Kenali Gejala dan penyebab Pembengkakan Pada Jantung
Connect with us

Kesehatan

Kenali Gejala dan penyebab Pembengkakan Pada Jantung

Published

on

Kenali Gejala dan penyebab Pembengkakan Pada Jantung

Pembengkakan jantung atau nama medisnya kardiomegali adalah kondisi ketika jantung mengalami pembesaran karena penyakit tertentu, seperti hipertensi.

Pada beberapa orang, kondisi ini tidak menimbulkan gejala. Namun, pada sebagian orang lainnya, gejala jantung bengkak bisa membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Kenali Gejala dan penyebab Pembengkakan Pada Jantung yang kerap terjadi, seperti sesak napas, terutama saat beraktivitas atau saat berbaring datar,

Selain itu gejala seperti aritmia atau gangguan irama jantung, kaki membengkak, kelelahan, berat badan bertambah karena pembengkakan, nyeri dada, dan jantung berdebar-debar.

Namun perlu anda ketahui bahwa gejala jantung bengkak ini bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Ada yang mengalami gejala ringan selama beberapa tahun, ada juga yang tidak merasakan gejala sama sekali.

Akan tetapi, saat pembengkakan jantung semakin parah, kondisi ini bisa membuat sesak napas yang dialami penderita semakin memburuk.

Lalu, apa penyebab pembengkakan jantung? Melansir dari beberapa sumber, berikut penyebab jantung bengkak.

  • Tekanan darah tinggi
  • Kardiomiopati
  • Penyakit katup jantung
  • Serangan jantung
  • Anemia
  • Penyakit tiroid
  • Penyakit langka
  • Kondisi bawaan

Selain beberapa penyebab tersebut, terdapat kondisi tertentu yang memperbesar risiko seseorang mengalami kardiomegali misalnya karena kecanduan alkohol atau NAPZA.

Mengutip dari Alodokter, ada Makanan yang baik untuk penderita jantung bengkak yang pada dasarnya adalah makanan yang memiliki kadar garam rendah.

Maka dari itu, jika Anda mengalami kondisi ini, Anda disarankan untuk menjalani diet rendah garam.

Makanan untuk penderita jantung bengkak disarankan mengandung garam tidak lebih dari 1.500 mg (½ sendok teh) per hari.

Hal ini bertujuan untuk mengendalikan gejala penyakit yang Anda alami dan mencegah timbulnya masalah lebih lanjut pada jantung.

Di samping itu, sebuah laporan dalam Methodist DeBakey Cardiovascular Journal mengklaim asam lemak omega-3, koenzim Q10 dan ragi beras merah bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Menurut ulasan tersebut ada bukti kuat bahwa asam lemak omega-3 bisa bermanfaat bagi jantung.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

AS Rekomendasikan Kembali Pakai Masker dalam Ruangan

Published

on

By

AS Rekomendasikan Kembali Pakai Masker dalam Ruangan
Para pengunjung mengenakan masker di kawasan perbelanjaan di tengah lonjakan kasus COVID-19 varian Delta di Los Angeles, California (foto: dok).

Gencil News – VOA – Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS (Amerika Serikat) diperkirakan akan merekomendasikan warga yang divaksinasi di beberapa bagian negara untuk mengenakan masker ketika berada di dalam ruangan, membalikkan keputusan yang dibuat dua bulan lalu.

Beberapa pejabat federal yang mengetahui keputusan itu menyatakan kepada sejumlah kantor berita bahwa CDC diperkirakan akan membuat pengumuman pada Selasa malam, berdasarkan lonjakan jumlah infeksi baru di daerah dengan tingkat vaksinasi yang rendah.

Lonjakan kasus itu didorong varian delta yang sangat menular dari virus corona yang menyebabkan infeksi COVID-19.

Infeksi baru juga bertambah di antara mereka yang telah sepenuhnya divaksinasi. Itu menunjukkan varian delta kemungkinan dapat menyebabkan infeksi semacam itu lebih sering daripada jenis virus sebelumnya.

Para pejabat kesehatan menyatakan vaksin tetap masih efektif terhadap dampak terburuk dari virus corona, termasuk infeksi yang melibatkan varian delta.

Dalam wawancara yang disiarkan televisi hari Minggu, penasihat medis Gedung Putih dan pakar penyakit menular AS Anthony Fauci menyatakan pedoman mengenakan masker sedang ditinjau, karena infeksi baru di daerah dengan tingkat vaksinasi rendah mengalami lonjakan. CDC menyatakan 30 negara bagian memiliki kurang dari setengah penduduknya yang divaksinasi sepenuhnya.

Pada Mei 2021, CDC menyatakan mereka yang divaksinasi sepenuhnya tidak lagi diharuskan memakai masker atau menjaga jarak sosial antar individu.

Badan itu masih menyarankan orang-orang tetap memakai masker di transportasi umum dan di acara-acara luar ruangan yang ramai.

Continue Reading

Kesehatan

4 Tips Supaya Tubuh Menjadi Rileks Saat Migrain Menyerang

Published

on

4 Tips Supaya Tubuh Menjadi Rileks Saat Migrain Menyerang

Gencil News– Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut, dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja. Migrain merupakan penyakit saraf, yang dapat menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara. Serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu dapat berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari.

Menurut Migrain Research Foundation. Sepanjang 10 tahun terakhir ini memperkirakan bahwa hampir  25 persen orang menderita migrain.

Dengan kisaran usia antara antara 16 hingga 50 tahun dan rasio jenis kelamin wanita lebih besar 50 persen.

Migrain menyerang dari berbagai faktor baik genetik maupun lingkungan. ada 4 cara relaksasi untuk mengobati dan mencegah migrain. Namun, beberapa orang lebih suka menggunakan obat sebagai alternatif lain melengkapi perawatan medis.

