"Jika" Amerika Yang Temukan Vaksin, Segera Dibagikan Ke Seluruh Dunia
Connect with us

Kesehatan

“Jika” Amerika Yang Temukan Vaksin, Segera Dibagikan Ke Seluruh Dunia

Published

on

“Jika” Amerika Yang Temukan Vaksin, Segera Dibagikan Ke Seluruh Dunia –Kepala Institut Kesehatan Nasional AS (NIH), Francis Collins, kepada kantor berita AFP mengatakan jika Amerika menjadi yang pertama mengembangkan vaksin yang efektif terhadap virus corona, Amerika akan secara cepat membagikannya kepada dunia.

Pemerintahan Presiden Donald Trump sebelumnya mengatakan meskipun akan berbagi pengetahuan ilmiah namun akan memprioritaskan produksi dosis vaksin untuk warga AS.

Tetapi Collins mengatakan “sangat” setuju dengan para pemimpin Perancis dan China bahwa vaksin harus menjadi apa yang mereka katakan “barang publik global,” dan menyatakan keprihatinan khusus bagi negara-negara di Afrika.

“Tentu saja jika kita menemukan vaksin yang sukses, saya ingin memastikan agar vaksin itu secepat mungkin tersedia di Afrika dan di Amerika Selatan – lihat Brazil sekarang,” kata Collins.

“Kita punya kewajiban besar, sebagai negara terkaya di dunia, kita tidak hanya memperhatikan diri sendiri. Jika demikian akan buruk dampaknya,” tambahnya.

Collins sebagai pemimpin dari salah satu pusat penelitian terpandang di dunia dengan anggaran $ 42 miliar – bermitra dengan perusahaan swasta dalam persaingan untuk menemukan vaksin melawan virus mematikan yang telah menewaskan lebih dari 320.000 orang di seluruh dunia.

Pemerintahan Trump telah menetapkan tujuan untuk memproduksi 300 juta dosis pada bulan Januari – cukup untuk memvaksinasi seluruh warga Amerika.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Published

on

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Tidur malam hari merupakan salah satu hal yang mengakhiri segala aktivitas yang kita lakukan dalam satu hari. Namun, Salah satu kondisi yang bisa terjadi ketika tidur dengan kondisi perut kosong pada malam hari sangat berpengaruh hingga besoknya.

Selain itu, Kondisi lapar ketika tidur ini bisa menyebabkan berbagai macam hal.

Melnasir dari Times of India, berikut sejumlah dampak yang muncul ketika seseorang tidur dalam kondisi perut kosong.

Kurang Nutrisi

Tidak makan pada malam hari atau melewatkan jam makan malam maka bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dalam tubuh terutama mikronutrisi.

Tubuh kita membutuhkan mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B12, dan vitamin D3 untuk dapat bekerja secara efisien.

Memengaruhi Metabolisme

Jika seseorang sering melewatkan makan malam, hal ini bisa memengaruhi metabolisme tubuhnya. sehingga hal ini bisa mempengaruhi tingkat insulin pada tubuh serta kolesterol dan tingkat tiroid.

Sulit Tidur

Mencoba tidur dalam kondisi perut kosong bisa membuatmu kesulitan untuk memulai tidur. Rasa lapar akan membuatmu terjaga lebih lama. Hal ini terjadi karena tubuh terkontrol secara hormonal dan saraf sehingga kurang makan di malam hari bisa menimbulkan dampak terhadap hal ini.

Bertambahnya Berat Badan

Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan menganggap bahwa melewatkan makan malam bisa membuat mereka kurus. Faktanya, melewatkan makan malam malah bisa membuat berat badan bertambah.

Ketika melewatkan makan malam, tubuh akan mulai menumpuk lemak. Tubuh mulai menyimpan tenaga dan menggunakannya untuk melakukan aktivitas lain yang berujung bertambahnya berat badan.

Continue Reading

Kesehatan

5 Rempah Herbal Indonesia Yang menjaga Stamina Tubuh

Published

on

Penggunaan rempah-rempah dalam makanan dan minuman ternyata juga dapat mencegah kejadian hipertensi dan mengontrol berat badan. Dengan menambahkan banyak rempah dalam makanan, maka rasa makanan tersebut akan semakin kaya rasa.

Gencil News- Indonesia terkenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempahnya. seperti kita ketahui bahwa produksi rempah herbal Indonesia pada tahun 2013 mencapai sekitar 310 ton yang terdiri dari komoditas cengkeh, lada, pala, kayu manis, dan vanili.

Tidak hanya berguna untuk menambahkan rasa pada makanan, ternyata penggunaan rempah herbal indonesia ini dalam makanan atau minuman mempunyai dampak baik untuk kesehatan.

Khasiat dari berbagai komoditas rempah-rempah dalam makanan dan minuman ini ternyata juga dapat mencegah kejadian hipertensi dan mengontrol berat badan.

Dengan menambahkan banyak rempah dalam makanan, maka rasa makanan tersebut akan semakin kaya rasa.

