Manfaat Sehat dari Jalan Kaki untuk Ibu Hamil – Gencil News
Connect with us

Kesehatan

Manfaat Sehat dari Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Published

on

Manfaat Sehat dari Jalan Kaki untuk Ibu Hamil

Gencil News- Ibu Hamil sudah tentu akan mengalami yang namanya keterbatasan fisik dalam beraktivitas, Walaupun begitu untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit, ibu hamil tetap harus melakukan olahraga.

Maka itu ada beberapa alternatif pilihan untuk ibu hamil jika tetap ingin berolahraga sehat namun tidak memberatkan.

Jalan kaki terbilang aman dan ringan untuk bumil selain bermanfaat dan menyehatkan bisa menjadi ragam pilihan mudah untuk olahraga.

Jalan kaki termasuk salah satu aktivitas yang sifatnya aerobik. Aktivitas fisik jenis ini membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Rutin jalan kaki untuk bumil bermanfaat untuk memelihara tekanan darah, menjaga kenaikan berat badan agar tidak berlebihan, serta membuat bumil merasa lebih nyaman dan senang karena efek pengeluaran dopamin.

Melansir Annandaleobgyn, The Centers for Disease Control and Prevention merekomendasikan bahwa.

Ibu hamil sehat setidaknya mendapatkan 150 menit per minggu aktivitas intensitas sedang idealnya berjalan dengan total sepanjang minggu.

Dan aktivitas intensitas sedang yang ideal untuk bumil ialah jalan kaki.

“Berjalan kaki dapat membuat jantung kuat dan otot menjadi kencang. Dan, seorang ibu yang lebih kuat tentunya akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk memenuhi tuntutan menjadi ibu,” ujar Neporent, seorang personal trainer dan fitness expert di Los Angeles.

Neporent memaparkan, manfaat jalan kaki pada bumil juga membantu untuk mengalami persalinan yang lebih singkat dan mudah.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Published

on

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Tidur malam hari merupakan salah satu hal yang mengakhiri segala aktivitas yang kita lakukan dalam satu hari. Namun, Salah satu kondisi yang bisa terjadi ketika tidur dengan kondisi perut kosong pada malam hari sangat berpengaruh hingga besoknya.

Selain itu, Kondisi lapar ketika tidur ini bisa menyebabkan berbagai macam hal.

Melnasir dari Times of India, berikut sejumlah dampak yang muncul ketika seseorang tidur dalam kondisi perut kosong.

Kurang Nutrisi

Tidak makan pada malam hari atau melewatkan jam makan malam maka bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dalam tubuh terutama mikronutrisi.

Tubuh kita membutuhkan mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B12, dan vitamin D3 untuk dapat bekerja secara efisien.

Memengaruhi Metabolisme

Jika seseorang sering melewatkan makan malam, hal ini bisa memengaruhi metabolisme tubuhnya. sehingga hal ini bisa mempengaruhi tingkat insulin pada tubuh serta kolesterol dan tingkat tiroid.

Sulit Tidur

Mencoba tidur dalam kondisi perut kosong bisa membuatmu kesulitan untuk memulai tidur. Rasa lapar akan membuatmu terjaga lebih lama. Hal ini terjadi karena tubuh terkontrol secara hormonal dan saraf sehingga kurang makan di malam hari bisa menimbulkan dampak terhadap hal ini.

Bertambahnya Berat Badan

Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan menganggap bahwa melewatkan makan malam bisa membuat mereka kurus. Faktanya, melewatkan makan malam malah bisa membuat berat badan bertambah.

Ketika melewatkan makan malam, tubuh akan mulai menumpuk lemak. Tubuh mulai menyimpan tenaga dan menggunakannya untuk melakukan aktivitas lain yang berujung bertambahnya berat badan.

Continue Reading

Kesehatan

Lebih Baik Konsumsi Beras Merah Atau Beras Putih?

Published

on

Lebih Baik Konsumsi Nasi Merah Atau Nasi Putih?

Lebih Baik Konsumsi Beras Merah Atau Beras Putih? Nasi selalu menjadi makanan utama dan sumber energi yang paling prioritas untuk kebanyakan masyarakat indonesia.

kalau belum makan nasi artinya ‘belum makan’ begitu menurut gurauan yang sering terdengar pada kalangan masyarakat indonesia.

