Connect with us

Kesehatan

Ini 6 Manfaat Kesehatan Dari Biji Bunga Matahari

Published

on

Ini 6 Manfaat Kesehatan Dari Biji Bunga Matahari

Gencil News– Ini 6 manfaat kesehatan dari biji bunga matahari. biji bunga matahari kaya akan protein, lemak sehat, dan serat. Dalam satu ons biji bunga mataahri biasanya mengandung nutrisi dari kalori, lemak tak jenuh ganda, karbohidrat dan serat juga protein. Biji bungamatahari juga mengandung sekitar 21 vitamin dan mineral esensial. Biji-bijian ini juga kaya akan vitamin E, yakni sekitar 41 persen dari total rekomendasi harian.

Ini 6 Manfaat Kesehatan Dari Biji Bunga Matahari. Biji bunga matahari memang mengandung lemak tinggi dan padat kalori. Namun, jenis lemak yang terdapat di dalamnya adalah lemak sehat yang baik untuk kesehatan jantung, karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Ini 6 Manfaat kesehatan dari biji bunga matahari;

1. Baik bagi kesehatan tulang

Kuaci juga mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan tulang. Misalnya kalsium, magnesium, dan tembaga. Sebagai bonusnya, kuaci mengandung vitamin E yang membantu meredakan rasa nyeri rematik.

2. Menurunkan kolesterol

Kuaci menandung senyawa pitosterol yaitu senyawa pada tumbuhan yang memiliki struktur kimia yang sangat mirip dengan kolesterol.

Ketika disajikan saat diet, jenis biji-bijian yang satu ini diyakini mampu mengurangi kadar kolesterol, menambah respon imun, dan mampu menurunkan risiko kanker tertentu.

3. Membantu mencegah penyakit kanker

Salah satu manfaat kuaci adalah sebagai pengontrol kerusakan sel sehingga berperan penting dalam mencegah serangan kanker.

4. Menjaga kesehatan jantung

Tak hanya lezat, biji bunga matahari juga kaya akan asam lemak tak jenuh ganda. Lemak baik ini ramah jantung karena dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

5. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang kuat adalah kunci untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Biji bunga matahari adalah pendukung kekebalan tubuh yang baik berkat vitamin E yang dikandungnya.

Selain vitamin E, biji bunga matahari juga mengandung zync dan selenium yang juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

6. Menyehatkan Kulit

Karena mengandung banyak sekali vitamin E (41%) di dalamnya. Maka biji bunga matahari mampu memberikan dan menjaga kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Kesehatan

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Published

on

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Gencil News- Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Hipotensi adalah suatu kondisi di mana angka tekanan darah Anda berada di bawah angka normal. Selain itu, tekanan darah rendah menandakan bahwa jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan darah sesuai dengan kebutuhannya. Terkadang, tekanan darah rendah juga tidak menimbulkan gejala apapun. Umumnya, orang yang rutin berolahraga memiliki tekanan darah lebih rendah dibanding orang yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Perhatikan jika tekanan darah terlalu rendah, Anda mungkin mengalami pusing kepala, bahkan hingga pingsan. Jika sudah pada tingkatan yang parah kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan.

Walaupun tekanan darah rendah termasuk salah satu kondisi yang umum terjadi. Tetap harus wasapada, sering kali orang yang mengalami kondisi ini tidak menyadarinya. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Beberapa di antaranya adalah: Dehidrasi, infeksi, lansia, masalah kesehatan jantung, kehamilan dan kekurangan nutrisi.

Gaya hidup dan perawatan di rumah mungkin dapat menjadi cara Anda mengatasi tekanan darah rendah: jalani pola hidup yang sehat, makan cukup, istirahat tidur cukup jam, penuhi kebutuhan air putih setiap hari nya, latihan pola pernafasan saat bangun tidur.

Jika Anda mengalami hipotensi yang disertai gejala, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah duduk atau berbaring. Posisikan kaki lebih tinggi dari jantung dan pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat. Jika gejala tidak juga mereda, maka perlu dilakukan penanganan oleh dokter.

Segera hubungi dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat jika mengalami gejala syok, seperti jantung berdebar, keringat dingin, hingga sesak napas. Tekanan darah yang sangat rendah hingga menimbulkan syok perlu segera ditangani karena dapat membahayakan nyawa.

Continue Reading

Gaya Hidup

Fobia Berlebihan Dengan Ketinggian, Ini Penjelasan Mengenai Akrofobia

Published

on

Fobia Berlebihan Dengan Ketinggian, Ini Penjelasan Mengenai Akrofobia

Gencil News- Fobia Berlebihan Dengan Ketinggian, Ini Penjelasan Mengenai Akrofobia.. Apakah kamu pernah mengalami ketakutan yang ekstrem saat berada di tempat yang tinggi? Jika pernah dan bahkan sering, bisa jadi anda menderita akrofobia.

Akrofobia merupakan fobia takut ketinggian. Jika berada di tempat yang tinggi seperti lantai atas gedung bertingkat, atau tempat tinggi lainnya, penderita akrofobia akan merasakan ketakutan dan kecemasan yang berlebihan. Bahkan, tak jarang mereka akan menjerit dan menangis jika secara tak sengaja terjebak di ketinggian.

Penderita fobia ketinggian bisa merasakan ketakutan, kecemasan, dan panik yang tidak terkontrol saat berada di ketinggian, meskipun situasinya tidak berbahaya. Reaksi-reaksi lain yang juga dapat muncul adalah gemetaran, dada berdebar, pusing, berkeringat dingin, mual, sesak napas, hingga pingsan.

Penderita fobia ketinggian sebenarnya menyadari bahwa rasa takut yang dirasakannya tidaklah wajar, tapi mereka tetap tidak dapat meredam rasa takut tersebut. Jika mengalami keadaan seperti sensasi gemetar, berkeringat, merasa ketakutan atau kebas, jantung berdebar cukup kencang, menangis atau berteriak hingga Serangan panik penuh dengan sesak napas saat berada di ketinggian kemungkinan anda memiliki Akrofobia.

Banyak ahli berpendapat bahwa akrofobia disebabkan oleh kejadian traumatis yang pernah dialami penderitanya, seperti pernah jatuh dari tempat yang tinggi atau melihat seseorang jatuh dari ketinggian. Selain itu, akrofobia juga disebabkan oleh faktor genetik. Jika ada salah satu anggota keluarga yang menderita akrofobia, maka anggota keluarga lainnya juga berisiko tinggi menderita fobia ketinggian ini. 

jika Anda mengalami gejala acrophobia selama enam bulan atau lebih, dan gejala-gejala tersebut sampai mengganggu kehidupan sehari-hari Anda, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan fobia. Namun beberapa jenis obat, seperti obat pereda cemas dan antidepresan, setidaknya mampu menjadikan penderita fobia ketinggian lebih tenang dalam menghadapi kecemasannya ketika gejala muncul. Meski begitu, penggunaan obat-obatan ini harus mengikuti petunjuk dokter.

Jika fobia ketinggian yang Anda alami sudah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke psikiater atau psikolog untuk mendapatkan penaganan.

Continue Reading

Kesehatan

Pentingkah Cairan Obat Kumur digunakan Setiap Saat

Published

on

Pentingkah Cairan Obat Kumur digunakan Setiap Saat

Gencil News- Pentingkah Cairan Obat Kumur digunakan Setiap Saat. Cairan Obat kumur sendiri merupakan cairan antiseptik yang ampuh membersihkan gigi hingga ke sela-sela gigi, membersihkan permukaan lidah dan gusi, serta ke bagian belakang mulut hingga kerongkongan. Tak hanya menghilangkan bau mulut, obat kumur juga berfungsi dalam menjaga mulut agar tetap lembap. obat kumur bukanlah pengganti sikat dan pasta gigi. Keduanya tetap dibutuhkan dan berperan penting dalam membersihkan sisa makanan dan bakteri pada gigi secara keseluruhan.

Pentingkah Cairan Obat Kumur digunakan Setiap Saat. Penggunaan obat kumur biasanya tidak menimbulkan efek samping bagi pemakainya. Namun, pada beberapa kasus, obat kumur akan menimbulkan sensasi mulut kering dan perubahan rasa dalam mulut.

Perhatikan pula kandungan-kandungan dalam obat kumur yang akan menimbulkan reaksi alergi pada orang yang memiliki sensitivitas terhadap bahan tertentu.

Menurut drg. Sri angky Ketua Kolegium Dokter Gigi Indonesia (KDGI) menyampaikan bahwa beberapa orang kemungkinan beranggapan bahwa semakin sering berkumur menggunakan obat kumur, maka manfaat yang akan didapat semakin baik. Namun, anggapan ini nyatanya salah kaprah.

Faktanya, berkumur dapat melindungi area mulut selama 12 jam, maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan mulut yang bersih, sebaiknya berkumur secara rutin dua kali sehari setelah menyikat gigi.

“Sama seperti penggunaan antibiotik, ada zat kimia yang kita pakai di rongga mulut. Maka kita juga harus hati-hati. Kita tidak menganjurkan lebih dari dua kali. Sekali lagi, dua kali saja sudah pas.” Ujar nya.

Gunakan obat kumur sesuai dengan dosisnya, sehingga jangan sampai digunakan secara berlebihan. Penggunaan obat kumur dengan dosis yang berlebihan akan menyebabkan overdosis yang berdampak buruk pada tubuh Anda.

Drg. Sri Angky mengatakan bahwa penggunaan obat kumur lebih dari dosis yang dianjurkan justru akan menyebabkan mulut kering dan memicu timbulnya sariawan.

“Overdosis (obat kumur) bisa macam-macam, tergantung pada tubuh kita. Ada yang langsung jadi kering (mulutnya), jadi sariawan, ada juga jadi lebih rentan infeksi. Makan juga bisa jadi sakit.” Ucap nya.

 

Continue Reading

TRENDING