Hati hati Jika Sering Bertukar Alat Kosmetik Dengan Orang Lain
Connect with us

Kesehatan

Hati hati Jika Sering Bertukar Alat Kosmetik Dengan Orang Lain

Published

on

Hati hati Jika Sering Bertukar Alat Kosmetik Dengan Orang Lain

GENCIL NEWS – Sering bertukar  alat kosemtik atau make up seperti lipstik atau bedak dengan orang lain dapat meningkatkan risiko kamu terkena penyakit kulit bahkan herpes yang biasanya disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Pasalnya, kamu tidak pernah tahu bagaimana kondisi kesehatan orang lain yang meminjam make up anda.

Banyak juga orang yang menggunakan make up atau alat kosmetik pada saat hendak membelinya dengan menggunakan display atau produk yang memang dipajang untuk dicoba.

Ketahuilah bahwa bertukar makeup dan alat makeup dengan orang lain ternyata bisa menimbulkan penyakit kulit dan merugikan anda.

Seorang wanita di Amerika Serikat menggugat sebuah toko kosmetik karena ia mengaku terkena herpes dari tester lipstick yang disediakan di toko tersebut.

Kamu mungkin kaget dan bertanya-tanya bagaimana herpes bisa menular melalui makeup.

Nyatanya, virus herpes yang biasanya menular melalui sentuhan kulit ke kulit, berciuman, dan berhubungan seks, juga dapat menular melalui air liur yang ditinggalkan orang yang terinfeksi pada lipstik.

Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk tidak berbagi makeup dengan orang lain. Bila kamu terpaksa harus meminjam makeup dari orang lain, setidaknya bersihkanlah aplikator makeup atau usaplah lapisan lipstik dengan tisu agar kamu dapat terhindari dari penularan berbagai macam penyakit yang tidak diinginkan.

Herpes oral ditandai dengan munculnya luka lepuh yang menyakitkan di bibir, gusi, lidah, atap mulut, dan di dalam pipi.

Selain itu, gejala lainnya yang juga bisa terjadi saat terkena herpes oral adalah demam dan nyeri otot. Jenis herpes yang muncul di bagian mulut ini sebenarnya paling sering terjadi pada anak-anak berusia 1–2 tahun, tetapi virus tersebut dapat memengaruhi siapa saja dari segala usia.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

Kenali GERD, Penyakit Asam Lambung yang Mengganggu Pencernaan

Published

on

Kenali GERD, Penyakit Asam Lambung yang Mengganggu Pencernaan

Gencil News- Penyakit asam lambung atau GERD adalah masalah pada pencernaan karena melemahnya katup yang terletak pada kerongkongan bagian bawah.

Sensasi awalnya adalah rasa asam atau pahit pada mulut dan sensasi perih, panas terbakar pada dada dan ulu hati atau ada yang mengistilahkan heartburn.

Kedua gejala ini biasanya akan semakin memburuk saat penderita membungkuk, berbaring, atau setelah makan.

Setiap orang bisa mengalami gejala asam lambung naik, pemicunya adalah:

Makan dalam porsi yang banyak, makan pada larut malam, atau mengonsumsi makanan yang memicu produksi asam lambung.

Gejala sering terjadinya Asam lambung naik baru dikatakan sebagai penyakit jika gejala tersebut muncul paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih parah, penting untuk mengenali gejala GERD dan lakukan langkah penanganan sejak dini untuk mengatasinya.

Namun Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter jika gejala GERD terjadi secara terus menerus dan tidak kunjung membaik.

Dan jangan lupa untuk melakukan perubahan gaya hidup, supaya gejala GERD tidak selalu timbul. berikut beberapa pola yang harus diubah.

  • Menurunkan berat badan, jika memiliki berat badan yang berlebih.
  • Tidak merokok.
  • Meninggikan kepala saat tidur.
  • Tidak berbaring atau tidur setidaknya dalam waktu 2 hingga 3 jam setelah makan.
  • Menghindari makanan atau minuman yang memicu asam lambung naik, seperti alkohol, susu, makanan yang pedas dan berlemak, cokelat, mint, dan kopi.
  • Tidak mengenakan pakaian yang terlalu ketat.

