Tips Menjaga Kesehatan di Tengah Musim Kabut Asap

Gencil News- Di pertengahan bulan Agustus, Pontianak mulai memasuki musim kemarau dan juga kabut asap, akibat kebakaran hutan dan lahan di beberapa wilayah membuat beberapa kota terkena kabut asap, termasuk Pontianak.

Keadaan ini tidak hanya berdampak buruk bagi lingkungan, namun juga ancaman serius bagi kesehatan. Karna dengan cuaca yang tidak kondusif seperti kabut asap ini membuat polusi udara semakin buruk dan berdampak buruk juga bagi kesehatan, tidak hanya kabut asap, debu atau abu akibat pembakaran hutan juga menjadi masalah bagi kesehatan, terutama di masalah pernafasan atau paru-paru.

Dengan bahayanya kabut asap bagi tubuh atau kesehatan kita, disini kita mau memberi tips sehat menghadapi asap kabut asap :

1. Selalu menggunakan masker apabila beraktivitas diluar Rumah

Masker penutup mulut menjadi barang yang sangat penting di saat musim cuaca kabut asap bagaimana tidak, dengan masker penutup mulut dapat membantu kita untuk beraktivitas dalam cuaca Kabut asap seperti ini. Karna masker penutup mulut bisa menyaring polusi udara yang masuk ke pernafasan.

2. Selalu menjaga kebersihan makanan dan minuman

Baca juga   182 Desa Kalbar Potensi Karhutla

Pada cuaca kabut asap seperti ini, melindungi makanan dan minuman menjadi sangat penting untuk di perhatikan, di karenakan asap atau abu akibat pembakaran hutan bisa mencemari makanan dan minum yang mau kita konsumsi, dan apabila kita mengonsumsi makanan dan minuman yang tercemar itu akan menyebabkan masalah pada kesehatan kita. Maka dari itu sebaiknya kita harus menjaga makanan dan minum kita agar tidak terkontaminasi salah satunya dengan mencuci sayur-sayuran atau buah –buahan yang mau kita konsumsi.

3. Lebih sering minum air putih

Cuaca Kabut Asap membuat kita sangat sulit beraktivitas dengan baik, di karenakan udara yang mengandung polusi membuat kita gampang lelah, gampang dehidrasi dan berkurangnya konsentrasi.

Lebih sering mengonsumsi air putih adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuhmu dari masalah yang di akibatkan oleh kabut asap,  karna dengan mengonsumi air putih lebih sering dapat  menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, meningkatkan energy, penghilang dehidrasi, dan meningkatkan produktivitas

4.Kurangi aktivitas di luar

Kurangi aktivitas di luar rumah atau gedung, di cuaca kabut asap ini, sangat berbahaya kalau kita beraktivitas diluar, dan kalaupun harus beraktivitas diluar, pastikan menggunakan masker agar mengurangi terkena polusi udara

Baca juga   Kalbar Tanggap Darurat Asap

5. Jangan ragu untuk periksa ke dokter

Apabila kamu memiliki penyakit bawaan di bagian pernafasan atau paru-paru, jangan ragu untuk memeriksa kesehatan kamu ke dokter dan mintalah nasehat kepada dokter untuk perlindungan tambahan sesuai kondisi. Dan apabila mengalami kesulitan bernapas atau gangguan kesehatan yang lain, Segeralah berobat ke dokter atau  di sarana pelayanan kesehatan .

Itulah 5 Tips menjaga kesehatan saat cuaca kabut asap, harus di ingat kabut asap terjadi bukan hanya di karenakan pembakaran hutan tapi banyak faktor lain yang menyebabkan kabut asap, antara lain pembakaran sampah yang sembarangan yang menyebabkan asap semakin banyak,

mari kita bersama-sama menyelesaikan permasalahan kabut asap ini dengan cara menjaga lingkungan dan #jangantambahasap lagi, demi mengurangi polusi udara atau kabut asap yang berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan.(Tbm)

 

 

 

Penulis : Suka Musik, Suka Film dan Suka Menulis