GENCILNEWS – Mengonsumi suplemen-suplemen yang mengandung ekstrak teh hijau mungkin berhubungan dengan kerusakan hati, menurut riset baru dari Otoritas Keamanan Makanan Eropa (EFSA), seperti dilansir Reuters.

Teh saring yang digunakan untuk teh seduh masih aman. Minuman teh instan juga dianggap aman karena kandungan antioksidan alami masih rendah, kata EFSA yang bermarkas di Parma.

Mengonsumi terlalu banyak antioksidan bisa berbahaya karena itulah jumlah kandungan antioksidan dalam suplemen teh hijau bisa membahayakan hati.

Biasanya suplemen mengandung 5-1000 mg antioksidan, sedangkan teh-teh saring biasanya mengandung 900-300 mg antioksidan, urai EFSA, yang mengawasi keamanan pangan di Uni Eropa.

Para peneliti mengatakan mengonsumsi lebih dari 800mg per hari antioksi bisa menjurus pada tingginya risiko kesehatan. Namun EFSA mengatakan para pakar belum menentukan dosis suplemen yang benar-benar aman.

Baca juga   Minum Teh Panas Mungkin Kurangi Risiko Glukoma

Namun, konsumsi teh hijau saring yang tinggi mengindikasikan kerusakan hati karena minuman ini mengandung konsentrasi antioksidan yang lebih rendah. [ft]

Portal Berita Online Harian Menyajikan Informasi Kalimantan Barat, Nasional,Internasional, Bisnis,Teknologi, Traveling,Budaya, Gaya hidup,Kesehatan, Kuliner, olahraga, Film, Musik, dibangun melalui inovasi dan teknologi terkini.