Lebih Baik Konsumsi Beras Merah Atau Beras Putih? Apapun bentuk nya jika nasi putih, hitam atau merah dalam kadar berlebih tidak baik bagi kesehatan.

Ini karena nasi adalah sumber makanan berkarbohidrat dengan nilai indeks glikemik tinggi yang bisa cepat menaikkan gula darah dalam tubuh karena mengandung sedikit serat.

Menurut indriyani AKG FKM UI, Beras merah yang menghasilkan nasi merah merupakan jenis beras (Oryza sativa L.) dengan kandungan antosianin (zat warna merah) yang tinggi sehingga beras memiliki warna merah.

Beras merah memiliki rendah akan kadar glikemik (glycemic index/GI) dan memiliki kandungan nutrisi, serat, vitamin, dan mineral yang lebih tinggi.

Indeks glikemik adalah kemampuan suatu makanan untuk meningkatkan kadar gula dalam darah.

Indeks glikemik tinggi jika berada pada atas angka 70, jika berada pada kisaran 56-69 sedang, dan rendah jika berada pada level 55 kebawah.

Kandungan gizi yang melimpah pada beras merah karena proses pengolahan beras merah yang berbeda dari beras putih.

Proses penggilingan dapat menghilangkan bagian terluar beras yakni sekam dan kulit ari (aleuron), pada bagian ini kaya akan kandungan gizi.

Terutama magnesium dan serat yang berperan penting dalam menurunkan risiko Penyakit gula.

Berdasarkan jurnal International Journal of Food Science and Nutrition tahun 2006.

Mereka yang makan beras merah memiliki kadar gula darah yang lebih rendah setelah makan.

Dan berbanding terbalik oarng yang lebih sering mengkonsumsi makanan dengan beras putih.

Anda dapat mengganti nasi dengan jenis karbohidrat lain, misalnya kentang, roti, bihun, ubi, dan berbagai makanan pokok lain.

Continue Reading

Kesehatan

Siapkan 8 Macam Buah Ini Untuk Turunkan Kolesterol

Published

on

Siapkan 8 Macam Buah Ini Untuk Turunkan Kolesterol
Foto sumber dari Recipes dot net artikel healthy recipes for low cholesterol diet

Kolesterol merupakan salah satu penyakit tertinggi dunia yang banyak diderita akibat gaya atau pola hidup. cara mudah agar tetap menjaga kadar cholesterol dalam lifestyle anda selalu pertahankan konsumsi buah dengan rutin.

Penyakit yang satu ini dapat membuat peredaran darah menjadi tidak lancar dan risiko kamu terkena penyakit jantung dan stroke menjadi meningkat.

Agar kamu tercegah atau terobati dari penyakit ini, salah satu solusi cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga pola makan sehat dan memakan buah-buahan penurun kolesterol.

Salah satu caranya dengan mengonsumsi beberapa buah penurun cholesterol paling ampuh ini!Selanjutnya Siapkan 8 Macam Buah Ini untuk mencegah dan melindungi metabolisme tubuh anda.

Wajib 8 Buah Penurun Cholesterol

1. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dapat menurunkan tingkat kolesterol pada tubuhmu.

Mengonsumsi pisang dapat melancarkan dan membersihkan saluran pencernaan pada tubuh, sehingga kolesterol tidak akan menyumbat arteri dan pembuluh darah.

Agar pembuluh darah dan jantungmu terhindar dari cholesterol, kamu dapat memakan pisang setiap pagi secara rutin.

2. Stroberi

Stroberi adalah buah yang kaya akan kandungan polifenol.

Polifenol merupakan kandungan yang berfungsi untuk membantu dan mengatur sistem pembuluh darah.

Sebuah studi juga mengklaim bahwa memakan stroberi secara rutin dapat menurunkan kolesterol dan menurunkan risiko tubuh terkena penyakit jantung.

3. Tomat

Tomat memiliki kandungan potasium, vitamin A, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

Selain itu, tomat juga mengandung antioksidan likopan yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) secara signifikan dalam darah.

