Connect with us

Kesehatan

Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Turun Dengan Pola Sehat Ini

Published

on

Kadar Gula Darah Tinggi Bisa Turun Dengan Pola Sehat Ini

GENCIL NEWS – Berbagai upaya menurunkan kadar gula darah yang tinggi mungkin telah dilakukan seperti mengonsumsi obat, menghindari makanan tertentu, berolahraga, dan sebagainya. Namun jika upaya tersebut belum berhasil, bisa jadi ada yang salah.

Kenapa gula darah bisa tinggi? Gula darah tinggi terjadi saat tubuh Anda tidak dapat secara efektif mengangkut gula dari darah ke dalam sel. Bila hal ini dibiarkan, maka dapat menyebabkan diabetes atau kencing manis

Namun apabila tinggi terus-menerus, maka dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gagal ginjal, impotensi, kebutaan, dan lain-lain.

populasi penderita diabetes mellitus (DM) di Indonesia saat ini menduduki peringkat kelima terbanyak di dunia. berdasarkan data IDF Diabetes Atlas, pada tahun 2013 penderita DM di Tanah Air mencapai 8.554.155 orang dan mengalami kenaikan di tahun berikutnya.

 Anda bisa mencoba kebiasaan berikut ini yang bisa di lakukan untuk menurunkan gula darah yang tinggi atau menjaga kadar gula darah tetap stabil.

1.    Kontrol Asupan Karbohidrat

Karbohidrat penting untuk tubuh, karena berfungsi sebagai sumber utama penghasil energi. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula sederhana (sebagian besar glukosa), dan kemudian insulin bekerja dengan memindahkan gula dari darah ke dalam sel untuk dijadikan energi.

Perhatikan asupan karbohidrat, jangan berlebihan, karena akan membebani kerja insulin yang pada gilirannya dapat mengganggu fungsinya sehingga akan meningkatkan kadar glukosa darah, hingga dapat meningkatkan resiko diabetes.

2.    Minum Air Putih

Minum cukup air merupakan salah satu cara menurunkan gula darah, karena bisa membantu menjaga kadar gula darah. Disamping itu, cukup minum air putih juga dapat membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula darah melalui urine.

Dalam suatu studi observasional menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak air putih memiliki risiko lebih rendah terkena lonjakan gula darah. Karena dengan minum air putih secara teratur dapat membantu menghidrasi darah, menurunkan kadar gula dan mengurangi risiko diabetes.

Cukupkan kebutuhan minum air putih Anda sehari-hari. Hindari mengonsumsi berlebihan minuman manis, terutama minuman kemasan berpemanis buatan. Hal ini berguna untuk menghindari peningkatan glukosa darah, peningkatan berat badan dan risiko diabetes.

3.    Kontrol Porsi Makan

Mengontrol porsi makanan membantu Anda mengatur asupan kalori sekaligus membantu menurunkan berat badan. Hasilnya, kadar gula darah jadi terkontrol dan terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4.     Kontrol Tingkat Stres

Satu studi telah menunjukkan bahwa olahraga, relaksasi dan meditasi dapat mengurangi stres secara signifikan dan menurunkan kadar gula darah. Latihan dan metode relaksasi seperti yoga diketahui dapat memperbaiki masalah sekresi insulin pada diabetes kronis.

5.    Tidur Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas diperlukan untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan tidur yang buruk, tidur terlampau malam, dan kurang istirahat dapat mempengaruhi kadar gula darah dan sensitivitas insulin. Kurangnya tidur dapat mengurangi pelepasan hormon pertumbuhan dan meningkatkan kadar kortisol, dimana keduanya memiliki peran penting dalam pengendalian gula darah.

Tidur atau beristirahat di siang hari merupakan kebiasaan yang baik dan begitu banyak manfaatnya. Bahkan, beberapa Negara maju di Asia menerapkan aturan untuk tidur siang, seperti rata-rata perusahaan di Jepang yang memperbolehkan karyawannya untuk beristirahat/tidur siang.

