4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong
Connect with us

Kesehatan

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Published

on

4 Masalah kesehatan Jika Tidur dengan Perut Kosong

Tidur malam hari merupakan salah satu hal yang mengakhiri segala aktivitas yang kita lakukan dalam satu hari. Namun, Salah satu kondisi yang bisa terjadi ketika tidur dengan kondisi perut kosong pada malam hari sangat berpengaruh hingga besoknya.

Selain itu, Kondisi lapar ketika tidur ini bisa menyebabkan berbagai macam hal.

Melnasir dari Times of India, berikut sejumlah dampak yang muncul ketika seseorang tidur dalam kondisi perut kosong.

Kurang Nutrisi

Tidak makan pada malam hari atau melewatkan jam makan malam maka bisa menyebabkan kurangnya nutrisi dalam tubuh terutama mikronutrisi.

Tubuh kita membutuhkan mikronutrisi seperti magnesium, vitamin B12, dan vitamin D3 untuk dapat bekerja secara efisien.

Memengaruhi Metabolisme

Jika seseorang sering melewatkan makan malam, hal ini bisa memengaruhi metabolisme tubuhnya. sehingga hal ini bisa mempengaruhi tingkat insulin pada tubuh serta kolesterol dan tingkat tiroid.

Sulit Tidur

Mencoba tidur dalam kondisi perut kosong bisa membuatmu kesulitan untuk memulai tidur. Rasa lapar akan membuatmu terjaga lebih lama. Hal ini terjadi karena tubuh terkontrol secara hormonal dan saraf sehingga kurang makan di malam hari bisa menimbulkan dampak terhadap hal ini.

Bertambahnya Berat Badan

Banyak orang yang berusaha menurunkan berat badan menganggap bahwa melewatkan makan malam bisa membuat mereka kurus. Faktanya, melewatkan makan malam malah bisa membuat berat badan bertambah.

Ketika melewatkan makan malam, tubuh akan mulai menumpuk lemak. Tubuh mulai menyimpan tenaga dan menggunakannya untuk melakukan aktivitas lain yang berujung bertambahnya berat badan.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

5 Buah Ini Miliki Nilai Kandungan Vitamin C yang Tinggi

Published

on

5 Buah Ini Miliki Nilai Kandungan Vitamin C yang Tinggi

Gencil News– Vitamin C memiliki banyak manfaat, mulai dari melindungi tubuh terhadap serangan penyakit hingga menjaga keremajaan kulit.

Namun, vitamin C alami dari makanan jauh lebih baik daripada suplemen. seperti diketahui bahwa Vitamin C sendiri memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti menjaga daya tahan tubuh dan mencegah tubuh terkena flu dan pilek.

Akan tetapi, sebenarnya ada banyak sekali sumber makanan selain jeruk yang juga tinggi akan kandungan vitamin C.

Melansir dari Health, berikut ini adalah 5 sumber buah yang miliki kandungan vitamin c yang tinggi.

1. Pepaya

Penelitian menunjukkan bahwa makan pepaya dapat membantu mengatasi penyakit sinusitis, mencerahkan kulit, dan memperkuat tulang.

2. Strawberry

Salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi ini mengandung 84,7 mg Vit. C per cangkirnya. Selain itu, buah ini juga tinggi akan folat dan senyawa yang terbukti dapat membantu kesehatan jantung. Salah satu manfaat lain dari strawberry adalah dapat memutihkan gigi secara alami.

3. Nanas

Satu cangkir nanas mengandung 78,9 mg vitamin C. Nanas juga mengandung bromelain, enzim pencernaan yang dapat membantu dalam proses penghancuran makanan dan mengurangi kembung. Bromelain juga dapat berfungsi sebagai anti-inflamasi alami yang dapat membantu penyembuhan tubuh lebih cepat setelah olahraga.

4. Jambu biji

Satu buah jambu biji bisa mengandung 126 mg vitamin C atau sanggup mencukupi kebutuhan harian 140 persen.

Buah ini juga terbukti sangat kaya akan kandungan antioksidan likopen yang berpotensi dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu.

5. Blackcurrants

Satu setengah cangkir (56 gram) blackcurrant bisa mengandung 101 mg vitamin C atau sanggup memenuhi kebutuhan harian sebanyak 112 persen. Buah ini juga mengandung flavonoid antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanin.

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dan anthocyanin dapat mengurangi kerusakan oksidatif yang terkait dengan penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker dan penyakit neurodegenerative.

Continue Reading

Kesehatan

4 Tips Supaya Tubuh Menjadi Rileks Saat Migrain Menyerang

Published

on

4 Tips Supaya Tubuh Menjadi Rileks Saat Migrain Menyerang

Gencil News– Migrain adalah sakit kepala yang terasa berdenyut, dan biasanya terjadi pada satu sisi kepala saja. Migrain merupakan penyakit saraf, yang dapat menimbulkan gejala, seperti mual, muntah, serta sensitif terhadap cahaya atau suara. Serangan migrain dengan rasa nyeri yang mengganggu dapat berlangsung selama beberapa jam atau beberapa hari.

Menurut Migrain Research Foundation. Sepanjang 10 tahun terakhir ini memperkirakan bahwa hampir  25 persen orang menderita migrain.

Dengan kisaran usia antara antara 16 hingga 50 tahun dan rasio jenis kelamin wanita lebih besar 50 persen.

Migrain menyerang dari berbagai faktor baik genetik maupun lingkungan. ada 4 cara relaksasi untuk mengobati dan mencegah migrain. Namun, beberapa orang lebih suka menggunakan obat sebagai alternatif lain melengkapi perawatan medis.

