5 Manfaat Konsumsi Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin
Connect with us

Kesehatan

4 Manfaat Konsumsi Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin

Published

on

5 Manfaat Konsumsi Vitamin D untuk Ibu Hamil dan Janin

Ibu Hamil dan Janin harus memiliki asupan nutrisi dan vitamin yang cukup untuk kesehatannya juga tumbuh kembang janin yang optimal.

Karena selain supan nutrisi yang lengkap, menambahkan Vitamin sebagai penunjang juga sama pentingnya untuk kondisi bumil dan janin.

Vitamin D salah satu asupan untuk menunjang kondisi kehamilan yang sehat untuk kekuatan tulang dan gigi.

Ibu hamil juga sebaiknya mengonsumsi vitamin D yang bermanfaat untuk menunjang pertumbuhan tulang bayi dalam kandungan.

Kekurangan vitamin D bisa memberikan dampak negatif janin sehingga tidak tumbuh secara maksimal.

Mengutip melalui Alodokter, berikut 5 Manfaat Konsumsi vitamin D untuk ibu hamil dan janin.

1. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi

Vitamin D bermanfaat untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh. Kalsium dan fosfat merupakan mineral penting untuk membentuk jaringan tulang dan gigi.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, ibu hamil harus rutin berjemur sebelum pukul 9 pagi selama 10–15 menit, sebanyak 2–3 kali seminggu.

Saat berjemur, gunakan selalu tabir surya yang aman untuk ibu hamil guna mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Ibu hamil juga perlu menggunakan topi yang lebar dan kacamata hitam untuk melindungi wajah dan mata dari terik sinar matahari.

2. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional merupakan kondisi ketika kadar gula darah dalam tubuh ibu hamil meningkat terlalu tinggi.

kondisi ini menjadi salah satu komplikasi kehamilan yang dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada bumil dan janin, seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan berlebih, hingga preeklampsia.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa asupan vitamin D yang tercukupi selama hamil dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi akibat diabetes gestasional.

3. Mengurangi risiko preeklamsia

Preeklamsia merupakan masalah kesehatan pada ibu hamil dengan adanya tekanan darah tinggi, pembengkakan tubuh akibat penumpukan cairan, dan peningkatan kadar protein dalam urine.

Preeklampsia cukup sering terjadi setelah minggu ke-20 kehamilan atau sekitar trimester kedua, namun bisa juga terjadi pada trimester akhir.

Menurut beberapa penelitian, kondisi preeklamsia lebih berisiko terjadi pada ibu hamil yang mengalami kekurangan vitamin D.

Oleh karena itu, Bumil harus mencukupi kebutuhan vitamin D agar dapat terhindar dari risiko preeklamsia.

4. Mencegah bayi terlahir dengan berat badan rendah

Asupan vitamin D yang tercukupi saat hamil juga dapat mengurangi risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah.

Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti hipotermia dan gangguan pernapasan.

Berdasarkan rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2019, jumlah asupan vitamin D yang direkomendasikan bagi ibu hamil adalah sekitar 15 mikrogram (mcg) atau 600 IU per harinya.

Jika jumlah asupan vitamin D dari makanan tersebut masih tidak cukup, Bumil bisa mengonsumsi suplemen vitamin D.

Namun, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter kandungan mengenai jenis dan dosis suplemennya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kesehatan

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Published

on

Kenali Penyebab Dari Hipotensi Tekanan Darah Rendah Dalam Tubuh

Gencil News- Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Hipotensi adalah suatu kondisi di mana angka tekanan darah Anda berada di bawah angka normal.

Selain itu, tekanan darah rendah menandakan bahwa jantung, otak, dan beberapa bagian tubuh lainnya tidak mendapatkan darah sesuai dengan kebutuhannya. Terkadang, tekanan darah rendah juga tidak menimbulkan gejala apapun.

Umumnya, orang yang rutin berolahraga memiliki tekanan darah lebih rendah berbanding dengan orang yang jarang melakukan aktivitas fisik.

Kenali penyebab dari hipotensi tekanan darah rendah dalam tubuh. Perhatikan jika tekanan darah terlalu rendah, Anda mungkin mengalami pusing kepala, bahkan hingga pingsan. Jika sudah pada tingkatan yang parah kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan.

Walaupun tekanan darah rendah termasuk salah satu kondisi yang umum terjadi. Tetap harus wasapada, sering kali orang yang mengalami kondisi ini tidak menyadarinya.

Kondisi ini bisa terjadi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga lansia.

Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab terjadinya tekanan darah rendah. Beberapa di antaranya adalah: Dehidrasi, infeksi, lansia, masalah kesehatan jantung, kehamilan dan kekurangan nutrisi.

Gaya hidup dan perawatan di rumah mungkin dapat menjadi cara Anda mengatasi tekanan darah rendah: jalani pola hidup yang sehat, makan cukup, istirahat tidur cukup jam, penuhi kebutuhan air putih setiap hari nya, latihan pola pernafasan saat bangun tidur.

Jika Anda mengalami hipotensi yang dan memiliki gejala, tindakan pertama yang perlu anda lakukan adalah duduk atau berbaring.

Posisikan kaki lebih tinggi dari jantung dan pertahankan posisi tersebut selama beberapa saat. Jika gejala tidak juga mereda, maka perlu dilakukan penanganan oleh dokter.