6.    Kurangi Berat Badan

Dengan menjaga berat badan yang sehat akan memperbaiki kesehatan Anda dan dapat membantu mengurangi resiko kesehatan di masa depan. Mengontrol berat badan juga mampu mendorong kadar gula darah yang sehat dan telah terbukti mengurangi risiko terkena diabetes.

Bahkan penurunan berat badan sebesar 7% dapat menurunkan risiko terkena diabetes hingga 58%, dalam jangka panjang.

7.    Pantau Kadar Gula Darah Anda

Mengukur dan memantau kadar gula darah menjadi salah satu tips penting. Dengan memantau kadar gula darah dapat membantu Anda menentukan apakah Anda perlu melakukan penyesuaian pada makanan atau obat-obatan. Selain itu juga akan membantu Anda mengetahui bagaimana reaksi tubuh terhadap makanan tertentu.

8.    Pilihlah Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik atau The Glycemic Index (GI) ditujukan untuk menilai respon gula darah tubuh terhadap makanan yang mengandung karbohidrat. Baik dari jumlah maupun jenis karbohidratnya. makanan laut, daging, telur, gandum, kacang-kacangan, kacang lentil, kacang polong, ubi jalar, jagung, sebagian besar buah-buahan dan sayuran merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah. Penting untuk memilih makanan dengan indeks glikemik rendah dan perhatikan juga keseluruhan asupan karbohidrat Anda.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Gaya Hidup

Mengenal Bermacam Jenis Jamur Yang Tumbuh di Sekitar

Published

on

Mengenal Aneka Jamur Yang Dapat Dikonsumsi Tubuh

Gencil News- Mengenal Bermacam Jenis Jamur Yang Tumbuh di Sekitar. Jamur kaya akan antioksidan yang membersihkan tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas yang ada dalam tubuh berpotensi menyebabkan penyakit kanker. Beta-glukan pada jamur juga digunakan sebagai salah satu perawatan kemoterapi atau terapi radiasi. Walaupun tidak membunuh sel kanker, beta-glukan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mengenal Bermacam Jenis Jamur Yang Tumbuh di Sekitar. Selain itu juga  Jamur sering digunakan sebagai bahan campuran masakan sejumlah hidangan. Tak heran apabila makanan ini disukai oleh banyak orang. Selain memiliki rasa lezat bagi lidah, mengonsumsi jamur ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Manfaat tersebut akan dirasakan oleh tubuh apabila jamur dikonsumsi secara rutin baik sebagai makanan maupun untuk bahan pembuatan obat tertentu, karena tumbuhan ini memang kaya akan nutrisi.

Pada pengobatan tradisional cina, jamur shitake digunakan untuk membuat obat flu. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak jamur shitake dapat melawan virus dan meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi akibat bakteri atau jamur.

Pada sebuah studi ditemukan kepada 52 orang yang mengonsumsi satu atau dua jamur kering dalam satu bulan. ternyata dari 52 responden. 10 orang mengalami fungsi kekebalan tubuhnya meningkat dan risiko terjadinya peradangan menjadi berkurang.

Mengenal Bermacam Jenis Jamur Yang Tumbuh di Sekitar
  • Jamur Merang

Seringnya tumbuh di merang atau jerami, bentuknya mirip kuncup bunga melati  Jamur ini bentuknya bulat telur dengan warna cokelat gelap atau abu-abu, pun nggak mudah berubah bentuk ketika dimasak. Biasanya yang paling banyak dikonsumsi itu jamur yang masih muda dan belum mengembang. Seringnya diolah jadi tumisan atau orak-arik dengan campuran aneka sayur dan bahan lainnya. Bisa juga ditambahkan ke dalam sup.

  • Jamur Kancing

Jamur ini paling banyak dibudidayakan di dunia. Jamur kancing ini paling sering diolah menjadi tumis jamur kancing saus tiram, tumis jamur kancing pedas, mi ayam jamur atau juga sup jamur kancing. Jamur kancing juga sering dijadikan bahan tambahan pada saus untuk steak. Sering juga dikreasikan dalam masakan seperti lumpia isi kornet jamur atau masakan barat sejenis pastri.

  • Jamur Shitake

Shitake banyak digunakan dalam masakan Jepang seperti udon seafood Jamur ini banyak dikonsumsi dan diproduksi di Jepang, Tiongkok, dan Korea Selatan.Paling banyak dijumpai dalam bentuk kering sehingga kamu harus merendamnya dulu beberapa saat sebelum dimasak. Jamur yang satu ini warnanya beige atau cokelat gelap. Jamur shitake ini paling enak dimasak dengan bumbu saus tiram. Namun untuk mengonsumsi jamur shitake, perlu diwaspadai karena jamur ini mirip dengan jamur beracun.

  • Jamur Enoki

sering digunakan untuk garnish atau ditambahkan pada sup Jamur enoki yang tumbuh di alam liar biasanya berwarna cokelat sampai merah jambu, sedangkan yang dibudidayakan atau yang sering dimakan berwarna putih karena terlindung dari sinar matahari. Jamur Enoki adalah satu dari macam-macam jamur yang memiliki aroma buah-buahan. Bentuknya panjang, batangnya putih dan bisa dimakan mentah, dimasukkan ke dalam sup atau dijadikan garnish pada makanan Jepang seperti ramen. Kamu juga bisa memasaknya bersama sapo tahu, tumis, sup, atau dibakar dan digoreng.

  • Jamur Tiram

Jamur Tiram adalah yang paling populer karena sering diolah jadi kamur krispi Jamur ini punya ciri khusus, bentuknya putih, lebar, bergerombol seperti payung, dan menyerupai cangkang tiram dengan bagian tengah yang cekung. Jamur tiram ini paling populer diolah menjadi jamur krispi, tapi banyak juga yang mengolahnya dengan cara ditumis, disate, dimasak tongseng, bahkan menjadi siomay.

Tidak semua jamur aman untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis jamur yang mengandung racun dan dapat membahayakan tubuh. Beberapa kemungkinan efek buruk jamur tersebut bila dikonsumsi 

Untuk itu, agar terhindar dari efek buruk jamur, pastikan Anda hanya mengonsumsi jamur yang dijual di tempat terpercaya. Jangan sembarangan mengonsumsi jamur yang tumbuh di lingkungan rumah Anda.

Hindari mengonsumsi jamur yang tidak Anda ketahui jenisnya. Kemudian pastikan pengolahan jamur dilakukan dengan baik (dicuci dan dimasak).

Continue Reading

Kesehatan

Inovasi Untuk Mengirit Penggunaan Alat Pelindung Diri

Published

on

Inovasi Untuk Mengirit Penggunaan Alat Pelindung Diri

Gencil News – Berbagai inovasi dikembangkan dalam menciptakan teknologi yang bisa mengurangi pencemaran lingkungan dari APD. Sampah alat pelindung diri (APD) dan berbagai perangkat perlindungan diri yang digunakan di seluruh dunia selama pandemi berisiko meningkatkan polusi, terutama air dan darat.

Alat Pelindung Diri (APD) atau dalam istilah bahasa Inggris disebut Personal Protective equipments (PPE), dipergunakan setelah berbagai cara seperti control engineering, control administrasi, dan substitusi, tidak berhasil mengeliminasi bahaya (hazard) lingkungan.

APD atau Alat Pelindung Diri dalam dunia kesehatan adalah perlengkapan yang memiliki fungsi untuk melindungi penggunanya dari infeksi virus dan bakteri.

Alat Pelindung Diri disinyalir mampu menahan masuknya virus yang beresiko masuk kedalam tubuh melalui mulut, hidung dan mata serta kulit.

Sejak pandemi covid-19 melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. APD adalah benteng pertahanan ampuh yang digunakan oleh tenaga medis dalam menangani pasien covid-19.

Menurut WHO, kebutuhan APD akibat pandemi ini meningkat secara tajam per bulannya. Oleh karena itu.

Kementerian Kesehatan RI mengeluarkan Petunjuk Teknis Penggunaan APD selama Wabah COVID-19 berdasarkan pedoman WHO, CDC, dan sumber lainnya untuk mengelola penggunaan APD secara rasional dan efektif serta alternatifnya bagi tenaga kesehatan dalam masa krisis seperti ini.

