Connect with us

Gaya Hidup

Menata Ruang Rumah Dengan Ide kreatif dari Gypsum

Published

on

Menata Ruang Rumah Dengan Ide kreatif dari Gypsum

GENCIL NEWS – Menata Ruang Rumah Dengan Ide kreatif dari Gypsum. Merenovasi atau menata ruang idaman anda tidak selalu harus menunggu akan hari raya tertentu tiba, tata ruang juga akan mempengaruhi mood anda dalam beraktivitas.

Menata Ruang Rumah Dengan Ide kreatif dari Gypsum. Untuk mewujudkan nya, banyak cara dilakukan orang dalam merenovasi ruangan idaman yang anda inginkan. Namun ada beberapa hal utama yang kerap dilupakan seperti pemilihan bahan bangunan yang tepat dan bisa memenuhi kriteria seperti cepat, mudah diaplikasikan, mendukung kreativitas dan estetika, memangkas waktu pengerjaan, serta aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan.

Salah satu contohnya adalah renovasi plafon atau dinding partisi. Salah satu cara yang simpel namun bisa menuai sentuhan seni istimewa adalah mengubah tampilan plafon atau langit-langit pada atap rumah sesuai cita rasa diinginkan.

Rumah minimalis biasanya menggunakan papan gypsum sebagai material karena luasnya yang sedikit lebih kecil dari material lainnya serta ukuran yang bisa diatur sedemikian rupa mengikuti selera Anda

  • Penggunaan Partisi yang Baik

Penggunaan partisi juga sebaiknya perlu diperhatikan. Ide untuk sekat partisi tidak harus berupa dinding blok yang kaku dan tersambung tinggi sampai atap. Untuk menampilkan gaya modern namun tetap sesuai dengan fungsinya, Anda bisa membuat partisi dengan beraneka ragam bentuk.

Anda bisa membuat partisi setengah pada plafon atap atau bisa juga membuat sekat partisi dengan cara mengkreasikan dalam bentuk oval atau bentuk lainnya. Ini memungkinkan efektifitas penggunaan setiap ruangan lebih bisa dimaksimalkan dengan baik. Jangan lupa untuk memakai papan gypsum sebagai sekat partisi Anda.

  • Penggunaan Ruangan Atas

Ruangan paling atas dari rumah sering dibiarkan kosong atau menjadi loteng penyimpanan. Bagaimana kalau menjadikannya sebagai tempat untuk menjemur pakaian atau tempat bersantai keluarga? Atap tidak didesain segitiga lancip ke atas tetap tetapi sebagian dari atap dijadikan ruangan bebas yang datar sehingga dimaksimalkan untuk ruangan tambahan atau menjadi tempat berkebun di rumah.

  • Efektifitas Lahan

Rumah minimalis tidak melulu harus memiliki lahan yang terbatas. Rumah minimalis biasanya adalah rumah dengan desain konsep serba sederhana dan memanfaatkan apa yang ada semaksimal mungkin.

sebelum Anda akan membangun rumah minimalis, ukur terlebih dahulu lahan yang Anda punya dengan keinginan ruangan yang ingin dibangun. Hindari area yang terlalu luas untuk satu ruangan karena itu akan membuat ruangan yang lainnya tidak mendapatkan proporsi yang pas.

Lakukan konsultasi dengan perancang bangunan yang Anda percayai untuk hasil yang optimal. Kemudian gunakan papan gypsum sebagai bahan bangunan yang tidak terlalu memakan tempat luas.

  • Ide Bangunan Bertingkat

Jika ternyata lahan yang dimiliki benar – benar terbatas maka sebaiknya Anda harus mulai mempertimbangkan membangun lantai bertingkat. Hal ini dilakukan agar banyak ruangan yang bisa Anda ciptakan ke atas.

Anda bisa membangun lantai dasar untuk ruangan tamu dan ruangan keluarga serta dapur. Kemudian untuk lantai kedua bisa dibangun ruangan kamar tidur berikut kamar mandi. Sedang untuk ruangan ketiga bisa dijadikan sebagai ruang TV atau ruang serbaguna.

Pada bangunan bertingkat, penggunaan papan gypsum sebagai sekat partisi akan lebih baik karena membantu mengurangi beban pada lantai dasar namun tetap kokoh sebagai dinding serta memberikan tambahan ruang karena ukurannya yang efisien.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Gaya Hidup

7 Tanaman Hias Daun Untuk Mempercantik Dekorasi Rumah

Published

on

7 Tanaman Hias Daun Untuk Mempercantik Dekorasi Rumah

Gencil News- 7 Tanaman Hias Daun Untuk Mempercantik Dekorasi Rumah. Hijaunya tanaman hias dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih asri dan menyegarkan. Tak hanya indah hanya dari segi visual saja, namun hadirnya tanaman hias pada ruang tamu juga menyempurnakan sirkulasi udara pada rumah. Tapi, tidak semua jenis tanaman cocok untuk ditempatkan di dalam ruangan

7 Tanaman Hias Daun Untuk Mempercantik Dekorasi Rumah. Tanaman hias untuk dekorasi rumah bukanlah hal baru. Akan tetapi, tren dekorasi rumah menggunakan tanaman saat ini semakin berkembang. Selain dapat menambah suasana yang asri, adanya tanaman hias untuk dekorasi rumah bisa memberikan inspirasi tersendiri.

Ditambah lagi jika tanaman hias untuk dekorasi rumah diletakkan di tempat yang sering digunakan untuk kerja, misalnya di meja kerja. Meletakan tanaman hias untuk dekorasi rumah di meja makan juga dapat menambah selera makan dan unsur warna hijaunya akan membuat tampilan ruang menjadi lebih segar.

Ini 7 tanaman hias daun untuk mempercantik dekorasi rumah.

1. Sirih Gading

Sirih gading tanaman yang menarik jika dipadukan didalam ruangan. Caranya adalah dengan meletakkan tanaman hias daun ini pada gelas kaca atau vas transparan yang berisi air. Sirih gading banyak dipilih untuk tanaman indoor dan dekorasi rumah karena tanaman ini sangat mudah perawatannya. Tanaman dalam ruangan seperti sirih gading tetap bisa tumbuh subur walau diletakkan pada media tanam yang seadanya.

2. Aglonema

Tanaman hias daun ini sering disebut tanaman sri rejeki. Bentuk dan corak daunnya khas dan banyak ditemukan sebagai tanaman hias untuk dekorasi rumah. Tanaman dalam ruangan ini kerap terlihat di daerah perkantoran karena relatif awet perawatannya jika diletakkan di ruang ber-AC. Manfaat lainnya jika kalian meletakkan Aglonema adalah tanamannya dapat menyerap racun dalam ruang.

3. Kaktus Bunga

Tanaman hias untuk dekorasi rumah yang populer dan sering digunakan saat ini adalah jenis kaktus. Baik itu kaktus mini, maupun kaktus bunga. Tanaman hias yang satu ini memang sanggup menjadi primadona untuk tanaman indoor.anda bisa bebas untuk meletakkan tanaman ini dimana saja sesuai keinginan. Baik itu di kamar mandi, meja kerja, bahkan ruang tamu. Kaktus hias dapat dengan mudah ditemukan dimana saja dengan bentuk dan warna yang bervariasi.

4. Pakis Boston

Jika kalian sering merasakan udara di ruangan gersang dan panas, maka taruhlah tanaman pakis boston. Tanaman hias untuk dekorasi rumah yang satu ini memang spesial karena dapat menyerap udara panas pada ruangan. Tapi jangan lupa untuk sesekali memindahkan pakis boston untuk ditaruh di daerah yang lembab, contohnya kamar mandi. Lakukan ini secara berkala untuk mencegah tanaman pakis menjadi kering.

5. Tanaman Philodendron

Philodendron termasuk dalam kategori tanaman hias untuk dekorasi rumah. Bentuk daun Philodendron serupa dengan hati, sama seperti sifatnya yang menyerap racun dalam ruangan. Sifat tanamannya yang merambat bisa kalian jadikan dekorasi jika tanaman hias daun ini digantungkan.
Dalam waktu singkat, Philodendron bisa menjadi tanaman hias gantung untuk menghias dinding rumah karena dapat tumbuh dengan cepat.

6. Lidah Mertua

Berdaun tegak dan tebal dengan duri pada ujung daun, tanaman lidah mertua atau snake plant adalah tanaman yang tidak kalah cantik untuk dijadikan tanaman hias pada ruang tamu Anda. Di sudut dekat jendela, di antara sofa, atau di sebelah pintu, tanaman ini akan tetap memancarkan keindahannya. Ruangan yang dihias dengan keberadaan tanaman lidah mertua ini akan secara otomatis terkesan lebih modern dan minimalis karena bentuk dari tanaman ini yang mendukung.

7. Tanaman Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah atau Anthurium Andraeanum memiliki batang yang cenderung berukuran tipis dan daun yang berwarna hijau tua dengan tulang daun yang berwarna putih kehijauan. Ukuran yang bervariasi ini menjadi nilai lebih karena dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan atau sudut yang akan ditempati. Identik dengan ukuran daun yang lebar, tanaman ini menjadi pilihan yang sempurna untuk menjadi dekorasi yang tepat di ruang tamu Anda.

Continue Reading

Kuliner

Resep Makanan Salad Pepaya Khas Thailand

Published

on

Resep Makanan Salad Pepaya Khas Thailand

Gencil News– Resep Makanan Salad Pepaya Khas Thailand. Menu resep kali ini berasal dari thailand. Selain menarik dan segar untuk dimakan siang hari. menu ini sangat mudah diracik dan membutuhkan bahan yang sedikit.

Masakan khas dari thailand ini dikenal sebagai salah satu sajian yang memiliki banyak penggemar. Identik dengan rasanya yang pedas dan segar, aneka sajian khas Negeri Gajah Putih ini sangat cocok di lidah Asia. Termasuk orang Indonesia yang gemar menyantap makanan bercitarasa pedas.

Beberapa bahkan sangat terkenal dan mudah ditemukan di berbagai restoran. Sebut saja Tom Yum, Pad Thai atau mie goreng Thailand, dan nasi goreng nanas. Tak hanya itu saja, ternyata Thailand juga memiliki menu salad yang sangat segar bernama Som Tum.

Terbuat dari buah pepaya mentah dengan berbagai bumbu, Som Tum sangat segar dinikmati di siang hari yang terik. Selain segar, sajian yang mirip asinan Indonesia ini juga sangat sehat. Sayur-sayuran segar yang ada dalam salad dapat menjadi alternatif santapan diet yang nikmat, jika Ingin menikmati olahan dengan paduan rasa pedas, manis, dan asam. Coba bikin salad pepaya muda ala Thailand ini.

Resep Makanan Salad Pepaya Khas Thailand

Bahan-Bahan

  • 200 gram pepaya mudah yang diserut
  • 50 gram wortel yang diserut
  • 3 buah tomat ceri, dipotong-potong
  • kacang panjang secukupnya, dipotong-potong
  • 1 sdm ebi
  • 3 sdm kacang tanah sangrai
  • 3 buah cabai rawit merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm gula merah
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 butir jeruk nipis, ambil air perasannya
  • 1 sdm air asam jawa

Cara Membuat

1. Tumbuk kasar bawang putih, ebi, cabai rawit, dan kacang. Masukkan kacang panjang dan buah tomat, tumbu kembali.

2. Tambahkan air jeruk nipis, gula merah, kecap ikan, dan air asam. Aduk dan koreksi rasa.

3. Masukkan pepaya muda serut dan wortel serut, aduk rata. Salad pepaya muda siap dinikmati.

Continue Reading

Kesehatan

Waspada Norovirus yang Sebabkan Radang Perut

Published

on

Waspada Norovirus yang Sebabkan Radang Perut

Gencil News- Waspada Norovirus yang Sebabkan Radang Perut. Berdasarkan data yang diterima dari Center for Disease Control and Prevention China, lebih dari 30 kejadian luar biasa sudah terjadi sejak September 2020. Peristiwa ini melibatkan 1.500 kasus terutama dilaporkan ditularkan melalui kantin karena adanya makanan yang tercemar.

Waspada Norovirus yang Sebabkan Radang Perut. Menurut laporan Xinhua Net, banyak dari mahasiswa universitas di Taiyuan, Shanxi, mengalami gejala seperti keracunan. Mulai dari diare, muntah, demam, yang membuat mereka akhirnya dilarikan ke rumah sakit.

Diketahui bahwa wabah ini disebabkan oleh norovirus, virus yang pertama kali ditemukan pada 1972. Otoritas kesehatan Tiongkok bahkan menyatakan bahwa wabah ini telah menjadi kejadian luar biasa (KLB). Tercatat, sudah ada 30 KLB dengan 1.500 kasus norovirus yang dilaporkan sejak September lalu.

Apa itu norovirus? Ini merupakan virus yang sering menimbulkan penyakit bernama gastroenteritis atau radang perut. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa norovirus adalah penyakit menular dan satu orang bisa terinfeksi berkali-kali sepanjang hidupnya.

Norovirus biasa menyebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi selama persiapannya atau disebut juga sebagai foodborne. Selain itu, kamu juga bisa tertular ketika menyentuh permukaan benda yang terkontaminasi dan melakukan kontak dekat dengan pasien.

Menurut keterangan tertulis yang didapat Gencil News, Prof. Dr. dr Ari Fahrial Syam, SpPD(K) MMB, FINASIM, FACP, menyebutkan bahwa gejala klinis dari norovirus biasa muncul 24 jam setelah terpapar virus.

Pasien akan mengalami mual, muntah, diare, dan sakit perut, mirip seperti gejala keracunan makanan. Gejala lain yang juga timbul karena infeksi ini adalah demam, tubuh menggigil, sakit kepala, sakit otot, dan kelelahan.

Sebagian besar gejala norovirus bukanlah hal yang serius dan sering kali tidak menimbulkan komplikasi tertentu. Namun, perlu diketahui bahwa diare dan muntah berpotensi menjadi masalah besar jika tidak ditangani dengan baik.

Tidak ada perawatan medis khusus bagi virus ini meskipun dokter menyarankan orang untuk minum banyak cairan guna menghindari dehidrasi. Untuk mencegah penyebaran lebih jauh petugas kesehatan merekomendasikan agar sering mencuci tangan dan membersihkan permukaan yang terkontaminasi.

Continue Reading

TRENDING