1. Kayu manis

Kayu manis merupakan salah satu komoditas rempah herbal untuk penambah rasa berbagai masakan dan minuman.

Rempah ini mengandung cinnamaldehid  untuk keperluan medis sebagai obat anti-bakteri atau anti jamur.

Selain itu, kayu manis juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mengobati inflamasi pada tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah.

ilustrasi kayu manis

Sebuah studi menyatakan bahwa kayu manis baik bagi penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Kunyit

Kunyit adalah jenis tanaman rimpang dengan warna kuning yang khas. Karena warna kuning yang pekat ini, kunyit sering dijadikan sebagai pewarna berbagai makanan.

Zat antioksidannya dapat melindungi tubuh dari efek radikal bebas dan mengurangi risiko terkena kanker.

Selain itu, kunyit juga mengandung zat anti-inflamasi, yaitu zat yang mengurangi kadar histamin dan meningkatkan kortisone alami dalam tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh dalam mengangani inflamasi dan infeksi dalam tubuh.

ilustrasi kunyit

3. Jahe

Banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa jahe baik untuk mengobati gejala mual, termasuk gejala mual yang muncul pada ibu hamil, penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi, dan mabuk laut.

ilustrasi jahe

Jahe juga bermanfaat sebagai anti-inflamasi dan dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul pada tubuh. memiliki sifat yang analgesik atau membantu menghilangkan rasa sakit. Sehingga ketika kita sedang sakit perut, sangat baik mengonsumsi jahe.

4. Cengkeh

Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang berasal dari keluarga pohon Myrtaceae. Banyak yang menyebutkan bahwa cengkeh memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, namun memang penelitian akan manfaat cengkeh bagi kesehatan masih sedikit.

ilustrasi cengkeh

Berdasarkan penelitian dari Journal of Dentistry, menunjukkan bahwa cengkeh dapat menjadi pengganti obat penahan rasa sakit, seperti benzocaine.

5. Buah Pala

Buah Pala biasanya sebagai bumbu tambahan dalam masakan, ternyata bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri pada tubuh, sebagai zat anti-inflamasi, dan membantu menyembuhkan artritis.

ilustrasi buah pala

Selain itu, pala juga berguna untuk membantu merangsang gerakan peristaltik pada usus dan memicu pengeluaran asam lambung yang dapat membantu proses pencernaan berjalan lebih cepat.

buah pala, memiliki kandungan myristicin dan maceligan yang dapat menurunkan risiko terkena Alzheimer dan memperlambat penurunan kemampuan mengingat.

Continue Reading

Kesehatan

Perhatikan 5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang

Published

on

Perhatikan 4 Makanan yang Bisa Menyebabkan Gigi Berlubang

Salah satu bagian tubuh yang paling terpengaruh dengan makanan adalah gigi bahkan beberapa jenis makanan bisa menyebabkan gigi berlubang.

Selain itu, makanan yang anda konsumsi sehari-hari bisa juga menentukan kesehatan tubuhmu baik dalam jangka panjang maupun pendek.

Hal ini lah yang bisa sangat mempengaruhi makanan dan minuman yang kamu konsumsi terhadap kondisi kesehatan gigi.

Faktanya, Plak merupakan lapisan yang menempel pada gigi dan ini sangat mempengaruhi munculnya masalah gusi serta gigi berlubang.

Melansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan yang bisa menyebabkan gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.

1. Makanan mengandung tepung dan olahan

Ketika anda mengonsumsi makanan karbohidrat olahan, jenis makanan tersebut akan berubah menjadi gula di dalam mulut. Saat itu pula produksi asam akan masuk.

Tepung mulai berkonversi menjadi gula dengan segera melalui proses pra-pencernaan yang masuk melalui mulut melalui enzim dalam air liur.

2. Mengonsumsi Minuman Bersoda

Selain mengandung gula yang sangat tinggi, soda juga dapat membuat mulut menjadi kering. Kondisi ini menjadi tempat bagi bakteri jahat untuk berkembang biak.

3. Makanan Mengandung Tinggi Gula

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman terlalu manis bukan hanya buruk untuk kesehatan tubuh, tetapi juga berdampak buruk bagi kesehatan mulut.

Belum lagi bakteri dalam mulut memakan gula untuk menciptakan asam. Di samping itu, infeksi dalam rongga mulut berkaitan erat dengan kadar asam.

4. Makanan Mengandung asam yang tinggi

Makanan yang terasa sangat asam akan sangat berbahaya untuk gigi, karena dapat mengikis email gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Pelemahan email gigi ini juga dapat menyebabkan masalah sensitivitas hingga perubahan warna gigi.

5. Mengunyah Es Batu berlebihan

Meskipun terlihat sepele, nyatanya kebiasaan mengunyah es batu dapat merusak gigi.

Selain itu, Mengunyah zat keras seperti es batu dapat merusak email gigi dan membuat gigi lebih sensitif.

Dampak lainnya adalah mengunyah es batu berisiko membuat gigi menjadi longgar dan rentan tanggal.

Continue Reading

TRENDING