Dalam pemilihan jenis APD, hal-hal yang harus diperhatikan ialah:

  • Harus dapat memberikan perlindungan terhadap bahaya yang spesifik atau bahaya-bahaya yang dihadapi (Percikan, kontak langsung maupun tidak langsung); Berat APD hendaknya seringan mungkin, dan alat tersebut tidak menyebabkan rasa ketidaknyamanan yang berlebihan.
  • Dapat dipakai secara fleksibel (reuseable maupun disposable)
  • Tidak menimbulkan bahaya tambahan.
  • Tidak mudak rusak.
  • Memenuhi ketentuan dari standar yang ada.
  • Pemeliharaan mudah.
  • Tidak membatasi gerak.

Jenis APD yang direkomendasikan untuk disediakan dalam penanganan COVID-19 adalah masker bedah (surgical/facemask), masker N95, pelindung wajah, pelindung mata (goggles), gaun (gown) baik sekali pakai atau dipakai berulang, celemek (apron), sarung tangan, pelindung kepala, dan pelindung sepatu.

Pada pemilihan jenis APD di ruang rawat pasien COVID-19, WHO tidak merekomendasikan penggunaan APD coverall (APD Ebola) karena COVID-19 adalah penyakit pernapasan yang berbeda dari penyakit virus Ebola (EVD), yang ditularkan melalui cairan tubuh terinfeksi.

Namun dalam situasi wabah COVID-19 di Indonesia dengan laju peningkatan kasus konfirmasi yang cepat, maka penggunaan coverall dapat memperluas area perlindungan bagi tenaga kesehatan.

Perbedaan APD bentuk coverall dari yang lainnya ialah dapat menutupi area kaki sampai leher dengan baik.

Menurut CDC, APD coverall adalah alat pelindung diri yang diperuntukan untuk mencegah penularan mikroorganisme melalui cairan tubuh seperti darah dan cairan lainnya sehingga didesain dapat menutup hampir seluruh bagian tubuh.

Bagaimanakah inovasi dikembangkan dalam menciptakan teknologi yang bisa mengurangi pencemaran lingkungan dari APD?. Simak liputan VOA tentang Inovasi Untuk Mengirit Penggunaan Alat Pelindung Diri.

Continue Reading

Kesehatan

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Published

on

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Gencil News- Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Hipotensi adalah suatu kondisi di mana angka tekanan darah Anda berada di bawah angka normal. Selain itu, tekanan darah rendah menandakan bahwa jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan darah sesuai dengan kebutuhannya. Terkadang, tekanan darah rendah juga tidak menimbulkan gejala apapun. Umumnya, orang yang rutin berolahraga memiliki tekanan darah lebih rendah dibanding orang yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Perhatikan jika tekanan darah terlalu rendah, Anda mungkin mengalami pusing kepala, bahkan hingga pingsan. Jika sudah pada tingkatan yang parah kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan.

Walaupun tekanan darah rendah termasuk salah satu kondisi yang umum terjadi. Tetap harus wasapada, sering kali orang yang mengalami kondisi ini tidak menyadarinya. Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Beberapa di antaranya adalah: Dehidrasi, infeksi, lansia, masalah kesehatan jantung, kehamilan dan kekurangan nutrisi.

Gaya hidup dan perawatan di rumah mungkin dapat menjadi cara Anda mengatasi tekanan darah rendah: jalani pola hidup yang sehat, makan cukup, istirahat tidur cukup jam, penuhi kebutuhan air putih setiap hari nya, latihan pola pernafasan saat bangun tidur.

Jika Anda mengalami hipotensi yang disertai gejala, tindakan pertama yang perlu dilakukan adalah duduk atau berbaring. Posisikan kaki lebih tinggi dari jantung dan pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat. Jika gejala tidak juga mereda, maka perlu dilakukan penanganan oleh dokter.

Segera hubungi dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat jika mengalami gejala syok, seperti jantung berdebar, keringat dingin, hingga sesak napas. Tekanan darah yang sangat rendah hingga menimbulkan syok perlu segera ditangani karena dapat membahayakan nyawa.

Continue Reading

TRENDING