Para peneliti memperkirakan dengan merubah gaya dan hidup maka bisa mengurangi gejala GERD secara keseluruhan sebesar 37 persen.

Continue Reading

Kesehatan

Manfaat Sehat dari Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Published

on

Manfaat Sehat dari Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Gencil News- Ibu Hamil sudah tentu akan mengalami yang namanya keterbatasan fisik dalam beraktivitas, Walaupun begitu untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, ibu hamil tetap harus melakukan olahraga.

Maka itu ada beberapa alternatif pilihan untuk ibu hamil jika tetap ingin berolahraga sehat namun tidak memberatkan.

Jalan kaki terbilang aman dan ringan untuk bumil selain bermanfaat dan menyehatkan bisa menjadi ragam pilihan mudah untuk olahraga.

Jalan kaki termasuk salah satu aktivitas yang sifatnya aerobik. Aktivitas fisik jenis ini membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Rutin jalan kaki untuk bumil bermanfaat untuk memelihara tekanan darah, menjaga kenaikan berat badan agar tidak berlebihan, serta membuat bumil merasa lebih nyaman dan senang karena efek pengeluaran dopamin.

Melansir Annandaleobgyn, The Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan bahwa.

Ibu hamil sehat setidaknya mendapatkan 150 menit per minggu aktivitas intensitas sedang idealnya berjalan dengan total sepanjang minggu.

Dan aktivitas intensitas sedang yang ideal untuk bumil ialah jalan kaki.

“Berjalan kaki dapat membuat jantung kuat dan otot menjadi kencang. Dan, seorang ibu yang lebih kuat tentunya akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk memenuhi tuntutan menjadi ibu,” ujar Neporent, seorang personal trainer dan fitness expert di Los Angeles.

Neporent memaparkan, manfaat jalan kaki pada bumil juga membantu untuk mengalami persalinan yang lebih singkat dan mudah.

Continue Reading

Kesehatan

Kenali Cara Penggunaan Humidifier yang Tepat

Published

on

Kenali Cara Penggunaan Humidifier yang Tepat

Gencil News-Humidifier adalah alat untuk melembapkan udara, yang bekerja dengan cara menyemprotkan uap air. Uap tersebut akan meningkatkan kelembapan, sehingga berada dalam kisaran yang ideal dan baik untuk kesehatan.

Humidifier sangat efektif untuk mengatasi kekeringan pada kulit, hidung, tenggorokan, dan bibir yang menyebabkan iritasi pada berbagai bagian tubuh.

Melansir dari Healthline, terapi humidifier akan menambah kelembapan udara untuk mencegah kekeringan yang menyebabkan iritasi.

Terdapat beberapa jenis humidifier yang bisa Anda pilih bergantung pada preferensi, anggaran, dan ukuran ruangan.

Berikut cara penggunaan humidifier yang tepat.

1. Humidifier Sentral

Ini adalah jenis alat pelembab yang paling mahal, tetapi ini adalah pilihan terbaik jika Anda ingin menambah kelembapan pada ruangan rumah.

2. Evaporator

Evaporator menggunakan kipas untuk mengembuskan udara melalui sumbu, filter, atau sabuk basah. Jenis ini lebih terjangkau daripada humidifier sentral. Tetapi kekurangannya, hanya bekerja pada satu ruangan dalam satu waktu.

Serta mengeluarkan terlalu banyak uap air ke udara. Jadi kurang baik untuk penderita asma dan meningkatkan kemungkinan pertumbuhan jamur.

3. Humidifier Impeler

Pelembap impeller menghasilkan kabut dingin dengan piringan yang berputar. Bekerja dengan bantuan cakram berputar yang bekerja dengan kecepatan tinggi.

Kelemahan jenis impeler adalah menyebabkan kesulitan bernapas bagi penderita alergi dan asma jika berlebihan.

4. Humidifier Ultrasonik

Jenis alat ini menyemprotkan kabut dingin dengan bantuan getaran ultrasonik. Tersedia versi kabut dingin dan hangat.

5. Alat Penguap Uap

Alat ini menggunakan listrik untuk menghasilkan uap yang mendingin sebelum meninggalkan mesin. Cara kerjanya dengan memanaskan air, lalu mendinginkannya, sebelum membuangnya ke udara.

Continue Reading

TRENDING