4 Tips Ketika Tubuh Rileks Saat Migrain Menyerang

Mengelola sensitivitas cahaya dengan meredupkan pencahayaan

Menurut National Headache Foundation, hampir 90 persen orang penderit migrain mengalami fotofobia (sensitivitas cahaya), cahaya dapat meningkatkan serangan migrain dalam hitungan detik.

Segera redupkan pencahayaan sekitar ketika mulai merasakan migrain. Hal ini dapat membantu menangkan sistem syaraf.

Ketika sedang berada di luar ruangan, cara yang dapat dilakukan untuk meredupkan pencahayaan adalah dengan menggunakan kacamata hitam dan topi, atau dapat juga menggunakan penutup mata.

Pakaian yang nyaman

Menyelimuti seluruh tubuh dalam ruangan gelap dan menggunakan bantal yang lembut dapat membantu meredakan migrain yang mendera. Tidak hanya itu, mengenakan pakaian yang nyaman juga dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan perasaan. Kuncinya adalah lebih peka terhadap kenyaman tubuh.

Suasana Tenang

Berikan suasana dan kondisi yang tenang selama periode migrain menyerang agar anda dan tubuh lebih relaksasi

Therapi Audio

Jika menyukai musik instrumen dengarkan dengan sayup sambil memejamkan mata hingga akhir nyeri menghilang pelan pelan. Namun jika juga tidak berkurang silahkan konsultasikan ke dokter mengenai gejala migrain yang masih berlanjut.

Continue Reading

Kesehatan

Pakar Penyakit Menular AS Ingatkan Bahaya Varian Delta

Published

on

Pakar Penyakit Menular AS Ingatkan Bahaya Varian Delta
Pakar penyakit menular AS, Dr. Anthony Fauci

Gencil News – VOA- Pakar penyakit menular terkemuka di Amerika, Dr. Anthony Fauci, hari Minggu (25/7) menyampaikan peringatan tentang lonjakan kasus virus corona di Amerika, khususnya di wilayah di mana orang-orang enggan divaksinasi meskipun varian Delta meluas dengan sangat cepat.

“Kita bergerak ke arah yang salah,” ujar Fauci dalam program “State of the Union” di stasiun televisi CNN. “Lima puluh persen warga di negara ini belum divaksinasi. Ini masalah. Kita menempatkan diri kita dalam bahaya,” ujar Fauci, penasehat medis bagi Presiden Joe Biden.

Di Amerika, tingkat rawat inap dan kematian masih jauh di bawah puncaknya pada musim dingin lalu.

Tetapi jumlah kasus baru meningkat tajam di beberapa negara bagian di mana skeptimisme tentang perlu tidaknya vaksinasi masih tinggi, juga soal keamanan vaksin dan penolakan terhadap saran pemerintah soal vaksinasi.

Lebih dari 51.000 kasus baru tercatat di Amerika hari Sabtu (24/7), atau naik 172% selama dua minggu terakhir. Lebih dari 250 kematian terjadi setiap hari dalam beberapa pekan terakhir ini.

Saat ini pemerintah mengatakan lebih dari 162 juta orang di Amerika telah divaksinasi penuh, atau setara dengan 48% populasi dan hampir 60%-nya adalah orang dewasa.

Tetapi jajak pendapat menunjukkan bahwa 80% warga Amerika yang tidak divaksinasi mengatakan mereka tampaknya tidak akan atau sama sekali tidak akan bersedia divaksinasi, tidak peduli seberapa banyak pejabat yang mendesak mereka agar divaksinasi. 

Continue Reading

Kesehatan

Cara Alami Mengobati Sariawan yang mengganggu

Published

on

Cara Alami Mengobati Sariawan yang mengganggu
Foto ilustrasi: Sariawan/Sumber Klikdokter

Sariawan adalah hal yang umum terjadi, bahkan oleh hampir semua orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan cukup mengganggu saat sedang makan dan berbicara.

Sariawan yang berbentuk seperti luka berwarna putih ini muncul karena adanya infeksi jamur Candida albicans.

Biasanya, orang yang terinfeksi jamur jenis ini sedang menurun kondisi kekebalan tubuhnya. Lidah tergigit sedikit saja bisa menjadi luka yang berujung sariawan.

Selain kondisi yang tidak fit, sariawan juga biasa timbul karena faktor alergi makanan, stres, siklus menstruasi, kurangnya kebersihan mulut, atau ketidakseimbangan hormon.

Nah, untuk meminimalisir resiko memilih obat yang tidak aman, berikut ini cara alami pada umumnya yang dapat kamu coba untuk menyembuhkan sariawan.

Pertama, berkumur dengan larutan air garam.

Garam dapat menarik cairan pada luka sariawan. Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sehingga cepat sembuh.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah sekitar satu sampai dua menit, tiga kali sehari. Atau, oleskan garam pada luka lalu bilas. Lakukan rutin hingga sariawan hilang.

Kedua, oleskan dengan minyak kelapa

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil memiliki kandungan utama asam laurat. Asam laurat dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh.

anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan, kemudian berkumur dengan air hangat. Segera bilas hingga bersih dengan cara berkumur atau menyikat gigi.

Ketiga, baluri atau oleskan menggunakan bawang putih

Bawang putih mentah mengandung senyawa alisin yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh.

lakukan dengan cara anda cuci bersih potong dan oleskan pada area luka.

Keempat, Berkumur dengan air kayu manis

Kayu manis efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Rebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Setelah air dingin, berkumurlah.

Jika ingin berkumur dengan obat kumur, pilih yang tidak mengandung alkohol. Selamat mencoba!

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING