Connect with us

Gaya Hidup

Komunikasi Bunyi Klakson

Published

on

GENCIL NEWS – Jalan raya Jakarta beranalogi hampir sempurna dengan rimba raya. Kendaraan berapapun jumlah rodanya memadati jalanan dengan semangat sampai tujuan secepat mungkin, seringkali tanpa pandang akibatnya pada orang lain dan risiko bagi diri sendiri. Sulit sekali mendapati jalan protokol sepi bahkan jika kita tunggu hingga larut malam menjelang pagi.

Kota yang tak pernah tidur. Raungan mesin dan jeritan klakson yang tak henti-henti menjadi pelengkap predikat ini, seiring denyut nafas bisnis dan kehidupan di megapolitan ibu kota. Bisingnya mesin dan klakson juga menjadi salah satu alasan 2,5 juta orang memilih menjadi komuter, keluar dari Jakarta untuk beristirahat.

Selain dari suara bising yang keluar darinya, klakson adalah salah satu alat komunikasi istimewa bagi pengendara kendaraan bermotor. Unik memang, walau suara klakson sama maksud yang disampaikan bisa berbeda. Klakson yang menyalak di suatu keadaan bisa berarti isyarat kemarahan karena kendaraan lain berhenti salah tempat, sedangkan di lain waktu bisa berarti sapaan buat seseorang dikenal yang kebetulan berpapasan jalan.

Dia berfungsi memberi peringatan ketika akan menyalib, dan di saat lain sekedar salam mesra pada mobil kuno klasik yang menarik perhatian. Klakson berjamaah dapat pula bermakna protes, seperti yang diterima kedubes Australia setelah kasus penyadapan beberapa tahun lalu.

Walaupun kadang efektif, komunikasi klakson memiliki kelemahan yang prinsipal, yakni orientasinya yang bersifat sender-centric, berfokus pada pemberi pesan, seringkali lupa pada penerimanya. Maksud hati ingin memberi peringatan ban kempes pada mobil depan, namun malah dianggap merongrong untuk segera jalan. Hal seperti ini sering menimbulkan slack karena kesalahpahaman. Seorang teman pada suatu pagi datang ke kantor dengan bibir pecah bengkak berdarah karena ribut dengan seorang sopir metromini, gara-gara hal semacam ini.

Berkomunikasi memang bukan hal yang mudah. Bahkan nyatanya hampir seluruh masalah yang ada di dunia ini punya akar pada masalah komunikasi. Dua negara salah berkomunikasi menjadi perang, dua rekan salah komunikasi adu mulut, dan komunikasi dengan diri sendiri pun kalau tidak dilakukan dengan benar bisa fatal akibatnya.

Michael Hall, seorang bapak Neurosemantic pernah mengatakan “the meaning of your communication is the respond you got”. Tidak perduli apa maksud Anda, jika reaksi rekan kerja Anda melenceng jauh dari perkiraan, maka artinya kita gagal mengkonstruksi bahasa dalam menyampaikan pesan. Suatu feedback yang kita berikan, bisa-bisa malah memicu konflik di kantor, karena dianggap menjatuhkan, mempermalukan atau lebih parah menjegal rekan kerja.

Mengapa deviasi seperti ini bisa terjadi? Beberapa hal yang mungkin menyebabkan adalah kurangnya pemahaman atas lawan bicara. Asumsi-asumsi yang kita pakai seperti “pasti sudah tahu maksudnya”, “ah inikan biasa”, “pasti dia paham”, dan lain sebagainya sering membuat para pemasar muda kurang hati-hati ketika berkomunikasi. Usahakan menempatkan diri di sisi lawan bicara untuk dapat lebih empati. Selain itu, perlu mengamati dengan detil reaksi lawan bicara ketika pesan disampaikan setahap-demi-setahap. Kepekaan pada reaksi lawan bicara ini perlu dikembangkan melalui latihan oleh para pemasar muda.

Latihan berkomunikasi dengan baik bukan hanya penting, namun juga mendasar bagi para pemasar. Komunikasi adalah modal dan senjata. Latihan sepanjang hayat yang tidak pernah berhenti.Tinggalkanlah klakson Anda dan berkomunikasi dengan cara yang cantik dan persuasif. Tetap semangat dan salam pembaharu!. 

………..

Wahyu T. Setyobudi | @inspirewhy

Staf Pengajar PPM School of Management

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

HEADLINE

Suplemen Minyak Ikan Dapat Tingkatkan Kesuburan Pria

Published

on

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Gencil News – Sebuah studi dari Denmark menunjukkan pria yang mengkonsumsi suplemen minyak ikan, yang memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi, mungkin dapat meningkatkan kesuburannya.

Dalam laporan yang diterbitkan di jurnal JAMA Network Open, setelah meneliti data dari hampir 1.700 pria muda, para peneliti yakin bahwa konsumsi suplemen minyak ikan terkaitdengan jumlah sperma yang lebih tinggi, testis yang lebih besar dan peningkatan kadar hormon yang berkontribusi pada kesuburan pria.

Tina Kold Jensen, profesor dari di Rigshospitalet dan University of Southern Denmark yang juga salah satu penulis stuid itu, mengatakan pria mendapatkan manfaat asam lemak omega-3 dengan menambahkannya dalam diet mereka. Namun, imbuh Jensen, konsumsi asam lemak omega-3 paling besar dampaknya untuk para pria yang memiliki kualitas sperma yang buruk.

Hal ini terjadi karena jenis asam lemak ini penting untuk kesuburan, kata Jensen dalam email.

“Komposisi membran sel sperma dengan kandungan asam lemak kaya sangat penting untuk fungsi sperma yang tepat,” jelas Jensen. “Membran sel sperma memainkan peran penting dalam peristiwa pembuahan utama. Omega-3 dalam membran sperma meningkat saat sperma matang dan tidak dapat disintesis. . . pada manusia dan perlu berasal dari diet. “

Untuk meneliti kemungkinan minyak ikan dan nutrisi lain dapat memengaruhi kesuburan pria, Jensen dan rekan-rekannya melibatkan para pria yang sedang sedang menjalani ujian fisik sebagai bagian dari prosedur wajib militer Denmark. Hal tersebut dilakukan antara 1 Januari 2012 dan 31 Desember 2017.

Mereka diundang untuk berpartisipasi dalam studi fungsi testis dan mereka yang mendaftar diberi jadwal pemeriksaan dan disediakan kompensasi sebesar 500 Denmark krone (AS$ 74,23).

Dalam proses tersebut, para pria mengisi kuesioner, menjalani pemeriksaan fisik, mengirim sampel air mani dan diambil darahnya. Mereka ditanya tentang diet, vitamin atau suplemen makanan, masalah gaya hidup dan kesehatan, dan khususnya tentang masalah kesehatan testis, seperti hernia inguinalis, dan tentang penyakit menular seksual.

Para pria juga ditanyai tentang konsumsi alkohol, penggunaan tembakau dan ganja, dan apakah ibu mereka merokok selama kehamilan.

Ketika Jensen dan rekan-rekannya menganalisis data mereka, ditemukan fakta pria yang mengonsumsi suplemen minyak ikan kurang dari 60 hari dalam tiga bulan terakhir memiliki volume semen 0,38 mL lebih tinggi dibanding mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Pria yang mengonsumsi minyak ikan pada 60 hari atau lebih selama periode itu memiliki volume semen 0,64 mL lebih tinggi dibanding pria yang tidak menggunakan suplemen.

Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)
Pil Echinacea, kiri, minyak ikan, tengah, dan glukosamin ditunjukkan di San Francisco, Kamis, 30 Juli 2009. (Foto: AP)

Demikian pula, dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Ukuran testis pada pria yang mengonsumsi minyak ikan kurang dari 60 hari adalah 0,8 mL lebih besar dan di antara mereka yang mengkonsumsinya selama 60 hari atau lebih, itu adalah 1,5 mL lebih besar.

Pria yang mengonsumsi minyak ikan juga memiliki jumlah sel-sel sperma yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengonsumsi suplemen. Selain itu, mereka memiliki persentase sperma yang lebih tinggi yang berenang lurus ke depan, dibandingkan dengan sperma yang berenang dalam lingkaran, misalnya. Dan itu memiliki bentuk yang lebih sehat secara keseluruhan.

Studi baru ini menarik karena melihat laki-laki dari populasi umum yang muda dan sehat, kata Albert Salas-Huetos, seorang peneliti di unit urologi, andrologi dan IVF di Universitas Utah di Salt Lake City. 

Continue Reading

Gaya Hidup

Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan

Published

on

Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan
Tips Menarik  Merencanakan Liburan Yang Berkesan
Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan

Tips Menarik Merencanakan Liburan Yang Berkesan -Bepergian adalah hal yang sangat menyenangkan, membuka mata dan pikiran anda tentang dunia yang belum sempat anda kunjungi dan tempat-tempat hebat lainnya. kita bisa mencoba menjelajahi hal-hal dan tempat tempat menarik sesekali waktu Ini juga merupakan cara untuk belajar lebih banyak tentang dunia.

Dengan bepergian, anda tidak hanya melihat keindahan dunia tetapi juga belajar tentang sejarah berbagai tempat. anda bahkan dapat mencoba belajar beberapa bahasa. Ini memberi banyak pengetahuan dan mengajarkan banyak hal tentang dunia tempat kita hidup.

yang lebih penting lagi dengan travelling bisa memberi Anda waktu untuk diri sendiri. Kita dapat menggunakan waktu luang tersebut sebagai tehnik relaksasi  untuk bersantai dengan memberi waktu berpikir, belajar, menghargai kenangan yang tak terlupakan dan mengeksplorasi nya.

Apa saja langkah sederhana untuk kita perlukan saat ingin berpergian sendiri, simak tips berikut ini:

  1. Cek harga tiket dan destinasi liburan

Hal ini sangat penting, karena bagian dari liburan adalah mengetahui kemana, dan apa yang akan anda lakukan di tempat tersebut. Lihat beberapa aplikasi dan telusuri berapa harga yang diperlukan untuk akomodasi perjalanan, biaya menginap dan destinasi wisata yang akan anda kunjungi. Setelah itu apakah tempat tersebut layak untuk anda nanti nya dalam meluangkan waktu liburan.

  • Lihat tujuan wisata atau liburan anda

Ketika anda berencana untuk pergi ke suatu tempat, kota atau pun Negara maka persiapan untuk membuat daftar tempat-tempat yang akan dikunjungi sangat penting untuk dilakukan di awal. Supaya tidak ada kesempatan yang sia sia, detail harga masuk tempat wisata, apa menu utama di tempat tersebut dan harga akomodasi di tempat anda berlibur.

  • Membuat daftar bawaan anda

Dalam hal ini kita perlu mengetahui barang-barang apa saja yang akan kita bawa dan butuhkan selama berlibur. Kegiatan ini dapat meminimalisir kemungkinan melupakan barang penting yang harus dibawa selama liburan. Bukan hanya itu, daftar packing akan membuat kegiatan packing lebih mudah dan terorganisir.

  • Cari tahu peraturan bagasi pesawat/ kereta/ bus

Anjuran untuk mencari tahu aturan berat bawaan ini juga dapat berlaku untuk sarana transportasi lain seperti kapal, kereta, bis dan lainnya begitu juga dengan pesawat. Setiap maskapai penerbangan dannegara tujuan berbeda-beda peraturan peraturan bagasinya. Akan lebih baik jika Travelers pemula seperti anda mencari tahu terlebih dahulu peraturan bagasi pesawat. Sebagai contoh, pesawat tujuan ke Amerika Serikat hanya megijinkan bagasi gratis maksimal seberat 20kg, sementara utuk tujuan ke HongKong bisa mencapai 30kg.

  • Bawa obat-obat an yang diperlukan

Tidak ada yang ingin tidak sehat saat sedang berlibur, namun kelelahan akibat perjalanan jauh hingga perbedaan cuaca yang signifikan bisa jadi membawa pengaruh buruk bagi kesehatan maka dari itu  untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya membawa persediaan obat-obatan standar dan vitamin saat berpergian untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap prima untuk menikmati saat berlibur.

