Stephen Spanos, Juara Pidato Bahasa Indonesia – Gencil News
Connect with us

Milenial

Stephen Spanos, Juara Pidato Bahasa Indonesia

Published

on

Gencil News – VOA – Mahasiswa S2 Georgetown University Stephen Spanos meraih juara pertama pidato Bahasa Indonesia yang diadakan KBRI Washington, DC Desember lalu. Stephen pernah menjadi relawan, mengajar Bahasa Inggris di Kanigoro, Kediri. Ia juga punya pengalaman mengajar di California, China, dan Haiti.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Milenial

Seniman Cilik Buat Komik Selama ‘Lockdown’

Published

on

Seniman Cilik Buat Komik Selama 'Lockdown'

Gencil News – VOA – Nadja Pivoff, perempuan berusia 9 tahun dari Boston, negara bagian Massachusetts, telah menggambar sejak bisa memegang pensil. Menggambar adalah aktivitas yang penting baginya selama pembatasan sosial berskala besar akibat pandemi COVID-19.

Nadja Pivoff senang menggambar dan menyukai komik. Dia memperhatikan apa yang terjadi di sekelilingnya dan menggambarnya di kertas.

“Ini adalah caranya mengubah segala sesuatu di sekelilingnya menjadi karakter dan dunia komiknya sendiri. Dia menambahkan humor dan sarkasme, dan sedikit ironi terhadap apa yang ia lihat, situasi, orang… dan saya yakin itu sangat unik!” kata Olga Sushkova, ibu Nadja.

Kesepian karena pandemi dilampiaskan ke dalam komik. Bahkan buku matematikanya penuh dengan gambar-gambar.

Anak-anak membaca buku komik di pameran buku di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 9 September 2010. (Foto AP/Lai Seng Sin)
Anak-anak membaca buku komik di pameran buku di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis, 9 September 2010. (Foto AP/Lai Seng Sin)

“Makaroni ini saling berbicara satu sama lain, lalu ada orang yang ingin memakan mereka. Dan Mereka tidak tahu apa yang akan terjadi…,” kata Nadja.

Selama lockdown, Nadja memulai kelas menggambar komik secara online yang menjadi hobi serius. Seniman muda ini bahkan mendapat sedikit penghasilan dari karyanya.

Bersama ibunya, Nadja memutuskan topik apa yang akan dibahas dan bagaimana menyajikannya dalam kelas.

Sushkova mengatakan berkat perencanaan dan latihan, keterampilannya semakin berkembang.

“Dia membuat dunia komiknya semakin dalam dan lebih rumit; dia memperluas kumpulan gagasan dan alat yang digunakan untuk menyalurkan pikiran dan emosi. Wajah-wajah karakternya semakin detil, dia sangat memperhatikan mimik. Dia mengembangkan gaya sendiri, membuatnya lebih bernuanasa,” kata Olga.

Pada awal karantina, Nadja membuat komik mengenai virus corona yang tiba di Bumi dari Bulan – dan dinosaurus berlarian menghindarinya. Kini, setahun kemudian, dia memusatkan perhatian pada seorang Superhero baru.

“Saya mulai menggambar komik mengenai Superhero bernama VaXine yang berperang melawan virus corona. Dia menunjukkan kepada semua orang betapa kerennya dia,” kata Nadja.

Dalam dunia imajinasi Nadja, VaXine melacak virus corona dan memberantasnya. Dengan melakukan hal itu, VaXine membebaskan dunia dan membuat Nadja bisa menemui teman-temannya lagi secara langsung.

Continue Reading

Milenial

7 Jenis Fotografi yang Paling Populer di Media Sosial

Published

on

Fotografi memiliki banyak teknik yang bisa menghasilkan berbagai karya yang membuat sebagian orang tertarik untuk melihatnya.

Gencil News-7 Jenis Fotografi yang Paling Populer di Media Sosial. Secara umum, pengertian fotografi dapat diartikan sebagai proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.

Fotografi memiliki banyak teknik yang bisa menghasilkan berbagai karya yang membuat sebagian orang tertarik untuk melihatnya. Diantaranya terdapat fotografi humanis, fotografi landscape, fotografi Potrait dan fotografi jalanan.

Dilansir dari liputan6.com, Bagi kamu yang ingin belajar mendalami bidang fotografi, untuk menjadi fotografer profesional tentunya kamu perlu tahu ilmu dasar fotografi seperti jenis-jenis fotografi apa yang ingin benar-benar ditekuni.

Jenis-jenis fotografi ini bisa membantu mengidentifkasi gaya mana dalam dunia fotografi yang paling dekat dengan ciri anda sendiri.

1. Food Photography

Jenis-jenis fotografi makanan ini dalam pengertian sederhana adalah teknik memotret makanan menjadi lebih menggoda. Dalam industri kuliner, seperti produsen makanan, rumah produksi, periklanan, hotel, kafe, dan lainnya, fotografi makanan mutlak dibutuhkan. Karena itu pelaku food photography semakin dicari karena biasanya digunakan untuk membuat kemasan suatu produk atau iklan. Hanya saja dibutuhkan keterampilan dan peralatan yang berkualitas baik untuk menangkap esensi dari makanan yang dijadikan sebagai objek foto.

2. Landscape Photography

Jenis-jenis fotografi ini sangat cocok untuk kamu yang suka traveling dan mengabadikan pemandangan indah di sekitar kamu. Landscape Photography menunjukan ruang dalam dunia yaitu pemandangan alam, kadang-kadang luasa dan tak berujung,tapi kadang mikroskopis. Foto landscape biasanya menangkap kehadiran alam tetapi juga dapat fokus pada buatan manusia. Tipe foto ini biasanya digunakan pada kalender, kartu pos, dan memorabilia.

3. Potrait Photography

Fotografi potret adalah penangkapan dengan cara fotografi serupa dengan seseorang atau sekelompok kecil orang (potret kelompok), di mana ekspresi wajah dan dominan. Tujuan dari jenis-jenis fotografi ini adalah untuk menampilkan rupa, kepribadian, dan bahkan mood subjek. Seperti jenis lain potret, fokus foto adalah wajah seseorang, meskipun seluruh tubuh dan latar belakang dapat dimasukkan. Sebuah potret umumnya tidak snapshot, tapi gambar yang terdiri dari orang dalam posisi masih. Sebuah potret sering menunjukkan orang yang melihat langsung pada kamera.

Tidak seperti banyak gaya fotografi lain, subjek fotografi potret seringkali model non-profesional. Contohnya seperti potret keluarga memperingati acara-acara khusus, seperti wisuda atau pernikahan, mungkin secara profesional diproduksi atau mungkin vernakular dan yang paling sering dimaksudkan untuk melihat pribadi bukan untuk pameran.

4. Fashion Photography

Fashion Photography adalah jenis-jenis fotografi yang ditujukan untuk menampilkan pakaian dan barang-barang fashion lainnya. Fotografi fashion yang paling sering dilakukan untuk iklan atau majalah fashion seperti Vogue, Vanity Fair, atau Allure. Seiring waktu, fotografi fashion telah mengembangkan estetika sendiri di mana pakaian dan mode diperkuat dengan adanya lokasi eksotis atau aksesoris.

Fashion fotografi bisa dibilang salah satu jenis-jenis fotografi yang paling menguntungkan dan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk berkomunikasi dalam dunia fashion. Di sini, fotografi fashion sendiri digunakan untuk membawa perhatian pada pakaian dan aksesoris.

5. Street Photography

Street Photography atau fotografi jalanan adalah salah satu jenis-jenis fotografi yang menarik. Sedikit berbeda dengan foto jurnalistik yang fokusnya mengabadikan momen puncak/klimaks. Street photography bertujuan untuk merekam kegiatan sehari-hari. Street photography menggunakan sebuah teknik dari (straight photography atau pure photography) yang di dalamnya menunjukkan suatu visi atau tujuan yang murni dari suatu hal seperti cerminan dari kondisi masyarakat. Fotografi jalanan juga merupakan salah satu jenis-jenis fotografi yang dalam pengambilan gambarnya lebih mengutamakan objek.

6. Wedding Photography

Wedding Photography adalah jenis-jenis fotografi yang dilakukan sebelum acara pernikahan, atau banyak diketahui orang dengan sebutan Pre Wedding. Jenis-jenis fotografi ini merupakan salah satu yang paling popular karena setiap orang pasti ingin memiliki foto yang bagus pada momen penting mereka. Jenis-jenis fotografi ini membutuhkan fotografer yang berpengalaman karena dibutuhkan keahlian untuk menangkap momen-momen penting. Biasanya dibutuhkan lebih dari ratusan foto, baik berupa foto warna, BW (black and white), dan sepia.

7. Commercial Advertising Photography

Jenis-jenis fotografi ini adalah kegiatan proses merekam gambarnya biasanya dibuat menarik dengan bantuan editing dan computer graphycs, dan bertujuan untuk keperluan promosi atau iklan. Karena fotografi memainkan peran penting dalam periklanan, fotografer profesional banyak mengabdikan karier mereka untuk fotografi iklan. Kebutuhan untuk menyalin iklan unik dan eye-catching berarti fotografer dapat bekerja dengan beberapa jenis fotografi, termasuk macro photography dan fotografi glamor. Contohnya banyak terdapat di iklan-iklan dalam media massa.

Continue Reading

Milenial

Keberhasilan Studi di Perguruan Tinggi Adalah Membantu Orang Lain

Published

on

Keberhasilan Studi di Perguruan Tinggi

Gencil News – Secara umum, pendidikan tinggi merupakan pengalaman yang mementingkan diri sendiri bagi mahasiswa yang menempuhnya.

Orang sering berusaha menempuh pendidikan tinggi karena ingin memperbaiki kehidupan mereka, atau ingin meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik, menarik, dan bermakna.

Bahkan jika orang ingin menemukan obat untuk berbagi jenis penyakit atau mengatasi masalah tuna wisma, mereka harus menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan pengetahuan dan pelatihan bagi diri mereka sendiri sebelum mereka dapat membantu orang lain.

Penggemar foto berkumpul di Perpustakaan Hesburgh dengan mural Word of Life, juga dikenal sebagai Touchdown Jesus, di Universitas Notre Dame. (Foto: AP/Darron Cummings)
Penggemar foto berkumpul di Perpustakaan Hesburgh dengan mural Word of Life, juga dikenal sebagai Touchdown Jesus, di Universitas Notre Dame. (Foto: AP/Darron Cummings)

Waktu kuliah mahasiswa biasanya sangat sibuk, dan mereka seakan-akan tidak punya waktu atau kebebasan untuk melayani orang lain kecuali diri mereka sendiri. Namun, menurut Direktur Akademik di Center for Social Concerns (Pusat Peduli Sosial) di University of Notre DameConnie Snyder Mick, hal itu tidak seluruhnya benar. “Mahasiswa tetap bisa meluangkan waktu untuk membantu sesama,” ujarnya.

University of Notre Dame adalah sebuah universitas Katolik di negara bagian Indiana.

Lembaga-lembaga serupa juga bisa ditemukan di banyak perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat. Mick mengatakan lembaga tu membantu mahasiswa mencari pengalaman yang mungkin tidak berhubungan langsung dengan kemajuan akademik, tetapi tetap penting, yakni menjadi sukarelawan.

Mengabdi sebagai sukarelawan tidak jarang ditemukan di pendidikan tinggi. Banyak kelompok kampus mengorganisir program-program sukarela atau upaya penggalangan dana untuk berbagai alasan yang berbeda. Para pejabat yang bertanggung jawab atas perumahan mahasiswa sering menyelenggarakan acara semacam itu untuk membantu mahasiswa membangun rasa kebersamaan.

Keterlibatan dalam kegiatan semacam itu baik bagi mahasiswa, kata Mick kepada VOA. Sebagai contoh, kesibukan dalam kehidupan kampus dapat mengakibatkan stres bagi mahasiswa. Melakukan sesuatu yang sama sekali tidak terkait dengan studi mahasiswa atau pekerjaan lain dapat membantu menenangkan mereka dengan mengarahkan pikiran mereka pada hal-hal lain yang positif

Mahasiswa program robotika cerdas ilmu komputer University of Southern California Kristin Jordan memberikan demonstrasi KIWI, robot pendamping sosial untuk membantu anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. (Foto: VOA / Elizabeth Lee)
Mahasiswa program robotika cerdas ilmu komputer University of Southern California Kristin Jordan memberikan demonstrasi KIWI, robot pendamping sosial untuk membantu anak-anak dengan gangguan spektrum autisme. (Foto: VOA / Elizabeth Lee)

Demi memperkaya pengalaman yang lebih bermakna selama masa kuliah para mahasiswa, Connie Snyder Mick mendorong mahasiswa untuk mengunjungi pusat-pusat pendidikan seperti yang dipimpinnya.

Dia mengatakan lembaga-lembaga seperti itu tersedia di kampus untuk menciptakan peluang kerja sukarela yang lebih kompleks dan bermakna daripada, misalnya, hanya sekedar menghabiskan waktu sehari untuk membersihkan taman lokal.

Mahasiswa sering menghabiskan sedikit waktu untuk mengenal komunitas lokal di luar kampus mereka, ujar Connie.

“Pendidikan tinggi seharusnya menjadi sarana untuk memperkenalkan ide-ide baru kepada mahasiswa, dan di komunitas-komunitas itulah mungkin dapat ditemukan banyak budaya dan orang-orang yang sangat berbeda dari yang telah mereka ketahui sebagai mahasiswa,” tambah Connie.

Pintu masuk ke kampus Universitas Duke utama terlihat di Durham, N.C., Senin, 28 Januari 2019. (Foto: AP)
Pintu masuk ke kampus Universitas Duke utama terlihat di Durham, N.C., Senin, 28 Januari 2019. (Foto: AP)

Kantor pengabdian pada masyarakat di kampus sering bermitra dengan berbagai lembaga lokal yang melayani orang-orang dari komunitas terdekat. Kemitraan ini membantu memastikan agar upaya kerja sukarela dapat memenuhi kebutuhan nyata komunitas yang bersangkutan.

Bahkan bagi mahasiswa yang tidak begitu berminat untuk menemukan koneksi dengan komunitas lokal, kerja sukarela masih menawarkan nilai dan manfaat yang baik, ujar Connie.

Dia mencatat beberapa peluang dapat mendorong mahasiswa untuk menggunakan apa yang mereka pelajari di bangku kuliah di dunia nyata. Dan, tambahnya, memiliki pengalaman semacam itu dapat membuat mahasiswa lebih menarik bagi majikan setelah mereka lulus kuliah.

Menjadi sukarelawan tidak selalu berarti mencari waktu ekstra pada malam hari atau akhir pekan, katanya. Kini, semakin banyak universitas yang meminta profesor untuk merancang mata kuliah yang memasukkan pekerjaan sukarela.

Pusat kerja sukarela di kampus-kampus Amerika dapat membantu mahasiswa mengidentifikasi mata kuliah yang menawarkan pengalaman seperti itu. Lembaga-lembaga tersebut juga dapat memberi tahu mahasiswa jika perguruan tempat mereka belajar menawarkan kesempatan kerja sukarela di luar kota selama musim liburan semester.

Connie Snyder Mick mengatakan kesempatan seperti itu bisa menjadi cara yang bermakna untuk menghabiskan waktu luang dan menjelajahi tempat-tempat lain.

Continue Reading

Milenial

Siang Main PS Sore Gelar Akad Nikah Karena Kesal Ditanya Kapan Nikah

Published

on

By

Siang Main PS Sore Gelar Akad Nikah Karena Kesal Ditanya Kapan Nikah
Adam pagi main PS sore gelar akad nikah

Gencil News – Seorang pria yang tampak sedang asyik bermain PlayStation (PS) di sebuah rental mendadak jadi sorotan publik. Sebab, jawaban soal menikah yang dikira cuma bercanda ternyata bukan bualan, ia benar-benar langsung akad sore harinya.

Ketika bermain bersama teman, terkadang akan ada yang bertanya soal kapan menikah. Bagi beberapa yang memang belum siap menikah, biasanya akan menjawab dengan bualan atau candaan.

Kali ini seorang pria yang mendapat pertanyaan tersebut pun membalas dengan jawaban seperti bercanda. Namun, alih-alih bercanda, ternyata ia benar-benar melakukan sesuai yang ia ucapkan.

Momen tersebut Adam bagikan lewat akun @duriduridam00 di TikTok, pada Senin (29/3/2021).

Dalam video berdurasi kurang dari semenit tersebut, Adam dan teman-temannya tampak sedang bermain PS di sebuah rental.

Kemudian Adam pun bertanya langsung mengenai kapan temannya yang bernama Fajar akan menikah. Seakan bercanda dengan memberi bualan, Fajar yang sedang asyik bermain pun menjawab bahwa ia akan menikah nanti sore.

“Woy, maen PS mulu kapan nikahnya lu?” tanya Adam. “Tar sore,” jawab Fajar singkat. Tak disangka, sorenya Fajar benar-benar menikah dengan perempuan bernama Amel. Prosesi pernikahannya pun Adam bagikan. Keduanya juga sempat saling membuat video bersama.

“Sorenya beneran akad. Siangnya masih kelayapan padahal wkwkwk. Definis kapan nikah? Ntar sore,” tulis Adam dalam keterangan videonya.

Seketika unggahan tersebut pun viral, jutaan penonton hingga 8,9 juta kali dan like oleh lebih dari 1,2 juta orang. Beragam komentar diberikan warganet, kebanyakan yang merasa terhibur.

“Jawabannya kelihatan kayak bercanda, tapi langsung diseriusin,” kata akun @kemet_17.“Pengalihan biar gak gugup saat ijab kabul,” sebut akun @feborucca dengan emotikon tertawa.

“Main PES untuk menghilangkan stres, valid,” ujar akun @kangbakso001.

Continue Reading

Advertisement

DOWNLOAD APLIKASI GENCILNEWS

TRENDING