4 Tips Ketika Tubuh Rileks Saat Migrain Menyerang

Mengelola sensitivitas cahaya dengan meredupkan pencahayaan

Menurut National Headache Foundation, hampir 90 persen orang penderit migrain mengalami fotofobia (sensitivitas cahaya), cahaya dapat meningkatkan serangan migrain dalam hitungan detik.

Segera redupkan pencahayaan sekitar ketika mulai merasakan migrain. Hal ini dapat membantu menangkan sistem syaraf.

Ketika sedang berada di luar ruangan, cara yang dapat dilakukan untuk meredupkan pencahayaan adalah dengan menggunakan kacamata hitam dan topi, atau dapat juga menggunakan penutup mata.

Pakaian yang nyaman

Menyelimuti seluruh tubuh dalam ruangan gelap dan menggunakan bantal yang lembut dapat membantu meredakan migrain yang mendera. Tidak hanya itu, mengenakan pakaian yang nyaman juga dapat meningkatkan suasana hati dan menenangkan perasaan. Kuncinya adalah lebih peka terhadap kenyaman tubuh.

Suasana Tenang

Berikan suasana dan kondisi yang tenang selama periode migrain menyerang agar anda dan tubuh lebih relaksasi

Therapi Audio

Jika menyukai musik instrumen dengarkan dengan sayup sambil memejamkan mata hingga akhir nyeri menghilang pelan pelan. Namun jika juga tidak berkurang silahkan konsultasikan ke dokter mengenai gejala migrain yang masih berlanjut.

Continue Reading

Kesehatan

Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari

Published

on

Pentingkah Mengonsumsi Suplemen Vitamin Setiap Hari

Vitamin adalah zat untuk menunjang fungsi sel dan menjaga kesehatan sehari hari. selain itu, makanan alami pun bisa menjadi asupan vitamin dalam bentuk suplemen.

Johanna Dwyer, RD, peneliti senior pada National Institutes of Health’s Office of Dietary Supplements dalam jurnal kesehatan nya menyampaikan.

“Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa tidak ada keuntungan bila ia mengonsumsi suplemen vitamin dari jumlah yang seharusnya, dan mereka tidak mengetahui kerugiannya,”

Apabila sehari-hari Anda menerapkan pola makan sehat bergizi lengkap seimbang serta bervariasi, sebetulnya Anda tak perlu khawatir mengalami kekurangan.

Bagi tubuh manusia memang asupan nutrisi sangat bermanfaat untuk merangsang, membantu, serta berperan dalam berbagai reaksi fisiologis.

Namun, sebaiknya perhatikan dosis dan petunjuk penggunaan suplemen vitamin sebelum Anda mengonsumsinya.

Karena, minum vitamin terlalu banyak atau mengonsumsinya tidak sesuai dosis dapat membahayakan kesehatan Anda.

Tubuh mempunyai sistem sendiri untuk mengatur berapa banyak zat gizi dari makanan atau suplemen yang akan tubuh ambil sesuai keperluannya.

Sebagian besar vitamin memiliki batas aman konsumsinya masing-masing. Sehingga, jika Anda mengonsumsinya masih dalam batas aman, ini tidak akan menyebabkan Anda mengalami masalah.

Misalnya, asam folat yang mempunyai batas aman sebesar 1000 mikrogram per hari untuk orang dewasa.

Namun, Jika anda mengonsumsinya lebih dari batas aman, ini akan menyebabkan Anda mengalami masalah kesehatan.

Walaupun zat ini larut air dan tersekresi oleh tubuh namun ketika Anda mengonsumsinya secara berlebihan masih tetap ada yang menetap dalam tubuh Anda.

Continue Reading

Kesehatan

Hati-Hati Tidur Setelah Sahur Dapat Menimbulkan Penyakit Ini

Published

on

By

Hati-Hati Tidur Setelah Sahur Dapat Menimbulkan Penyakit Ini
Bahaya tidur setelah sahur

Gencil News – Tidur bagi orang yang berpuasa memang terhitung ibadah. Akan tetapi tidur setelah sahur tidak disarankan dalam dunia kesehatan karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan.

Secara umum, kita harus mengatur jeda waktu makan dengan waktu tidur. Waktunya sekitar tiga jam, dan kita perlu melakukannya agar tubuh memiliki jeda untuk mencerna makanan dengan baik dan masuk ke usus kecil.

Inilah alasan mengapa kita tidak boleh tidur setelah makan sahur:

  • Bisa menyebabkan sembelit

Kita harus mengatur menu makanan sahur dengan makanan kaya serat, protein, vitamin, dan cukup asupan air. Selain itu, kita juga perlu menahan diri untuk tidak langsung tidur setelah sahur.

Sebab, hal ini akan memicu penyakit yang berkaitan dengan gangguan pencernaan dan maag. Keadaan perut yang penuh karena kenyang, lalu membiarkan untuk tidur, menyebabkan perut akan penuh dengan gas yang akan membuat kita merasa tidak nyaman.

Ini akan membuat kita mengalami apa yang namanya sembelit, atau kesulitan dalam buang air besar.

  • Menyebabkan GERD

Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) juga dapat terjadi jika kamu tidur setelah sahur. Kondisi ini terjadi karena letak katup antara kerongkongan dan lambung yang tidak menutup.

Asam lambung bergerak menuju tenggorokan dan membuat kamu merasakan sensasi terbakar. Jika kondisi ini tidak segera anda obati, hal tersebut akan mengakibatkan efek merusak pada selaput lendir tenggorokan yang menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

Advertisement

TRENDING