  • Siapkan rencana cadangan

Rencana cadangan pada saat bepergian merupakan suatu hal yang sebaiknya anda pikirkan sebelumnya. Terkadang hal-hal yang anda rencanakan bisa berjalan tidak sesuai dengan rencana awal misalnya penerbangan anda ditunda atau dibatalkan, bagasi yang hilang, atau pun penundaan lainnya.

  • Lakukan online checking

Teknologi modern saat ini sangat memberi kemudahan bagi orang-orang. Saat ini anda dapat melakukan online check in sebelum berangkat; bahkan anda dapat memilih kursi yang dapat dilakukan 24 jam sebelumnya atau bahkan lebih. Mencetak tiket dan boarding pass sebelumnya dapat menghemat waktu anda dan anda tidak perlu buru-buru untuk datang ke bandara untuk mendapatkan kursi yang anda inginkan.

Continue Reading

Hidup Sehat

5 Varian Teh Paling Terkenal di Dunia Yang Mana Kamu Suka?

Published

on

Teh adalah salah satu minuman yang sangat populer di Indonesia. Bahkan, hampir di semua rumah memiliki simpanan teh untuk dikonsumsi setiap hari.

Dapat dikatakan kalau aroma teh sudah mengisi sendiri kehidupan masyarakat Indonesia.

Teh juga memiliki beberapa varian yang bermanfaat untuk tubuh. Berbagai varian teh ini tersebar di seluruh penjuru dunia. Apa saja? Yuk, simak informasi berikut ini:

Teh Hitam

Rasa yang ditawarkan oleh teh hitam adalah pekat dan kuat. Manfaat teh hitam bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, teh hitam juga mengandung antioksidan yang menyehatkan organ jantung dan sistem pencernaan.

Teh hitam yang paling terkenal di dunia berasal dari wilayah India. Yaitu Nilgiri, Darjeeling dan Assam. Ada juga yang berasal dari China, Keemun, Lapsang Souchong dan Yunnan. Masing-masing teh hitam tersebut memiliki karakter tersendiri. Ada yang aromanya serupa bunga anggrek, dan ada juga yang manis seperti madu.

Teh Hijau

Teh hijau mempertahankan keaslian warnanya meskipun melalui beberapa tahap proses pasca petik. Produsen yang paling populer adalah China dan Jepang. Warna teh hijau asal China lebih kuning pucat dan menghadirkan rasa citrus. Sedangkan di Jepang, warna tehnya benar-benar hijau. Yang paling terkenal adalah Gyukuro dengan kandungan klorofil yang tinggi.

Bagi yang sedang menjalankan program diet, teh ini bagus dikonsumsi. Pasalnya mengandung antioksidan tinggi dan dapat membantu pembakaran lemak.

Teh Oolong

Kandungan kafein teh oolong lebih sedikit ketimbang jenis teh lain. Rasanya juga tidak terlalu kuat. Beberapa variannya memiliki rasa dan aroma buah atau bunga. Negara yang banyak emngembangkan varian teh ini adalah China dan Taiwan. Manfaatnya untuk kesehatan adalah menjaga kolesterol dan gula darah, mengobati alergi kulit, dan mencegah osteoporosis.

Teh Putih

Daerah yang banyak memproduksi teh putih adalah Taiwan, China, India, Nepal Timur, dan Thailand Utara. Warna putih teh ini berasal dari rambut tunas teh yang belum terbuka. Seduhannya akan berwarna kuning pucat. Aromanya juga segar seperti bambu, bahkan ada juga yang beraroma almond. Teh putih memiliki kandungan antioksidan paling banyak dan mampu memblokir mutasi DNA pemicu penyakit kanker.

Teh Pu-erh

Teh ini berasal dari kota Pu-erh di Provinsi Yunnan. Proses fermentasinya seperti pada pembuatan wine dan yoghurt. Sebuah studi menyebutkan bahwa teh pu-erh dapat menurunkan kadar kolesterol.

Jadi, varian teh mana yang selama ini menjadi favorit Anda, sampai harus selalu menyetok persediaannya di rumah?

Continue Reading

TRENDING