpes yang biasanya disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Pasalnya, kamu tidak pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan orang lain yang meminjam make up anda.

Banyak juga orang yang menggunakan make up atau alat kosmetik pada saat hendak membelinya dengan menggunakan display atau produk yang memang dipajang untuk dicoba.

Ketahuilah bahwa bertukar makeup dan alat makeup dengan orang lain ternyata bisa menimbulkan penyakit kulit dan merugikan anda.

Seorang wanita di Amerika Serikat menggugat sebuah toko kosmetik karena ia mengaku terkena herpes dari tester lipstick yang disediakan di toko tersebut.

Kamu mungkin kaget dan bertanya-tanya bagaimana herpes bisa menular melalui makeup.

Nyatanya, virus herpes yang biasanya menular melalui sentuhan kulit ke kulit, berciuman, dan berhubungan seks, juga dapat menular melalui air liur yang ditinggalkan orang yang terinfeksi pada lipstik.

Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk tidak berbagi makeup dengan orang lain. Bila kamu terpaksa harus meminjam makeup dari orang lain, setidaknya bersihkanlah aplikator makeup atau usaplah lapisan lipstik dengan tisu agar kamu dapat terhindari dari penularan berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan.

Herpes oral ditandai dengan munculnya luka lepuh yang menyakitkan di bibir, gusi, lidah, atap mulut, dan di dalam pipi.

Selain itu, gejala lainnya yang juga bisa terjadi saat terkena herpes oral adalah demam dan nyeri otot. Jenis herpes yang muncul di bagian mulut ini sebenarnya paling sering terjadi pada anak-anak berusia 1–2 tahun, tetapi virus tersebut dapat memengaruhi siapa saja dari segala usia.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Inspirasi

Ritual Minum Kopi dan Kesehatan

Published

on

 

Gencil.News Riset mengukuhkan bahwa kopi adalah minuman menyehatkan. Tetapi tidak demikian halnya dengan beberapa kebiasaan lain yang terkait ritual minum kopi.

Anda penyuka  kopi ? Kalau suka berarti kita sama. Walaupun ada yang tidak suka,  mungkin pernah icip – icip.

Rasa dan aroma kopi yang khas telah menjadikan kopi ini minuman favorit . Bagi pecinta kopi , ngopi bukan hanya sekedar aktivitas biasa tapi sudah menjadi gaya hidup atau prioritas.

Ngopi sudah menjadi tren dan gaya hidup di Indonesia. Semua kalangan masyarakat gemar melakukan “ritual” yang satu ini. Setiap kelas masyarakat pun punya cara tersendiri dalam menikmati minuman pahit berkafein ini.

 

 

Gencil Audio

https://soundcloud.com/user-448538144/ritual-minum-kopi-dan-kesehatan

Continue Reading

Kesehatan

Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Turun Dengan Pola Sehat Ini

Published

on

Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Turun Dengan Pola Sehat Ini

GENCIL NEWS – Berbagai upaya menurunkan kadar gula darah yang tinggi mungkin telah dilakukan seperti mengonsumsi obat, menghindari makanan tertentu, berolahraga, dan sebagainya. Namun jika upaya tersebut belum berhasil, bisa jadi ada yang salah.

Kenapa gula darah bisa tinggi? Gula darah tinggi terjadi saat tubuh Anda tidak dapat secara efektif mengangkut gula dari darah ke dalam sel. Bila hal ini dibiarkan, maka dapat menyebabkan diabetes atau kencing manis

Namun apabila tinggi terus-menerus, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gagal ginjal, impotensi, kebutaan, dan lain-lain.

populasi penderita diabetes mellitus (DM) di Indonesia saat ini menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia. berdasarkan data IDF Diabetes Atlas, pada tahun 2013 penderita DM di Tanah Air mencapai 8.554.155 orang dan mengalami kenaikan di tahun berikutnya. 

 Anda bisa mencoba kebiasaan berikut ini yang bisa di lakukan untuk menurunkan gula darah yang tinggi atau menjaga kadar gula darah tetap stabil.

1.    Kontrol Asupan Karbohidrat

Karbohidrat penting untuk tubuh, karena berfungsi sebagai sumber utama penghasil energi. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana (sebagian besar glukosa), dan kemudian insulin bekerja dengan memindahkan gula dari darah ke dalam sel untuk dijadikan energi.

Perhatikan asupan karbohidrat, jangan berlebihan, karena akan membebani kerja insulin yang pada gilirannya dapat mengganggu fungsinya sehingga akan meningkatkan kadar glukosa darah, hingga dapat meningkatkan resiko diabetes.

2.    Minum Air Putih

Minum cukup air merupakan salah satu cara menurunkan gula darah, karena bisa membantu menjaga kadar gula darah. Disamping itu, cukup minum air putih juga dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urine.

Dalam suatu studi observasional menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air putih memiliki risiko lebih rendah terkena lonjakan gula darah. Karena dengan minum air putih secara teratur dapat membantu menghidrasi darah, menurunkan kadar gula dan mengurangi risiko diabetes.

Cukupkan kebutuhan minum air putih Anda sehari-hari. Hindari mengonsumsi berlebihan minuman manis, terutama minuman kemasan berpemanis buatan. Hal ini berguna untuk menghindari peningkatan glukosa darah, peningkatan berat badan dan risiko diabetes.

3.    Kontrol Porsi Makan

Mengontrol porsi makanan membantu Anda mengatur asupan kalori sekaligus membantu menurunkan berat badan. Hasilnya, kadar gula darah jadi terkontrol dan terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4.     Kontrol Tingkat Stres

Satu studi telah menunjukkan bahwa olahraga, relaksasi dan meditasi dapat mengurangi stres secara signifikan dan menurunkan kadar gula darah. Latihan dan metode relaksasi seperti yoga diketahui dapat memperbaiki masalah sekresi insulin pada diabetes kronis.

5.    Tidur Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas diperlukan untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur yang buruk, tidur terlampau malam, dan kurang istirahat dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin. Kurangnya tidur dapat mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan dan meningkatkan kadar kortisol, dimana keduanya memiliki peran penting dalam pengendalian gula darah.

Tidur atau beristirahat di siang hari merupakan kebiasaan yang baik dan begitu banyak manfaatnya. Bahkan, beberapa Negara maju di Asia menerapkan aturan untuk tidur siang, seperti rata-rata perusahaan di Jepang yang memperbolehkan karyawannya untuk beristirahat/tidur siang.

6.    Kurangi Berat Badan

Dengan menjaga berat badan yang sehat akan memperbaiki kesehatan Anda dan dapat membantu mengurangi resiko kesehatan di masa depan. Mengontrol berat badan juga mampu mendorong kadar gula darah yang sehat dan telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes.

Bahkan penurunan berat badan sebesar 7% dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 58%, dalam jangka panjang.

7.    Pantau Kadar Gula Darah Anda

Mengukur dan memantau kadar gula darah menjadi salah satu tips penting. Dengan memantau kadar gula darah dapat membantu Anda menentukan apakah Anda perlu melakukan penyesuaian pada makanan atau obat-obatan. Selain itu juga akan membantu Anda mengetahui bagaimana reaksi tubuh terhadap makanan tertentu.

8.    Pilihlah Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik atau The Glycemic Index (GI) ditujukan untuk menilai respon gula darah tubuh terhadap makanan yang mengandung karbohidrat. Baik dari jumlah maupun jenis karbohidratnya. makanan laut, daging, telur, gandum, kacang-kacangan, kacang lentil, kacang polong, ubi jalar, jagung, sebagian besar buah-buahan dan sayuran merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah. Penting untuk memilih makanan dengan indeks glikemik rendah dan perhatikan juga keseluruhan asupan karbohidrat Anda.

Continue Reading

HEADLINE

Jangan Sepelekan 4 Manfaat Air Tebu Untuk Jaga Kesehatan Kulit

Published

on

Air tebu yang menyegarkan juga punya manfaat lain yang tak kalah besar? Anda bisa mendapatkan air tebu dengan mudah hampir di setiap sudut jalan. Rasa manis dan segar ternyata sebanding dengan manfaatnya.

Jangan Sepelekan 4 Manfaat Air Tebu Untuk Jaga Kesehatan Kulit

Jangan Sepelekan 4 Manfaat Air Tebu Untuk Jaga Kesehatan Kulit

Meski rasanya manis, Anda tidak perlu takut dengan masalah gigi yang bakal muncul. Sebab, ternyata, air tebu justru bisa melindungi gigi dari pembusukan.

Minuman segar ini juga bisa menjadi senjata melawan kanker, mengeliminasi racun tubuh, serta menguatkan organ dalam tubuh.

Manfaat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Apa saja itu? Simak beberapa diantaranya berikut ini:

Mengatasi Masalah Jerawat

Tebu yang memiliki nama latin Saccharum officinarum bisa membantu seseorang mengatasi jerawat. Untuk mengatasi jerawat, ternyata tanaman ini sangat ampuh lho. Bagi pemilik kulit yang cenderung berjerawat, cukup gunakan air tebu untuk dijadikan masker. Campur dengan pepaya untuk menghasilkan kulit halus bebas jerawat.

Melindungi Kulit Dari Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, tentu kulit wajah akan menunjukkan tanda-tanda penuaan. Seperti, kerutan di sekitar netra, juga garis senyum di wajah. Anda tidak perlu khawatir, sebab, penanganannya ternyata mudah. Anda cukup menggunakan air tebu untuk menunda tanda-tanda penuaan dini.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan, komponen fenolik, serta flavonoid. Kandungan tersebut juga bisa membuat kulit tampak lembut, lembab dan bercahaya.

Eksfoliator

Tanaman yang tumbuh di berbagai negara Asia Selatan dan Tenggara ini juga bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator atau scrub. Bahan alami ini bisa menjadi scrub yang tidak menimbulkan efek samping seperti iritasi dan alergi. Kandungan asam glikolat mampu membantu pengangkatan sel kulit mati, minyak, dan kotoran yang bisa menyumbat pori-pori.

Menjaga Kelembaban Kulit

Kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHAs) dalam tanaman tebu mampu menjaga kelembaban alami kulit. Selain itu, juga bisa melawan bakteri penyebab jerawat serta menghambat penuaan dini. Oleskan saja air tebu pada wajah, biarkan hingga kering. cara lain untuk mendapatkan manfaatnya adalah cukup tambahkan air tebu pada masker dan scrub favorit Anda.

Ternyata mudah, bukan, untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Hanya dengan bahan alami air tebu, kulit Anda bisa lebih bercahaya dan tampak terawat, ditambah lagi tanpa perlu memikirkan resiko berbahaya.

Continue Reading

Kumpulan Resep Masakan Enak

TRENDING