Segera hubungi dokter atau kunjungi rumah sakit terdekat jika mengalami gejala syok, seperti jantung berdebar, keringat dingin, hingga sesak napas.

Tekanan darah yang sangat rendah hingga menimbulkan syok perlu segera ditangani karena dapat membahayakan nyawa.

Continue Reading

Kesehatan

Cara Alami Mengobati Sariawan yang mengganggu

Published

on

Cara Alami Mengobati Sariawan yang mengganggu
Foto ilustrasi: Sariawan/Sumber Klikdokter

Sariawan adalah hal yang umum terjadi, bahkan oleh hampir semua orang. Meskipun tidak berbahaya, tetapi sariawan cukup mengganggu saat sedang makan dan berbicara.

Sariawan yang berbentuk seperti luka berwarna putih ini muncul karena adanya infeksi jamur Candida albicans.

Biasanya, orang yang terinfeksi jamur jenis ini sedang menurun kondisi kekebalan tubuhnya. Lidah tergigit sedikit saja bisa menjadi luka yang berujung sariawan.

Selain kondisi yang tidak fit, sariawan juga biasa timbul karena faktor alergi makanan, stres, siklus menstruasi, kurangnya kebersihan mulut, atau ketidakseimbangan hormon.

Nah, untuk meminimalisir resiko memilih obat yang tidak aman, berikut ini cara alami pada umumnya yang dapat kamu coba untuk menyembuhkan sariawan.

Pertama, berkumur dengan larutan air garam.

Garam dapat menarik cairan pada luka sariawan. Hal ini dapat mempercepat proses pengeringan luka sehingga cepat sembuh.

Caranya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah sekitar satu sampai dua menit, tiga kali sehari. Atau, oleskan garam pada luka lalu bilas. Lakukan rutin hingga sariawan hilang.

Kedua, oleskan dengan minyak kelapa

Minyak kelapa murni atau virgin coconut oil memiliki kandungan utama asam laurat. Asam laurat dapat merusak bakteri patogen sekaligus membangun sistem kekebalan tubuh.

anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke bagian mulut yang terkena sariawan, kemudian berkumur dengan air hangat. Segera bilas hingga bersih dengan cara berkumur atau menyikat gigi.

Ketiga, baluri atau oleskan menggunakan bawang putih

Bawang putih mentah mengandung senyawa alisin yang dapat menghambat pertumbuhan jamur dan mencegah aktivitas bakteri di dalam tubuh.

lakukan dengan cara anda cuci bersih potong dan oleskan pada area luka.

Keempat, Berkumur dengan air kayu manis

Kayu manis efektif mengobati sariawan karena memiliki sifat antiparasit dan antijamur. Rebus atau merendam sepotong kecil kayu manis di 1,5 cangkir air panas selama 5 menit. Setelah air dingin, berkumurlah.

Jika ingin berkumur dengan obat kumur, pilih yang tidak mengandung alkohol. Selamat mencoba!

Continue Reading

Kesehatan

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Meski Pakai Masker Seharian

Published

on

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah Meski Pakai Masker Seharian

Pandemi mengharuskan kita memakai masker saat berkegiatan saat keluar rumah. Mau tidak mau, kebiasaan baru tersebut membuat Wajah lembab dan cepat berkeringat.

dan tentu saja bagi bberapa orang yang menggunakan makeup dengan tetap memakai masker akan membuat makeup pada wajah menjadi cepat luntur.

Tak hanya itu, lipstik menjadi bagian yang sering kali menjadi keluhan karena sering mengotori masker dan membuat penampilan menjadi kurang maksimal.

Mengutip dari Fimela, Ada beberapa tips supaya kamu bisa tetap tampil cantik dan menawan.

1. Kuncinya rutin merawat kulit

Ketika kamu bisa merawat kulitmu dengan baik, maka semakin lama makeup bisa menempel di kulit meskipun saat menggunakan masker. Jangan sampai terlewatkan ritual merawat kulit sebelum dan sesudah beraktivitas, dan gunakan skincare seperti toner dan pelembab ketika akan mengaplikasikan makeup sehari-hari.

2. Hindari menggunakan pelembab yang bikin wajah berminyak

Salah satu faktor yang membuat makeup mu gampang luntur adalah minyak berlebihan yang muncul pada wajah. Untuk mengurangi jumlah minyak tersebut, pastikan kamu memilih pelembab yang mengandung air atau water based product untuk menjaga kelembaban kulit.

3. Base makeup yang wajib jadi andalan

Gunakan produk transfer-proof untuk mencegah berpindahnya makeup ke maskermu. Gunakan base makeup yang ringan namun tetap tahan lama untuk mencegah kulit berminyak dan riasanmu tetap on point sepanjang hari. Kamu bisa memilih menggunakan primer, BB cream atau long-wear foundation sebagai base makeup. Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan setting spray untuk mengunci riasan supaya bertahan lebih lama.

4. Pilih lip product yang No Transfer ke masker

Tak hanya base makeup, untuk lip produk juga pilihlah yang transfer-proof. Pilih lipstik yang memiliki karakter silky-soft, yang bisa membuat bibirmu terasa lebih halus, lembut, tidak lengket dan nyaman digunakan.

Selamat mencoba, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dimanapun kamu berada,

Sumber :Fimela.com

Continue Reading

Advertisement

KORAN GENCIL NEWS

TRENDING