4. Apel

Sebuah penelitian telah membuktikan mengonsumsi buah apel secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Agar manfaat ini dapat kamu nikmati secara maksimal, kamu dapat memakan apel langsung dengan kulitnya karena pada kulit apel terkandung antioksidan felonik yang mampu melancarkan peredaran darah.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak dan serat tak jenuh yang mampu menyehatkan jantung.

Mengonsumsi alpukat secara rutin juga diklaim dapat membantu mengurangi risiko tubuh terkena penyakit jantung dan stroke.

Sebuah uji klinis juga menemukan bahwa alpukat dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

6. Anggur

Buah anggur kaya akan kandungan polifenol yang dapat mencegah dan mengurangi kerusakan sel.

Buah anggur juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

7. Lemon

Lemon mengandung beragam zat yang bermanfaat untuk tubuh, seperti pektin, bioflavonoid, asam sitrat, vitamin A, B1, B2, C, dan serat.

Nutrisi-nutrisi tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh, meredakan flu, sariawan, demam, dan juga mampu mengatasi radang tenggorokan.

8. Pir

Pir adalah salah satu buah kaya serat yang dapat kamu temukan dengan mudah di Indonesia.

Memakan satu buah pir berukuran sedang juga ternyata dapat mencukupi 16% kebutuhan serat harian tubuhmu.

Kandungan serat pada pir, yaitu pektin, merupakan obat penurun kolesterol alami karena dapat mengikat dan mengangkut kolesterol keluar dari tubuh.

Hal ini membuat tingkat kolesterol jahat pada tubuhmu menjadi berkurang.

Continue Reading

Kesehatan

5 Asupan Makanan ini membuat Kenyang Tahan Lama

Published

on

Baik untuk Diet, 5 Makanan ini membuat Kenyang Tahan Lama

Pasalnya, asupan makanan akan kalori harian dan mingguan menentukan apakah berat badan seseorang bisa turun atau tidak. diet juga tidak bisa serta merta anda lakukan tanpa memperhatikan aturan asupan dalam tubuh.

Masalah, mengurangi asupan kalori secara tiba-tiba, apalagi dalam jumlah yang drastis dan pilihan makanan yang salah, bisa membuat seseorang merasa kelaparan.

Ada 5 makanan yang bisa membuat kenyang dan tahan lama untuk anda yang ingin memperhatikan asupan kalori perhari nya.

Melansir dari Kompas, Dokter spesialis gizi klinik dari Primaya Hospital Makassar, dr Andi Faradilah, Sp.GK, membagikan lima makanan yang kenyangnya bertahan lama dan cocok untuk orang yang sedang menjalani program diet.

1. Pisang kepok

Di antara berbagai jenis buah-buahan, pisang kepok memiliki nilai serat yang tinggi, yakni berkisar 5,7 gram per 100 gram takarannya.

“Dengan tinggi serat, maka bermanfaat menahan rasa lapar lebih lama,” ujar dr Faradilah.

2. Sayuran hijau

Dokter Faradilah berkata bahwa sayuran hijau, seperti daun singkong rebus dan bayam kukus, baik untuk memberikan rasa lapar yang lama karena mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi dibandingkan sayur lain.

3. Tempe gembus

Orang Indonesia sangat lekat dengan olahan kacang kedelai yang bernama tempe. Namun, sudah kenalkah Anda dengan tempe gembus?

Menurut dr Faradilah, tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu merupakan jenis kacang-kacangan yang tertinggi dalam komposisi seratnya yaitu 5,3 gram dalam 100 gram jenis makanan ini.

Seperti disebutkan di atas, makanan yang tinggi serat bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Buah naga

Selain pisang kepok, dr Faradilah juga merekomendasikan buah naga merah bagi orang yang sedang berdiet.

Pasalnya, jenis buah ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, buah naga juga memiliki kandungan antoksidan yang baik untuk tubuh.

5. Bawang bombai

Bawang bombai kerap digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan karena memberikan cita rasa yang nikmat.

Namun, dokter Faradilah menyarankan untuk mengonsumsi sayuran ini dalam keadaan mentah karena dengan demikian, bawang bombai dapat digunakan untuk menahan rasa lapar lebih lama berkat kandungan seratnya yang tinggi.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING